earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kabupaten Magelang terkenal dengan sebutan kota candi. Sebab, ada banyak situs candi di sini. Misalnya saja Candi Pendem Magelang dan Candi Asu yang mana keduanya sama-sama di Sengi dan dibangun dalam satu masa.

Bangunan candi ini termasuk dalam daftar candi Hindu di Indonesia. Situs kompleks candi ini terletak di lereng Gunung Merapi.

Secara administratif, wisata sejarah ini masuk dalam wilayah Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Nama candi tergolong unik dan rupanya nama ini ada kaitannya dengan sejarah candi ini.

Sejarah Candi Asu Sengi

Candi Asu merupakan bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Saa itu, dinasti yang sedang berkuasa adalah Wangsa Sanjaya.

Nama dari candi ini adalah pemberian dari warga lokal setelah peristiwa penemuan Arca Lembu Nandi. Arca ini memiliki bentuk menyerupai seekor anjing.

Namun, ada juga warga yang percaya bahwa ada sejarah lisan atau mitos terkait dengan sejarah candi ini.

Konon dulu ada seorang dewi yang bernama Dewindani. Sebagai seorang dewi, ia memiliki kedudukan yang terhormat.

Namun ketidakmampuannya dalam mengontrol gairah seksualnya, wibawanya di mata para dewa merosot drastis setara dengan binatang.

Bahkan sampai beliau meninggal, ia berubah wujud menjadi seekor lembu yang penampakannya mirip dengan anjing karena perilakunya.

Ada satu lagi cerita sejarah yang kemudian menjadi latar penamaan tempat wisata Magelang ini. Kata ‘asu’ pada nama candi ini berasal dari Bahasa Jawa ‘ngaso’ yang artinya beristirahat.

Candi ini digambarkan sebagai tempat peristirahatan seseorang setelah melakukan perjalanan jauh. Hingga saat ini, bangunan candi ini konon masih dijaga oleh 3 pertapa.

Ketiga pertapa tersebut adalah Ki Panjalo, Ki Panjaloka, dan Ki Budayana. Karena itulah, hingga kini candi ini juga kerap jadi tempat untuk bertapa bagi pengunjung yang memiliki hajat.

Daya Tarik Candi Asu Sengi

Wisata Candi Asu Sengi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Terdapat beberapa daya tarik yang tersimpan oleh situs bangunan candi ini. Diantaranya adalah arca, artefak, ukiran, dan tugu peringatan.

Semua telah kami rangkum dengan baik, padat, dan jelas. Anda bisa membacanya di bawah ini.

Arca

Sama seperti Candi Pawon, candi bercorak Hindu ini memiliki sebuah arca yang menjadi penanda utamanya. Arca tersebut terletak di atas candi dan bentuknya sangat mirip dengan binatang anjing.

Arca ini merupakan wujud penggambaran perubahan dari seorang dewi yang bernama Dewindani. Perubahan ini terjadi dari bentuk manusia menjadi seekor sapi yang mirip dengan anjing.

Total ada dua buah arca dengan bentuk yang sama dan diletakan di kanan-kiri candi. Namun kini hanya tersisa arca yang ada di sebelah kiri.

Arca yang terletak di sebelah kanan telah rusak akibat erupsi Merapi yang terjadi pada tahun 2010 lalu. Bencana alam ini juga telah merusak sebagian bangunan candi lainnya.

Artefak

Ukiran di dinding candi atau kita menyebutnya artefak. Bagian artefak di candi ini seolah menceritakan sebuah kisah perjalanan kehidupan masyarakat pada masa pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno.

Hal ini sangat berbeda dengan artefak yang terukir indah di Candi Borobudur yang mana artefak ini lebih memamerkan kehebatan armada laut Nusantara.

Selain menceritakan tentang proses peradaban masyarakat di Sengi, ada bagian artefak ini yang juga mengisahkan proses transformasi Dewindani. Artefak ini juga mengisahkan Dewindani yang pada akhirnya meninggal dalam kesepian.

Wisata Edukasi Sejarah

Candi masuk dalam kategori wisata sejarah dan edukasi. Ada banyak nilai pengetahuan, terutama nilai sejarah, yang bisa Anda dapatkan usai berwisata di candi ini.

Keindahan Candi

Candi Sojiwan jauh lebih terkenal, tapi candi ini juga memiliki nilai keindahan seni yang sederajat dengan Sojiwan. Di mata pecinta candi, bangunan candi itu sendiri itu sudah sangat artistik.

Apalagi jika didukung dengan keindahan alam sekitar. Deretan pepohonan yang berdaun rimbun dan lahan sawah yang hijau kekuningan tentu akan menjadi poin plus tersendiri.

Pemandangan yang demikian akan dengan mudah membangun suasana yang tenang sehingga pengunjung pun akan merasa nyaman selama di sini.

Bermain di Sungai

Setelah lelah jalan-jalan di area kompleks candi, segarkan pikiran Anda dengan bermain air di sebuah sungai kecil. Lokasi sungai ini tak begitu jauh dari candi; hanya beberapa meter saja dari candi.

Arus sungainya tenang, kedalaman sungai ini juga tak seberapa, jadi Anda tetap aman selama bermain di sungai ini.

Untuk recharge energi setelah bermain di sungai, ajak serta kawan atau keluarga untuk hunting tempat wisata kuliner Magelang terdekat.

Terpantau ada beberapa rekomendasi. Salah satunya adalah pusat wisata kuliner di sekitar Alun-Alun Magelang.

Ada banyak sekali referensi tempat makan di area sekitar alun-alun. Bahkan ada beragam kios dan gerobak yang berisikan jajanan yang enak disantap hangat-hangat.

Masih di area alun-alun, Anda juga bisa menyambangi toko-toko oleh-oleh khas Magelang berkualitas. Silahkan Anda belanja oleh-oleh sepuasnya.

Semedi

Tentu akan menjadi hal yang sangat menarik apabila Anda melakukan semedi di tempat yang semestinya. Seperti semedi di candi ini.

Anda bisa lakukan ritual wisata religi dengan dukungan perlengkapan yang telah disiapkan oleh sang juru kunci.

Fasilitas di Wisata Candi Asu Sengi

Fasilitas Candi Asu Sengi

Memang dari segi fasilitas, daftar fasilitas di objek wisata sejarah yang satu ini masih terbilang sangat minim. Untuk fasilitas basik seperti area parkir dan toilet umum saja masih belum memadai.

Kedua fasilitas ini memang tersedia; hanya saja masih kurang dari segi luas lahan untuk area parkir dan kurang banyak toilet. Bahkan fasilitas toilet di sini masih berbayar.

Apalagi untuk fasilitas penunjang wisata seperti warung makan yang umumnya menjual makanan khas Magelang, sama sekali belum tersedia.

Harga Tiket Masuk Candi Asu Sengi

Untuk dapat melakukan safari wisata sejarah di candi ini, Anda tak perlu membeli tiket masuk karena tempat wisata ini gratis.

Adapun biaya-biaya lain yang diberlakukan biasanya digunakan untuk kepentingan kebersihan dan pengeluaran lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami lampirkan daftar biaya yang sebaiknya Anda siapkan sebelum liburan ke tempat ini.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Kendaraan Roda Dua Rp2.000,00
Parkir Kendaraan Roda Empat Rp5.000,00
Toilet Rp2.000,00 – Rp4.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Candi Asu Sengi

Lokasi Candi Asu Sengi

Bagi Anda yang pernah ke Gunung Merapi via Magelang, pasti Anda familiar dengan alamat Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Rute yang bisa Anda lalui adalah dimulai dari Magelang lalu ke Kecamatan Dukun. Setelah sampai di Kecamatan Dukun, langsung saja arahkan mobil Anda ke Desa Sengi.

Oh iya, untuk menuju ke Candi ini, Anda tidak dapat menggunakan kendaraan roda empat dan kendaraan besar lainnya. Sebab, akses menuju candi ini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Silahkan Anda gunakan jasa ojek untuk menuju ke candi ini. Atau Anda bisa memanfaatkan layanan paket sewa mobil plus driver dari Salsa Wisata untuk mengantarkan Anda ke lokasi bersama ojek yang telah bekerja sama.

Jam Operasional Candi Asu Sengi

Kompleks wisata candi ini buka dari hari Senin sampai hari Minggu dari jam 07.00 sampai jam 18.00 WIB.

Anda bebas berkunjung jam berapa saja. Namun pastikan jadwal kunjungan Anda ini sesuai dengan rencana perjalanan wisata Anda agar semua tempat wisata terdekat dapat Anda kunjungi.

Serahkan saja hal yang terkait dengan pembuatan itinerary, rekomendasi destinasi wisata seperti Candi Asu kepada Salsa Wisata. Segala urusan transportasi dan akomodasi bisa Anda nikmati melalui paket gathering.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)