SalSari Resto & Coffee

Kalau di daerah Jawa Barat air terjun terkenal dengan sebutan curug, di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta, air terjun disebut sebagai grojogan. Ada banyak grojogan di Jawa Tengah. Sebut saja grojogan sewu dan air terjun semirang. Kalau yang satu ini adalah grojogan yang terletak di Yogyakarta. Namanya Grojogan Watu Purbo Bangunrejo.

Grojogan ini sempat viral beberapa waktu lalu. Pasalnya, banyak akun media sosial pariwisata Jogja yang mengunggah video kemegahannya. Dari unggahan-unggahan tersebut, bisa dilihat bahwa grojogan ini sebetulnya adalah sebuah sungai yang besar.

Sungai tersebut dilengkapi dengan enam dam yang berundak. Bentuk konstruksinya begitu unik, sehingga air terjun ini terlihat luas dan tinggi. Setiap dam yang ada di grojogan ini tingginya antara 3 sampai 7 meter. Di musim kemarau, debit airnya kecil. Beda kalau musim hujan. Airnya bisa sangat deras.

Sejarah Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

Grojogan Watu Purbo Bangunrejo Jogja

Biasanya, air terjun itu tercipta secara alami. Namun tidak begitu dengan grojogan watu purbo bangunrejo. Ini adalah air terjun buatan. Sebetulnya, ini adalah proyek Merapi yang dibangun kira-kira pada tahun 1975 untuk membangun sabo atau dam.

Tujuan pembuatan dam ini adalah untuk menahan lahar dingin jika gunung Merapi erupsi. Aliran airnya sendiri berasal dari Kali Krasak dan Kali Bebeng. Kedua sungai ini kerap terkena banjir lahar dingin.

Untuk menahan laju lahar yang sedemikian dahsyat, maka bentuk dam dibentuk sedemikian rupa, yakni 6 undakan grojogan. Ada juga batu-batu besar yang diletakkan di sekitar darm tersebut. Batu-batu tersebut tentunya alami.

Dari sejak dibangun, grojogan ini malah jadi terbengkalai. Fungsinya hanya untuk menahan lahar dingin. Sampai kemudian Kelompok Sadar Wisata setempat memutuskan untuk menjadikan grojogan ini sebagai tempat wisata dan mengelolanya.

Meskipun terkenal akhir-akhir ini, sebenarnya tempat wisata ini sudah mulai diperkenalkan ke publik di tahun 2017. Perkenalan tersebut belum resmi. Tempat ini pun kemudian diresmikan pada tahun 2020.

Peresmiannya dihadiri oleh ketua DPRD Sleman dan bahkan bupati Sleman. Dari sini kemudian wisata alam Jogja Instagramable ini mulai dikenal publik, termasuk wisatawan dari dalam dan luar kota.

Fasilitas Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

Karena air terjun ini dikelola dengan baik, fasilitas yang ada juga sangat lengkap. Tujuannya supaya pengunjung merasa nyaman. Ada toilet yang bersih untuk membersihkan diri setelah main air, area parkir yang luas, dan mushola.

Sedangkan untuk fasilitas penunjang, ada spot-spot untuk memancing dan berkemah. Tidak perlu takut kelaparan juga, karena di sini juga tersedia warung-warung makan yang menjajakan berbagai kuliner khas Jogja enak.

Harga Tiket Masuk Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

Sebetulnya, masuk ke Grojogan Watu Purbo Bangunrejo tidak ada tarif tiket masuknya alias gratis. Namun, Anda tetap harus bayar biaya parkir. Berikut ini rincian tarifnya:

Column 1 Column 2
Tiket masuk Gratis
Parkir sepeda Rp2.000,00
Parkir motor Rp5.000,00
Parkir mobil Rp10.000,00
Parkir bus kecil Rp30.000,00
Parkir bus besar Rp50.000,00

Rute Menuju Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

pemandangan Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

Grojogan Watu Purbo letaknya di Desa Bangunrejo, Tempel, Sleman. Kalau dari Malioboro, jaraknya sekitar 18 km dan waktu tempuhnya kira-kira setengah jam naik mobil. Anda bisa mengarah ke ringroad utara, lalu masuk ke Jalan raya Jogja-Magelang untuk sampai ke lokasi.

Tempatnya sendiri dekat dengan objek-objek wisata terkenal lainnya, seperti museum Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu, Landmark Merapi Park, Bunker Kaliadem, dan lain sebagainya.

Maka itu, kami sarankan Anda wisatawan untuk pakai layanan rental mobil avanza plus driver Jogja untuk bisa ke sini. Dengan begitu, Anda bisa sekalian mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitarnya.

Daya Tarik Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

Nama Watu Purbo sendiri artinya adalah batu purba. Bukan tanpa alasan, itu karena di grojogan ini memang ada banyak bebatuan purba.

Para ahli mengatakan bahwa batu-batu purba tersebut berasal dari muntahan gunung Merapi saat erupsi. Selain melihat batu-batu purba, ini yang bisa Anda lakukan di Grojogan Watu Purbo Bangunrejo.

Melihat Air Terjun yang Unik

drone view Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

Air terjun umumnya tinggi dan jatuh dari atas ke bawah. Grojogan yang ini agak sedikit berbeda. Ada enam tingkat air. Desain bertingkat ini membentuk lanskap yang unik dan megah. Apalagi semuanya berpadu dengan alam yang menghijau.

Pemandangan akan lebih indah lagi jika hari cerah. Itu karena gunung Merapi jadi terlihat jelas. Panorama gunung yang megah itu menjadi latar belakang grojogan. Sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan oleh alam indah ini. Bisa jadi objek foto yang instagramable, lho.

Foto-foto

Lanskap yang unik berupa air terjun bertingkat dan gunung di latar belakang memang bisa jadi latar belakang foto yang indah. Dari jauh, kelihatannya seperti tangga. Sebuah tangga raksasa yang dialiri dengan air terjun yang deras.

Bisa dibilang, setiap sisi grojogan ini bisa jadi spot foto yang bagus. Meski tidak ada spot foto buatan, tidak berarti Anda tidak bisa menemukan latar belakang yang bagus untuk foto Anda. Semua potensi alam yang berlimpah di sini mengalahkan semua spot foto buatan yang pernah ada.

Bermain Air

bermain air di Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

Boleh-boleh saja jika Anda ingin main air. Soalnya, debit air grojogan ini tidak terlalu deras. Anda bisa main air di area datar tempat airnya jatuh. Meskipun boleh bermain air, Anda tetap harus berhati-hati karena areanya licin.

Anda juga tidak boleh main air tepat di tempat jatuhnya air. Meski tidak deras, lebih baik Anda main dari jarak yang cukup jauh dari pusat air terjun. Anda masih bisa merasakan sejuknya air, kok.

Membuat Rock Balancing Art

rock balancing art Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

Mungkin Anda pernah tahu seni menyusun batu yang satu ini, karena memang sempat viral juga. Jika Anda mau mencoba, Anda bisa melakukannya di sekitar air terjun ini. Itu karena ada banyak batu berbagai ukuran di sini.

Kelihatannya mudah, tapi nyatanya menyusun batu itu cukup sulit, lho. Apalagi kalau membuat batuan yang rapi dan tidak mudah runtuh. Butuh konsentrasi, ketenangan, dan juga kesabaran untuk bisa menyusun batu-batu ini.

Memancing dan Camping

mancing di Grojogan Watu Purbo Bangunrejo

Buat Anda yang suka memancing, di sini juga disediakan spot untuk memancing. Anda bisa melempar umpan di tempat yang sudah tersedia sambil menikmati keindahan alam di sekitar. Rasanya tidak akan bosan menunggu kail ditarik.

Selain itu, ada juga spot camping. Anda bisa mendirikan tenda di area yang sudah disediakan ini. Tentunya akan jadi pengalaman yang berkesan, karena Anda bisa menginap di area air terjun.

Jangan lupa membawa jaket dan pakaian tebal, karena grojogan ini lokasinya di area Gunung Merapi. Kalau malam udaranya sangat dingin.

Jam Operasional Grojogan Watu Purbo Bangurejo

Grojogan Watu Purbo Bangunrejo buka setiap hari dari pukul 06.00 sampai 17.00 WIB. Biasanya di akhir pekan, banyak yang bersepeda pagi-pagi ke sini untuk menikmati pemandangan air terjun di pagi hari.

Anda bisa datang di hari kerja kalau tidak mau berdesakan dengan wisatawan lain. Mau liburan ke Jogja tapi masih bingung soal akomodasi dan transportasi? Serahkan semua pada Salsa Wisata. Sebagai penyedia jasa liburan, kami punya banyak pilihan paket wisata. Salah satunya adalah paket wisata Jogja 1 hari.

Paket wisata kami sudah termasuk akomodasi, makan, dan transportasi plus sopir. Anda bisa pilih paket yang sudah kami sediakan berdasarkan destinasi wisata yang mau Anda kunjungi.

Atau, bisa juga Anda tentukan sendiri itinerary Anda berikut daftar tempat wisata yang mau Anda datangi. Semua paket kami fleksibel dan bisa Anda sesuiakan dengan budget yang ada.



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)