SalSari Resto & Coffee

Wisata gunung di Bogor memang tak ada habisnya. Selain Gunung Kuta, Bogor juga memiliki destinasi yang tidak kalah menarik yaitu Gunung Kencana Bogor.

Gunung ini memang terbilang belum familiar. Namun untuk para wisatawan yang ingin wisata trekking tipis-tipis, gunung ini cocok untuk menjadi salah satu pilihan yang masuk dalam daftar rekomendasi.

Sekilas Tentang Gunung Kencana

gunung kencana buka atau tutup

Gunung Kencana merupakan salah satu tempat wisata di Bogor terdekat yang dapat Anda nikmati keindahannya mulai dari awal pendakian hingga puncak.

Hal yang membedakan antara gunung ini dengan yang lain adalah adanya perkebunan teh yang sangat luas. Gunung ini resmi dibuka untuk umum pada tahun 2016 lalu.

Ketinggiannya hanya 1.803 mdpl, hal itu membuat gunung ini hanya memiliki waktu tempuh sekitar 45 menit hingga 1 jam untuk sampai puncak. Jika cuaca cerah, Anda bisa melihat jelas keindahan Gunung Pangrango dari tempat ini.

Bagi Anda yang terbilang pendaki pemula, jangan khawatir takut tersesat. Sebab banyak sekali petunjuk arah yang akan mengarahkan perjalanan Anda hingga sampai puncak.

Lokasi Wisata Gunung Kencana

Lokasi Gunung Kencana berada di alamat Desa Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat. Jarak dari pusat Kota Bogor ke lokasi ini sekitar 30 KM dengan waktu tempuh 40 menit.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi pendakian serta suasana di puncak gunung ini sebaiknya membawa kendaraan sendiri, baik motor atau mobil. Karena di daerah ini tidak terdapat angkutan umum yang menuju ke lokasi.

Anda bisa mengaksesnya melalui Google Maps dan ikuti jalurnya, yaitu dari Jalan Raya Puncak ke Cianjur. Namun, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut jika memesan layanan rental mobil Xpander Bogor di Salsa Wisata.

Sebab, ada driver profesional dan berpengalaman yang akan antar Anda ke lokasi wisata alam ini. Namun bagi yang ingin sewa Xpander lepas kunci, Salsa Wisata akan siap melayani.

Jam Buka Wisata Gunung Kencana

Untuk kegiatan wisata trekking dan hiking, wisata gunung ini beroperasi hingga 24 jam. Namun untuk beberapa spot wisata seperti area kebun teh, dll, ada batasan jadwal operasionalnya. Umumnya kunjungan akan dibatasi sebelum petang.

Demikian juga untuk fasilitas seperti warung makan di sekitar lokasi wisata. Biasanya tutup pada malam hari. Meski jam buka Gunung Kencana ini 24 jam, Anda harus cek kembali sebelum mendatanginya.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Kencana

Tiket masuk Gunung Kencana sama sekali tidak mahal. Namun Anda perlu siapkan budget tambahan bila ingin memasuki sejumlah objek wisata yang ada di kawasan gunung ini. Misalnya saja Telaga Warna Bogor.

Kemudian ada biaya parkir kendaraan jika Anda membawa kendaraan sendiri. Dan berikut adalah daftar biaya yang perlu Anda ketahui jika ingin menyambangi wisata gunung ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00 per orang
Telaga Warna Rp25.000,00 per orang
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Daya Tarik Wisata Gunung Kencana

Pemandangan yang indah adalah salah satu daya tarik utama dari gunung ini. Namun tidak hanya itu, Anda juga akan menikmati berbagai hal menarik selama di berada di sini. Berikut adalah daya tarik gunung ini:

Trekking ke Puncak

Ada dua rute resmi untuk menuju pos simaksi, jadi sebelum Anda memulai pendakian tentukan terlebih dahulu rute mana yang akan Anda pilih menuju gunung. Rute tersebut adalah Ciburial dan Telaga Warna.

Rute yang paling ramai adalah Telaga Warna karena akses jalannya cenderung mudah. Namun, Anda harus membayar tiket masuk tambahan ke area wisata Telaga Warna.

Siapkan ekstra biaya jika ingin memborong oleh-oleh khas Bogor terdekat di sini. Anda akan dihadapkan pada ragam produk oleh-oleh berupa makanan ringan dan souvenir khas dari Jawa Barat.

Sedangkan rute Ciburial akses jalannya agak sulit, medannya cukup menanjak dan berkelok-kelok. Namun rute ini memiliki pemandangan perkebunan teh yang asri dan Anda tidak perlu membayar biaya tambahan.

Tanjakan Sambalado

tanjakan sambalado gunung kencana

Jika di Gunung Semeru populer dengan adanya tanjakan cinta, maka di gunung ini Anda bisa menikmati keindahan tanjakan yang bernama Sambalado.

Tanjakan Sambalado Gunung Kencana ini berupa anak tangga yang tersusun rapi. Panjang tanjakannya hampir 100 meter serta kemiringan 45 derajat.

Rangkaian tangga pada tanjakan ini memang cukup curam, namun tetap kokoh dengan pegangan di kedua sisi tangga. Tanjakan ini cukup untuk membuat lutut pegal dan betis kram. Jadi wajib persiapkan fisik dengan baik, ya.

Hamparan Kebun Teh yang Menawan

Hamparan kebun teh yang hijau dan sangat luas juga menambah cantik panorama di alam kawasan ini. Anda dapat merasakan suasana yang asri dan sejuk di sini.

Hamparan kebun teh tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hendak melakukan pendakian. Karena tidak semua gunung memiliki hamparan kebun teh yang sangat sejuk layaknya gunung ini.

Bagi wisatawan, kebun teh ini juga menjadi salah satu tempat wisata instagramable di Puncak Bogor yang sayang jika dilewatkan. Anda dapat menjadikanya objek fotografi atau latar swafoto Anda.

View dari Puncak Gunung

Jika Anda sudah sampai di puncak gunung ini, maka pemandangan yang menakjubkan akan menjadi hadiah terbaiknya. Di puncak gunung Anda dapat melihat gagahnya Gunung Gede Pangrango yang menjulang tinggi.

Salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam adalah ombak awan. Banyak pendaki yang membawa peralatan camping dan berkemah ke puncak gunung demi menyaksikan terbitnya matahari pada pagi hari.

Menikmati keindahan alam dari puncak gunung semakin lengkap jika Anda membawa perbekalan makanan seperti makanan khas Bogor Jawa Barat yang bisa Anda dapatkan dari sejumlah warung saat di pos simaksi.

Fasilitas di Lokasi Wisata Gunung Kencana

gunung kencana berapa mdpl

Fasilitas di gunung ini memang tak selengkap objek wisata terkenal yang ada di Bogor. Akan tetapi ada beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan di sini, misalnya:

  • area parkir kendaraan
  • toilet
  • mushola
  • warung makan

Agendakan liburan singkat akhir pekan Anda dengan trekking atau berkunjung ke sejumlah objek wisata di gunung ini. Agar suasana semakin ramai dan asik, ajak serta keluarga tercinta.

Sesekali Anda jajal wisata kuliner Bogor instagramable di sekitar Gunung Kencana. Suasana sejuk khas pegunungan akan membuat liburan Anda kali ini sangat memorable. Apalagi liburan Anda didukung dengan layanan paket wisata dari Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)