earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Dekat dengan Ibu Kota Jakarta rupanya ada destinasi wisata pendakian dan juga wisata alam yang ciamik. Gunung Kuta Bogor namanya.

Tentu saja ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk Anda yang rindu dengan aktivitas petualangan di tengah alam secara tektok alias pulang-pergi.

Berada di Daerah Sentul menjadikan wisata alam ini tampak sangat asri dan masih menyuguhkan kualitas udara terbaik. Anda yang penasaran dengan daya tarik gunung satu ini, silakan simak terus informasi selengkapnya berikut ini:

Sekilas Tentang Gunung Kuta

Wisata alam Gunung Kuta Jonggol merupakan sebuah gunung dekat perkotaan yang memiliki ketinggian 1050 mdpl. Tempat wisata alam ini cukup baru karena baru mulai dibuka pada pertengahan tahun 2019 lalu.

Jadi wajar belum banyak publik yang tahu akan keberadaan tempat wisata Bogor terbaru ini. Gunung yang berada di wilayah administratif Desa Cibadak – Bogor ini termasuk gunung yang mudah didaki.

Hampir semua trek pendakian mudah sekali untuk dilewati. Hanya ada beberapa saja yang berupa tanjakan dan itu pun bukan tanjakan yang ektrem dan sulit seperti trek di Gunung Arjuno.

Kelebihan lainnya yaitu tipe trek pendakian yang rata-rata terbuka. Artinya jalur-jalur pendakian di sini terekspos, bukan berupa jalur-jalur di tengah hutan lebat yang tak bisa tembus sinar matahari.

Dengan ciri trek yang mudah ini, tentu gunung ini sangat recommended untuk para pendaki pemula. Para wisatawan publik (bukan pendaki) juga bisa menjadikan gunung ini sebagai destinasi wisata alam.

Anda, para wisatawan, dapat melakukan kegiatan jelajah alam menikmati hijaunya pemandangan alam. Fotografi dengan membidik spot-spot foto alam juga tak kalah serunya untuk Anda jajal.

Mendatangi spot wisata alam seperti Curug Mariuk juga tak boleh Anda lewatkan. Curug ini merupakan salah satu spot wisata terfavorit dan teramai selain puncak Kuta.

Bagi yang ingin fun camping, ada satu area camping paling favorit di sini. Lokasinya ada di dekat area puncak gunung ini. Area ini sangat luas sehingga dapat menampung kapasitas ratusan tenda.

Daya Tarik Gunung Kuta

Pendakian Gunung Kuta Bogor

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Terkait dengan daya tarik, gunung yang memiliki nama lain Bukit Manapa ini menawarkan sejumlah daya tarik. Ingin tahu ada daya tarik apa saja yang bisa Anda jumpai di wisata alam gunung ini? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Pemandangan Malam Gemerlapnya Kota Bogor

Salah satu daya tarik yang paling menjadi unggulan di wisata alam ini adalah pemandangan malam Kota Bogor dari ketinggian. Anda bisa menyaksikan gemerlapnya Kota Bogor dari camping ground gunung ini.

Akan terlihat kerlap-kerlip lampu kota dan lampu kendaraan yang seolah sedang menari-nari dengan eloknya. Dengan panorama indah tersebut, wajar jika tempat ini termasuk salah satu destinasi romantis terbaik di Bogor.

Kemolekan Sunrise di Puncak

Sempurnakan momen liburan Anda dengan menyapa mentari pagi saat sunrise mulai menampakkan pesonanya. Jangan mau kalah dengan warga Jogja yang bisa menyaksikan golden sunrise langsung dari Bukit Panguk Kediwung.

Anda warga Bogor, Jakarta, dan sekitarnya juga bisa menikmati keindahan yang sama di sini. Untuk menyaksikan fenomena alam ini dari awal, sebaiknya dirikan tenda untuk bermalam di camping ground.

Soft Trekking

Layaknya kegiatan wisata jelajah alam di tempat wisata terdekat, yakni Gunung Batu, sejumlah kegiatan wisata outdoor boleh Anda coba di sini. Misalnya adalah menjajal soft trekking. Gunung ini sangat ramah terhadap para pendaki pemula.

Jangankan pendaki pemula, wisatawan biasa dengan fisik yang prima dapat mengikuti kegiatan trekking di gunung ini. Artinya, kegiatan trekking di gunung ini cocok untuk semua kalangan. Durasi trekking yang dibutuhkan tak sampai berjam-jam.

Meski cenderung memiliki tipe jalur pendakian yang relatif mudah, ada beberapa bagian dari jalur pendakian yang cukup menantang. Tapi tak perlu khawatir karena selama melakukan trekking, Anda akan mendapatkan bonus berupa panorama hijau dari perbukitan di sekitar Anda.

Camping

Meski hanya memerlukan waktu singkat untuk mencapai puncak (sekitar 1 jam), akan sayang rasanya jika tak coba-coba bermalam di puncak gunung ini. Dirikanlah tenda dan nikmatilah malam syahdu nan tenang di atas ketinggian 1050 mdpl.

Saat malam mulai menjelang, Anda dapat memandangi langit yang bertabur jutaan bintang. Menjelang fajar, sembari bersiap menyambut sunrise, Anda dapat menyibukan diri dengan membuat minuman hangat dan sarapan ringan.

Usai puas menikmati sunrise, lanjutkan kegiatan membuat sarapan lezat yang akan mengisi perut Anda sebelum turun. Lengkapi kenikmatan santap pagi Anda dengan Bandeng Rorod, salah satu makanan khas Bogor paling terkenal, lengkap dengan sambalnya.

Fasilitas di Kawasan Wisata Gunung Kuta

Puncak Gunung Kuta Bogor

Meski tak begitu populer, wisata gunung ini mempunyai daftar fasilitas yang cukup memadai dan lengkap. Sebut saja fasilitas mushola sederhana plus tempat untuk berwudhu. Fasilitas selanjutnya yaitu akses untuk mendapatkan air bersih.

Fasilitas kamar mandi juga ada di sini. Di dalam kamar mandi ini terdapat toilet yang cukup bersih dan masih berfungsi dengan baik. Di kawasan Bukit Manapa ini juga berdiri sejumlah warung makan yang menjual menu-menu makanan dan minuman sederhana.

Bagi sejumlah wisatawan, warung-warung ini adalah pusat wisata kuliner Bogor terdekat yang berperan sebagai sebuah solusi saat perut terasa lapar.

Untuk fasilitas tempat parkir, terletak di kaki gunung alias di pos pertama. Area tempat parkir wisata gunung ini sangat luas dan memiliki penjaga.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Kuta

Biaya yang Anda keluarkan untuk menjajal wisata alam yang satu ini sangat terjangkau. Selain harus menyediakan biaya untuk tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan juga wajib sediakan biaya ekstra untuk biaya parkir kendaraan.

Untuk lebih jelasnya silakan simak rincian biayanya pada tabel berikut ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp20.000,00
Parkir kendaraan Rp5.000,00 (Motor)

Rp10.000,00 (Mobil)

Tak sampai Rp50.000,00, Anda sudah bisa menikmati semua daya tarik yang disebutkan di atas.

Anda juga bisa gunakan sisa dana liburan Anda untuk keperluan liburan lainnya. Membeli buah tangan di sentra oleh-oleh khas Bogor Jawa Barat terdekat untuk keluarga atau kerabat di rumah.

Rute Menuju Lokasi Wisata Gunung Kuta

Lokasi Gunung Kuta Bogor

Gunung dengan nama lain Bukit Manapa ini terletak di Kecamatan Sukamakmur. Alamat tepatnya di Desa Cibadak, Kabupaten Bogor, Jabar. Anda dapat tiba di wisata alam ini dengan menempuh perjalanan selama sekitar 2 jam dari Ibu Kota Jakarta.

Akses menuju lokasi ini sedikit sulit jika Anda gunakan transportasi umum. Anda bisa menggunakan bus lalu turun di Sukamakmur. Kemudian perjalanan Anda lanjutkan via ojek.

Namun jika Anda lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, gunakan rute ini. Dari Jakarta lalu ke Cibubur kemudian ke Cileungsi. Setelah itu menuju ke Jonggol dan Sukamakmur. Terakhir ke Desa Cibadak.

Lebih mudah, nyaman, dan praktis jika Anda menggunakan jasa rental mobil daripada menggunakan transportasi umum.

Di Bogor sendiri ada banyak referensi penyedia jasa rental mobil berkualitas. Salsa Wisata adalah salah satunya. Produk paket rental mobil yang ditawarkan cukup banyak.

Misal untuk perjalanan ke area Sentul dengan tipikal jalur yang berkelok dan menanjak, kami ada satu rekomendasi paket rental mobil yang tepat.

Rekomendasi tersebut adalah paket rental mobil Hiace Bogor yang punya kapasitas luas dan cocok untuk perjalanan Anda bersama teman untuk ke gunung.

Jam Operasional Wisata Gunung Kuta

Bukit Manapa ini memang spesial karena memberlakukan jam operasional yang cukup berbeda. Berlaku pembatasan jam di puncak, yaitu batas waktu yang diperbolehkan untuk berada di puncak mulai dari jam 05.00 sampai jam 15.00 WIB.

Alasannya, di puncak sering terjadi angin kencang dan hujan lebat yang cukup membahayakan para pengunjung. Sedang area selain puncak, pengunjung bebas beraktivitas jam berapa saja.

Apa pendapat Anda setelah membaca ringkasan wisata gunun ini? Menambah rasa ingin tahu Anda dan tak sabar untuk mengunjunginya?

Ada banyak sekali tempat wisata populer tak jauh dari gunung ini dan pastinya akan seru jika Anda masukan juga ke daftar destinasi liburan Anda.

Kunjungi satu per satu bersama kami, Salsa Wisata dengan memanfaatkan layanan paket tour gathering murah yang lengkap.

Mulai dari dukungan akomodasi, transformasi, hingga berbagai fasilitas terbaik dari kami, siap membuat liburan Anda ke puncak Gunung Kuta ini menjadi liburan paling mengesankan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)