SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kulon Progo merupakan daerah di Yogyakarta yang terkenal dengan beraneka macam makanan khas unik yang lezat. Salah satu yang cukup populer adalah geblek, olahan dari singkong atau tepung tapioka.

Selain itu, tentu masih banyak lagi kuliner khas Kulon Progo yang dapat menggoyang lidah Anda. Berikut ini 10 rekomendasi terbaik makanan khas dari Kulon Progo yang wajib Anda coba.

Daftar Makanan Khas Kulon Progo Favorit

Sate Kambing Kulon Progo

Sate Kambing Kulon Progo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Untuk Anda penikmat sate kambing tentu sudah tidak asing lagi dengan Sate Klatak, salah satu wisata kuliner Jogja favorit banyak orang. Nah di Kulon Progo sendiri ada sate kambing istimewa yang tidak kalah populer.

Saking tenarnya, sate kambing ini sudah menjadi ikon kuliner Kulon Progo sejak tahun 1965. Ciri khasnya terletak pada tusuk sate yang menggunakan jeruji besi sepeda seperti sate klatak.

Dengan jeruji besi ini bagian dalam potongan daging ikut terpanaskan sehingga matang merata. Bumbu-bumbu seperti kecap, lada, dan lainnya pun mampu meresap sempurna ke dalam daging.

Sate ini terasa semakin mantap dengan tambahan sambal kecap, acar serta potongan kol. Sepiring nasi pun belum tentu cukup karena rasa sate yang lezat dan nagih.

Jika Anda penasaran dengan rasa sate legend ini bisa datang ke Sate Kambing Mbah Margo. Harganya sekitar Rp25.000,00 per porsi, Anda bisa minta sopir dari rental mobil Jogja murah untuk mengantar ke lokasi.

Cenil

Cenil khas kulon progo

Camilan tradisional ini telah menjadi jajanan pasar favorit sejak lama. Sehingga meski sudah berganti zaman, cenil tetap bisa eksis bersaing bersama makanan modern lain.

Hal yang membuat camilan dari singkong ini populer adalah teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis. Selain itu warna dari cenil ini terlihat menarik karena menggunakan pewarna cerah seperti merah, hijau, dan putih.

Bentuknya sendiri biasanya bulat atau lonjong seperti telur gabus, salah satu oleh-oleh khas Bekasi favorit. Tidak ketinggalan taburan gula pasir serta parutan kelapa yang membuat jajanan ini punya rasa yang manis dan gurih.

Anda bisa mendapatkan cenil di banyak tempat, seperti misalnya pasar-pasar tradisional saat pagi hari. Harganya juga tidak terlalu mahal, cukup dengan uang Rp5.000,00 Anda sudah bisa menikmati jajanan satu ini.

Geblek

Geblek

Belum ke Kulon Progo jika belum mencoba makanan khas yang terbuat dari singkong satu ini, yaitu geblek. Sekilas bentuk dan teksturnya mirip sekali dengan cireng, makanan hits khas Bandung.

Namun dari segi variasi, geblek lebih sederhana karena hanya punya varian rasa gurih saja. Walau begitu, tetap banyak yang suka karena rasanya ini apalagi saat bercampur dengan sambal kacang pedas.

Gurih geblek ini berasal dari campuran bawang putih serta garam dalam adonan tepung tapiokanya. Jajanan ini sendiri paling nikmat untuk Anda santap ketika masih panas.

Sensasi kenyal di dalam dan kriuk di luar jadi ciri khas tersendiri hidangan geblek ini. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah karena hampir tersedia di semua tempat, termasuk tempat wisata Kulon Progo populer seperti Waduk Sermo.

Tidak perlu merogoh kocek dalam untuk bisa menikmati jajanan tradisional khas Kulon Progo ini. Hanya dengan uang Rp5.000,00, Anda sudah bisa mendapatkan satu bungkus besar geblek hangat.

Gula Semut

Gula Semut Kulon Progo

Jika biasanya gula merah berbentuk besar dan padat, lain halnya dengan gula merah khas Kulon Progo yakni gula semut. Sesuai namanya gula ini berukuran kecil mirip bubuk sehingga lebih dikenal dengan nama gula kristal.

Bahan utamanya tetap menggunakan nira, baik itu nira kelapa maupun nira aren. Dengan begitu rasa manis khas gula Jawa merah tetap terasa dalam gula semut ini.

Karena bentuknya yang kecil ini juga, membuatnya lebih mudah larut di dalam air. Sehingga tidak sedikit orang yang menjadikan gula ini sebagai isian kue atau pengganti gula pasir.

Anda juga bisa mendapatkan gula semut kemasan ini di pusat oleh-oleh khas Kulon Progo terkenal yang ada. Untuk harganya sendiri berkisar antara Rp15.000,00 hingga Rp35.000,00 tergantung ukuran kemasan.

Tempe Benguk

Tempe Benguk

Ternyata tempe juga punya banyak variasi, salah satunya tempe benguk yang termasuk panganan khas Kulon Progo ini. Bahan utama pembuatan tempe ini berbeda dengan tempe biasa yang menggunakan kedelai.

Tempe benguk menggunakan koro benguk atau kacang babi tua sebagai pengganti kedelai yang saat itu mahal. Ciri khas tempe ini terletak pada ukuran kacang yang besar dan berwarna gelap.

Proses pembuatannya pun lebih lama karena kacang harus melewati perendaman selama dua hari sebelum masuk proses pembuatan tempe. Tempe ini sendiri mirip dengan tempe mlanding, salah satu makanan khas Gunung Kidul yang sudah langka.

Anda bisa mengolah tempe benguk ini menjadi tempe goreng atau hidangan lain seperti besengek. Di pasaran, satu potong tempe mentahnya biasanya dijual dengan harga Rp5.000,00 saja.

Soto Bathok

Soto Bathok Kulon Progo

Bagi penikmat wisata kuliner Sleman murah tentu sudah sangat akrab dengan soto Bathok Mbah Karto di Sambisari. Namun untuk Anda yang terlalu jauh untuk menuju Sleman, bisa menikmati hidangan soto bathok ini di Kulon Progo.

Bahkan variasi soto ini sudah menjadi salah satu kuliner serta makanan khas dari Kulon Progo yang wajib Anda coba. Ciri khas utamanya tentu saja mangkuk soto yang menggunakan batok kelapa.

Rasa soto bening ini gurih dengan berbagai macam isian bisa berisi daging sapi, ayam, kecambah, kol, kentang, dan lainnya. Soto ini semakin nikmat bila Anda santap bersama sate telur puyuh atau sate usus dan tempe.

Salah satu lokasi terbaik menikmati hidangan ini adalah Warung Soto Bathok Wulung. Tempat ini selalu menjadi langganan beberapa tempat sewa hiace murah di Jogja saat melewati Jl. Wates. Kisaran harganya juga terjangkau hanya Rp5.000,00 hingga Rp8.000,00 per porsi soto.

Growol

Growol

Satu lagi makanan khas Kulon Progo yang terbuat dari singkong yakni growol. Namun berbeda dengan kebanyakan olahan yang menjadi jajanan, growol ini dapat menjadi pengganti bahan pokok nasi.

Keberadaannya pun sudah tercatat dalam serat centhini sekitar tahun 1814 silam saat masa paceklik berlangsung. Sejak saat itu, growol ini menjadi salah satu makanan pokok favorit warga Kulon Progo.

Cara membuatnya sendiri tidak sulit, namun prosesnya lama. Pertama rendam terlebih dahulu singkong selama 3 sampai 4 hari. Lalu bersihkan dan parut atau giling hingga halus.

Hasil gilingan ini kemudian masuk proses kukus hingga matang sebelum Anda sajikan. Rasanya yang hambar namun sedikit asin ini, paling nikmat untuk Anda santap bersama besengek atau pentho.

Growol bisa Anda dapatkan di pasar-pasar tradisional Kulon Progo dengan harga murah. Dengan uang sekitar Rp30.000,00 Anda bisa mendapatkan growol utuh berukuran 1 kg.

Dawet Sambel

Dawet Sambel Kulon Progo

Jika dawet biasanya tersaji bersama santan dan gula cair, lain halnya dengan dawet sambel dari Kulon Progo ini. Di sini Anda bisa mencoba dawet dengan sambal kacang dan kelapa pedas sehingga punya rasa yang khas.

Percampuran dua hidangan berbeda ini mirip dengan rawon pecel yang menjadi makanan khas Banyuwangi terkenal. Meski terlihat berbeda dua rasa hidangan ini berpadu sempurna dan terasa nikmat.

Anda bisa merasakan sensasi pedas, gurih, dan manis dari dawet dan sambal yang bercampur. Agar semakin nikmat dawet ini mendapat tambahan bawang goreng, tauge, dan juga seledri.

Makanan unik dawet sambel bisa dengan mudah Anda jumpai di kawasan Jatimulyo, Kulon Progo, salah satunya Dawet Sambel Nyi Ponirah. Satu porsinya pun tidak mahal hanya Rp2.500,00 hingga Rp4.000,00 saja.

Cetot

Cetot

Serupa tapi tak sama, banyak yang menyebut cetot merupakan nama lain dari cenil padahal ada sedikit perbedaan. Cetot biasanya memiliki bentuk kotak dengan warna yang lebih gelap daripada cenil.

Meski begitu dari segi rasa maupun tekstur memang benar-benar mirip karena bahan utamanya sama. Inilah yang menjadi alasan banyak orang menyamakan antara cenil dan cetot.

Penyajian cetot juga lebih sederhana, tidak ada tambahan gula jawa cair dalam hidangan. Hanya kelapa parut serta gula yang membuat rasa singkong, manis, dan gurih kelapa begitu terasa.

Seperti halnya cenil, jajanan kenyal satu ini bisa Anda beli dengan mudah di pasar-pasar tradisional. Harganya pun tidak jauh berbeda, sekitar Rp2.000,00 hingga Rp5.000,00 per porsi.

Besengek

Besengek

Rekomendasi terakhir makanan khas Kulon Progo terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan adalah besengek tepatnya besengek tempe benguk. Sekilas proses masaknya mirip dengan bacem namun menggunakan santan.

Untuk cara membuatnya pertama Anda harus merebus tempe hingga matang lalu tiriskan. Kemudian rebus kembali bersama santan serta bumbu seperti cabai dan rempah lain hingga santan mengental.

Besengek ini sangat nikmat menjadi lauk dari nasi tiwul atau growol selagi masih panas. Sensasi rasa pedas gurihnya pasti membuat Anda ketagihan ingin mencoba.

Sayur ini bisa Anda beli dengan harga Rp5.000,00 per bungkus di pasar-pasar tradisional. Manfaatkan saja rental motor beat murah Jogja untuk menjelajah pasar dan menjajal kuliner lezat seperti besengek ini.

Ada masih banyak lagi makanan khas Kulon Progo yang viral dan bisa Anda coba di ujung barat Jogja ini. Semua siap memuaskan rasa penasaran dan lapar Anda untuk menikmati hidangan unik yang lezat.

Agar petualangan kuliner tersebut semakin mudah dan menyenangkan manfaatkan saja layanan dari biro perjalanan seperti Salsa Wisata. Ada berbagai macam layanan seperti paket tour Jogja murah yang siap mengakomodir liburan Anda.

Segala kebutuhan mulai dari transportasi hingga destinasi menarik langsung bisa Anda nikmati. Jadi pengalaman liburan yang menyenangkan bukan lagi sekedar impian belaka.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Jogja, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)