SalSari Resto & Coffee

Banyak dari kita yang mungkin penasaran, apa sih yang ada di Magetan? Malah, ada juga yang tidak tahu di mana lokasi persis Magetan. Memang, kota kecil di provinsi Jawa Timur masih kalah terkenal dibanding Malang yang punya banyak tempat wisata Malang terkenal.

Nah, Anda akan terkejut kalau tahu bahwa sebetulnya Magetan punya tempat wisata yang wajib Anda kunjungi. Tempat wisata itu adalah Genilangit. Tempat wisata yang lagi hits ini penuh berbagai spot yang instagrammable.

Tempatnya mungkin masih kalah terkenal dibanding wisata sejenisnya, seperti misalnya Telaga Sarangan. Namun bukan berarti tempat ini boleh dilewatkan. Sebagai tempat wisata alam, tentu daya tarik utamanya adalah panorama alam itu sendiri.

Berada di kaki gunung Lawu juga membuat tempat ini sangat sejuk. Ada berbagai wahana juga, lho, sebagai penunjang wisata. Mulai penasaran? Simak bahasan lengkapnya di bawah.

Sekilas Tentang Genilangit

taman genilangit magetan

Dahulu, tempat ini hanyalah sebuah desa di hutan belantara. Cuma ada beberapa rumah yang dihuni warga yang bekerja sebagai petani. Pada suatu ketika, penduduk desa tersebut bertemu dengan sekelompok orang yang terdiri dari sembilan orang perempuan dan dua orang laki-laki.

Rupanya, salah satu dari laki-laki tersebut adalah Ki Malang Yudho, sementara yang satu lagi adalah patihnya. Rombongan tersebut kemudian memutuskan untuk tinggal di desa itu.

Ki Malang Yudho adalah sosok yang jujur, terbuka, dan berjiwa pemimpin. Maka ia kemudian terpilih sebagai kepala desa. Ketika Ki Malang Yudo sedan berkeliling desa, dari arah timur tidak sengaja ia melihat kobaran api yang menyala sampai ke langit.

Ki Malang Yudho menghampiri api tersebut, lalu berkata dengan kalimat dalam bahasa Jawa yang sangat terkenal bagi masyarakat sekitar: “Tlatah iki bakal rejo lan jaya yen dijenengi Genilangit (Tempat ini akan ramai dan maju jika diberi nama Genilangit).”

Ucapan bertuah dari Ki Malang Yudo itulah yang membuat desa ini diberi nama demikian. Kini, desa tersebut sudah menjadi tempat wisata yang dikenal juga dengan nama Taman Bedengan.

Meski dulu kurang populer, berkat inisiatif warga dan bantuan dari Pemda, maka tempat ini sekarang sudah jadi objek wisata Magetan terkenal.

Fasilitas Genilagit

fasilitas genilangit magetan

Secara keseluruhan, fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai dan lengkap. Yang paling mendasar yaitu ada toilet, area parkir, dan mushola. Semua itu bisa Anda temukan di sini.

Tak lupa ada juga kantin dan cafe yang menyajikan makanan khas Jawa Timur. Beberapa tempat makan malah letaknya di pinggir tebing, jadi Anda bisa bersantap sambil menikmati pemandangan alam dari puncak tebing. Ada juga gazebo di mana Anda bisa duduk-duduk sambil bercengkrama.

Harga Tiket Masuk Genilangit

Tiket masuk ke Genilangit terbilang murah. Cukup dengan beberapa ribu rupiah saja, Anda sudah bisa menikmati suasana sejuk kaki Gunung Lawu. Berikut rinciannya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp10.000,00
Playground + Flying fox Rp30.000,00
Japan Corner + Ayunan Rp10.000,00
Kuda tunggang Rp50.000,00
ATV + Sepeda gantung Rp15.000,00

Rute ke Genilangit

taman wisata genilangit

Wisata Genilangit ada di kecamatan Poncol, kabupaten Magetan. Taman ini sendiri lebih dikenal dengan sebutan Taman Bedengan bagi warga lokal. Jadi, kalau Anda bertanya arah ke penduduk sekitar, sebutkan Taman Bedengan.

Kalau Anda berkendara dari Magetan kota, Anda bisa langsung menuju ke arah Poncol via Parang dan Ngaglik. Kalau sudah sampai di Poncol, bisa langsung tanyakan ke warga lokal lokasi Taman Bedengan.

Repot? Mungkin Anda harus menggunakan jasa rental mobil plus driver. Salsa Wisata bukan cuma menyediakan paket liburan untuk Anda, tapi juga rental mobil di kota-kota di Indonesia. Pilihlah rental dengan sopir, jadi Anda tidak perlu sibuk mencari rute ke arah tempat wisata ini.

Salsa Wisata juga menyediakan pilihan paket wisata yang bisa Anda pilih. Anda bisa berlibur ke Magetan atau kota-kota lain di Jawa Timur tanpa harus pusing memikirkan akomodasi dan transportasi.

Daya Tarik Genilangit

Berwisata di sini cocok bagi seluruh keluarga. Selain menikmati kesejukan udara Gunung Lawu, ini yang bisa Anda lakukan di Genilangit:

Bersantai di Hutan Pinus

hutan pinus genilangit magetan

Ada area hutan pinus yang luas di sini, dilengkapi dengan pemandangan berupa perbukitan hijau. Anda bisa berjalan santai di setapak yang membelah hutan. Bisa juga duduk-duduk di bangku kalau lelah berjalan, atau sekadar foto-foto di rumah pohon.

Ada hammock juga kalau Anda ingin bersantai di tengah-tengah rimbunnya pepohonan. Lantas, bagaimana kalau turun hujan? Tenang saja, ada banyak gazebo yang ada di hutan pinus ini. Ada payung warna-warni juga yang menggantung di atas sebagai dekorasi.

Berfoto di Spot Foto Instagrammable

spot foto genilangit magetan

Jangan lupa untuk bawa kamera dan pakai outfits keren kalau ke sini, karena ada banyak spot foto bagus yang sayang kalau Anda lewatkan. Di sekitar taman, Anda akan menemukan spot-spot seperti perahu kayu, rumah hobbit, miniatur menara Eiffel, sepeda gantung, dan ayunan terbang.

Bisa juga foto di tengah sayap kupu-kupu raksasa atau di tengah bunga besar. Beberapa spot foto populer butuh biaya tambahan, terutama spot foto yang butuh alat keselamatan ekstra.

Menikmati Japan Corner

japan corner genilangit magetan

Salah satu tempat yang hits di sini yaitu Japan Corner atau Pojok Jepang. Di sini, Anda bisa menyewa baju samurai, atau kimono bagi yang perempuan. Tak lupa properti lain seperti pedang dan payung.

Nah, Anda bisa berfoto pakai baju tradisional Jepang dengan latar pohon sakura buatan. Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk bisa berfoto ala Jepang. Spot foto ini sangat cocok untuk pasangan.

Bermain di Playground

playground genilangit magetan

Kalau Anda datang bersama keluarga dan anak-aak, Anda bisa mengajak anak Anda bermain di playground khusus anak. Playground tersebut dilengkapi dengan permainan panjang dinding, ayunan, seluncuran, dan masih banyak lagi. Rasanya seperti mini outbound.

Ada juga wahana kuda tunggang di taman bunga di dekatnya. Kalau Anda ingin main permainan yang lebih seru dan menantang, boleh juga coba naik flying fox atau ATV.

Menikmati Air Terjun Tirtosari

air terjun tirtosari

Ini adalah salah satu spot pemandangan alam yang bisa Anda nikmati di desa ini. Letaknya sedikit tersembunyi, tapi sayang untuk Anda lewatkan. Namanya air terjun Tirtosari. Lokasinya kurang lebih dua kilometer dari gerbang masuk.

Sebelum sampai di sini, Anda akan disuguhi oleh panorama hijau dari persawahan warga sekitar. Jadi, jalan kaki dua kilometer tidak akan terasa. Ketika sudah sampai di lokasi, Anda akan disambut dengan suara gemuruh air terjun dan kabut yang kerap turun.

Ada dua tangga yang ada di depan air terjun ini. Kedua tangga tersebut mengarah ke sebuah jembatan batu yang terletak persis di muka air terjun. Ini adalah spot foto bagus dengan latar belakang alami.

Jam Operasional Genilangit

Wisata Genilangit buka setiap hari dari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Boleh datang pagi-pagi, ketika tempatnya baru buka, untuk merasakan kesejukan udara Magetan. Kalau tidak mau berdesakan dengan pengunjung lain, kami sarankan datang di hari kerja.

Setelah puas berwisata, jangan lupa pulangnya untuk mampir ke toko oleh-oleh khas Jawa Timur pakaian yang ada di sekitar tempat wisata. Ada banyak pilihan barang yang bisa Anda bawa pulang ke rumah.

Untuk mendapatkan pengalaman liburan yang baik, Anda bisa minta bantuan agen travel liburan berpengalaman seperti Salsa Wisata untuk mengurus segala keperluan liburanmu.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)