SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kulon Progo termasuk salah satu kawasan di Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan alam dan destinasi wisatanya. Daerah ini juga menjadi asal dari berbagai macam oleh-oleh khas yang hanya ada di Kulon Progo.

Mulai dari makanan manis hingga minuman segar bisa Anda pilih sesuai selera. Namun diantara sekian banyak pilihan yang ada, rekomendasi 12 oleh-oleh khas Kulon Progo di bawah ini jangan sampai Anda lewatkan:

Daftar Oleh-oleh Khas Kulon Progo yang Terkenal

Bakpia

Bakpia Pathok

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Siapa yang tidak tahu bakpia, jajanan satu ini sudah menjadi buah tangan khas yogyakarta paling hits di kalangan wisatawan. Rasa manis dari isian kacang hijau dan kulit luar yang krispi jadi ciri khas camilan kecil ini.

Bahkan sekarang sudah tersedia banyak sekali variasi rasa mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari rasa cokelat, keju, nanas, hingga durian bisa jadi pilihan Anda selain rasa originalnya.

Harganya juga murah hanya berkisar antara Rp17.000,00 hingga Rp35.000,00 per kotak tergantung isi dan rasanya. Anda bisa mendapatkan bakpia ini di banyak tempat, salah satunya Bandara Internasional Yogyakarta

Biasanya berada dekat dengan pintu keluar atau pintu kedatangan dari luar kota. Anda juga bisa meminta sopir dari rental mobil di Jogja untuk mengantar ke toko bakpia populer lainnya.

Cenil

Cenil khas kulon progo

Jajanan pasar yang juga bisa Anda jadikan oleh-oleh dari Kulon Progo adalah cenil. Makanan ringan satu ini bisa dengan mudah Anda jumpai di setiap pasar tradisional yang ada di Jogja.

Terbuat dari tepung kanji, gula jawa, serta parutan kelapa membuat jajanan ini memiliki rasa manis gurih dengan tekstur kenyal. Cocok sekali menjadi camilan Anda saat bersantai.

Sayangnya cenil atau lopis ini tidak bisa bertahan lama jadi harus langsung Anda habiskan. Namun untuk urusan harga jajanan tradisional ini sangat murah karena hanya Rp5.000,00 per porsi.

Jika tertarik untuk membeli, tidak perlu jauh ke Kulon Progo, datangi saja kawasan Tugu Jogja saat pagi hari. Tepatnya ke lapak Cenil Mbah Satinem, pedagang cenil legendaris Jogja yang sudah terkenal sejak zaman Soeharto hingga di masuk Netflix.

Wingko

Wingko khas kulon progo

Meski lebih terkenal sebagai oleh-oleh khas dari Semarang, wingko juga bisa Anda dapatkan di Kulon Progo. Rasanya pun tidak jauh berbeda, tetap manis legit gurih dengan aroma kelapa bakar yang khas.

Salah satu produsen wingko terkenal di Jogja adalah Wingko Babat Asli Jogja Bu Netty. Alamatnya tersebar di mana-mana, salah satu di kawasan Jl. Tuntungan Blok UH III No.927, Tahunan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Satu kotak wingko ini biasanya hanya berkisar antara Rp18.000,00 hingga Rp25.000,00 saja. Tapi harus Anda ingat jajanan basah ini tidak mampu bertahan lama.

Wingko babat hanya bisa bertahan di ruang terbuka selama 3 sampai 7 hari. Jadi usahakan untuk langsung Anda habiskan pada rentang waktu tersebut setelah mendapatkan wingko fresh dari produsennya.

Geblek

Geblek

Camilan unik seperti geblek juga wajib masuk daftar pilihan oleh-oleh Anda. Dari bentuknya, geblek ini sangat mirip dengan cireng, salah satu makanan khas Bandung yang terkenal.

Padahal, geblek sangat berbeda terutama dari teksturnya yang krispi di luar dan kenyal di dalam. Pilihan rasanya juga tidak sebanyak cireng, hanya asin gurih namun tetap mantap.

Panganan ini paling cocok Anda nikmati selagi masih panas bersama cocolan sambal kacang atau sambal kecap. Jadi lebih baik membeli kemasan siap goreng daripada membeli yang sudah matang.

Selain itu, kemasan setengah matang ini lebih tahan lama daripada yang siap makan. Harganya juga tidak terlalu mahal hanya sekitar Rp15.000,00 per kemasan dengan isi yang cukup banyak.

Gula Semut

Gula semut khas kulon progo

Buah tangan unik dari Kulon Progo yang juga wajib Anda bawa pulang adalah gula semut. Gula ini terbuat dari air nira kelapa atau aren persis gula merah namun dengan bentuk halus seperti gula pasir.

Dari tampilannya itulah gula ini mendapat sebutan gula semut atau gula kristal. Gula semut ini juga ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti mencegah kolesterol dan anemia.

Biasanya gula ini juga menjadi bahan isian kue putu lanang, salah satu makanan khas Malang, serta kue manis lainnya. Daya tahannya pun lebih lama dari gula merah biasa, sehingga pas sekali menjadi bawaan Anda.

Untuk harganya sendiri bervariasi tergantung merek dan ukuran kemasan. Biasanya berkisar antara Rp10.000,00 hingga Rp40.000 per kemasan dan bisa Anda dapat di pusat oleh-oleh manapun di Kulon Progo.

Kopi Menoreh

Kopi Menoreh

Selain terkenal dengan keindahannya, kawasan Bukit Menoreh juga menjadi daerah penghasil kopi khas Kulon Progo yang terkenal yakni Kopi Menoreh. Rasa dan aroma kopi ini sangat khas berbeda dari kopi lain.

Terdapat dua jenis kopi yang bisa Anda pilih yakni kopi robusta dan arabika. Masing-masing memiliki ciri khas yang bisa Anda sesuaikan dengan selera menikmati kopi.

Salah satu tempat terbaik mendapatkan kopi ini adalah Warung Kopi Menoreh Pak Rohmat di Madigondo, Samigaluh, Kulon Progo. Di sini selain dapat menikmati seduhan kopi hangat dan gorengan Anda juga bisa membawa pulang kopi kemasannya.

Tersedia beberapa pilihan ukuran mulai dari 100 gram hingga 1 kilogram yang harganya berkisar antara Rp15.000,00 hingga Rp300.000,00. Tempat wisata kuliner malam Jogja terbaru seperti Tumpeng Menoreh juga bisa menjadi lokasi yang asyik menikmati kopi ini.

Tempe Benguk

Tempe Benguk

Kulon Progo juga memiliki tempe khasnya sendiri yakni tempe benguk. Berbeda dari tempe pada umumnya yang menggunakan kacang kedelai, tempe ini menggunakan koro benguk atau kacang babi.

Ukuran kacangnya lebih besar dengan ciri khas rasa yang begitu gurih mirip dengan tempe mlanding, oleh-oleh khas Gunung Kidul yang langka. Warna tempe ini juga lebih gelap dari tempe biasa dan sering menjadi bahan baku pembuatan besengek.

Selain itu tempe benguk bisa bertahan selama 3 hingga 5 hari dalam suhu ruangan jadi cocok menjadi buah tangan. Tempe tradisional ini juga tidak terlalu sulit untuk Anda dapatkan.

Anda bisa membelinya di pasar tradisional sekitar Kulon Progo hanya dengan harga Rp1.000,00 per ikat. Dengan harganya yang murah tersebut, menikmati sepiring tempe benguk goreng tepung tidak akan menguras uang Anda.

Growol

Growol

Salah satu makanan unik dari singkong seperti growol bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk Anda. Olahan singkong ini memiliki rasa dan aroma yang khas karena melewati proses perendaman selama 3 hingga 4 hari.

Sekilas bentuknya mirip dengan puli, makanan tradisional khas Gunung Kidul yang jadi favorit banyak orang. Cara menikmatinya pun sama, growol dan puli paling enak Anda santap bersama tempe.

Selain itu, growol ini punya banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan seperti untuk mengatasi diare, maag, hingga diabetes. Karena itulah, meski beraroma unik, growol tetap jadi pilihan banyak orang.

Jika Anda penasaran dengan panganan satu ini bisa beli langsung di sejumlah pasar tradisional terdekat. Harganya juga sangat murah hanya sekitar Rp30.000,00 hingga Rp50.000,00 untuk ukuran besar dan potongan utuhnya.

Cetot

Cetot

Cenil atau cetot termasuk pilihan oleh-oleh dari singkong yang bisa Anda bawa pulang saat berada di Kulon Progo. Namun berbeda dengan cenil yang berbentuk bulat, cetot lebih spesifik berbentuk lonjong.

Warnanya pun tetap ngejreng seperti pelangi lengkap dengan parutan kelapa, namun ada juga yang polos layaknya singkong biasa. Rasanya sendiri gurih manis legit dengan tekstur kenyal dan pasti buat ketagihan.

Cetot ini sendiri bisa Anda temukan di sejumlah tempat wisata hits Kulon Progo yang selalu ramai saat liburan. Untuk harganya juga tidak mahal hanya Rp5.000,00 per porsi, sayangnya cetot tidak bertahan terlalu lama.

Peyek Undur Undur

Peyek Undur Undur

Camilan seperti peyek undur undur juga bisa menjadi alternatif barang bawaan dari Kulon Progo. Bukan undur undur darat melainkan undur undur laut atau yutuk yang rasanya mirip udang.

Peyek ketam pasir ini punya rasa yang gurih asin dan terasa kriuk saat dimakan. Cangkangnya pun tetap enak meski dimasak bersama tepung peyek jadi cocok menjadi lauk saat bersantap nasi.

Camilan ini bisa dengan mudah Anda temukan di daerah pesisir Kulon Progo seperti di Pantai Glagah. Satu bungkus peyek ini biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp25.000,00 untuk yang berukuran besar.

Enting Enting Jahe

Enting Enting Jahe

Oleh oleh viral Kulon Progo yang juga bisa jadi pilihan adalah enting enting jahe. Kemasan serta rasa yang unik menjadi alasan jajanan tradisional ini begitu disukai orang.

Rasanya pedas manis kombinasi sempurna antara enting enting yang manis dan jahe yang hangat. Bungkus jajanan ini pun terlihat menarik karena terbuat dari keranjang bambu.

Anda bisa meminta sopir rental hiace Jogja murah yang Anda gunakan untuk mengantar ke pusat oleh-oleh terdekat yang menjual panganan ini. Cukup siapkan budget sekitar Rp15.000,00 Anda sudah bisa dapatkan kemasan ukuran 150 gram.

Teh Sangrai

Teh Sangrai

Mengunjungi kawasan kebun teh Nglinggo Kulon Progo wajib sekali membeli teh sangrai produksi lokalnya. Daun teh segar yang menjadi bahan utamanya membuat rasa teh ini begitu istimewa.

Teh kering ini juga memiliki aroma yang lebih kuat karena telah melewati proses sangrai. Sehingga rasa dan aroma tehnya membuat siapapun yang mencoba jatuh cinta.

Selain di Nglinggo, Anda juga bisa mendapatkan teh sangrai ini di pusat oleh-oleh yang ada di sekitarnya. Satu bungkusnya biasa dibanderol dengan harga Rp20.000,00 saja.

Pilihan oleh-oleh di atas, baru sebagian kecil dari semua souvenir dan buah tangan yang bisa Anda bawa pulang dari Kulon Progo. Jika Anda masih belum menemukan yang pas dan cocok manfaatkan saja layanan dari biro perjalanan.

Melalui layanan seperti paket liburan murah ke Jogja, rental mobil plus sopir, atau sewa motornya, Anda bisa menjelajah lebih banyak tempat dan hal menarik selama liburan. Dengan begitu perjalanan wisata yang Anda inginkan bisa berjalan sesuai ekspektasi,

Jadi tidak perlu ragu lagi, segera pilih layanan yang Anda inginkan dan dapatkan liburan yang selalu Anda impikan. Selamat liburan bersama Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Jogja, Kuliner



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)