SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ingat dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November? Peringatan ini ada kaitan erat dengan sejarah dari Benteng Kedung Cowek yang ada di Surabaya.

Benteng ini terletak dekat dengan Jembatan Suramadu. Tepatnya di daerah Kedung Cowek, Bulak. Bangunan bersejarah ini merupakan peninggalan Pemerintah Hindia Belanda.

Meski sudah berusia ratusan tahun, bangunan benteng ini masih sangat kokoh. Sayangnya peminatnya cukup sepi. Hanya wisatawan yang tertarik dengan sejarah saja yang kerap meramaikan tempat wisata sejarah ini.

Seputar Benteng Kedung Cowek

Benteng Kedung Cowek sudah ada sejak tahun 1915 dengan luas bangunan 71.876 meter persegi. Situs sejarah ini berdiri di atas lahan milik Kodim 0831 Surabaya Timur.

Di dalam benteng ini, masih ada beberapa jenis senjata yang dulu pernah menjadi perlengkapan saat sedang berperang. Misalnya saja sebuah meriam yang telah berhasil menembak puluhan kapal-kapal musuh.

Sayang, Pemerintah Hindia Belanda terpaksa harus menyerahkan benteng ini kepada pasukan tentara Jepang saat Jepang menguasai Indonesia.

Belum lama ini benteng ini mengikuti jejak Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Makassar sebagai situs cagar budaya Mei 2020 lalu. Penetapan ini berdasarkan keputusan dari Pemkot Surabaya.

Daya Tarik Benteng Kedung Cowek

Sejarah Benteng Kedung Cowek

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Bagi para pecinta situs sejarah, semua bangunan bersejarah memiliki daya tarik yang berbeda. Situs Warungboto di Jogja, misalnya, selain unik dari segi arsitekturnya, situs pemandian kerajaan ini nilai sejarahnya juga begitu besar.

Demikian pula dengan benteng ini, ada beberapa hal menarik yang dapat Anda jumpai di sini. Berikut ringkasannya:

Saksi Bisu Peristiwa Sejarah 10 November

Tanggal peringatan Hari Pahlawan ini memang sangat membekas, terutama bagi masyarakat kita. Di tanggal inilah, benteng ini menjadi lokasi pertahanan Pasukan Sriwijaya (group pemuda dari luar Jawa).

Kelompok pemuda ini tadinya hanya ingin singgah di Kota Surabaya. Mereka lalu bertemu dengan Arek–Arek Surabaya dan bergabung untuk melawan pasukan sekutu.

Selama perang melawan Belanda tersebut Pasukan Sriwijaya dan Arek-Arek Surabaya banyak menyusun siasat di tempat ini. Dari perjuangan mereka inilah peristiwa 10 November dapat berbuah manis untuk Indonesia.

View sekitar Benteng

Bangunan benteng yang masih asli tanpa mengalami pemugaran ini tentu menjadi daya tarik tersendiri karena masih sangat otentik. Cocok sekali untuk objek fotografi dengan tema rustic dan vintage.

Terlebih adanya tumbuhan liar yang tumbuh subur di sekitar benteng; semakin menambah kesan alami pada situs ini.

Fasilitas Benteng Kedung Cowek

Mengutip dari situs resmi wisata benteng ini, pihak pengelolah telah menyediakan beberapa fasilitas penunjang untuk para wisatawan. Fasilitas yang pertama adalah pemandu wisata.

Fasilitas yang kedua adalah mushola yang juga telah dilengkapi dengan perlengkapan sholat dan tempat wudhu. Mushola di sini tidak terlalu besar namun bersih dan nyaman.

Fasilitas yang ketiga adalah toilet yang terpisah untuk pria dan wanita. Secara umum, toilet di sini selalu dalam kondisi bersih sehingga nyaman saat digunakan.

Fasilitas keempat adalah tempat parkir yang memadai. Area parkir di sini cukup luas sehingga dapat menampung banyak sepeda motor dan juga beberapa unit mobil.

Fasilitas kelima adalah tempat makan atau restoran. Anda bebas memilih menu yang Anda sukai. Harga tiap menunya juga relatif murah.

Anda juga tak boleh melewatkan menu makanan khas Surabaya yang terkenal nampol dari segi rasa.

Jasa fotografi menjadi fasilitas yang keenam. Dapatkan foto-foto terbaik di sekitar situs benteng ini hanya dengan biaya murah. Anda tidak akan rugi menggunakan jasa ini. Apalagi untuk momen liburan yang Anda impikan ini.

Dan fasilitas yang terakhir adalah pusat cinderamata atau souvenir. Jadikan kesempatan ini untuk berbelanja berbagai jenis souvenir. Produk souvenir ini bisa Anda jadikan buah tangan selain oleh-oleh khas Surabaya kekinian.

Harga Tiket Masuk Benteng Kedung Cowek

Wisata Benteng Kedung Cowek

Anda pasti akan cukup terkejut setelah mengetahui HTM di tempat wisata Surabaya yang lagi hits ini. Harga tiketnya sendiri sangat murah dan berbeda sesuai dengan kategori usia dan asal negara wisatawan.

Lebih jelasnya, silahkan simak tabel daftar harga tiket masuk terbaru di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Anak-Anak (perorangan) Rp5.000,00
Tiket Masuk Anak-Anak (rombongan) Rp3.000,00
Tiket Masuk – Dewasa (perorangan) Rp15.000,00
Tiket Masuk – Dewasa (rombongan) Rp10.000,00
Tiket Masuk Turis Asing Rp20.000,00

Khusus tiket masuk untuk rombongan, baik kategori pengunjung anak-anak maupun pengunjung dewasa, jumlah minimal rombongan adalah 20 orang.

Harga tiket juga bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak pengelola.

Lokasi & Rute Menuju Benteng Kedung Cowek

Cara Masuk ke Benteng Kedung Cowek

Benteng ini ada di atas lahan dengan alamat Kedung Cowek, Bulak, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Alamat ini sangat strategis sehingga mudah untuk Anda kunjungi dengan menggunakan kendaraan pribadi dan kendaraan umum. Jika Anda berangkat dari Taman Bungkul Kota Surabaya, Anda hanya butuh waktu 29 menit saja untuk tiba di sini.

Rute yang bisa dengan melewati Jalan Sidotopo Wetan, Jalan Kapas Krampung, atau Jalan Kedung Cowek. Ketiga rute ini memiliki akses yang sudah sangat baik.

Nah, ada ide terbaik untuk Anda yang berasal luar Surabaya dan berinisiatif berkunjung ke sini. Salah satunya dengan menggunakan layanan sewa mobil plus sopir atau bus pariwisata dari Salsa Wisata.

Bersama team profesional, service berkualitas, dan juga performa kendaraan yang terbaik liburan Anda akan jauh lebih nyaman. Tinggal pilih jenis paket yang Anda kehendaki lalu mobil sudah siap langsung menjemput Anda.

Paket rental mobil Pajero Sport Surabaya misalnya yang akan sangat cocok untuk Anda yang menyukai trip dengan mobil sporty.

Jam Operasional Benteng Kedung Cowek

Benteng bersejarah ini buka setiap Senin sampai Minggu dari pukul 09.00 – 15.00 WIB. Hari libur nasional tetap buka dengan jam operasional yang sama.

Benteng Kedung Cowek adalah destinasi liburan yang penuh dengan nilai edukasi, terutama edukasi sejarah. Akan tepat rasanya jika Anda juga mengajak si kecil untuk mengenal situs sejarah langsung.

Nah, agar acara liburan bersama si kecil tetap nyaman, pastikan Anda tak salah pilih travel organizer.

Salsa Wisata adalah salah satu rekomendasi terbaik yang siap manjakan Anda dan si kecil dengan paket trip wisata Surabaya yang tersedia.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Surabaya



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (1 vote)