SalSari Resto & Coffee

Pacitan memang terkenal dengan pantai-pantai cantiknya. Ada banyak pantai yang masuk ke dalam tempat wisata di Pacitan. Meskipun begitu, kota di Jawa Timur ini juga terkenal dengan sebutan kota 1000 goa. Tak salah, karena memang ada banyak goa yang menanti untuk Anda eksplor di sini. Salah satunya adalah Goa Gong Pacitan.

Pacitan sendiri adalah kota yang dikelilingi oleh pegunungan kapur. Pegunungan karst yang mendominasi kota ini membuatnya jadi tempat wisata yang unik. Bahkan, goa di sini ada yang merupakan kompleks goa terluas se-Asia Tenggara.

Masing-masing goa punya keunikan sendiri-sendiri, Kabarnya, bahkan ada yang mengeluarkan alunan gendang jawa.

Sekilas Tentang Goa Gong

gerbang selamat datang Goa Gong Pacitan

Begitu Anda memasuki Goa Gong Pacitan, Anda akan langsung melihat formasi stalakmit dan stalaktit yang indah. Meskipun ini di dalam goa, penerangannya cukup, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan sekitar. Anda akan dibawa menyusuri lorong di dalam goa ini sepanjang kurang lebih 250 meter.

Begitu Anda sampai di ujung lorong, Anda akan melihat sendiri mengapa Goa Gong disebut-sebut sebagai goa terindah di seluruh Asia Tenggara.

Memang, di Jogja juga ada Gua Langse yang juga indah. Begitu juga Gua Sunyaragi di Cirebon. Namun, rasa-rasanya tidak ada yang bisa mengalahkan kecantikan goa yang satu ini.

Di ujung lorong, ada sebuah ruangan yang membentuk kubah raksasa dengan tinggi 20-30 meter, panjang 100 meter, dan lebar 15-40 meter.

Bayangkan semegah dan seluas apa ruang alami ini. Tentu saja, ada juga stalaktit dan stalakmit indah dengan berbagai bentuk yang menghiasi goa ini. Saking indahnya, ada beberapa di antaranya yang diberi nama.

Beberapa stalaktit dan stalakmit yang punya nama di sini adalah Selo Adi Citro Buwono, Selo Citro Cipto Agung, Selo Bantaran Angin, Selo Pakuan Bomo dan Selo Jengger Bumi.

Anda bisa menjelajahi semua koridor dan bagian dalam goa. Untuk melakukannya butuh waktu kira-kira 2 jam. Eksplorasi itu tidak akan terasa melelahkan, karena pemandangan yang tersaji bisa jadi distraksi.

Fasilitas Goa Gong Pacitan

fasilitas Goa Gong Pacitan

Secara keseluruhan, Goa Gong ini dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai. Tentu saja, karena tempat ini memang populer dan jadi favorit banyak wisatawan. Fasilitas umum yang bisa wisatawan gunakan yaitu tempat parkir, toilet, masjid, sendang air, penyejuk ruangan.

Selanjutnya fasilitas lainnya ada pemandu wisata, warung makanan yang menjual banyak makan khas Jawa Timur kekinian, dan lain-lain.

Harga Tiket Masuk Goa Gong Pacitan

Tidak mahal kok untuk bisa menikmati goa yang cantik ini. Memang tiketnya terbagi berdasarkan usia pengunjung dan waktu berkunjung. Namun tidak akan sampai menguras kantong. Berikut rincian harga tiket masuk Goa Gong Pacitan:

Retribusi Tarif
Tiket masuk dewasa weekdays Rp10.000,00
Tiket masuk dewasa weekend Rp12.000,00
Tiket masuk anak Rp5.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00
Parkir bus Rp10.000,00

Rute Menuju Goa Gong Pacitan

pintu masuk Goa Gong Pacitan

Tidak sulit menuju Goa Gong Pacitan. Letaknya juga tidak terlalu jauh dengan Pantai Klayar yang populer itu. Kalau dari kabupaten Pacitan, Anda bisa berkendara ke arah barat via Jalan Arteri Jalan Nasional III.

Ikuti saja jalan itu sampai bertemu daerah Poenoeng. Dari situ, belok kiri ke Jalan Punung-Goa Gong. Ikuti terus jalan itu sejauh 6,4 km. Tempat wisatanya ada setelahnya.

Untuk mencapai Goa Gong ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum lumayan sulit di daerah ini. Karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil atau sewa bus pariwisata murah jika Anda bepergian dengan rombongan.

Daya Tarik Goa Gong Pacitan

Jalan-jalan ke Goa Gong Pacitan bukan sekadar melihat-lihat goa saja. Ada banyak hal menarik lain yang bisa Anda lihat di sini. Di antaranya adalah:

Bebatuan yang Bisa Berbunyi Sendiri

stalaktit Goa Gong Pacitan

Bagaimana bisa batu-batu di sini bisa berbunyi sendiri? Menurut cerita, banyak orang yang sering mendengar suara gong dari dalam goa ini. Itulah sebabnya tempatnya dinamakan Goa Gong. Kalau Anda tidak tahu, gong adalah alat musik dari Jawa yang termasuk dalam gamelan.

Memang, hal ini masih jadi misteri bagi sebagian orang. Namun, justru itulah yang menjadi salah satu daya tariknya. Pengunjung yang datang ke sini penasaran ingin mengalami sendiri pengalaman mendengar suara gong misterius dari dalam goa.

Ada yang bilang, bahwa bunyi gong itu berasal dari suara tetesan air yang menimpa stalaktit dan stalakmit di dalam goa. Gema yang dipantulkan dari dalam goa ini membuat suaranya jadi lebih besar dari aslinya. Dan itu menyerupai suara gong.

Perpaduan Warna Cahaya

warna warni Goa Gong Pacitan

Daya tarik lain yang bisa Anda lihat di sini adalah perpaduan warna cahayanya yang menarik. Memang dari berbagai foto yang tersebar di internet, goa ini terlihat meriah berwarna-warni. Warna-warna tersebut berasal dari lampu yang ditempatkan secara strategis.

Warna-warnanya ada merah, ungu, oranye, hijau, dan biru. Rupanya, lampu-lampu yang awalnya dimaksudkan sebagai penerangan itu bisa menambah nilai estetika di sini.

Banyak orang mengira bahwa warna-warni lampu tersebut adalah asli. Padahal, itu cuma lampu. Di depan lampu-lampu inilah banyak orang berlomba-lomba untuk foto.

Formasi Stalaktit dan Stalakmit yang Indah

Stalakmit dan stalaktit itu terbentuk akibat endapan pada air yang menetes di goa. Goa Gong ini punya banyak sekali stalakmit dan stalaktit. Pemerintah daerah sendiri berusaha keras untuk menjaga kemurniannya.

Maka itulah, di beberapa stalaktit dan stalakmit besar, terutama yang ada namanya, diberikan pagar pelindung di sekelilingnya. Yang membuat stalaktit dan stalaktmit ini terkesan semakin magis adalah perpaduan lampu warna-warni yang menyorotinya.

Lokasi yang Sejuk dan Asri

rute Goa Gong Pacitan

Sebagai salah satu tempat wisata alam kebanggaan Pacitan, Goa Gong juga dikelilingi oleh suasana yang asri dan sejuk. Sebelum tiba di Goa ini, Anda akan melihat pemandangan pepohonan rindang di kanan kiri jalan. Tentunya cocok untuk Anda yang ingin cari suasana alam.

Jangan kira begitu masuk ke dalam goa suasananya jadi panas. Pemerintah sudah menambahkan blower dan penyejuk di dalam goa. Jadi, pengunjung tidak akan kegerahan. Baik di dalam maupun di luar goa, suasananya tetap sejuk.

Jam Operasional Goa Gong

jam buka Goa Gong Pacitan

Goa Gong Pacitan buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah di pagi dan siang hari. Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi goa yang cantik ini?

Jangan lupa sebelum pulang untuk membeli oleh-oleh khas Jawa Timur makanan, karena ada banyak kios di sepanjang jalan yang menjual souvenir lucu dan makanan.

Anda bisa memesan paket perjalanan Anda lewat Salsa Wisata. Salsa Wisata punya banyak pilihan paket wisata. Anda bisa memilih berdasarkan destinasi wisata yang hendak Anda kunjungi.

Atau, Anda bisa tambahkan sendiri destinasi wisatanya jika tidak tertera di daftar. Paket wisata sudah termasuk akomodasi, tiket wisata, makan, dan transportasi.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

Rate this post