SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sebagai salah satu kota metropolitan, Surabaya identik dengan kota serba mahal, termasuk tempat-tempat wisata. Namun tak semua tempat wisata di Surabaya mahal, seperti wisata Taman Bungkul.

Taman Bungkul, misalnya, menjadi salah satu pilihan wisata gratis. Taman ini tentu menjadi spot favorit bagi keluarga yang ingin liburan murah namun tetap menyenangkan.

Suasana sejuk dan udara benar-benar terasa ketika berada di sini. Taman kebangaan masyarakat Kota Surabaya ini menjadi satu-satunya area hijau di jantung Kota Surabaya.

Saat malam hari, taman yang semula terlihat hijau oleh berbagai vegetasi, berubah menjadi kawasan yang hangat berkat lampu-lampu taman yang ada di sini.

Sekilas Tentang Taman Bungkul Surabaya

Taman kota ini memiliki peran yang sama dengan hutan mini yang ada di kawasan Monas, Jakarta, yaitu sebagai Ruang Terbuka Hijau. Area RTH ini memang seharusnya wajib ada di setiap kota.

Taman ini sebenarnya adalah lahan hasil revitalisasi. Proses revitalisasinya telah menghabiskan waktu selama 2 tahun dengan biaya sekitar 1.3 miliar rupiah.

Usai proses revitalisasi rampung, taman kota ini lalu diresmikan pada tanggal 21 Maret 2007. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 2014 lalu, taman ini kembali direvitalisasi.

Rupanya ada penyebab khusus mengapa tempat ini kembali direvitalisasi. Penyebabnya adalah karena ribuan tanaman di taman ini rusak karena diinjak-injak saat ada acara pembagian es krim gratis.

Kini, kondisinya sudah terawat dengan sangat baik. Bahkan ada sarana pendukung seperti penambahan lubang-lubang biopori sebagai bagian dari sistem drainase.

Harga Tiket Masuk Taman Bungkul

taman bungkul surabaya

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pengunjung yang ingin sekedar jalan-jalan di sekitar area taman, atau ingin menikmati fasilitas di taman tidak dipungut biaya sama sekali. Benar-benar gratis.

Wisatawan luar kota yang baru selesai belanja oleh-oleh khas Surabaya di sentra oleh-oleh pasti akan tertarik untuk berkunjung ke sini. Apalagi gratis!

Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir yang nominal tarifnya masih relatif terjangkau. Berikut kami cantumkan daftar tarif parkir untuk area taman dan sekitarnya:

Retribusi Tarif
Parkir motor Rp3.000,00/ 1 jam pertama
Parkir mobil Rp5.000,00/  1 jam pertama

Terkait dengan biaya parkir di atas, Pemkot Surabaya telah menetapkan sistem parkir progresif sejak 2021 lalu. Artinya, biaya parkir kendaraan akan bertambah setelah 1 jam pertama.

Pertambahan tarif parkir diperkirakan Rp1.000,00 hingg Rp2.000,00 per jam setelah 1 jam pertama.

Daya Tarik di Taman Bungkul

taman bungkul malam hari

Apa saja daya tarik di taman ini? Tentu jawabannya adalah area taman itu sendiri. Sejumlah fasilitas juga turut menjadi daya tarik tersendiri.

Ribuan Tanaman Hias, Bunga, dan Pohon yang Sejukan Mata

Taman kota ini benar-benar mengusung konsep Ruang Terbuka Hijau yang sesungguhnya. Konsep ini tak diaplikasikan di taman-taman terkenal di kota wisata lainnya. Contoh yang paling nyata adalah Taman Pelangi di Jogja.

Ribuan spesies tanaman tumbuh dengan subur di sini. Tanaman hias, tanaman bunga, dan pohon-pohon dirawat dan ditata dengan baik oleh dinas berwenang. Alhasil, taman terlihat hijau, sejuk, dan rapi.

Fasilitas Pendukung yang Anti Mainstream

Jika Anda pernah berkunjung ke sini, pasti pernah menjumpai beberapa fasilitas yang tak bisa Anda jumpai di taman-taman lain. Fasilitas-fasilitas ini, misalnya:

Amphitheater

Fasilitas amphitheater ini adalah fasilitas unggulan di taman ini. Amphitheater ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk pertunjukan musik atau jenis seni lainnya.

Fasilitas ini berupa bangunan di tengah taman. Bentuknya lingkaran dengan diameter 33 meter.

BMX & Skate Track

Taman kota ini juga dilengkapi dengan track khusus untuk skateboard dan sepeda BMX. Wajar saja taman ini tak pernah sepi bahkan hingga malam hari karena penuh dengan anak-anak muda yang bermain skateboard dan BMX.

Hotspot Gratis

Menariknya lagi, taman kota ini menyediakan hotspot gratis untuk para pengunjung. Ketersediaan hotspot gratis ini merupakan bagian dari upaya pemerintah setempat untuk memfasilitasi warganya akan kebutuhan internet.

Dengan dukungan fasilitas ini, banyak pelajar dan mahasiswa yang memanfaatkanya dengan baik untuk acara diskusi atau mengerjakan tugas.

Jogging Track

Fasilitas jogging track di taman ini sangat memadai. Area jogging track yang teduh karena pepohonan yang rimbun di tepian track tentu menjadikan jalur lari ini sangat nyaman.

Keran Air

Fasilitas keran air ini bukanlah keran air biasa, melainkan keran air yang dapat mengeluarkan air bersih siap minum. Jadi, bagi pengunjung yang kehabisan bekal minum bisa langsung isi ulang di taman ini.

Playground

Kidzania Surabaya rupanya bukan satu-satunya playground yang dimiliki oleh Kota Surabaya. Playground siap pakai juga tersedia di taman kota ini. Gratis lagi.

Playground di sini memiliki berbagai wahana permainan lengkap seperti jungkat-jungkit, ayunan, perosotan, dan masih banyak lainnya.

Sentra Kuliner

Pengunjung yang lapar setelah beraktivitas bisa langsung mampir ke sentra kuliner yang lokasinya dekat dengan taman ini.

Sentra kuliner ini terdiri dari para pedagang kaki lima yang menjajakan jajanan dan makanan berat. Ada juga aneka ragam minuman yang dijual di sini.

Tentu saja area ini cocok sekali untuk para wisatawan luar kota yang ingin mencicipi wisata kuliner Surabaya selain Rawon dan Rujak Cingur.

Area Parkir

Kendaraan para pengunjung dapat diparkirkan di beberapa titik parkir yang lokasinya di sekitar taman. Masing-masing area parkir ini akan dibantu oleh juru parkir.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Bungkul

Lokasi Taman Bungkul Surabaya

Taman kota ini terletak tepat di pusat Kota Surabaya. Lokasi tepatnya ada di Jalan Raya Darmo, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya.

Lokasi taman yang strategis menjadikan taman ini mudah diakses, termasuk oleh kendaraan umum seperti bus atau angkot.

Untuk sampai di sini, Anda dapat menaiki bus yang berangkat dari Jalan Waru ke arah Jalan Jenderal Ahmad Yani. Dari Jalan Jenderal Ahmad Yani kemudian dilanjutkan ke Jalan Raya Wonokromo dan terakhir ke Jalan Darmo.

Misal, Anda sewa mobil Elf Surabaya di Salsa Wisata dan ingin ke taman ini, caranya mudah. Cukup katakan pada driver untuk mengantarkan Anda ke taman ini.

Salsa Wisata dengan crew profesional-nya siap mengantarkan Anda ke mana saja.

Jam Operasional Taman Bungkul

Karena taman ini adalah tempat wisata Surabaya gratis, jadi pengunjung dapat berkunjung kapan saja. Baik pagi, siang, dan malam, taman ini menyuguhkan suasana yang berbeda.

Taman Bungkul Surabaya tentu bisa menjadi opsi tempat wisata murah dan ramah anak. Cocok menjadi referensi saat budget sedang tipis namun tetap butuh hiburan atau suasana yang dapat mengendurkan otot dan syaraf.

Jadikan momen trip Anda ke Surabaya menjadi salah satu momen terbaik bersama kami, Salsa Wisata. Ada berbagai opsi paket traveling Surabaya dengan harga menarik.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Surabaya



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)