SalSari Resto & Coffee

Terletak tidak jauh dari Jakarta dan sekitarnya, salah satu kabupaten di Jawa Barat ini sering jadi pelarian penduduk ibukota yang jenuh dengan rutinitas. Salah satu tempat wisata alam Instagramable Bogor yang tengah populer adalah Curug Ciampea.

Yang membuat curug ini menarik tentu saja karena kelestarian alamnya. Alam sekitar curug ini masih terjaga keasriannya, karena sebetulnya curug ini masih ada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun. Berada di kaki gunung Salak juga membuat suasana di sekitar air terjun ini sangat sejuk. Airnya juga jernih dan bersih.

Sekilas Tentang Curug Ciampea

hutan pinus curug ciampea

Dari area parkiran sampai menuju Curug Ciampea, Anda harus berjalan alias trekking. Tidak seperti curug-curug lainnya, trekking menuju curug ini cukup jauh. Jadi, kalau mau datang ke sini, Anda harus pastikan bahwa kondisi tubuh Anda memang sedang fit.

Meskipun begitu, jalan menuju curugnya dihiasi dengan pemandangan alam yang cantik. Jadi, trekking pun tidak akan terasa melelahkan. Kabar baiknya lagi, meski jaraknya jauh, jalur jalanannya tidak curam.

Cuma di titik dekat curugnya saja yang agak curam. Sebagian besar jalur treknya melintasi area hutan pinus. Di musim hujan, jalur ini bisa sangat licin karena memang jalannya masih berbentuk tanah.

Jadi, disarankan Anda datang ke sini di musim kemarau. Jalur yang agak curam dan menanjak nanti berakhir di titik yang ditandai dengan adanya banyak kantin. Dari tempat di mana banyak kantin itu, sudah terlihat pemandangan curug yang indah.

Setelah dari kantin-kantin yang berjejer, jalur treknya sudah menurun. Jadi tidak akan terasa terlalu lelah lagi. Nah, di kawasan air terjun ini, rupanya ada satu spot air terjun lagi yang bernama Curug Cipatat.

Curug ini arus airnya deras dan cukup tinggi. Kolam di bawahnya juga sangat lebar, diapit oleh pepohonan rimbun dan tebing batu. Sama seperti Ciampea, Cipatat juga sama-sama teduh suasananya.

Fasilitas Curug Ciampea

fasilitas curug ciampea

Di curug ini, Anda sudah bisa menemukan berbagai fasilitas standar, seperti toilet, mushola, dan area parkir yang luas. Semua spot wisata di kawasan ini juga sudah tertata dengan baik dan rapi.

Untuk fasilitas penunjang, tentunya ada camping ground dan kantin yang menyediakan menu makanan khas Jawa Barat kekinian. Ada juga hammock atau ayunan di area hutan pinus untuk Anda yang ingin berayun di ketinggian bersama seluruh anggota keluarga.

Harga Tiket Masuk Curug Ciampea

Masuk ke Curug Ciampea tidak mahal. Dibandingkan dengan tiket-tiket wisata alam buatan lainnya di Jawa Barat, masuk ke objek wisata ini terbilang sangat terjangkau. Berikut ini rincian tarifnya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp22.000,00
Camping Rp30.000,00

Rute Menuju Curug Ciampea

rute Curug Ciampea

Curug Ciampea ada di kaki Gunung Salak. Alamatnya di Tapos 1, Kecamatan Tenjolaya, Bogor. Kalau Anda berangkat dari terminal Baranang Siang Bogor, Anda hanya harus menempuh jarak sejauh 25 km dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit.

Rute menuju curug ini searah dengan Curug Luhur Indah. Meskipun Anda bisa berangkat dari terminal Bogor, cara terbaik untuk bisa datang ke wisata ini adalah dengan kendaraan pribadi.

Jika kebetulan Anda seorang wisatawan yang datang ke Bogor tanpa kendaraan pribadi, kami sarankan untuk menggunakan jasa rental mobil avanza plus sopir Bogor. Anda bisa berwisata tanpa repot menghafal rute, karena ada sopir yang akan mengantar Anda.

Sesampainya di parkiran tempat wisata, Anda masih harus berjalan menyusuri hutan pinus yang rimbun untuk bisa sampai di titik lokasi air terjunnya. Oleh karena itu, persiapkan bekal makanan dan minuman.

Daya Tarik Curug Ciampea

Ada banyak spot alami yang instagramable di tempat wisata ini. Banyak juga kegiatan yang bisa Anda lakukan. Beberapa diantaranya adalah:

Main di Green Lagoon

laguna Curug Ciampea

Anda mungkin pernah melihat green lagoon di Curug Ngumpet. Namun rupanya, Curug Ciampea pun punya laguna serupa. Ada lokasi berupa kolam kecil yang di atasnya ada air terjun mini.

Kolam kecil ini memang seperti laguna, dikelilingi oleh tebing-tebing batu sebagai temboknya, sehingga laguna ini tampak tersembunyi. Kolamnya tidak terlalu lebar, tapi dalamnya pas kalau Anda mau cliff jumping.

Tentu saja, Anda juga bisa foto-foto di laguna hijau ini. Rasanya seperti di luar negeri. Airnya sangat jernih berwarna hijau.

Menyelam

Tidak seperti di curug-curug bagus di Bogor lainnya, Anda juga bisa menyelam lho. Spot menyelam terbaik ada di Leuwi Ngumpet dan Green Lagoon, tidak jauh dari Ciampea.

Kedalaman kolam-kolam tempat menyelam itu cuma kurang lebih 3 meter. Meski tidak begitu dalam, Anda tetap harus berhati-hati karena ada banyak batu. Yang membuat menyelam jadi makin seru adalah fakta bahwa air sungainya sangat jernih. Jadi, Anda bisa melihat apa yang ada di bawah air terjun.

Ikan-ikan kecil air tawar serta tanaman-tanaman air bisa Anda lihat. Pastikan Anda tidak menyelam di area sekitar jatuhnya air, karena arusnya sangat deras dan bisa berbahaya di musim hujan.

Berenang

berenang di Curug Ciampea

Tentu saja, main ke curug tidak akan lengkap tanpa main air atau berenang. Anda bahkan bisa mandi di kolamnya, lho. Airnya sejuk dan jernih.

Ada dua spot yang berbeda untuk kegiatan yang berbeda. Kalau Anda ingin mandi, Anda bisa melakukannya di kolam Ciampea. Namun kalau Anda ingin berenang, spot terbaik adalah di green lagoon.

Foto-foto

Rasanya sayang kalau keindahan alam seperti ini tidak Anda abadikan dalam bentuk foto. Air terjun yang menjulang, berpadu dengan alam sekitar, membuat tempat ini jadi punya spot foto alami.

Bukan cuma sekadar swafoto, banyak juga pengunjung yang rela datang dan menempuh jalur trekking yang panjang hanya untuk melakukan sesi foto pre-wedding di sini. Banyak juga yang membuat konten wisata alami di tempat ini.

Camping

camping di Curug Ciampea

Tentu saja tak ketinggalan aktivitas seru yang satu ini. Ciampea juga punya fasilitas camping ground. Bumi perkemahan ini letaknya tidak jauh dari loket dan area parkir. Camping ground ada di jalur trekking, yakni di tengah-tengah hutan pinus.

Seperti kawasan lainnya di tempat wisata ini, bumi perkemahannya juga terletak di ketinggian. Jadi, jangan lupa untuk membawa pakaian tebal kalau mau menginap di sini. Udara akan mulai menjadi dingin ketika sudah sore hari.

Jam Operasional Curug Ciampea

Curug Ciampea buka dari pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB setiap harinya. Hanya saja, waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini adalah di pagi dan sore hari. Di saat-saat itu, pemandangan akan jadi terlihat lebih indah.

Tertarik ingin mengunjungi Curug Ciampea? Anda bisa serahkan pesan tiket liburan Anda lewat Salsa Wisata. Kami akan membawa Anda ke berbagai tempat wisata di Bogor dan sekitarnya, berikut ke berbagai tempat oleh-oleh khas Bogor tahan lama.

Liburan Anda bisa pesan lewat paket wisata yang kami sediakan. Itinerary perjalanan lengkap, bisa Anda ubah juga kalau Anda ingin mengunjungi destinasi wisata yang tidak ada di dalam daftar. Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi kami.

 



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (9 votes)