earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Yogyakarta merupakan kota wisata yang menyimpan sejuta pesona. Salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan pesona alamnya adalah Bukit Klangon alias Klangon Hills.

Bukit yang dikenal dengan nama Bukit Indah Glagaharjo ini memang menjadi satu diantara sekian banyak target kunjungan sebagian besar wisatawan. Khususnya wisatawan luar Jogja yang jarang berkunjung ke Kaliurang.

Klangon Hills memang lebih sepi bila dibandingkan dengan wisata-wisata kekinian di Kaliurang seperti Teras Merapi dan The Lost World Castle.

Tapi atraksi yang ditawarkan oleh bukit Merapi sungguh berbeda. Dari atas bukit ini, Anda dapat menyaksikan kegagahan Merapi dengan sangat jelas. Bahkan view puncak Merapi terlihat sangat jelas dari bukit ini.

Sekilas Tentang Bukit Klangon

Bukit Klangon adalah sebuah bukit terdekat dengan Gunung Merapi yang terletak di Desa Glagaharjo. Ketinggian bukit ini sekitar 1.100 mdpl. Kondisi ini membuat suhu dingin dan sejuk.

Anda tak hanya akan merasakan udara segar dan suasana sejuk saja. Di sini, Anda bisa menikmati panorama alam sekitar seperti luasnya perkebunan warga dan juga hutan di lereng Gunung Merapi.

Puncak kepuasan ketika mengunjungi bukit ini adalah pemandangan puncak Merapi yang terlihat sangat jelas bahkan hingga bagian Puncak Garudanya. Sebagai tambahan informasi, Klangon Hills ini pertama kali dibuka untuk wisatawan publik sejak 2011 lalu.

Dengan view Merapi dan alam yang asri di sekitarnya membuat bukit ini menjadi sasaran spot foto yang eksotis. Bagi Anda yang penasaran dengan daya tarik yang ada di bukit ini, simak info selengkapnya di bawah ini.

Daya Tarik Bukit Klangon Jogja

Bukit Klangon Jogja

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tempat wisata di Sleman yang lagi hits ini tentu bisa menjadi opsi destinasi liburan hemat tapi memuaskan. Bagaimana tidak, dengan tarif retribusi masuk yang sangat terjangkau, Anda bisa menikmati segala daya tarik yang ada.

Dan berikut adalah daftar daya tarik yang dapat Anda jumpai di Klangon Hills ini.

Spot Foto Alam

Tidak bisa kita pungkiri bahwa terkadang kita sangat rindu dengan lokasi-lokasi yang masih asri nan sejuk seperti Klangon ini. Ketika di sana, kita pun tak akan melewatkan kesempatan untuk memotret keindahan alamnya.

Untuk mendapatkan hasil jepretan yang sempurna, pastikan datang saat cuaca sedang cerah. Waktu terbaik untuk berkunjung dan foto-foto di bukit ini adalah siang hari sekitar pukul 10.00 – 15.00 WIB.

Sebab, jika terlalu pagi atau sore, area sekitar bukit seringnya akan penuh dengan kabut.

Berbeda kondisinya jika siang hari di mana langit akan terlihat jernih dan biru – pemandangan yang sempurna untuk memotret Puncak Merapi yang tampak gagah dan jelas.

Anda dapat manfaatkan gardu pandang untuk menjadi spot foto utamanya. Fasilitas gardu pandang ini memiliki tinggi 5 meter dan langsung menghadap ke Merapi.

Selain Merapi, ada spot lainnya yang juga menarik untuk Anda jadikan target bidikan kamera Anda. Spot tersebut adalah lembah yang ada di belakang gardu pandang.

Downhill

Jiwa petualang Anda sudah berontak dan tak sabar untuk menjajal aktivitas ekstrem outdoor di kawasan wisata bukit ini? Ada satu aktivitas yang musti Anda coba, yakni downhill.

Benar sekali, downhill adalah suatu aktivitas bersepeda di jalur yang ekstrem penuh dengan tanjakan, turunan, dan kelokan. Akses atau jalur olahraga downhill ini biasanya adalah jalur-jalur yang tak rata seperti di bukit.

Dengan kondisi trek yang ekstrem ini, rider harus melewati trek dengan kecepatan tinggi. Sepeda yang digunakan pun adalah sepeda khusus untuk downhill.

Trek downhill di Klangon ini terbilang cukup menantang. Ada beberapa titik yang sangat terjal dan menukik tajam. Pasti adrenalin Anda akan langsung terpacu dengan mengikuti downhill di sini.

Trekking

Bagi yang ingin mendaki ke atas bukit, Anda tak perlu cemas akan trek yang akan Anda lalui. Pasalnya, sudah tersedia jalur trekking yang mudah dan nyaman. Bahkan anak-anak dapat melewatinya.

Saat sudah sampai di puncak bukit, akan ada satwa liar yang bisa Anda lihat. Contohnya saja Burung Alap-Alap Jawa, Burung Kepodang, dan burung madu.

Ada juga musang dan monyet yang hidup liar di bukit. Nuansa sunyi akan begitu terasa. Yang terdengar hanya suara serangga hutan dan burung yang saling bersahutan.

Lagi-lagi Anda akan disuguhkan dengan pemandangan tempat wisata terdekat, Merapi, yang hanya berjarak 5 KM saja.

Camping

Anda juga boleh camping di bukit ini. Spot untuk area camping biasanya berupa area landai.

Jangan lupa untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu ke pihak pengelola. Untuk perlengkapan camping, sebaiknya Anda menggunakan perlengkapan camping sendiri karena di sini tidak menyediakan properti berkemah.

Demikian juga dengan bekal logistik yang juga harus Anda siapkan sendiri. Agar praktis dan cepat, sangat direkomendasikan untuk membawa makanan khas Jogja yang tahan lama. Misalnya Gudeg kalengan yang hanya perlu dipanaskan saja. Atau bisa juga makanan-makanan instan dan frozen foods.

Fasilitas di Kawasan Wisata Bukit Klangon

Wisata Bukit Klangon Jogja

Dalam hal sarana dan prasarana, Klangon Hills ini mempunyai daftar fasilitas yang lengkap dan sangat memadai. Salah satunya adalah fasilitas mushola dan juga toilet umum.

Kedua fasilitas ini terjamin kebersihannya sehingga akan nyaman ketika sedang digunakan. Di samping itu, terdapat fasilitas warung wisata yang bisa menjadi opsi pusat wisata kuliner Yogyakarta terdekat ketika Anda sedang ada di sini.

Ada fasilitas gazebo yang disewakan kepada wisatawan. Fasilitas ini tentu akan menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bersantai.  Cocok juga untuk tempat berkumpul sambil bersantai bersama keluarga.

Area parkir sudah pasti tersedia di sini. Meski areanya tak begitu luas, fasilitas tempat parkir ini terbilang cukup untuk menampung banyak kendaraan, termasuk mobil dan minibus.

Untuk yang ingin berbelanja oleh-oleh, di sini memang tidak menyediakan fasilitas pusat oleh-oleh. Akan tetapi Anda dapat membelinya di sekitaran jalur menuju lokasi wisata ini.

Biasanya ada cukup banyak warga lokal yang menjual berbagai kuliner khas Kaliurang seperti Jadah Tempe Bacem. Anda dapat membelinya dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Jogja yang terkenal.

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon

Untuk bisa menyaksikan keindahan alam yang sangat menakjubkan ini, tiap pengunjung wajib membayar retribusi tiket masuk.

Biaya tiket masuk ini tidak termasuk biaya-biaya lainnya seperti biaya camping, parkir kendaraan, dan sewa sepeda downhill.

Tapi Anda tak perlu cemas soal biaya karena tarif retribusi masuk objek wisata alam ini tidaklah mahal. Berikut info HTM terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 (Wisatawan Lokal)

Rp15.000,00 (Wisman)

Camping Rp15.000,00
Parkir Kendaraan Rp2.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Klangon

Lokasi Bukit Klangon

Lokasi Bukit Klangon berada di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY.

Akses menuju wisata bukit ini sudah sangat baik dan layak untuk dilewati. Apabila Anda berangkat dari Titik Nol KM Jogja, langsung saja arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Kaliurang.

Silahkan lurus saja hingga Anda menemukan Jalan Pamungkas dan pertigaan yang ke arah Utara. Setelah itu, Anda akan sampai di Jalan Pasar Butuh. Ikut jalan terus hingga Anda tiba di tempat tujuan.

Jarak tempuh dari Titik Nol KM Jogja – Klangon sekitar 36 KM dengan perkiraan waktu tempuh 1 jam 19 menit. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Namun jika Anda menggunakan kendaraan sewa, pastikan Anda memilih Salsa Wisata karena semua kendaraan yang kami sewakan dalam kondisi prima sehingga sangat cocok untuk medan menuju Daerah Kaliurang.

Tersedia banyak opsi paket sewa, baik untuk perorangan maupun rombongan. Untuk rombongan dengan jumlah kecil, kami rekomendasikan paket sewa Hiace Premio di Jogja murah kepada Anda.

Jam Operasional Bukit Klangon

Bukit cantik ini buka selama 24 jam dari hari Senin hingga Minggu. Hari libur nasional juga tetap buka. Selama libur akhir pekan dan peak season, tempat wisata ini akan jauh lebih ramai karena tren jumlah pengunjung meningkat.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengkonsultasikan jadwal liburan dengan team travel organizer pilihan Anda.

Tidak lupa kami sarankan kepada Anda untuk memilih paket tour yang tepat. Misal, untuk agenda liburan panjang mendatang, Anda dapat memilih pakej percutian Yogyakarta dengan tarif murah dan kualitas premium.

Ayo tunggu apalagi, cek kalender sekarang dan tentukan tanggal liburan ke Bukit Klangon ini. Akan ada banyak kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di sini. Mulai dari koleksi foto-foto alam hingga downhill yang seru.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)