earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Rindu dengan suasana natural khas pegunungan Bogor lengkap dengan air terjunnya? Curug Cikuluwung hanyalah satu dari sekian banyak air terjun di Bogor yang menawarkan suasana yang Anda impikan.

Tempat wisata alam ini sangat menarik karena menghadirkan pemandangan air terjun yang masih sangat alami dengan segala hiasan-hiasan alaminya.

Hiasan-hiasan ini berupa tebing bebatuan yang menjulang tinggi dengan kolam alami di bagian tengahnya.

Kemudian hiasan lainnya adalah view vegetasi yang subur nan hijau yang tumbuh di sekitar area perbukitan di sekeliling curug.

Pemandangan semacam ini terasa sangat ‘mahal’ terutama bagi Anda yang bosan dengan keramaian kota.

Seputar Curug Cikuluwung Bogor

Curug Cikuluwung adalah salah satu wisata alam yang terletak di Bogor, tepatnya di Kampung Suka Asih, Bogor. Situs curug ini memiliki dua buah air terjun, yaitu Curug Cikuluwung 1 dan Curug Cikuluwung 2.

Tepat di bawah curug, terdapat kolam alami yang luas dan airnya berwarna biru toska. Warna air ini tampak sangat serasi dengan lanskap bebatuan besar dan pepohonan yang ada di sekitar curug.

Ada juga dua kolam lainnya yang terletak tak jauh dari kolam yang pertama. Mengutip keterangan salah satu pemandu, sebaiknya pengunjung tidak berenang di kolam yang berada tepat di bawah air terjun.

Sebab, kedalaman kolamnya masih belum terukur dan terdapat pusaran air di dalamnya. Apabila ada pengunjung yang ingin berenang, sebaiknya pilih lokasi berenang di kolam kedua atau ketiga.

Dua kolam tersebut jauh lebih aman karena memiliki kedalaman yang wajar, yaitu 1.2 dan 1.5 meter. Keduanya juga tidak memiliki pusaran air.

Curug ini juga mendapat julukan sebagai Green Canyon mini karena memiliki kemiripan dengan Grand Canyon yang asli. Sisi kemiripannya terlihat pada dua tebing batu dengan kolam alami di tengahnya.

Pemandangan serupa juga bisa Anda lihat di tempat lain, tepatnya di Tebing Koja Tangerang Banten yang juga sama-sama mendapat julukan Grand Canyon mini.

Daya Tarik Curug Cikuluwung

Wisata Curug Cikuluwung

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Curug ini terkenal dengan kejernihan airnya dan juga dua buah tebing batu yang nampak seperti The Grand Canyon.

Daya tarik inilah yang membuat banyak wisatawan datang berbondong-bondong karena ingin menyaksikan keindahannya secara langsung.

Seperti masyarakat Medan yang begitu takjub dan mengagumi keindahan Air Terjun Sikulikap.

Pemandangan ini terlihat semakin eksotis jika Anda melihatnya dari arah angle yang tepat.

Selain soal airnya yang jernih, daya tarik lainnya yang juga tak kalah memikat adalah tatanan tebing batu yang seolah ditata rapi.

Kemudian jika Anda mengamati bentuk kolam yang ada di bawah air terjun dari ketinggian, kolam tersebut tampak seperti bentuk bekas telapak kaki.

Bagaimana dengan air terjun yang kedua? Apa saja daya tariknya? Secara umum, air terjun yang kedua juga memiliki keindahan yang sama. Yang membedakannya adalah area ini memiliki lebih banyak pohon di sekitarnya, sehingga tampak lebih rindang.

Kolam di air terjun yang kedua ini juga lebih luas bila dibandingkan dengan kolam di air terjun yang pertama. Menariknya lagi, terdapat sebuah gua di dekat curug kedua ini. Gua ini memiliki sungai dengan air yang sangat jernih.

Fasilitas Curug Cikuluwung

Sejumlah fasilitas di objek wisata curug ini cukup lengkap. Sebut saja area parkir yang lokasinya cukup jauh dari lokasi curug. Pengunjung harus berjalan kaki dari area parkir menuju ke lokasi curug.

Di sekitar area parkir juga terdapat toilet dan mushola serta ruang ganti yang kondisinya juga cukup memadai.

Untuk fasilitas wisata, Anda akan menjumpai beberapa warung makan yang sering menjadi tempat paling favorit wisatawan. Di sini, Anda dapat memesan menu makanan dan minuman yang Anda inginkan.

Menu yang dijual sangat beragam, termasuk makanan khas daerah Bogor dan menu makanan khas Nusantara lainnya.

Bagi wisatawan yang ingin istirahat sejenak dengan duduk santai, terdapat beberapa gazebo di beberapa titik. Spot selfie yang instagenic juga banyak tersedia di sini.

Dan yang paling mengejutkan adalah adanya  fasilitas WiFi di sekitar area wisata. Hal ini tentu saja sangat unik dan mungkin jadi satu-satunya di Bogor atau bahkan mungkin di Indonesia.

Anda mungkin tidak pernah menemukan fasilitas WiFi di air terjun manapun bahkan sekelas Tegenungan Waterfall, Bali.

Harga Tiket Masuk Curug Cikuluwung

Mitos Curug Cikuluwung

Untuk bisa menikmati wisata alam curug ini, ada biaya tiket masuk yang harus Anda bayarkan.

Tarif tiket masuk yang berlaku di air terjun pertama dan kedua berbeda. Namun fasilitas yang akan Anda dapatkan sama, yaitu fasilitas pelampung dan bebas foto selfie atau karya fotografi lainnya.

Berikut kami infokan HTM terbaru yang berlaku di tempat wisata Bogor yang mudah dijangkau ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Curug Cikuluwung 1 Rp35.000,00/ orang
Tiket Masuk Curug Cikuluwung 2 Rp25.000,00/ orang
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00/ unit
Parkir Mobil Rp10.000,00/ unit

HTM di atas adalah tarif normal dan hanya berlaku untuk wisatawan yang berkunjung di hari biasa (Senin-Jumat). Sedang untuk kunjungan wisata di hari libur akhir pekan dan libur nasional, HTM kemungkinan akan naik.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Cikuluwung

Lokasi Curug Cikuluwung

Wisata curug ini berlokasi di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Misal Anda berangkat dari Bogor, langsung saja arahkan kendaraan Anda ke Jalan Raya Dramaga, lalu lanjutkan ke Cikampek, Cibatok, Cemplang. Setelah menemukan pertigaan, silahkan belok kiri.

Di sekitar jalur ini, ada cukup banyak gerobak penjual Roti Unyil, salah satu oleh-oleh khas Bogor kekinian paling terkenal. Anda bisa membelinya sebagai bekal perjalanan nanti.

Setelah melewati pertigaan, Anda akan menemukan sebuah gang yang bernama Gang Gardu.

Perhatikan papan petunjuk yang bertuliskan nama curug tujuan Anda. Tak lama lagi Anda akan sampai di Kampung Asih.

Apabila Anda kurang familiar dengan rute ini, Anda bisa gunakan jasa driver lengkap dengan layanan sewa mobilnya milik Salsa Wisata. Team driver kami teruji profesional sehingga akan selalu siap melayani Anda hingga ke tujuan.

Anda hanya perlu memilih paket sewa mobil murah yang Anda inginkan. Misal untuk perjalanan jarak dekat semacam ini, paket sewa mobil Avanza Bogor plus driver pastinya akan cocok.

Jam Operasional Curug Cikuluwung

Objek wisata curug ini buka dari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB. Waktu terbaiknya adalah saat pagi hari di mana suasananya masih relatif sepi dan udaranya juga masih bersih.

Curug Cikuluwung memang pilihan destinasi wisata yang ideal untuk melepas segala kepenatan pasca sibuk dengan rutinitas.  Cukup dengan datang ke sini lalu memandangi keindahannya akan menjadi pelepas penat terbaik.

Jadikan tempat ini sebagai list destinasi liburan Anda berikutnya, dan jangan lupa untuk menggandeng travel organizer berpengalaman seperti Salsa Wisata.

Ada banyak opsi produk paket wisata yang dapat Anda pilih dan semuanya kami jamin harganya affordable dan kualitas pelayanannya excellent.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)