SalSari Resto & Coffee

Wisata Curug 7 Cilember Bogor Jawa Barat bisa menjadi pilihan Anda ketika sedang berada di Bogor. Salah satu curug di Bogor yang bagus ini memang memiliki pesona yang luar biasa.

Liburan Anda dan keluarga akan bertambah istimewa jika menikmatinya di objek wisata alam ini. Terlebih curug ini juga memiliki air yang sangat sejuk dan segar.

Tunggu apa lagi, segera atur rencana untuk berkunjung ke curug ini bersama keluarga. Namun, jika Anda sedang mencari informasi lengkap tentang curug ini, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Sekilas Tentang Curug 7 Cilember

curug cilember

Curug 7 Cilember Puncak adalah salah satu wisata alam yang begitu populer di Bogor. Objek wisata ini bisa menjadi alternatif ketika Anda sudah sering berkunjung ke Puncak Bogor.

Ternyata curug ini sudah eksis sejak tahun 1990 sebagai tempat wisata Bogor murah dan semakin ramai pada awal tahun 2000-an. Pemilihan namanya juga kental akan Bahasa Sunda dimana kata lember memiliki makna sebuah jamur berwarna coklat.

Nama tersebut bukan tanpa sebab, udara yang dingin di kawasan tersebut memang membuat jamur berkembang biak dengan cepat. Oleh sebab itu, karena banyaknya jamur di tempat ini maka namanya pun bermakna jamur.

Daya tarik utama curug ini tentu saja adalah aliran air yang terbagi menjadi tujuh bagian. Sebenarnya aliran air tersebut berasal dari satu sumber, namun terpecah menjadi 7 saat mengalir.

Harga Tiket Masuk Curug 7 Cilember

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata curug ini, Anda perlu membayar tiket terlebih dahulu. Namun tenang saja karena harga tiket masuk Curug 7 Cilember cukup terjangkau.

Selain tiket masuk, Anda juga perlu menyiapkan uang jika ingin melakukan camping di area tersebut. Berikut adalah daftar harganya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp25.000,00 per orang
Camping Rp35.000,00 per orang

Harga di atas bisa berubah tergantung kebijakan pihak pengelola wisata. Namun Anda bisa menjadikan harga tersebut menjadi rujukan saat berkunjung.

Rute Menuju Lokasi Curug 7 Cilember

penginapan dekat curug cilember

Lokasi Curug 7 Cilember berada di Jalan Raya Puncak KM. 15, Cisarua, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Jarak tempuh ke lokasi ini sekitar 7 kilometer dari Cimory Dairyland Puncak.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui Jalan Raya Bogor hingga sampai Ciawi.

Sesampainya di Ciawi, Anda terus menuju hingga ke arah puncak mengikuti jalur. Setibanya Anda di depan Hotel USSU Cisarua atau Kedai Sate H. Kadir, Anda hanya perlu untuk mengikuti petunjuk yang akan mengarahkan ke jalan utama menuju curug.

Namun, bila Anda ingin mencari cara yang lebih simpel, bisa dengan layanan rental mobil Bogor murah dari Salsa Wisata. Bahkan ada driver profesional yang akan menemani Anda.

Daya Tarik Wisata Curug 7 Cilember

Objek wisata curug ini menyuguhkan keindahan yang tidak Anda dapatkan di kawasan perkotaan. Suasana yang asri membuat liburan Anda pasti akan sangat berkesan.

Ada banyak daya tarik curug ini yang membuatnya menjadi favorit wisatawan. Penasaran? Berikut adalah penjelasannya.

Pesona Curug Cilember

camping curug cilember

Banyak orang berkunjung ke curug ini demi menikmati pesonanya yang begitu luar biasa. Salah satu tujuannya adalah melihat langsung keindahan curug yang memiliki beberapa tingkatan.

Selain pemandangan alamnya yang mempesona, curug ini juga mudah Anda jangkau. Fasilitas yang tersedia juga membuatnya menjadi incaran banyak wisatawan.

Berbicara soal curug, Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai lokasi utamanya. Curug yang pertama dari 7 rangkaian bisa Anda temukan dengan mudah.

Curug tersebut terdiri dari dua air terjun yang saling berdampingan. Salah satu dari keduanya memiliki kontur yang berundak. Hal itu membuatnya memiliki lekukan air yang cantik.

Hutan Pinus

Untuk masuk ke curug, Anda harus terlebih dahulu melewati kawasan hutan pinus yang cukup rindang. Hutan tersebut akan Anda temui setelah melewati loket masuk.

Anda akan melewati jalan setapak yang terbuat dari bebatuan. Jalan tersebut akan mengantarkan Anda ke tujuan utama yaitu air terjun.

Hutan pinus tersebut memiliki luas sekitar 2 hektar dengan pepohonan yang beragam. Tidak hanya pinus, ada beberapa tumbuhan lain seperti Agathis dan Rasamala yang memenuhi tempat ini.

Suasana hutan yang asri dengan berbagai pepohonannya akan memanjakan perjalanan Anda menuju curug. Setelahnya, Anda akan melihat langsung pesona curug yang begitu indah.

Area Camping

curug cilember camping ground

Ternyata, Anda bisa berkemah di kawasan curug. Lokasi camping ground-nya berada di area sebelum Anda sampai ke curug.

Sebelum mencapai curug 7, Anda akan melewati area camping Curug Cilember. Area ini biasanya berisi banyak tenda milik para campers. Tenda warna-warni tentu akan menambah daya tarik di tengah hijaunya alam perbukitan.

Untuk bisa berkemah, Anda bisa menyewa tenda di tempat penyewaan yang tersedia. Anda juga bisa mendapatkan fasilitas yang diperlukan untuk bermalam di sini, seperti toilet, mushola, dan kantin.

Anda bisa bersantai sambil menyantap makanan khas Bogor Jawa Barat atau hidangan lainnya. Suasana tersebut semakin nyaman dengan keindahan alamnya yang mempesona.

Wahana Permainan dan Spot Foto

taman kupu-kupu curug cilember

Objek wisata curug ini juga menyediakan wahana hiburan yang menarik. Ada beberapa permainan yang bisa Anda mainkan di alam terbuka seperti outbound.

Anda juga bisa singgah ke kolam ikan terapi. Spot ini biasanya ramai oleh pengunjung terutama orang dewasa. Ikan-ikan di kolam ini akan memberikan terapi pijatan yang membuat Anda nyaman.

Ada juga Taman Kupu-kupu dan rumah hobbit yang bisa menjadi spot foto cantik. Banyak wisatawan yang mampir untuk berfoto di spot instagramable tersebut.

Seperti halnya Taman Budaya Sentul, spot ini memang sangat cocok untuk menjadi latar sebuah foto. Tempatnya yang cantik membuat wisatawan bisa mengambil gambar dengan berbagai gaya.

Fasilitas di Curug 7 Cilember

Wisata curug ini sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung. Anda bisa menemukan area parkir yang cukup luas di depan kawasan wisata.

Selain itu, di bagian dalam juga terdapat toilet dan mushola. Anda juga bisa menikmati fasilitas lain seperti pondok kayu untuk beristirahat, taman kupu-kupu, hingga camping ground.

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata kuliner Bogor terbaru maka bisa singgah ke kedai makan. Anda juga bisa mengajak keluarga untuk mencoba berbagai wahana yang tersedia seperti flying fox.

Untuk yang ingin menginap, Anda bisa menemukan sejumlah penginapan dekat Curug 7 Cilember. Rate per malamnya bervariasi, mulai dari yang murah hingga tarif mahal.

Jam Buka Curug 7 Cilember

curug cilember bogor jawa barat

Objek wisata curug ini bisa Anda kunjungi setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu bahkan saat hari libur. Jam buka Curug 7 Cilember mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Objek wisata ini biasanya ramai oleh pengunjung saat akhir pekan. Meski begitu, ada saja pengunjung yang datang saat hari biasa.

Itulah info wisata Curug 7 Cilember yang populer. Anda bisa berkunjung ke tempat ini ketika sedang liburan bersama keluarga. Sebagai pilihan, Anda bisa memesan paket wisata dari Salsa Wisata. Salsa Wisata menyediakan paket wisata murah sudah termasuk penginapan dan transportasinya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)