SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Mungkin Anda sangat asing dengan objek wisata alam Gunung Pegat. Namanya memang kurang populer, akan tetapi pesona alamnya sangat mengagumkan. Ada beragam spot foto menarik dan unik  juga di gunung ini.

Yang tak kalah menarik adalah keberadaan cerita mitos dan juga misteri yang masih beredar hingga saat ini. Mitos ini justru kini menjadi daya tarik yang menarik wisatawan untuk datang ke tempat wisata di Solo ini.

Sekilas Tentang Wisata Gunung Pegat

Gunung Pegat adalah sebuah gunung berukuran kecil di Sukoharjo. Jika dilihat dari ukuran, sebenarnya gundukan tanah yang disebut gunung oleh warga setempat ini lebih tepat disebut bukit.

Tingginya hanya 200 mdpl dan memiliki lanskap layaknya bukit. Meski demikian, gunung ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Apalagi ketika sunrise dan sunset, keindahannya bisa Anda saksikan dengan jelas dari puncak gunung ini.

Masih seputar keindahan dari puncak, Anda dapat melihat panorama Gunung Lawu jauh lebih jelas dari puncak gunung ini.

Sebagai pelengkap, wisata alam ini memiliki fasilitas-fasilitas pendukung seperti kolam renang, wahana mandi bola untuk anak-anak, dan pasar rakyat.

Anda pun bisa mendirikan tenda di area camping apabila Anda berminat untuk menikmati malam di kawasan gunung ini.

Daya Tarik Wisata Gunung Pegat

Wisata Gunung Pegat

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Gunung ini menyimpan beberapa daya tarik yang patut Anda ketahui. Daftar daya tariknya antara lain:

Pemandangan dari Puncak Gunung

Salah satu daya tarik yang dihadirkan oleh wisata alam gunung ini adalah pemandangan alamnya yang begitu indah. Anda bisa menyaksikan sunrise terindah di tanah Sukoharjo di sini.

Untuk menyaksikan momen sunrise secara lengkap, Anda harus sudah tiba di puncak pada pukul 05.00 WIB.

Namun jika ingin lebih santai, Anda boleh mendirikan tenda di sekitar puncak dan berkemah semalaman demi sunrise yang paling Anda tunggu di keesokan harinya.

Saat cuaca sedang cerah, Anda tak hanya dapat melihat Lawu saja, melainkan juga bukit-bukit yang ada di sekitar Lawu.

Menuju puncak gunung ini akan semakin mudah dengan kendaraan. Inilah keunikan gunung ini di mana Anda bisa menggunakan kendaraan untuk bisa sampai di puncaknya.

Sedang umumnya puncak gunung-gunung lain hanya bisa dicapai dengan jalan kaki. Misalnya di Gunung Panderman yang dari segi ukuran tak begitu jauh dari gunung ini.

Spot Foto

Area lainnya selain puncak yang tak kalah ramai oleh wisatawan adalah hamparan sawah yang menghijau dan terkadang menguning. Area persawahan ini semakin memikat ketika terterpa sinar matahari pagi yang baru terbit.

Di ujung-ujung daun padi terlihat masih ada embun segar yang siap menetes membasahi area di bawahnya. Samar-samar sinar matahari pagi ini menimbulkan efek visual warna kuning keemasan pada daun-daun padi ini.

Wahana-wahana yang hadir di sini juga bisa menjadi spot selfie yang Instagramable. Misal spot foto bangku berlatar belakang frame berbentuk hati.

Terdapat spot foto unik berupa replika rumah mini, kapal, balon terbang, dan juga sayap yang sedang mengepak.

Spot selfie paling menarik adalah sebuah tiang bendera lengkap dengan bendera Merah Putih yang tengah berkibar. Sebagai pemanis, anak tangga yang menuju tiang bendera ini dicat warna pelangi.

Camping dan Berenang

Mendaki gunung tak akan lengkap rasanya jika tidak disertai camping. Ada spot camping terbaik di sini, yaitu puncak.

Kerennya lagi, camping di sini gratis. Akan berbeda kondisinya jika Anda tak membawa tenda dan butuh menyewa tenda dan perlengkapan camping lainnya. Anda perlu keluarkan biaya tambahan untuk menyewa tenda.

Jangan lupa untuk menjajal dinginnya air pada Kolam Ketjeh. Kolam ini sebenarnya adalah kolam khusus untuk anak. Akan tetapi, jika Anda ingin mencobanya, boleh-boleh saja.

Di dekat Kolam Ketjeh ini juga terdapat wahana-wahana permainan anak seperti kolam mandi bola, trampolin, mini coaster, komedi putar, dll.

Mitos yang Menarik

Wisata gunung ini identik dengan mitos putus cinta. Kabarnya, gunung ini sering menjadi saksi putusnya jalinan cinta sepasang kekasih.

Dan kejadian ini tidak hanya terjadi satu atau dua kali saja, melainkan banyak. Dari sinilah mitos putus cinta ini bermula seperti halnya Gunung Pegat yang jadi salah satu tempat wisata Wonogiri terkenal.

Pasar Rakyat

Bagi yang suka dengan jajanan pasar atau rindu dengan jajan tradisional, ada event Pasar Rakyat yang rutin diadakan di sekitar gunung ini.

Harga jajan yang dijual di sini sangat murah, jadi Anda bisa memborongnya dan membawa pulang jajan ini sebagai oleh-oleh.

Fasilitas di Kawasan Wisata Gunung Pegat

gunung pegat sukoharjo

Kurang populer bukan menjadi halangan yang berarti bagi pihak pengelola untuk terus menambah dan melengkapi fasilitas di tempat wisata ini.

Salah satu fasilitas yang tersedia untuk para pengunjung adalah toilet umum dan kamar mandi. Fasilitas ini juga bisa berfungsi ganda, yaitu sebagai kamar ganti dan kamar bilas untuk wisatawan yang habis berenang.

Tempat parkir di sini juga luas. Motor dan mobil bisa parkir di area ini dengan leluasa. Area parkir ini terbagi menjadi 2, yaitu area untuk sepeda motor dan area untuk mobil.

Soal keamanan, tak perlu khawatir. Area parkir ini mendapat pengawasan dari warga yang bertugas menjaga area ini.

Kemudian ada area khusus untuk warung makan atau foodcourt yang menjual berbagai kuliner, termasuk makanan khas Solo yang terkenal.

Wisatawan yang ingin sholat, ada sebuah mushola sederhana namun bersih dan nyaman untuk beribadah. Di sebelah mushola terdapat area khusus untuk mengambil air wudhu.

Tak sekedar memiliki pusat wisata kuliner Solo terbaik, wisata gunung ini semakin lengkap dengan fasilitas pendukung wisata outdoor.

Ada pusat sewa tenda yang bisa menjadi solusi bagi wisatawan yang ingin camping tapi tidak memiliki tenda dan perlengkapan lainnya. Sedangkan untuk camping ground, ada beberapa pilihan lokasi. Namun lokasi yang menjadi favorit adalah area puncak.

Fasilitas spot foto juga semakin melengkapi daftar fasilitas yang ada di sini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daftar spot foto di tempat wisata ini cukup panjang dan semua spot foto ini adalah spot foto kreatif.

Ada juga fasilitas gazebo yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat atau sekedar santai dengan orang-orang tersayang. Gazebo juga menjadi tempat yang pas untuk menikmati oleh-oleh yang baru saja Anda beli dari toko oleh-oleh terdekat.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Pegat

Anda yang sedang berhemat tapi ingin tetap liburan, Anda telah memilih destinasi wisata yang tepat. Harga tiket masuk yang berlaku di tempat wisata ini sangat terjangkau.

Selain biaya untuk membeli tiket masuk, ada biaya-biaya lainnya yang sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu. Untuk mengetahui nominal biaya di atas, simak informasi pada tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp1.000,00
Parkir Kendaraan Rp2.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

Rute Menuju Lokasi Wisata Gunung Pegat

Lokasi Gunung Pegat

Gunung seukuran bukit ini terletak di Dusun Klile, Desa Karangasem. Desa ini merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jateng.

Jika dari Kota Sukoharjo, jarak tempuh dari kota ini ke lokasi gunung ini tak begitu jauh. Kurang lebih 13.5 KM. Pilih rute arah Selatan melalui Jalan utama menuju ke Kota Wonogiri.

Beda lagi jika Anda berangkat dari Wonogiri. Gunakan jalur Wonogiri-Klaten untuk menuju ke lokasi wisata gunung ini. Bank BRI cabang Tiyaran biasanya menjadi patokan. Dari BRI ini, lalu di belokan kedua, silahkan belok kanan.

Kurang lebih 1.2 KM ke depan terdapat belokan, silahkan Anda belok kiri. Akan ada papan petunjuk jalan yang akan menuntun Anda.

Tidak ada pilihan lain untuk bisa sampai di tempat wisata ini selain menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa. Sebab, lokasi ini masih belum bisa terjangkau oleh transportasi umum.

Oleh karena itu, sewa kendaraan di Salsa Wisata Solo akan menjadi solusi terbaik bagi wisatawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Pilihan kendaraan yang Salsa Wisata sewakan sangat lengkap dan bisa untuk berbagai jenis acara.

Misal untuk trip luar kota dengan jarak dekat seperti ini akan sangat cocok apabila Anda memilih paket sewa Hiace Premio di Solo murah seperti yang ditawarkan oleh Salsa Wisata.

Jam Operasional Gunung Pegat

Wisata gunung ini menerima kunjungan wisata selama 24 jam. Akan tetapi terkadang wisata alam ini tutup sewaktu-waktu tergantung pada  penjaga area parkir yang bernama Pak Sri Yono.

Beliau yang sehari-hari menjaga area parkir. Saat beliau ada keperluan, pintu gerbang utama akan beliau tutup sehingga wisatawan tidak dapat memasuki area dalam tempat wisata ini.

Demikian info singkat tentang wisata alam Gunung Pegat. Jangan lupa untuk menggunakan jasa travel organizer seperti kami yang akan siap mengakomodasi segala kebutuhan liburan Anda melalui paket tour Solo 1 hari.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Solo

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)