Di Kota Jambi terdapat sebuah jembatan pedestrian cantik yang diberi nama Gentala Arasy. Jembatan ini membentang di atas aliran Sungai Batanghari yang hubungkan Kota Jambi dan Jambi Seberang

Desain dari jembatan ini sangat estetik dan bahkan unik karena melengkung serupa dengan huruf S. Jembatan ini pun tampil lebih indah lagi pada malam hari lantaran ada ornamen lampu warna-warni yang menghiasi sepanjang bodi jembatan.

Sekilas Tentang Gentala Arasy

Jembatan Gentala Arasy malam hari

Jembatan Gentala Arasy Kota Jambi adalah fasilitas jembatan pedestrian pertama di Jambi dan di Indonesia. Sesuai dengan fungsinya, jembatan ini khusus untuk para pejalan kaki yang hendak menyeberang sungai via darat.

Panjang jembatan Gentala Arasy Jambi ini 503 meter dan lebarnya 4.5 meter. Uniknya, jembatan ini memang sengaja dibentuk melengkung agar aerodinamis. Di sepanjang jembatan, terpasang pagar pengaman yang sangat kokoh.

Selain itu, pencahayaan dengan warna estetik juga terlihat tersemat di bodi jembatan. Saat petang, lighting ini menyala secara otomatis dan membuat jembatan terlihat anggun dan hangat.

Jika dilihat dari kejauhan, jembatan ini sangat indah. Tidak heran bila spot ini langsung viral dan menjadi tempat wisata Kota Jambi terbaru yang hits dalam waktu singkat.

Lokasi Jembatan Gentala Arasy

Lokasi Jembatan Gentala Arasy terletak di antara pusat Kota Jambi dan Jambi Seberang. Tepatnya di Daerah Kasang, Jambi Timur, Jambi.

Dari Pasar Besar, lalu ke Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Gatot Subroto. Kemudian lanjut ke Jalan Raden Pamuk. Lalu menuju Jalan Raden Fatah dan Jalan KH. A. Majid.

Wisatawan luar daerah mungkin tidak familiar dengan rute ini. Jadi, memang sebaiknya sering akses Google Maps selama perjalanan. 

Lebih praktis gunakan jasa sewa mobil di Salsa Wisata. Akan ada driver yang siap antar. Salsa Wisata hadir dengan banyak pilihan paket sewa mobil untuk wisata seperti rental mobil Hiace Batam.

Jam Buka Jembatan Gentala Arasy

Ya benar, jembatan ini adalah sebuah fasilitas umum yang mana siapa saja boleh memanfaatkannya secara gratis.

Namun, ada batasan jam operasional khusus untuk fasilitas umum yang satu ini. Berikut keterangannya:

Jadwal Operasional Jam Operasional
Senin-Sabtu 07.00-00.00 WIB
Minggu 24 Jam

Harga Tiket Masuk Jembatan Gentala Arasy

Tidak ada biaya tiket masuk untuk memasuki area jembatan ini. Benar-benar gratis kecuali Anda memasuki spot wisata lain. Misal, museum terdekat.

Jika Anda ingin menyeberang menuju Jambi Seberang, akan ada biaya tambahan. Tabel di bawah ini berisi rincian biayanya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Jembatan Gratis
Tiket Masuk Museum – Anak Rp2.000,00 per orang
Tiket Masuk Museum – Dewasa Rp3.000,00 per orang
Tiket Masuk Museum – Turis Mancanegara Rp5.000,00 per orang
Sewa Perahu Rp2.000,00 sampai Rp5.000,00 per orang

Daya Tarik Jembatan Gentala Arasy

Jembatan ini menjadi destinasi wisata baru dengan segudang daya tarik. Kurang lebih mirip dengan Jembatan Suramadu yang juga masuk dalam jajaran tempat wisata Jawa Timur yang bagus dan populer. 

Apa saja daya tariknya? Di bawah ini adalah ulasan lengkapnya:

Sungai Batanghari

Siapa yang tidak mengenal Sungai Batanghari? Sungai terbesar di Jambi ini menjadi ikon Kota Jambi yang menjadi pemisah beberapa wilayah.

Dari atas jembatan ini, pengunjung bisa melihat lalu-lalang perahu yang menyeberangi sungai. Ada juga banyak aktivitas lain seperti susur sungai yang bisa pengunjung saksikan dari atas jembatan.

Bergeser sedikit ke tepian sungai, terlihat kumpulan warung yang menandakan bahwa titik tersebut adalah area wisata kuliner Jambi malam yang terdekat.

Menara Jam 80 Meter

Menara jam 80 meter terletak di Kelurahan Arab Melayu di Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi. Bangunan menara ini dapat Anda lihat jelas dari jembatan. Letaknya di ujung jembatan.

Desain bangunannya cukup tinggi dengan arsitektur gaya islam yang sangat kental. Pengunjung bisa melihat menara dari kejauhan. Terlihat ada beberapa tiang yang mengelilingi menara dengan ornamen berwarna hijau, putih, dan kuning.

Museum Islam di Jambi

Museum ini adalah museum islam yang memamerkan aneka koleksi benda seputar perkembangan islam di Jambi. 

Koleksi-koleksi ini berupa naskah, foto ulama, karya seni dan budaya Islam. Anda bisa jadikannya sebagai destinasi wisata sejarah yang sangat edukatif bagi diri Anda sendiri.

Jembatan Bentuk S

Daya tarik berikutnya adalah bentuk jembatan yang serupa dengan huruf S. Bentuk huruf S ini dapat Anda lihat dengan jelas dari atas. 

Jika Anda melihatnya dari samping, akan tampak bentuk jembatan yang meliuk-liuk. 

Spot Berolahraga

Fungsi jembatan ini adalah sebagai sarana khusus untuk pejalan kaki. Tidak ada kendaraan bermesin yang melaluinya. 

Jembatan ini pun sangat nyaman dan juga ‘ramah’ untuk pejalan kaki. Bahkan saat libur akhir pekan, banyak pengunjung yang memanfaatkan jalur pedestrian ini sebagai jogging track.

Sebagian pengunjung lainnya juga ada yang memilih untuk jalan kaki biasa sembari berbincang dengan kawan atau keluarga. 

Usai lelah bergerak, Anda bisa keluarkan makanan ringan yang Anda beli dari toko oleh-oleh khas Jambi lalu menyantapnya.

Night View pada Jembatan

Ini menjadi daya tarik yang paling utama, yakni view jembatan pada malam hari. Banyak orang yang menantikannya.

Pasalnya, pemandangannya sangat cantik berkat lampu-lampu hiasnya. Jembatan menjadi lebih berwarna dengan lampu-lampu ini.

Wisata Malam

Anda bingung ingin jalan-jalan ke mana pada malam hari? Tak perlu bingung lagi; datang saja ke area sekitar jembatan ini.

Wisata malam di area sekitar jembatan ini jauh lebih nikmat dengan makanan khas yang tahan lama dan kopi yang menemani. 

Spot Foto

Tak dapat dipungkiri lagi area jembatan ini menyajikan spot foto yang sangat banyak untuk pengunjung. 

Mulai dari spot foto di area pedestrian jembatan, menara jam 80 meter, museum, dan masih banyak lagi.

Spot foto alamnya juga tak kalah menarik. mbagian yang menampilkan keindahan Sungai Batanghari dari ketinggian. 

Fasilitas di Jembatan Gentala Arasy

lokasi Jembatan Gentala Arasy Jambi

Sejumlah fasilitas tersedia dengan cukup baik di spot wisata yang lagi hits ini. Fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

  • teras food court
  • area parkir kendaraan
  • toilet umum

Itulah info singkat dan padat mengenai situs wisata yang sedang viral dan kekinian di Kota Jambi. Untuk Anda yang berminat ke sini, wajib siapkan semua keperluan liburan Anda.

Terlebih untuk Anda yang berasal dari luar Jambi. Tentu harus memikirkan fasilitas penginapan dan transportasi dari sekarang. 

Lain lagi jika Anda manfaatkan paket tour dari Salsa Wisata. Team Salsa Wisata yang akan siapkan transportasi dan penginapan untuk Anda.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)