SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Makanan khas Magelang  jadi salah satu daya tarik paling menarik di Magelang selain tempat wisatanya. Beraneka macam makanan bisa Anda dapatkan di kota sejuta bunga ini.

Mulai dari makanan tradisional di pedagang kaki lima hingga makanan mewah di restoran semua tersedia. Supaya Anda tidak perlu repot mencari, berikut ini beberapa rekomendasi kuliner khas dari Magelang yang wajib Anda coba:

Daftar Makanan Khas Magelang yang Terkenal

Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Makanan paling terkenal dari Magelang tentu saja kupat tahu. Namun berbeda dengan tahu kupat yang menjadi makanan khas Solo, kupat tahu Magelang punya isian lebih lengkap.

Isinya biasa terdiri dari kecambah, kol atau kubis, mie, bakwan, tahu putih, dan tentunya ketupat. Semua bahan tersebut terasa nikmat berkat siraman kuah kacang yang cair.

Kuah ini juga yang membuat hidangan khas Magelang ini jadi istimewa. Sebab terbuat dari campuran kacang, kecap, dan juga telur. Agar semakin sempurna tidak ketinggalan taburan bawang goreng di atasnya.

Rasa kuah yang pedas manis gurih sangat mantap saat bercampur isian yang lainnya. Hidangan ini bisa Anda temukan di banyak tempat salah satunya alun-alun Magelang.

Namun rekomendasi terbaik makanan ini adalah warung Tahu Pojok di Jl. Tentara Pelajar Kios No.14, Cacaban. Harganya sendiri sekitar Rp15.000,00 per porsi dengan isian lengkap.

Mangut Lele Magelang

Mangut Lele Magelang

Selain kupat tahu, mangut lele juga termasuk masakan khas Magelang yang wajib Anda coba. Ciri khasnya terletak pada kuah santan gurih yang membuat lele goreng atau panggang semakin nikmat.

Untuk membuat mangut lele khas Magelang ini juga tidak terlalu sulit. Cukup goreng lele lalu tumis bumbu halus, masukan santan, kemudian lele serta bumbu lain dan sajikan saat santan sudah mulai menyusut.

Rasa hidangan ini tidak kalah lezat dari mangut welut Hj Nasimah, salah satu wisata kuliner Semarang terkenal. Sensasi rasa gurih, manis, dan pedas yang segar sangat terasa dari kuah dan lelenya.

Selain lele, Magelang juga terkenal dengan mangut beong yang menggunakan ikan baung sebagai pengganti lele. Rasanya segar dan jadi favorit banyak wisatawan.

Salah satu tempat terbaik mencoba hidangan ini adalah Warung Makan Sehati yang berada di kawasan Borobudur. Satu porsi mangut ini pun masih sangat terjangkau yakni Rp15.000,00 dengan ukuran ikan yang besar.

Cenil Khas Magelang

Cenil Khas Magelang

Selain hidangan besar, makanan khas Magelang ringan seperti cenil juga bisa menemani kunjungan Anda ke magelang. Bahan utamanya berasal dari ketela pohon atau singkong dengan taburan parutan kelapa.

Khusus di Magelang, cenil atau cetil ini biasanya berbentuk lonjong seperti kue telur gabus, oleh-oleh khas Bekasi. Agar semakin nikmat, siraman gula aren cair juga ditambahkan.

Anda bisa menemukan jajanan ini di pasar-pasar tradisional atau pedagang keliling sekitar Magelang. Salah satu tempat yang terkenal adalah Cenil Lupis Ketan Hitam di Muntilan.

Harganya juga sangat terjangkau dengan kisaran mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp15.000,00 Anda sudah bisa mendapatkan camilan manis satu ini.

Es Dawet Magelang

Es Dawet Magelang

Melewati udara panas Magelang di siang hari paling nikmat bila Anda meminum es dawet khas Magelang. Sensasi es yang dingin dapat meredam hawa panas tersebut.

Selain itu, berbeda dengan dawet dari daerah lain, dawet Magelang menambahkan roti serta cincau ke dalam minuman. Dengan begitu rasanya semakin segar dan manis.

Anda bisa menemukan minuman tradisional ini di sejumlah tempat wisata Magelang. Namun yang paling terkenal berada di Pasar Ngasem Jl. Poncowati, Panjang, Kota Magelang.

Di salah satu kedai dawet milik Sukarti, Anda bisa mencoba dawet legendaris yang sudah ada sejak 40 tahun lalu. Harganya pun sangat terjangkau, hanya Rp2.000,00 untuk satu mangkuk es dawet segar.

Getuk Lindri

Getuk Lindri

Bagi masyarakat Jawa, getuk sudah jadi camilan yang sangat terkenal tidak terkecuali di Magelang. Salah satu jenis getuk yang bisa Anda temukan di kota ini adalah getuk lindri.

Berbeda dengan getuk yoko kurung yang jadi oleh-oleh khas Klaten, getuk lindri ini lebih tradisional. Cara membuatnya puan hanya mencampurkan parutan singkong dengan gula serta pewarna makanan agar menarik.

Tidak ketinggalan juga taburan parutan kelapa untuk memberikan rasa gurih yang sedap. Bentuk getuk yang mungil dan pas di mulut membuat jajanan ini jadi camilan yang sempurna.

Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional atau toko jajanan pasar yang ada dengan harga terjangkau. Satu bungkus getuk lindri biasanya hanya sekitar Rp8.000,00 dengan isi 5 sampai 8 buah.

Slondok Magelang

slondok magelang

Keripik seperti slondok tidak hanya bisa Anda temukan di Klaten. Magelang juga termasuk salah satu produsen terkenal salah satu jenis keripik singkong ini.

Namun berbeda dengan Klaten, jenis slondok di Magelang lebih banyak yang berbentuk keripik dibanding cincin. Meski begitu rasanya tetap nikmat dan cocok untuk jadi camilan Anda.

Pilihan rasanya juga bervariasi ada yang pedas, pedas manis, gurih, manis, dan lainnya. Anda bisa membeli jajanan ini dalam bentuk matang maupun mentah.

Slondok Magelang bisa Anda beli di banyak toko oleh-oleh terutama di sekitar Candi Borobudur. Satu bungkusnya sendiri biasa dibanderol dengan harga Rp15.000,00 hingga Rp25.000,00 tergantung ukurannya,

Geblek

Geblek

Berbeda dengan geblek dari Jogja, geblek Magelang memiliki ciri khasnya tersendiri. Warga Magelang biasa menambahkan parutan kelapa serta parutan singkong dalam adonan tepung tapioka gebleknya.

Tambahan tersebut membuat rasa geblek dari Magelang semakin gurih dan padat. Camilan ini sangat cocok Anda nikmati bersama kuah gula cair yang manis atau sambal kecap sebagai pelengkap.

Cita rasanya sendiri tidak kalah dari geblek oleh-oleh khas Wonosobo maupun Jogja yang lebih dulu terkenal. Selagi hangat, jajanan geblek ini terasa sangat mantap.

Ada banyak pedagang yang bisa Anda temukan bila ingin membeli kudapan ini. Harganya pun sangat terjangkau sekitar Rp5.000,00 untuk satu porsi sedang.

Mie Godog

Mie Godog Magelang

Magelang juga memiliki sajian mie yang terkenal enak yaitu mie godog. Makanan yang dalam bahasa Indonesia berarti mie rebus ini punya rasa yang khas.

Tekstur mie kuning yang kenyal bercampur nikmat dengan kuah kental isian lainnya. Biasanya isian mie rebus ini berupa sayur kol, seledri, ayam, telur, dan juga bawang goreng.

Makanan khas Magelang yang enak ini sangat cocok untuk Anda yang senang kuliner malam di Kota Magelang. Rasa pedas dan gurih dari mie yang masih hangat jadi teman yang pas saat menghabiskan malam.

Anda bisa mendapatkan makanan ini di warung-warung kaki lima pinggir jalan utama saat malam hari. Untuk harganya juga tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp15.000,00 per porsi.

Grubi

Grubi Magelang

Selain singkong, ubi jalar juga bisa diolah menjadi camilan lezat bernama grubi. Salah satu jajanan khas Magelang ini memiliki tekstur renyah dengan rasa manis asli dari gula alami.

Cara membuatnya cukup mudah. Pertama parut ubi jalar lalu rendam beberapa menit. Kemudian goreng sebentar sampai setengah matang. Lalu cairkan gula merah dan garam dalam wajan kemudian masukan ubi tadi.

Sesaat setelah tercampur, ubi bisa Anda bentuk menjadi pipih atau gumpalan dan siap Anda nikmati. Tapi jika Anda tidak mau repot, bisa beli langsung kemasan siap makan di toko oleh-oleh yang ada.

Harganya sekitar Rp12.000,00 per bungkus dengan ukuran sekitar 250 gram. Jajanan ini juga bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh khas Malang namun dengan nama Carang Mas.

Bakso Kerikil

Bakso Kerikil Magelang

Untuk para penikmat bakso, bakso kerikil khas Magelang wajib masuk daftar kuliner Anda. Asal-usul nama kerikil bukan berarti ada kerikil dalam baksonya melainkan karena bentuknya yang kecil seperti batu.

Hal ini berbanding terbalik dengan bakso klenger yang berukuran jumbo dan jadi salah satu wisata kuliner Jogja paling terkenal. Meski begitu rasanya tidak kalah sedap dan bahkan jadi favorit banyak orang.

Satu mangkoknya bisa berisi 10 hingga 20 buah bakso lengkap dengan mie dan isian lain. Sehingga Anda tetap bisa kenyang dan menikmati kenyal gurih bakso dengan maksimal.

Anda bisa mencoba hidangan ini saat mengunjungi Taman Badaan tepatnya di kios Bakso Krikil Pak Bendot. Harga satu porsinya hanya sekitar Rp10.000,00 dengan berbagai pilihan menu isian.

Sop Senerek

Sop Senerek

Salah satu sajian makanan khas Magelang yang menjadi favorit banyak orang adalah sop senerek. Ciri khas sop ini adalah penggunaan kacang merah sebagai bahan utama pembuatan sop.

Menurut cerita, asal usul sop ini berasal dari makan khas Belanda yaitu snert soup yang sering ada saat masa penjajahan. Namun seiring berjalannya waktu, warga lokal menyesuaikan makanan ini dengan lidah Indonesia.

Biasanya isian sop senerek berupa kacang merah, wortel, bayam, dengan tambahan daging sapi, ayam, atau babat iso. Rasa kuah bening yang segar sangat nikmat saat bercampur nasi hangat dan sambal.

Salah satu tempat yang sering menjadi langganan para sopir rental hiace Jogja adalah Sop Senerek Pak Parto di Magersari. Di sini Anda bisa mendapatkan sop senerek plus nasi dengan harga sekitar Rp18.500,00.

Blendrang

Blendrang

Untuk Anda yang belum tahu, blendrang merupakan hidangan sejenis bubur yang terbuat dari tepung gandum. Tapi berbeda dengan bubur nasi biasa, bubur ini menggunakan tulang ayam atau kambing sebagai lauknya.

Teksturnya pun sangat encer mirip seperti kuah salah satu makanan khas Padang, sate danguang danguang. Apalagi dari rasanya, bubur khas daerah Muntilan ini sangat sedap.

Rasa gurih dari bubur serta sumsum tulangnya sangat nikmat dan pas untuk Anda memulai hari. Bubur blendrang ini bisa Anda dapatkan di kawasan pasar Muntilan dengan mudah.

Harganya sendiri sekitar Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00 per porsi tergantung jenisnya.

Magelangan

Magelangan

Bagi warga Jogja, tentu sudah sangat mengenal apa itu magelangan. Hidangan satu ini merupakan variasi dari nasi goreng dengan menambahkan mie serta balungan ayam.

Mie nya pun bukan mie instan seperti di warung burjo Jogja melainkan mie kuning basah buatan sendiri. Tambahan tulang ayam dalam nasi goreng jadi sensasi sendiri yang membuat magelangan unik dan sedap.

Rasanya sendiri tidak kalah dari Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, salah satu tempat wisata kuliner Jakarta yang populer. Satu porsi nasi goreng Magelang ini bisa Anda beli dengan harga sekitar Rp12.000,00 hingga Rp15.000,00.

Getuk Trio

Getuk Trio

Tidak hanya getuk lindri, masih ada satu getuk lagi yang jadi favorit banyak orang yaitu getuk trio. Getuk ini biasanya memiliki tiga warna dalam setiap potongnya yaitu putih, cokelat, dan merah jambu.

Namun saat ini sudah banyak juga pedagang yang menambahkan warna hijau sebagai variasi. Dari bahannya tidak ada yang berbeda dengan getuk lain, hanya saja hidangan ini menambahkan santan dalam adonannya.

Sehingga rasa dari getuk terasa manis dan gurih. Anda bisa membeli getuk trio di toko oleh-oleh khas Magelang dengan harga terjangkau yakni sekitar Rp15.000,00 per kemasan.

Buntil Daun Talas

Buntil Daun Talas

Talas atau keladi tidak hanya bisa Anda manfaatkan umbinya, daunnya pun punya banyak manfaat. Salah satunya sebagai bahan makanan seperti buntil daun talas yang ada di Magelang.

Khasiat daun talas yang mampu mencegah berbagai penyakit ini bisa Anda nikmati dalam bentuk sayur yang segar. Daun talas ini menjadi pembungkus dari parutan kelapa, teri, serta petai dalam hidangan buntil.

Anda yang penasaran ingin mencoba bisa minta rekomendasi sopir rental mobil Magelang untuk mengantar ke lokasi yang menjualnya. Harga satu porsi buntil talas sendiri sekitar Rp15.000,00 tanpa nasi.

Es Pleret Magelang

es pleret magelang

Satu lagi minuman khas Magelang yang wajib Anda coba yaitu es pleret. Ciri khasnya terletak pada gempol atau pleret, sejenis kue kenyal dari adonan tepung beras yang melewati proses pengukusan.

Tekstur pleret yang kenyal berpadu sempurna dengan santan, sirup, dan gula yang jadi kuahnya. Jangan lupa menambahkan es agar rasanya semakin segar dan mantap.

Salah satu kedai terkenal untuk menikmati minuman ini adalah kedas es pleret semanggi. Satu mangkuk es ini biasa dijual dengan harga Rp10.000,00 untuk ukuran yang cukup besar.

Sego Godog

Sego Godog

Hidangan satu ini cukup unik dan wajib masuk daftar kulineran Anda. Sego godog atau nasi rebus ini sekilas terlihat seperti bubur namun dengan citarasa mirip mie godog.

Biasanya terbuat dari campuran kaldu ayam, telur, serta bumbu halus khusus. Nasi rebus ini akan semakin nikmat dengan potongan timun serta irisan kubis segar dan juga sambal.

Anda bisa mencoba sego godog ini di malam hari di kedai-kedai mie godog yang ada di emperan. Harganya sendiri sekitar Rp20.000,00 per porsi yang cukup banyak.

Itulah tadi beberapa rekomendasi makanan khas magelang yang wajib Anda coba di Kota sejuta bunga ini. Jika Anda ingin mencoba lebih banyak makanan dan puas berwisata kuliner, gunakan saja layanan biro perjalanan seperti Salsa Wisata.

Beragam paket liburan menarik bisa Anda dapatkan mulai dari paket gathering, honeymoon, hingga liburan keluarga semua tersedia. Dengan begitu kesempatan Anda mewujudkan perjalanan impian jadi semakin terbuka.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Kuliner, Magelang



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)