SalSari Resto & Coffee

Yogyakarta masih punya banyak tempat menarik untuk menikmati keindahan matahari terbenam selain Bukit Bintang. Salah satu yang yang cukup populer adalah Bukit Bego yang terletak di daerah Imogiri Bantul.

Meski tidak terlalu luas panorama matahari terbenam dari bukit di tepi jalan ini tampak begitu menawan. Sehingga tidak sedikit pengguna jalan dari arah Imogiri maupun Kota Jogja berhenti sejenak untuk menikmati momen apik sunset dari bukit ini.

Sekilas Tentang Bukit Bego

Seklias Bukit Bego

Bukit Bego merupakan salah satu bukit atau gundukan tanah yang terkenal dengan keindahan panoramanya saat sore hari. Mengapa disebut sebagai gundukan tanah? Sebab dulunya bukit ini merupakan hasil timbunan dari proyek penggalian jalan Imogiri -Dlingo.

Nama bukit ini sendiri aslinya merupakan Bukit Kedung Buweng, namun karena sejarah pembentukannya yang unik berganti menjadi Bego. Kata Bego sendiri berasal dari backhoe, nama alat berat yang saat itu digunakan untuk mengangkat gundukan tanah tersebut.

Meski hanya berupa gundukan tanah, tempat ini memilki view apik terutama saat pagi atau sore hari. Anda bisa melihat pemandangan indah kota jogja saat matahari terbenam dengan jelas ketika cuaca cerah.

Wisatawan dan warga sekitar pun sering menjadikan tempat ini sebagai spot nongkrong dan beristirahat. Sejak saat itu, bukit ini pun menjadi tempat wisata instagramable Jogja yang semakin ramai dan terkenal terutama di kalangan pesepeda dan pecinta fotografi.

Alamat

Bukit ini terletak di Jl. Imogiri – Dlingo, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Untuk rute terbaik menuju lokasi bisa Anda lihat di Google Maps.

Jam Buka

Karena lokasinya berada di tempat terbuka, bukit ini buka selama 24 jam. Namun waktu terbaik berkunjung biasanya saat sore hari menjelang matahari terbenam.

Hari Jam Buka
Senin – Minggu 24 Jam

Harga Tiket Masuk Bukit Bego

Tiket masuk bukit ini gratis, biaya yang harus Anda keluarkan hanya biaya parkir dan juga uang untuk makan. Selain itu semua, Anda bisa bebas menikmati keindahan tempat ini bersama teman maupun pasangan.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis

Agar tidak repot berkendara sendiri dan membayar parkir, Anda bisa memanfaatkan layanan rental Avanza Jogja murah dari Salsa Wisata. Dengan layanan ini selain tidak repot berkendara, Anda juga bisa mengunjungi lebih banyak tempat menarik di Yogyakarta.

Daya Tarik di Bukit Bego

Daya Tarik Bukit Bego

Walaupun belum memiliki fasilitas yang lengkap seperti halnya tempat wisata hits Bantul lainnya, tempat ini tetap memiliki daya tarik yang membuatnya istimewa. Berikut ini beberapa hal menarik yang bisa Anda lakukan selama berada di bukit ini

Patung Semar Ikonik

Salah satu ikon yang populer di lokasi bukit ini adalah patung Semar yang berdiri di puncak bukit tepatnya di Watu Balung. Berbeda dengan penggambaran Semar yang ada di wayang, patung semar ini berwarna putih dengan hiasan berwarna emas.

Posisinya pun seperti sedang menunjuk memberi wejangan ciri khasnya saat di pewayangan. Keberadaan patung ini sendiri menjadi daya tarik dan selalu dipilih wisatawan sebagai tempat selfie atau berfoto favorit mereka.

Menikmati Sunset dan Sunrise

Daya tarik lain dari bukit ini tentu saja panorama saat matahari terbit dan terbenamnya. Sehingga wajar jika banyak pengunjung mampir memadati tempat ini di waktu-waktu tersebut terutama saat akhir pekan.

Biasanya pengunjung yang datang ke tempat ini merupakan pesepeda atau pemuda-pemudi yang ingin bersantai. Momen matahari terbenam yang syahdu maupun udara sejuk di pagi hari saat matahari terbit jadi salah satu hal yang selalu dinanti para wisatawan yang datang.

Trek Menantang Untuk Sepeda

Lokasi bukit yang berada di ketinggian menjadi alasan lain mengapa banyak pesepeda terutama sepeda gunung mengunjungi tempat ini. Jalur trek yang menanjak dan berkelok menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara sepeda.

Mereka biasanya berolahraga sejak subuh dan beristirahat di area Bukit Bego. Namun tidak sedikit pula yang melanjutkan perjalanan hingga tiba di tempat wisata negeri di atas awan Jogja yang terkenal yakni Kebun Buah Mangunan.

Dimana pun tempat Anda berhenti, mengunjungi bukit ini bisa jadi sangat berkesan. Apalagi jika Anda lakukan bersama teman saat menjelang sunset atau saat matahari terbit belum terlalu tinggi.

Panorama yang Instagramable

Satu lagi hal yang jadi daya tarik tempat ini tentu saja panoramanya yang instagramable. Meski Anda tidak datang saat sore atau pagi hari, bentang alam dari atas bukit ini tampak begitu menawan.

Hamparan hijau pepohonan serta rumah-rumah penduduk dapat terlihat dengan jelas. Sembari beristirahat suasana sejuk dari angin sepoi-sepoi yang berhembus membuat tempat ini menjadi tempat terbaik untuk Anda yang ingin melepas penat sejenak.

Bersantai Menikmati Kuliner

Tidak hanya dapat bersantai, di sini Anda juga bisa mencoba sejumlah makanan di cafe dan angkringan yang ada. Harganya juga murah dengan tempat yang nyaman dan mendukung untuk Anda nongkrong santai.

Salah satu menu favoritnya tentu saja wedang uwuh atau kopi hitam dan gorengan. Anda bisa menikmati hidangan ini di sejumlah saung yang menawarkan pemandangan lereng dan lembah bukit yang begitu menawan, tidak kalah dari sejumlah wisata kuliner Jogja terkenal lainnya.

Fasilitas di Bukit Bego

Fasilitas Bukit Bego

Bukit ini masih belum punya fasilitas lengkap seperti halnya destinasi wisata lainnya, namun tetap memiliki beberapa fasilitas dasar yang membuat Anda nyaman seperti:

  • Area parkir yang cukup memadai
  • Warung dan cafe angkringan makanan khas Jogja
  • Bangku dan saung tempat istirahat
  • Trek sepeda dan motocross
  • Spot foto

Nikmati pula liburan seru mengelilingi berbagai destinasi menarik di Jogja bersama layanan dari Salsa Wisata. Selain dapat mengunjungi Bukit Bego, melalui paket tour Jogja yang tersedia Anda bisa mengunjungi tempat seru lain dengan lebih mudah.

Sebab mulai dari akomodasi, transportasi, dan konsumsi hingga tiket masuk tempat tersebut sudah siap untuk Anda nikmati. Dengan begitu liburan Anda bersama teman atau keluarga ke Yogyakarta bisa terasa semakin berkesan dan menyenangkan.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)