earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ada sebuah desa wisata di Lombok yang menawarkan spot menarik untuk kegiatan paralayang. Spot tersebut adalah Bukit Lawang yang terletak di kawasan Desa Wisata Sembalun.

Tempat ini sangat ideal untuk para pemula dan juga penyuka paralayang profesional seperti di Paralayang Batu. Sebab tersedia wahana paralayang yang bisa Anda coba tandem bersama para instruktur.

Aktivitas paralayang ini bisa menjadi alternatif kegiatan wisata bagi para pecinta tantangan. Adrenalin akan langsung terpacu ketika tubuh Anda mulai terangkat lalu terbang mengelilingi kawasan perbukitan.

Tentu aktivitas tersebut akan memberikan pengalaman liburan yang sangat berkesan. Apalagi dengan suguhan pemandangan alam perbukitan di kaki Gunung Rinjani yang elok.

Sekilas Tentang Bukit Lawang Sembalun

Bukit Lawang adalah spot wisata khusus untuk aktivitas wisata paralayang yang terletak di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok. Tempat wisata keren ini menawarkan ide rekreasi yang berbeda dan tentunya menantang.

Tahun 2013 menjadi awal tempat paralayang Sembalun ini muncul. Bermula dari sekelompok fotografer asal Mataram yang bermain olahraga paralayang di sini.

Melihat keseruannya, seorang anggota SCDC (Sembalun Community Development Center) lalu tertarik untuk belajar tentang olahraga ekstrim ini.

Beliau kemudian menyampaikan niatnya untuk mengembangkan olahraga tersebut sebagai aktivitas wisata di Sembalun. Beberapa anggota komunitas pun mulai belajar tentang paralayang dan menjajal secara langsung di salah satu puncak bukit.

Seiring berjalannya waktu, skill mereka terus berkembang hingga menjadi instruktur yang mengantongi lisensi resmi. Sekitar tahun 2016, teman-teman dari SCDC membuat sebuah klub paralayang dengan nama Sembalun Paragliding Club.

Sejak saat itu, setiap kali ada wisatawan yang ingin bermain atau belajar paralayang, bisa langsung datang ke tempat wisata Lombok di Sembalun. Bahkan aktivitas ini menjadi cara baru menikmati keindahan alam yang terhampar.

Daya Tarik Bukit Lawang Sembalun

Paralayang Bukit Lawang Sembalun

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Lantas, apa saja daya tarik di tempat wisata ini? Ada beberapa daya tarik yang membuat banyak wisatawan semakin tertarik untuk datang ke area bukit ini. Berikut list-nya:

Bermain Paralayang

Daya tarik yang paling utama dari wisata bukit ini adalah bermain paralayang yang aman dan pastinya sangat menyenangkan.

Sama seperti bukit paralayang di Bukit Sibea-Bea, tiap wisatawan yang ingin menjajal bermain paralayang akan didampingi oleh seorang instruktur profesional.

Jadi, Anda tak perlu khawatir akan keselamatan Anda. Sebab, selain akan mendapat pendampingan dari instruktur, Anda juga wajib menggunakan perlengkapan paralayang yang aman.

Memandangi Keindahan Bukit

Saat terbang, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam perbukitan yang sangat apik. Bukit-bukit yang terletak di kaki Gunung Rinjani ini terlihat subur dan hijau. Sesekali terlihat hamparan sawah milik warga.

Anda akan takjub saat melintasi dua bukit, yaitu Bukit Pengasingan dan Bukit Telaga, yang terlihat seperti sepasang bukit kembar. Begitu pula pemandangan indah Pantai Selong Belanak yang tampak dari kejauhan

Pelatihan Paralayang

Komunitas paralayang di Sembalun juga membuka layanan pelatihan untuk wisatawan yang ingin mendalami paralayang. Anda nantinya akan mendapatkan beberapa kesempatan latihan.

Mulai dari tahap ground handling hingga tahap first jump. Jika secara teknis Anda sudah mumpuni, baru Anda lanjutkan dengan tahap uji untuk dapatkan lisensi.

Fasilitas di Bukit Lawang Sembalun

Fasilitas Bukit Lawang Sembalun

Berbeda dengan Pantai Pink atau tempat wisata Lombok populer pada umumnya, lokasi wisata yang satu ini minim akan fasilitas. Hal ini dikarenakan lokasinya yang ada di atas bukit.

Satu-satunya fasilitas di sini adalah fasilitas antar-jemput wisatawan dari penginapan atau hotel. Untuk fasilitas umum, Anda bisa gunakan fasilitas-fasilitas umum yang ada di Desa Wisata Sembalun.

Daftar fasilitas yang tersedia sangat lengkap. Misal, fasilitas kamar mandi dan toilet. Ada juga banyak penginapan dengan range tarif yang beragam. Biasanya banyak wisatawan yang berbelanja oleh-oleh khas Lombok di sini.

Ada cukup banyak penginapan yang menawarkan produk UMKM asli buatan warga lokal. Ini tentu menjadi kesempatan yang baik bagi para pegiat UMKM di Sembalun.

Fasilitas area parkir juga tersebar di beberapa titik, menyesuaikan dengan lokasi atraksi wisata yang ada. Tentu tak ketinggalan juga fasilitas warung makan, resto, atau kedai makanan yang pastinya memegang peranan penting dalam sebuah objek wisata.

Sebagian besar menu yang dihidangkan adalah makanan khas Lombok. Namun ada juga pilihan menu makanan Nusantara lainnya yang rasanya juga tak kalah lezat.

Harga Tiket Masuk Bukit Lawang Sembalun

Untuk tarif paralayang di bukit di Desa Wisata Sembalun ini biasanya akan disesuaikan dengan ketinggian bukit. Karena bukit ini tergolong spot paralayang dengan ketinggian paling rendah, tarif per sesi terbangnya juga paling murah. Berikut kisaran tarif terbaru untuk aktivitas paralayang di bukit Desa Sembalun:

Retribusi Tarif
Paralayang Rp550.000,00/ orang

Lokasi dan Rute Menuju Bukit Lawang Sembalun

Spot wisata paralayang ini terletak di lereng Gunung Rinjani, tepatnya di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB.

Rute paling mudah untuk menuju ke bukit paralayang ini jika dari Lombok adalah dengan melalui Jalan Raya Mataram – Labuhan Lombok. Kemudian lanjut perjalanan ke Jalan Wisata Gunung Rinjani.

Waktu tempuh yang Anda butuhkan sekitar 1 jam 48 menit saja. Dan menariknya lagi, di sepanjang jalur ini, Anda nantinya akan menjumpai banyak referensi tempat wisata kuliner Lombok terkenal.

Perjalanan yang cukup panjang ini tentu akan melelahkan. Di sisi lain, Anda harus menyiapkan tenaga ekstra untuk naik bukit menuju spot paralayang.

Untuk mencegah rasa lelah yang berlebih akibat menyetir, sewa mobil lengkap dengan driver sepertinya akan jauh lebih baik.

Salsa Wisata Rent Car bisa menjadi solusi terbaik. Anda bebas memilih tipe kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mulai dari jenis kendaraan, durasi sewa, dan fasilitas semua sudah kami kemas dalam bentuk produk paket sewa mobil  dan bus pariwisata.

Salah satu rekomendasi terbaiknya adalah paket sewa mobil Pajero Lombok yang minggu-minggu ini sedang laris-manis.

Jam Operasional Bukit Lawang Sembalun

Kemudian untuk jam operasional, aktivitas paralayang di bukit ini biasanya mulai beroperasi dari jam 10.00 sampai jam 14.00 waktu setempat.

Selain itu, jadwal paralayang juga nantinya akan disesuaikan dengan cuaca dan juga kondisi angin di sekitar bukit.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba aktivitas paralayang, jangan ragu untuk jadikan bukit yang satu ini sebagai pilihan terbaik Anda. Khusus untuk pemula seperti Anda, spot paralayang di bukit ini memang paling recommended karena tergolong masih rendah.

Namun bagi Anda yang sudah pro, tidak ada salahnya menjajal spot paralayang lainnya yang masih berada di kawasan yang sama.

Sedang urusan akomodasi dan transportasi selama liburan di Lombok, Salsa Wisata, melalui paket wisata Lombok, adalah menjadi tanggung jawab kami.

Dengan memilih kami sebagai travel organizer pilihan Anda, liburan ke Bukit Lawang ini pasti akan menjadi liburan terbaik tahun ini.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)