SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Banyak orang yang melewatkan pesona dari berbagai macam tempat wisata Kulon Progo. Padahal keindahan serta keseruan di beberapa destinasi ini tidak kalah dari tempat wisata Jogja populer lainnya.

Sebut saja wisata alam seperti air terjun, ada banyak tempat cantik yang bisa Anda kunjungi. Belum lagi wisata yang menawarkan panorama alam menawan, butuh lebih dari sehari untuk Anda kunjungi semuanya.

Nah agar rencana liburan Anda lebih jelas, berikut ini 26 rekomendasi destinasi paling hits di Kulon Progo yang wajib Anda kunjungi:

Daftar Tempat Wisata Kulon Progo Populer

Waduk Sermo

Waduk Sermo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Rekomendasi tempat wisata pertama di Kulon Progo tentu saja Waduk Sermo. Keindahan danau buatan seluas 7000 hektar ini mampu menyaingi Ranu Kumbolo.

Pemandangan hutan di tepian air danau yang tenang menjadi daya tarik utama tempat ini. Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan mulai dari berkeliling, naik perahu, camping, hingga berolahraga.

Waduk ini juga menjadi lokasi yang pas untuk Anda yang senang berfoto. Panorama sunset indah yang memantul di cerminan air waduk akan jadi latar yang menarik untuk foto di sosial media Anda.

Pantai Glagah

Pantai Glagah

Selain Waduk Sermo, Pantai Glagah juga termasuk tempat yang tepat untuk menikmati keindahan sunset. Tumpukan tetrapod di pinggir pantainya ikut menambah epik pemandangan saat beradu bersama ombak.

Pantai ini juga menjadi lokasi yang pas untuk Anda menyalurkan hobi. Mulai dari fasilitas memancing, bermain ATV, maupun berfoto semua tersedia bagi para wisatawan.

Tidak hanya itu, ternyata di pantai ini Anda juga dapat menemukan situs bersejarah yang menarik. Dengan segala kelebihannya tersebut, salah satu pantai di Jogja ini sangat pantas untuk Anda kunjungi.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

Meski namanya sama persis dengan air terjun di Karang Anyar, keindahan yang ada di Grojogan Sewu Kulon Progo jelas berbeda. Airnya tampak seperti tirai yang jatuh dari atas tebing.

Alirannya pun jernih dan terasa segar dengan kolam tepat di bagian bawah air terjun. Anda bisa puas berenang dan bermain air sambil berfoto di sekitar kawasan air terjun.

Udara sejuk serta bentang alam yang asri menjadikan tempat ini salah satu yang terbaik untuk bersantai. Anda yang butuh healing di tengah suasana alam wajib mengunjungi tempat ini.

Bukit Cendana

Bukit Cendana

Jika Anda ingin menikmati keindahan sunrise di Jogja, Bukit Cendana di Kulon Progo salah satu tempatnya. Dari puncak bukit ini Anda bisa menikmati pemandangan indah Waduk Sermo serta perbukitan di sekitarnya.

Momen epik saat matahari muncul di ufuk timur jadi hal yang selalu ditunggu wisatawan. Keindahannya tidak kalah dengan panorama dari Kebun Buah Mangunan yang ada di Bantul.

Anda bisa bersantai sambil berfoto dengan lanskap indah bukit, waduk, serta kabut di pagi hari. Foto-foto menarik dan apik sudah pasti Anda dapatkan saat mengunjungi bukit satu ini.

Kedung Pedut

Kedung Pedut

Tempat wisata Kulon Progo hits satu ini sering disebut sebagai hidden paradise Jogja. Bagaimana tidak, gugusan batu serta aliran air jernih Kedung Pedut memang tampak begitu mempesona.

Lokasinya pun tersembunyi di balik tebing serta pepohonan yang asri. Wisatawan yang datang pasti langsung terpana menyaksikan pemandangan yang ada.

Selain berfoto serta bermain air, Anda juga bisa puas bersantai di kawasan air terjun bertingkat ini. Kedung Pedut sangat cocok menjadi destinasi Anda yang ingin menikmati alam asri Yogyakarta.

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo

Banyak belum tahu kalau sebenarnya Kulon Progo juga memiliki kebun teh yang bernama Kebun Teh Nglinggo. Keindahan tempat ini tidak kalah dari Kebun Teh Tambi yang ada di Wonosobo.

Hamparan pohon teh hijau tumbuh di lereng bukit dan menyajikan pemandangan yang asri. Anda bisa bersantai menikmati panorama 8 gunung di Jawa yang tampak berdiri megah.

Di sini tersedia juga fasilitas off road serta trekking untuk Anda yang senang aktivitas menantang. Lokasinya pun strategis dan dekat dengan berbagai tempat wisata Kulon Progo instagramable lain sehingga menjadi destinasi yang tepat jika ingin menjelajah Jogja.

Kalibiru

Kalibiru

Kawasan Kalibiru juga termasuk salah satu destinasi andalan Kulon Progo. Bentang alam bukit-bukit hijau serta waduk sermo bisa Anda lihat dengan jelas dari sini.

Spot-spot foto menarik yang bisa Anda nikmati seperti misalnya panggung kayu. Pesonanya bahkan mampu menyaingi keindahan dari Puncak Becici yang ada di Bantul.

Anda juga bisa mencoba permainan ekstrem seperti flying fox atau high rope yang disediakan pengelola. Sehingga kunjungan ke tempat ini akan terasa sangat menyenangkan.

Pule Payung

Pule Payung

Tidak jauh dari Kalibiru, Anda juga bisa bersantai di kawasan Pule Payung. Panorama yang ditawarkan sama yakni perbukitan serta danau, namun dengan pengalaman berbeda.

Tempat ini dikenal juga sebagai cafe angkasa dengan berbagai macam spot foto menarik. Salah satu yang cukup populer adalah kursi langit, spot ayunan, dan masih banyak lainnya.

Jadi untuk Anda yang ingin bersantai cafe Pule Payung wajib sekali masuk dalam list destinasi Anda selama di Jogja.

Jika Anda tertarik berkunjung sangat disarankan menggunakan sopir dari rental mobil Kulon Progo yang ada. Sebab jalan menuju Pule Payung atau Kalibiru cukup ekstrem dan kurang memadai.

Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo

Keindahan panorama perbukitan juga bisa Anda nikmati dari Puncak Suroloyo. Dengan ketinggian 1000 mdpl, Anda bisa melihat kemegahan gunung seperti Merapi, Merbabu, Sumbing, serta Sindoro.

Kawasan ini juga sering menjadi lokasi pertapaan atau ziarah bagi orang-orang tertentu. Sebab beberapa masyarakat meyakini di puncak bukit ini merupakan petilasan dari Raden Mas Rangsang.

Anda juga bisa bersantai sambil menikmati salah satu makanan khas Jogja yang dijual yaitu Geblek. Ditemani kopi atau teh hangat, panorama indah dari bukit saat sunrise atau sunset akan sangat berkesan.

Pantai Trisik

Pantai Trisik

Pesona pantai yang eksotis juga bisa Anda nikmati saat mengunjungi Pantai Trisik Kulon Progo. Pasir hitam serta deretan pohon cemara di pinggir pantai menjadi panorama cantik yang bisa Anda dapatkan.

Anda pun dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di tempat ini seperti melihat penangkaran penyu. Pantai ini juga menjadi lokasi pelaksanaan upacara sedekah laut bagi masyarakat sekitar.

Tidak hanya itu, view saat sunset dari tempat ini pun sangat cantik tidak kalah dari Pantai Indrayanti. Pantai Trisik bisa jadi tempat yang pas untuk Anda yang ingin mengunjungi pantai yang sepi namun indah.

Pantai Congot

Pantai Congot

Rekomendasi alternatif lain untuk Anda yang ingin mengunjungi pantai di Kulon Progo adalah kawasan Pantai Congot. Daya tarik utamanya terletak pada keindahan pemandangan saat matahari terbenam.

Selain itu, ciri khas dari pantai ini adalah komplek hutan bakau yang sangat asri di sekitar pantai. Anda bisa berkeliling melewati jalan bambu mengelilingi area hutan sambil berfoto.

Salah satu spot yang cukup populer adalah jembatan apai-apai yang menghubungkan kedua sisi hutan. Tempat ini juga menjadi spot memancing terbaik sama seperti Pantai Sipelot yang ada di Malang.

Pantai Bugel

Pantai Bugel

Ketenaran Pantai Bugel memang tidak terlihat seperti halnya Pantai Baron, meski begitu daya tarik tempat ini patut diacungi jempol.

Pantai ini bisa menjadi spot yang pas bagi Anda yang butuh ketenangan sembari menikmati keindahan pantai. Kawasan pesisir luas dengan pasir yang lembut sangat cocok untuk aktivitas seperti camping atau berolahraga.

Urusan fasilitas pun cukup memadai. Anda bisa menikmati berbagai kuliner lezat di warung makan dengan harga yang terjangkau.

Gunung Kendil

Gunung Kendil

Destinasi wisata ini sangat cocok untuk Anda para pendaki pemula. Tidak ada trek yang berat namun memiliki pemandangan indah sama seperti Bukit Sikunir di Wonosobo.

Meski tergolong tempat wisata baru di Jogja, Gunung Kendil sudah menarik banyak perhatian wisatawan. Panorama gunung Sumbing Sindoro serta Merapi Merbabu bisa terlihat jelas dari puncak.

Gunung ini juga sering menjadi destinasi bagi para pesepeda yang ada di Jogja. Wisatawan yang datang biasanya menunggu momen sunrise yang tampak menawan dari puncak gunung.

Gua Maria Sendangsono

Gua Maria Sendangsono

Kulon Progo juga memiliki tempat ziarah bagi umat Katolik yang dikenal sebagai Gua Maria Sendangsono. Di dalam gua ini pengunjung akan diajak menjelajah komplek ziarah yang seluas 1 hektar.

Terdapat rute khusus yang disebut Jalan Salib yang dihias dengan diorama kisah Yesus Kristus. Suasana alam yang asri di sekitar jalan juga membuat perjalanan sepanjang 1 km tidak terasa begitu melelahkan.

Tempat ini pun menyimpan mitos tentang air suci yang dapat menyembuhkan penyakit. Sumber mata air ini terdapat di dalam gua tidak jauh berbeda dari Goa Pindul di Gunung Kidul.

Goa Kiskendo

Goa Kiskendo

Gua satu ini juga termasuk gua bersejarah dan penuh nilai spiritual. Di dalam Goa Kiskendo terdapat 9 tempat pertapaan yang dulu sering digunakan para leluhur.

Ciri khas lain terlihat dari batuan di sekitar goa yang berhias pahatan relief cerita wayang. Suasana sekitarnya pun sangat asri sebab tumbuh berbagai jenis pepohonan rindang.

Anda bisa melakukan aktivitas susur gua bersama pemandu atau juru kunci yang ada. Keseruan menelusuri gua ini tidak kalah menarik dengan Goa Jomblang.

Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal

Surga tersembunyi di Kulon Progo selanjutnya adalah Taman Sungai Mudal. Lokasinya berada di balik hutan asri kawasan bukit menoreh yang terkenal.

Disebut sebagai taman sungai karena memang tempat ini sangat indah dengan kolam alami berwarna biru jernih. Untuk tiba di sini Anda harus berjalan kaki menelusuri hutan.

Anda bisa berfoto dan puas bermain air di sungai ini dengan tenang berkat fasilitasnya yang lengkap. Mulai dari tempat penyewaan ban, warung makan, hingga spot foto cantik semua tersedia.

Bila Anda tertarik berkunjung, bisa gunakan layanan sewa hiace Jogja dari Salsa Wisata. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah mencapai lokasi ini meski berada di pelosok sekalipun.

Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

Tidak jauh dari Taman Sungai Mudal, Anda juga dapat mengunjungi air terjun kembang soka. Tempat ini terkenal dengan air terjun bertingkatnya serta kolam air alami yang ada di bawahnya.

Anda bisa bebas berenang sambil melompat di kolam air yang cukup dalam. Untuk anak-anak, terdapat kolam kecil di pinggiran air terjun yang dangkal dan lebih aman.

Fasilitas yang lengkap seperti mushola, warung makan, dan tempat sewa pelampung juga siap membuat liburan Anda nyaman. Pesonanya tidak kalah menarik dari Air Terjun Tegenungan yang ada di Bali.

Puncak Widosari

Puncak Widosari

Tempat satu ini cukup mirip dengan Puncak Suroloyo. Pemandangan indah perbukitan Kulon Progo menghampar luas sejauh mata memandang meski hanya setinggi 900 mdpl.

Ciri khas puncak ini adalah batu besar yang menjulang tinggi di bagian puncak seperti tombak. Batu serta panorama 360 derajat dari ketinggian bisa Anda nikmati dari gardu pandang yang tersedia.

Aksesnya pun mudah sebab sudah berbentuk tangga yang bahkan sering dipakai pesepeda. Anda juga bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise dari tempat ini sama seperti saat mengunjungi Tebing Keraton di Bandung.

Gua Maria Lawangsih

Gua Maria Lawangsih

Satu lagi gua ziarah untuk umat katolik di Kulon Progo yaitu Gua Maria Lawangsih. Berbeda dengan Gua Maria Sendangsongo, suasana di tempat ini lebih alami dengan tumpukan batuan alam di sekitarnya.

Tanaman rindang juga tumbuh di sekitar area menuju mulut gua sehingga terasa begitu asri. Ukurannya pun kecil namun dengan bagian dalam yang cukup luas.

Wisatawan yang datang biasanya berniat untuk berdoa dan menenangkan diri di tengah alamnya yang asri. Bentuk gua nya sendiri mirip dengan Goa Kreo Semarang yang terdiri dari batuan mineral.

Gunung Lanang

Gunung Lanang

Kawasan pegunungan Menoreh tidak pernah habis menawarkan destinasi wisata salah satunya Gunung Lanang. Puncak gunung ini selalu jadi incaran pengunjung yang ingin menikmati keindahan sunset atau sunrise.

Namun tidak sedikit pula yang datang karena penasaran dengan mitos yang beredar. Salah satunya misteri mengenai tempat ini yang menjadi lokasi pertapaan seorang sakti bernama Kyai Lanang dan istrinya.

Sehingga banyak orang yang melakukan laku ritual di tempat satu ini saat malam-malam tertentu. Cerita mistis ini sama seperti yang sering beredar di kawasan Gunung Lawu yang terkenal.

Tugu Pensil

Tugu Pensil

Kulon Progo juga mempunyai ikon wisata yang cukup populer yakni Tugu Pensil. Wisatawan yang datang dari arah Barat atau Bandara NYIA pasti pernah melihat tugu unik satu ini.

Bentuknya benar-benar seperti pensil dengan tinggi sekitar 4 meter. Dengan cat berwarna merah Anda bisa melihat tulisan B3B pada salah satu sisi pensil. Di sekelilingnya pun terdapat taman cantik beraneka warna.

Tidak jauh dari tugu, Anda juga bisa mampir ke warung oleh-oleh khas Jogja yang berjajar di pinggir Jl. Sentolo Brosot. Tempat ini juga sering menjadi destinasi para pesepeda beristirahat menikmati suasana pedesaan sekitar.

Pantai Bidara

Pantai Bidara

Ada satu pantai baru di Kulon Progo yang belum banyak orang tahu yaitu Pantai Bidara. Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Bugel yang lebih dulu terkenal.

Hamparan pasir hitam lembutnya sangat luas dan landai meski tidak selembut di kawasan Gumuk Pasir. Selain itu suasananya sangat tenang dan sepi, seperti pantai private milik sendiri.

Tempat ini sering menjadi favorit pengunjung untuk bermain layangan. Sangat cocok jadi alternatif untuk Anda yang ingin menyepi menikmati suasana pantai terlebih saat pagi hari.

Patung Nyi Ageng Serang

Patung Nyi Ageng Serang

Anda yang mengunjungi Jogja dari arah Barat sudah pasti melewati tugu satu ini. Bundaran dengan patung Nyi Ageng Serang ini dikenal juga dengan nama patung kuda.

Lokasinya berada tepat di jalan utama dari Bandara menuju Jogja tidak jauh dari beberapa tempat wisata. Patung dari tokoh pahlawan Nasional ini juga menjadi salah satu ikon dari Kulon Progo yang banyak dikenal orang.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

Curug atau air terjun Sidoharjo ini termasuk salah satu yang tertinggi di Jogja. Tingginya mencapai 75 meter dengan tebing batu serta berbagai macam tanaman yang tumbuh di sekitarnya.

Pemandangan yang menakjubkan serta aliran air yang jernih mampu menyegarkan badan dan pikiran Anda. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berpetualang dan lebih dekat dengan alam.

Gunung Ijo

Gunung Ijo

Tidak kalah dengan Gunung Prau, Gunung Ijo juga memiliki keindahan panorama yang menawan. Tingginya pun hanya 675 mdpl sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk sampai puncak.

Di puncaknya sendiri Anda bisa menikmati pemandangan indah sunset dan sunrise tanpa ada penghalang. Anda yang ingin mencoba mendaki bisa menjadikan gunung ini sebagai destinasi.

Goa Sriti

Goa Sriti

Satu lagi gua di Kulon Progo yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Goa Sriti. Gua ini menjadi saksi sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro saat perang melawan Belanda.

Selain itu, tempat ini juga jadi destinasi wisata menarik untuk para petualang. Anda bisa menjelajah bagian dalam goa yang khas dengan stalaktit dan stalagmit hingga puas.

Nah, itulah tadi sedikit rekomendasi tempat wisata di Kulon Progo yang wajib Anda kunjungi. Masih banyak destinasi lain yang bahkan masih tersembunyi dan belum banyak orang tahu.

Jadi jangan ragu untuk manfaatkan waktu liburan Anda menjelajah berbagai objek wisata di Jogja bersama Salsa Wisata. Paket gathering, karya wisata, hingga honeymoon bisa Anda pilih sesuai keinginan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)