SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Terletak sangat dekat dari Pantai Parangtritis, Gua Langse adalah tempat wisata alam nan unik di Gunungkidul. Lokasinya berbeda dari kebanyakan gua, karena berada di area tebing yang menghadap langsung ke laut.

Selain itu, pemandangan alam yang tampak dari tempat ini begitu indah. Lalu di sisi lain, gua ini juga terkenal dengan kisah mistisnya sebagai tempat ritual untuk memenui Nyi Roro Kidul, sang Ratu Pantai Selatan.

Karena mitos tersebut, gua ini pun biasanya penuh dengan aneka bunga dan sesajen serta kemenyan. Tidak hanya itu saja hal menarik dari gua satu ini, lebih lengkapnya simak ulasan berikut:

Sekilas Tentang Gua Langse

Pesugihan Gua Langse

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Gua Langse merupakan gua yang terletak di pesisir pantai selatan Gunung Kidul yang terkenal sebagai tempat ritual untuk bertemu Nyi Roro Kidul. Ukurannya tidaklah terlalu besar, hanya sebesar dua kali lapangan bola voli.

Uniknya, di dalam gua ini terdapat sumber mata air bersih yang biasa dipakai untuk cuci muka atau mandi sebelum ritual. Konon, tokoh-tokoh terkenal seperti Panembahan Senopati dan Syech Maulana Maghribi memilih gua ini sebagai tempat bersemadi.

Sehingga tidak heran, jika keluarga Keraton Mataram sering berkunjung ke gua ini. Selain itu, banyak pula orang yang percaya bahwa gua ini merupakan tempat pertemuan dua penguasa.

Keduanya yaitu penguasa Laut Selatan dan penguasa Keraton Mataram. Hal itu bisa terlihat dari banyaknya sesajen dan dupa di sini. Kehadiran dupa serta sesajen di tempa ini juga membuat banyak asumsi serta misteri yang beredar di masyarakat.

Salah satunya misteri tentang penunggu serta kesan gua yang menjadi tempat pesugihan. Semua itu semakin melekat karena nama langse memiliki arti kain kafan penutup yang memiliki kesan mistis tersendiri.

Nama tersebut konon katanya karena dulu bagian mulut gua tertutup oleh kain putih besar. Padahal tempat wisata ini sendiri merupakan salah satu tempat wisata Gunung Kidul yang sangat recommended.

Apalagi untuk Anda yang senang tantangan, pokoknya layak sekali mengunjungi gua indah penuh misteri ini. Gua ini juga menjadi tempat tinggal bagi Mbah Kijem yang sudah menetap dan menjaga gua lebih dari 50 tahun lalu.

Apa Daya Tarik Gua Langse?

Daya Tarik Gua Langse

Selain menjadi destinasi wisata spiritual gua ini juga merupakan obyek wisata alam yang luar biasa. Berikut daya tarik gua ini yang Anda wajib ketahui sebelum Anda mengunjunginya:

Trekking Menantang

Jalan menuju gua ini cukup terjal tetapi menuntun Anda pada keindahan luar biasa. Situasi jalannya sendiri sebenarnya cukup asyik untuk dilalui. Untuk menuju gua ini, pertama Anda harus berjalan sekitar 150 meter dari area parkir.

Dalam perjalanan, Anda akan melewati tanah lapang serta hutan jati. Setelah itu, Anda akan sampai di Batu Plawangan. Ini merupakan sebutan untuk batas antara tebing dengan laut. Pemandangan yang disajikan cukup menawan.

Meski tidak terlalu jauh, sebaiknya Anda meminta bantua juru kunci untuk menemani perjalanan. Terlebih lagi jika Anda datang saat malam hari karena jalan cukup terjal dan gelap, bahkan bisa licin dan berbahaya saat hujan.

Menikmati Pemandangan

Selama perjalanan Anda dapat menikmati indahnya hamparan laut selatan nan luas dan biru dari batu Plawangan. Batu ini merupakan perbatasan antara area hutan dan tebing yang menghadap langsung ke laut.

Jadi selain dapat beristirahat saat trekking Anda juga bisa menikmati pemandangan laut yang menawan dari tempat wisata alam Jogja ini. Bahkan, di sebelah barat Anda dapat menikmati indahnya Pantai Parangtritis yang terpapar jelas.

Ziarah dan Menenangkan Diri

Tempat ini biasanya ramai oleh peziarah saat malam Selasa Kliwon atau Jum’at Kliwon. Itu karena para peziarah percaya bahwa mereka dapat bertemu penguasa pantai selatan dengan bertirakat di gua ini.

Sang juru kunci mengatakan bahwa bermeditasi di gua ini terasa sangat nyaman. Ini dikarenakan suasana di gua ini sangat gelap dan sepi sehingga para peziarah dapat bermeditasi dengan sangat mudah.

Bahkan, ada banyak peziarah yang datang berkunjung ke gua ini dan menghabiskan waktu sampai berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Terlebih lagi, pada malam Jum’at Kliwon, seringkali ada sampai 20 peziarah yang datang.

Apa Saja Fasilitas di Kawasan Gua Langse?

Tiket Masuk Gua Langse

Obyek wisata alam dan spiritual ini memiliki berbagai fasilitas untuk kepentingan penunjung. Pertama, terdapat area parkir tidak jauh dari lokasi gua sehingga pengunjung dapat parkir dengan aman dan nyaman.

Terdapat juga pos penjagaan yang membantu memastikan keamanan para wisatawan di gua ini. Fasilitas pemandu wisata pun tersedia, dengan begitu pengunjung yang belum mengenal medan tidak perlu merasa khawatir.

Sementara itu, untuk urusan makan dan minum, Anda bisa menikmati dua hal tersebut dengan mudah. Sebab, di sini tersedia makanan khas Gunung Kidul otentik yang bisa Anda beli ke juru kunci.

Mengingat area tempat parkir tempat wisata ini cukup luas, Anda juga bisa datang dalam partai besar. Agar perjalanannya lebih mudah, ada baiknya Anda menggunakan jasa sewa bus pariwisata Jogja.

Berapa Harga Tiket Masuk Gua Langse?

Tiket masuk Gua Langse ini tidak begitu mahal hanya sekitar Rp10.000,00 saja per orang. Biaya lain-lain yang harus Anda bayarkan pun sangat murah. Berikut rincian harga tiket dan biaya-biaya lain yang perlu Anda keluarkan saat berkunjung:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Jasa Pemandu Wisata Rp5.000,00
Parkir Motor Rp3.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00

Dengan biaya yang murah tersebut, Anda bisa menyisakan banyak budget untuk membeli oleh-oleh khas Jogja yang Anda inginkan. Jadi liburan Anda pun semakin berkesan dan menyenangkan.

Dimana Lokasi Gua Langse?

Lokasi Gua Langse

Gua Langse terletak di Girijati, Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul, dan lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai-pantai terkenal di Jogja. Gua ini rasanya pantas masuk daftar terbaik tempat wisata sekitar Parangtritis.

Untuk menuju ke gua tersebut, pertama-tama, Anda bisa mengikuti Jalan Parangtritis sampai Anda menemukan jalan yang mengarah ke Wonosari, Gunungkidul. Setelah itu, teruslah berkendara sampai ke pertigaan Girisubo.

Setelah sampai ke pertigaan, Anda akan menemukan sebuah papan petunjuk bertuliskan Gua Langse. Ikuti petunjuk tersebut dan Anda pun akan menemui jalanan kampung yang agak menanjak.

Setelah melalui jalanan menanjak tersebut, Anda akan menemukan jalan menuju area parkir gua. Untuk bisa lebih mudah berkunjung, Anda bisa memanfaatkan rental mobil Avanza Jogja plus sopir yang siap mengantar.

Kapan Jam Buka Gua Langse?

Satu hal yang special dari gua ini adalah fakta bahwa Gua Langse buka setiap hari. Tak hanya itu, gua ini buka selama 24 jam, bukan pada jam-jam tertentu saja. Dari hari senin sampai minggu, Anda dapat mengunjunginya kapan saja.

Pengunjung biasanya harus mengisi buku tamu sebelum berjalan menuju gua. Mengingat kondisi jalan menuju gua ini cukup menantang, sebaiknya Anda datang dalam kondisi fit dan cuaca cerah.

Jika Anda tertarik berkunjung ke Gua Langse dan tempat menarik lain di Jogja gunakan saja layanan dari Salsa Wisata. Berbagai layanan wisata tersedia misalnya saja seperti paket family gathering Jogja.

Dengan paket tersebut, liburan Anda bersama keluarga pasti jadi lebih mudah dan menyenangkan. Jadi tidak usah ragu lagi dan langsung hubungi kami untuk dapatkan pengalaman liburan paling berkesan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Jogja



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)