SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Apakah Anda pencinta wisata gunung? Jika iya, maka Gunung Kendil menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda datangi .

Gunung yang satu ini berlokasi di Kulon Progo, yaitu sebuah kabupaten yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Memang belum sepopuler tempat wisata lain, namun Kulon Progo sangat layak untuk Anda jadikan destinasi unggulan.

Selain pegunungan, ada banyak tempat wisata Instagramable di Kulon Progo lain yang bisa Anda kunjungi. Jadi sekali datang ke lokasi, Anda bisa berwisata ke beberapa tempat wisata sekaligus.

Namun untuk kali ini, kami hanya fokus mengulik info wisata gunung yang menjadi bagian dari perbukitan Menoreh ini. Berikut ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Wisata Gunung Kendil

Wisata Gunung Kendil

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Perbukitan Menoreh merupakan salah satu perbukitan di Daerah Istimewah Yogyakarta yang membentang di sisi Barat provinsi satu ini.

Gunung Kendil ini sendiri merupakan salah satu barisan dari Perbukitan Menoreh, tepatnya berada di sisi Utara.

Ketinggiannya mencapai 1.019 meter di atas permukaan laut (mdpl) sehingga menjadi salah satu puncak tertinggi dari Perbukitan Menoreh. Sisi Utara gunung ini ternyata berada di kabupaten yang berbeda, yaitu Magelang.

Sisi Utara gunung ini memiliki dataran lebih rendah sehingga pemandangannya terbuka dan memanjakan mata.

Apabila datang di cuaca yang cerah, Anda bisa melihat Gunung Sumbing di ujung Utara dengan ketinggian mencapai 3.375 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Sedangkan di sisi Barat dan Selatan, terlihat hamparan hijau hutan dari Perbukitan Menoreh yang sangat luas. Hutan ini bak selimut bagi kawasan perbukitan yang mengelilingi Jogja-Magelang ini.

Daya Tarik Wisata Gunung Kendil

Puncak Gunung Kendil

Sama seperti Wisata Gunung Bromo yang ada di Jawa Timur, gunung satu ini juga menawarkan banyak sekali daya tarik. Apakah Anda sudah penasaran apa saja daya tariknya? Berikut adalah daftarnya.

Mendaki ke Puncak

Daya tarik utama dari wisata gunung tentu saja adalah spot ideal untuk mendaki alias hiking. Kurang lengkap rasanya datang ke wisata gunung tapi tidak mendaki.

Gunung satu ini tidak terlalu tinggi sehingga tidak butuh waktu lama untuk sampai ke puncak. Bahkan banyak yang beranggapan jika gunung ini cocok untuk pemula.

Wisatawan biasanya membutuhkan waktu 30-45 menit saja untuk sampai ke puncak. Bukan hanya pemula saja, bahkan Anda bisa berkunjung bersama anak-anak.

Manfaatkan paket wisata ke Jogja 2 orang untuk liburan bersama orang tersayang ke wisata gunung di Kulon Progo ini.

Bersepeda ke Puncak

Bersepeda ke Puncak Gunung Kendil

Bagi Anda yang hobi bersepeda, rasanya kurang lengkap jika naik ke puncak hanya jalan kaki saja. Cobalah menikmati sensasi bersepeda ke puncak gunung.

Namun ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar diperbolehkan naik ke puncak dengan menggunakan sepeda.

Selain sudah mahir, sepeda yang digunakan juga harus sepeda khusus, yaitu sepeda khusus untuk downhill. Pasalnya medan untuk sampai ke puncak cukup bergelombang.

Beberapa orang malah beranggapan bahwa ke puncak dengan menggunakan sepeda akan lebih lelah daripada jalan kaki.

Bersantai di Puncak

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan setelah sampai ke puncak adalah bersantai. Anda bisa melihat pemandangan hijau yang sangat indah di puncak.

Sejauh mata memandang, hamparan warna hijau yang terdiri dari hutan, area pertanian, dan perkebunan warga menghiasi.

Inilah yang juga membuat pengunjung betah berada di puncak. Meskipun hanya bersantai, Anda bisa melepas lelah dan kepenatan. Di puncak juga ada gazebo yang dibangun untuk berteduh dan menikmati pemandangan.

Menikmati Sunset atau Sunrise

Sunset di Gunung Kendil

Daya tarik selanjutnya yaitu menikmati sunset atau sunrise. Sangat direkomendasikan berkunjung di pagi atau sore hari jika ingin menyaksikan sunrise atau sunset.

Udaranya masih segar dan panas matahari tidak begitu menyengat di waktu-waktu tersebut. Sunset atau sunrise tersebut bisa menjadi background foto instagramable dan cantik.

Di puncak, Anda juga bisa melihat gemerlap lampu kota. Gunakan fasilitas camping agar mendapatkan pemandangan sunset dan sunrise tanpa terbatas oleh waktu.

Melihat Pemandangan Gunung-gunung Populer

Di puncak, Anda bisa melihat pemandangan gunung-gunung populer di Jogja maupun Jawa Tengah.

Contoh gunung-gunung yang bisa Anda lihat seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan lain sebagainya. Cukup jarang Anda bisa melihat pemandangan gunung lainnya dari puncak gunung yang tidak terlalu tinggi.

Berfoto

Aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat berada di puncak adalah berfoto. Ada banyak spot foto menarik yang bisa menjadi kenangan.

Contohnya background pemandangan gunung populer, sunrise, sunset, tenda-tenda camping, dan lain sebagainya.

Jangan lupakan juga untuk mengabadikan momen saat sedang seru-seruan outbound di kawasan wisata alam ini. Seperti yang kita tahu bahwa Menoreh menjadi salah satu tempat outbound Jogja murah dan terfavorit.

Fasilitas di Kawasan Wisata Gunung Kendil

Fasilitas di Wisata Gunung Kendil

Pengelolaan tempat wisata terbilang sudah cukup bagus. Pasalnya fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap untuk wisatawan lokal maupun luar daerah.

Ada tempat parkir yang bisa digunakan untuk memarkirkan sepeda motor maupun mobil. Selain itu, ada juga toilet, gazebo, dan mushola.

Anda yang ingin menambah perbekalan untuk ke puncak juga bisa menemukan warung dengan berbagai makanan khas Wates Kulon Progo.

Pastikan membawa bekal secukupnya sebelum naik ke puncak. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan tanpa rasa lapar.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Kendil

Naik ke puncak gunung menjadi alternatif wisata yang murah, menyenangkan, sekaligus memacu adrenalin. Apalagi untuk Anda yang suka sekali dengan muncak. Wajib sekali naik ke puncak gunung ini.

Soal biaya, sama dengan wisata gunung lainnya, tarif retribusi tiket masuk Gunung Kendil ini sangat terjangkau. Biaya parkir kendaraan dan juga biaya camping juga masih bertarif standard.

Berikut ini adalah rincian retribusi yang harus Anda siapkan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00
Parkir Mobil Rp5.000,00
Camping Rp5.000,00 – Rp10.000,00

Itulah daftar harga tiket masuk dan juga biaya parkir dari tempat wisata alam ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa pengelola tempat wisata gunung mungkin bisa mengubah kebijakan harga tiket masuk tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Jadi sebaiknya Anda menyiapkan budget liburan lebih. Sisa budget Anda selanjutnya bisa Anda belanjakan untuk membeli oleh-oleh khas di toko oleh oleh Kulon Progo di sekitar lokasi.

Rute Menuju Lokasi Wisata Gunung Kendil

Lokasi Gunung Kendil

Lokasi Gunung Kendil secara administratif berada di wilayah Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Magelang. Alamat lengkapnya berada di Jalan Bukit Kendil, Nglambur, Sidoharjo, Kulon Progo, DIY.

Rute terdekat yaitu mengambil arah ke Puncak Suroloyo. Pasalnya gunung ini memiliki arah jalan yang sama dengan Wisata Puncak Suroloyo. Jadi Anda bisa sekaligus mengikuti arah-arah dari tempat wisata tersebut.

Jika Anda dari pusat kota Kulon Progo, Anda harus menempuh jarak yang cukup panjang. Pasalnya jarak antara tempat wisata dengan pusat kota kurang lebih 33 kilometer.

Apabila menggunakan kendaraan mobil, kurang lebih ditempuh dalam waktu 1 jam. Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Kulon Progo jika ingin perjalanan yang lancar dan nyaman.

Jam Operasional Wisata Gunung Kendil

Tempat wisata satu ini sama seperti wisata gunung lain di Indonesia. Anda bisa datang kapan saja karena wisata gunung ini buka selama 24 jam penuh.

Jadi, tidak ada jam operasional yang tetap karena wisatawan bisa mulai datang jam berapa saja.

Biasanya banyak wisatawan yang lebih suka berkunjung di malam hari untuk melihat sunrise atau siang hari untuk melihat sunset.

Apabila Anda tidak ingin melewatkan sunrise dan sunset, maka Anda bisa membangun tenda di puncak untuk camping. Nanti Anda dan rombongan bisa menikmati keindahan gunung dari berbagai waktu.

Jangan lupa melakukan persiapan dengan baik agar wisata Anda berjalan dengan lancar. Setelah turun dari gunung, Anda bisa melanjutkan wisata kuliner di tempat makan Kulon Progo terdekat.

Itulah pembahasan mengenai wisata gunung yang berlokasi di Kulon Progo, DIY, ini. Anda yang suka berjelajah di alam atau gunung, wajib coba mendaki gunung ini.

Jangan lupa menggunakan layanan dari Salsa Wisata agar perjalanan liburan Anda semakin nyaman. Dapatkan penawaran harga spesial dengan fasilitas akomodasi dan transportasi terbaik.

Untuk menunjang kenyamanan Anda selama liburan di Gunung Kendil ini, kami telah siapkan paket wisata dengan pilihan fasilitas berkelas. Fasilitas penginapan, misalnya, kami sediakan ragam pilihannya. Mulai dari hotel bintang 3 hingga hotel bintang 5 Jogja dekat Malioboro.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)