SalSari Resto & Coffee

Bogor adalah tempat wisata alternatif bagi penduduk Jadetabek yang ingin healing tapi tidak mau jauh-jauh ke Bandung. Jangan salah, di kota hujan ini ada banyak tempat wisata alam yang bisa Anda eksplor. Salah satunya adalah Goa Agung Garunggang.

Tempat wisata alam hits Bogor ini terletak di Sentul, tidak jauh dari lokasi wisata alam lainnya. Lalu, apa yang membuat goa ini unik, tidak seperti Goa Jomblang atau goa lainnya?

Nah, goa ini bukan sembarang goa, melainkan sebuah tempat alami yang unik, karena konturnya lebih mirip liang ketimbang goa. Alih-alih terdapat di dinding gunung, goa ini ada di tanah. Jadi, kalau Anda hendak masuk, Anda harus turun lewat tangga terlebih dulu. Seperti basement alami.

Sekilas Tentang Goa Agung Garunggang

rute Goa Agung Garunggang

Sekilas, tempat wisata alam hits Bogor ini ini terlihat seperti Green Canyon yang ada di Ciamis, dengan dua tebing batu yang membentuk dinding dan mengapit aliran sungai di bawahnya. Kurang lebih tempat ini seperti itu, tapi tidak ada sungainya.

Alih-alih sungai, yang ada hanya tanah. Maka itu, goa ini juga akan mengingatkan Anda pada labirin. Labirin alami ini terbentuk akibat kikisan air. Tampilan goanya sendiri sangat cantik, dengan gradasi warna coklat dan hitam.

Kalau bicara soal asal-usul, sebetulnya tempat wisata ini bisa dibilang misterius sejarahnya. Yang membuat banyak orang penasaran soal asal-usulnya adalah susunan batunya yang sangat rapi, sehingga sulit dipercaya kalau itu adalah proses alami.

Anda bisa menjangkau Goa Agung Garunggang dengan cara trekking dari Hutan Hujan Sentul. Itu berarti, kalau Anda ingin datang ke sini, pastikan tubuh Anda sedang fit. Namun, itu tidak mengurangi semangat pengunjung untuk datang ke sini.

Sebetulnya, dulu tempat ini bukan sebuah tempat wisata, melainkan sebuah tempat yang terkubur. Menurut salah seorang pengelolanya, goa ini pertama kali ditemukan di tahun 1983-1984 oleh seorang petani yang kala itu sedang mengikuti jejak seekor landak.

Area sekitar itu masih berupa hutan, jadi tidak diketahui bahwa ada gua. Petani tersebut lalu menemukan tumpukan batu. Setelah ditelusuri, ternyata tempat itu adalah goa. Goa itu punya jalur yang menembus ke beberapa tempat.

Awalnya, area itu dibuka untuk dijadikan lahan pertanian. Setelah dibuka, baru terlihat batuannya yang unik dan tertata rapi. Akhirnya, tempat ini kemudian dijadikan sebagai tempat wisata.

Harga Tiket Masuk Goa Agung Garunggang

Anda bisa menikmati goa agung Garunggang yang indah secara gratis. Di sini, tidak ada tarif masuk. Meskipun begitu, untuk bisa masuk ke dalam goa, pengunjung harus menggunakan jasa pemandu. Jasa pemandu ini tidak gratis, tapi mereka tidak menetapkan gratis. Artinya, Anda bisa membayar jasa mereka seikhlasnya.

Rute Menuju Goa Agung Garunggang

trekking Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang ada di desa Karang Tengah, Jalan Ptp Terusan, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor. Kalau Anda berangkat dari kebun raya Bogor, butuh waktu kira-kira satu jam untuk bisa sampai ke sini. Jaraknya sekitar 20 km.

Anda bisa lewat Jalan tol Lingkar Luar Bogor, lalu ambil jalan keluar di Sentul Selatan. Dari situ, Anda bisa mengarah ke Jalan Raya Citaringgul. Ikuti jalan sampai Anda bertemu pertigaan.

Dari pertigaan, ambil Jaan Mahkota Pirius, lalu Jalan Hambalang Golf. Anda akan bertemu pertigaan lagi, ambil Jalan Rancana Jalur Puncak 2. Anda lalu akan sampai di persimpangan. Ambil Jalan Ptp Terusan. Nah, dari sini, Anda bisa ikuti papan petunjuk jalan ke arah Goa Garunggang.

Kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena tempat wisata ini tidak bisa ditempuh dengan transportasi umum. Alternatifnya, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Bogor plus sopir.

Daya Tarik Goa Agung Garunggang

Menikmati Pesona Goa yang Eksotis

explore Goa Agung Garunggang

Untuk bisa masuk ke dalam goa, Anda harus menuruni tangga bambu yang lumayan tinggi. Tangga ini sudah tersedia di mulut goa, jadi bisa langsung Anda gunakan. Di dalam, Anda akan melihat keindahan stalaktit dan stalakmit. Dinding goa pun tampak halus, padahal semua itu terbentuk secara alami.

Stalaktitnya menggantung dan meneteskan air yang berasa dari sumber mata air alami. Di lantai goa, stalagmit menonjol keluar dengan ujung runcing. Di dalam goa ini, Anda juga akan menemukan air terjun kecil dengan aliran air alami. Konon, jika orang membasuh muka di sini, akan jadi awet muda. Air terjun inilah yang membuat lantai goa jadi berair.

Melihat Habitat Kelelawar

Kalau Anda berniat mengeksplorasi bagian dalam goa, Anda harus pastikan kondisi fisik Anda sedang dalam keadaan prima. Soalnya, butuh stamina fisik yang tidak main-main untuk bisa menjelajah di sini.

Anda juga harus membawa senter sendiri, meskipun pemandu Anda sudah membawa senter juga. Itu karena keadaan goa sangat gelap. Pastikan juga Anda memakai alas kaki yang nyaman, seperti misalnya sandal gunung.

Nah, karena goa ini sangat gelap, tak heran kalau tempat ini jadi habitat alami para kelelawar. Di siang hari, Anda bisa melihat para kelelawar ini tidur menggantung di langit-langit dan dinding gua. Kelelawar tersebut tidak akan terganggu oleh kehadiran Anda.

Eksplorasi Labirin Batu

labirin Goa Agung Garunggang

Kalau di tempat wisata Anda bisa menemukan labirin dari tanaman yang dibentuk seperti dinding, di sini Anda bisa melihat labirin alami. Dinding-dinding labirin ini terbentuk secara alami dan terbuat dari batu.

Garis-garis di dinding membentuk guratan, menandakan bahwa batuan ini juga terkikis oleh aliran air. Guratan-guratan tersebut justru terlihat indah kalau difoto dari atas, menciptakan objek yang instagramable.

Anda bisa menyusuri labirin batu ini. Sesekali, Anda akan menjumpai akar tanaman yang berkelindan dengan bebatuan. Spot foto yang sering dipakai wisatawan adalah batu gantung.

Bermain Air di Sungai

bermain air di Goa Agung Garunggang

Begitu keluar dari labirin batu dan kawasan goa, Anda bisa trekking sedikit lagi untuk menuju ke sungai. Di bagian bawah goa, ada sungai dengan air yang jernih. Sungai ini dangkal dengan arus yang tenang. Dasar sungai terlihat sangat jelas, berupa batu-batu kecil yang bisa jadi pijakan saat Anda bermain di sini.

Anda bisa berenang atau main air di kawasan sungai yang dangkal ini. Tidak ada batuan besar yang menghalangi, jadi Anda bisa lompat langsung dari bibir sungai. Kalau tidak ingin berenang, boleh juga duduk-duduk di pinggir sungai sambil cuci kaki di aliran airnya.

Fasilitas Goa Agung Garunggung

shelter Goa Agung Garunggang

Sebetulnya, fasilitas tempat wisata ini bisa dibilang masih minim. Tentu saja, karena warga setempat tidak menetapkan harga tiket untuk masuk ke sini, jadi sulit untuk menyediakan fasilitas yang memadai. Namun setidaknya Anda bisa menikmati jalur trekking yang sudah tertata rapi.

Selain itu, di sekitar sini juga sudah bisa ditemukan warung dan kedai makan. Jadi, setelah lelah trekking dan main air, Anda bisa mengisi perut. Jangan lupa coba berbagai makanan khas Bogor kekinian.

Jam Operasional Goa Agung Garunggung

Goa Agung Garunggung beroperasi setiap harinya dari pukul 08.00 WIB sampai 16.30 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi dan sore hari, di mana matahari tidak terlalu terik.

Tertarik ingin menjelajah goa ini? Anda bisa pesan paket wisata perjalanan dari Salsa Wisata. Mengapa Salsa Wisata? Salsa Wisata adalah agen perjalanan yang sudah berpengalaman mengatur liburan ribuan orang dengan berbagai pilihan paket wisatanya.

Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda akan mendapatkan fasilitas liburan mewah ke berbagai kota di Bogor termasuk ke pusat oleh-oleh khas Bogor makanan.

 



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)