earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Mendaki tak melulu harus ke gunung dengan waktu berjam-jam. Khusus untuk Anda yang masih pemula, Bukit Mongkrang akan menjadi salah satu rekomendasi tempat pendakian terbaik.

Trek pendakian di bukit ini tergolong mudah. Kondisi trek-nya juga berupa tanah yang landai. Berbeda sekali dengan trek Gunung Raung yang ekstrem dan penuh dengan bebatuan dan pasir.

Sekilas Tentang Bukit Mongkrang

Nama bukit ini mungkin terdengar asing karena memang jalur pendakian di sini baru buka tahun 2019 lalu. Bukit ini terletak di Selatan Gunung Lawu, tepatnya di desa yang bernama Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jateng.

Tempat wisata para pecinta alam ini langsung jadi target pendakian begitu resmi menjadi lokasi yang terbuka untuk umum.

Salah satu penyebab tingginya antusiasme adalah karena pada awal peresmian, bukit ini masih penuh dengan bunga & ilalang yang sangat cantik. Pemandangan bukit pun seketika menjadi spot yang Instagramable.

Bukit dengan ketinggian 2.194 ini siap memanjakan para pendaki, terutama dengan pemandangan di sebelah Utara. Dari arah tersebut, tampak jelas Gunung Lawu yang terlihat gagah dan menjulang tinggi.

Pendaki juga akan mendapat pemandangan kepulan asap belerang yang keluar dari dalam Kawah Candradimuka.

Kemudian di sisi Barat bukit ini, akan terlihat barisan gunung dengan hiasan-hiasan gumpalan awan putih. Barisan gunung ini tak lain adalah Merapi, Merbabu, dan Gunung Sumbing.

Gunung Telomoyo juga akan tampak samar-samar dari atas bukit. Posturnya yang pendek membuat gunung ini terlihat jauh lebih kecil dibandingkan gunung-gunung yang ada di sekitarnya.

Harga Tiket Wisata Bukit Mongkrang

bukit mongkrang tawangmangu

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Tiket masuk tempat wisata Solo yang terkenal ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Pihak pengelola membagi tarif tiket masuk menjadi 2 kategori, yaitu tiket untuk tektok atau pendakian sehari dan tiket untuk camping.

Berikut informasi harga tiket terbarunya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Tektok Rp10.000,00/ orang
Tiket Masuk plus Camping Rp15.000,00/ orang

Harga tiket masuk di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Biasanya tarif tiket akan naik ketika libur akhir pekan dan libur nasional.

Anda bisa jadikan tarif ini sebagai referensi sebelum Anda memutuskan untuk mendaki bukit ini.

Daya Tarik Bukit Mongkrang

Tak berbeda jauh dengan Bukit Sikunir, selain menjadi tempat mendaki terfavorit bagi pemula, bukit ini tentunya dapat juga melakukan aktivitas asik seperti yang berikut ini:

Hiking hingga ke Puncak

Aktivitas utama yang bisa Anda lakukan ketika memutuskan untuk datang ke bukit ini adalah hiking alias mendaki. Targetnya tentu saja area puncak yang sangat menawan.

Bukit ini sendiri memiliki dua puncak terkenal, yaitu Puncak Candi Mongkrang 1 dan Puncak Candi Mongkrang 2.

Namun yang menjadi favorit wisatawan biasanya adalah Puncak Candi Mongkrang 1. Di puncak ini, terdapat tanah datar yang dapat Anda jadikan sebagai lokasi untuk berkemah.

Selain dua puncak di atas, ternyata masih ada satu puncak lagi yang lebih tinggi dari dua puncak yang disebutkan tadi. Puncak Jobolarangan namanya. Namun sayangnya, puncak ini hanya penuh dengan pepohonan.

Rata-rata pendaki memerlukan waktu mendaki 1 hingga 2 jam tergantung kecepatan. Di sela-sela kegiatan mendaki, pendaki juga dapat mengabadikan spot-spot menarik di bukit ini.

Camping

Berada di sebuah gunung atau bukit cantik tak seru rasanya jika tidak bermalam atau camping. Anda dan teman-teman pendaki tentu boleh mendirikan tenda.

Tapi sayangnya hanya terdapat satu spot berkemah, yaitu Puncak Candi Mongkrang 1. Meski begitu, area ini cukup luas dan dapat memuat beberapa tenda sekaligus dan pas untuk rombongan kecil.

Nah, saat camping memang paling pas membawa bekal makanan yang awet yang bisa Anda nikmati saat sedang bersantai di tenda. Solo sendiri terkenal dengan oleh-oleh khas Solo yang awet.

Abon Mesran adalah salah satunya. Anda bisa jadikan olahan daging sapi ini sebagai pelengkap hidangan simpel ala camping Anda. Pasti semakin maknyus.

Sedikit catatan, jika Anda ingin mencoba untuk menjajal spot lain untuk camping, misal Puncak Mongkrang 2 atau Puncak Jobolarangan, sebaiknya gunakan pemandu profesional.

Fasilitas di Bukit Mongkrang

Nah, untuk fasilitas, memang terbilang masih kurang lengkap. Mengingat wisata bukit ini masih sangat alami. Hanya ada area parkir yang terletak di Lapangan Tlogodringo.

Kemudian di sepanjang jalur setapak menuju ke puncak bukit, ada beberapa penjual makanan dan minuman ringan. Jika beruntung, pendaki dapat menjumpai penjual jajanan atau makanan khas Solo di spot ini.

Saat ini, area wisata bukit ini juga belum tersedia fasilitas seperti toilet dan mushola. Semoga tak lama lagi, pihak pengelola wisata ini segera melengkapi tempat ini dengan fasilitas-fasilitas yang belum tersedia.

Lokasi & Rute Menuju Bukit Mongkrang

Wisata Bukit Mongkrang

Wisata bukit cantik ini terletak di bagian Selatan Gunung Lawu. Alamat lengkapnya adalah Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.

Hanya ada satu rute untuk menuju ke wisata alam ini, yaitu melalui Jalan Raya Matesih-Tawangmangu. Dari lokasi Lapangan Tlogodringo, kira-kira butuh waktu 60 menit untuk sampai di area kaki bukit dengan jalan kaki.

Nah, untuk mempersiapkan fisik agar agenda hiking Anda berjalan lancar, sebaiknya jangan terlalu lelah akibat perjalanan. Solusinya adalah dengan menyewa jasa driver plus mobil dari Salsa Wisata.

Tersedia beberapa opsi produk paket sewa mobil dan bus pariwisata di Solo dan sekitarnya. Tentu dengan harga paket yang affordable dan juga kualitas nomor 1.

Untuk perjalanan singkat Solo-Mongkrang, sepertinya paket sewa hiace premio Solo akan cocok untuk Anda.

Jam Operasional Bukit Mongkrang

Secara umum, wisata bukit ini buka setiap hari dengan jam operasional 24 jam. Namun khusus untuk Anda yang ingin melakukan pendakian, Anda harus update jam operasional loket yang beroperasi. Berikut informasinya:

Loket Pendakian Jam
Loket Pendakian Tektok 07.00-14.00 WIB
Loket Pendakian + Camping 07.00-22.00 WIB

Bukit Mongkrang akan jadi satu referensi yang sebaiknya Anda datangi jika sekedar untuk Tektok atau hiking ringan. Jalur pendakian yang cenderung mudah adalah poin plus tersendiri.

Selain itu, view barisan gunung di sekitarnya pasti akan menarik hati Anda ketika sampai di puncak bukit ini. Jadi, tunggu apalagi.

Agendakan sedari sekarang dan realisasikan dengan menggandeng Salsa Wisata sebagai biro perjalanan pilihan Anda.

Pilih paket tour Solo terbaik Anda dan bersiaplah untuk memulai petualangan kecil Anda di bukit ini dan beberapa tempat menarik lainnya.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)