earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Wisata Yogyakarta, lebih tepatnya wisata Kulonprogo, kaya akan wisata alam yang sangat memukau. Satu tempat wisata alam yang berhasil memikat hati publik adalah Kalibiru.

Tempat wisata yang dikelola oleh paguyuban masyarakat dan pemerintah setempat ini kini menjadi destinasi liburan hits dan terkenal di Jogja.

Wisatawan dari berbagai kalangan kerap berbondong-bondong ke tempat wisata ini untuk menikmati pemandangan alamnya. Khususnya panorama tempat wisata terdekat, yaitu Waduk Sermo, dari atas ketinggian.

Sekilas Tentang Wisata Kalibiru

Kalibiru adalah sebuah referensi destinasi wisata alam yang terletak di wilayah perbukitan di Kabupaten Kulon Progo. Dahulu tempat ini adalah kawasan hutan subur milik negara.

Sayangnya sempat terjadi pembalakan liar dan berakibat terjadi kerusakan di sana-sini. Melihat banyaknya kerusakan di banyak titik, pemerintah setempat lalu turun tangan untuk meremajakannya.

Pasca peremajaan, kawasan hutan ini kini ‘pulih’ kembali dan telah bertransformasi menjadi sebuah objek wisata alam yang sangat atraktif.

Terletak di ketinggian 450 mdpl, wisata alam ini berhawa sejuk dan dingin. Nuansa tenang yang dihadirkan di sini mampu merefresh kembali pikiran yang sedang penat akibat rutinitas.

Keindahan panorama alamnya juga mudah membuat wisatawan yang datang berdecak kagum. Bagaimana tidak, di sekitar mereka tumbuh ratusan pohon cemara, kayu putih, dan jati yang berkontribusi menjadikan tempat ini terasa sejuk.

Jauh di bawah sebelum naik ke bukit utama, terdapat rumah-rumah warga yang berarsitektur Jawa kuno sehingga sangat menarik secara visual. Sebagian besar rumah ini berfungsi sebagai kantor dan juga tempat penjualan tiket masuk.

Anda yang belum pernah mengunjungi tempat ini pasti ingin tahu ada daya tarik apa saja yang disajikan objek wisata Jogja satu ini. Kami bagikan ulasan singkatnya.

Daya Tarik Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru Kulon Progo

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Faktanya, tempat wisata di Yogyakarta murah ini menawarkan banyak daya tarik, mulai dari view alam hingga spot foto Instagenic.

Eksotisme Waduk Sermo

Awal tiba di lokasi wisata ini, Anda akan disambut dengan jalur trekking yang nantinya mengantarkan Anda ke spot wisata utama. Jalur trekking ini ada yang berupa anak tangga dan jalan setapak yang terus menanjak.

Di beberapa titik di jalur trekking nantinya Anda akan menjumpai banyak fasilitas seperti mushola, warung makan, penjaja makanan, dan tentunya spot wisata seperti spot-spot foto.

Spot-spot foto di sini didominasi oleh bangunan menara pandang. Dengan kata lain, menara pandang ini memiliki fungsi double.

Fungsi pertama, yaitu sebagai sarana untuk menyaksikan keindahan Waduk Sermo dan perbukitan sekitarnya. Sedang fungsi yang kedua adalah sebagai spot foto.

Di menara pandang ini, Anda dapat memandangi keseluruhan area perbukitan yang berselimutkan hijaunya pepohonan.

Menara pandang ini berupa sebuah pohon pinus yang telah dilengkapi dengan papan kayu, tangga gantung, dan sebuah tali pengaman.

Ada banyak menara pandang di sini dengan bentuk dan daya tarik yang berbeda-beda. Tarif untuk masing-masing menara pandang juga variatif. Tarif ini sudah termasuk biaya fotografi yang selalu stand by di tiap lokasi menara.

Kemolekan Pegunungan Menoreh

Masih di lokasi yang sama, yaitu menara pandang, Anda akan takjub dengan pemandangan Pegunungan Menoreh yang terlihat kecil, hijau, dan memanjang di kejauhan.

Di kawasan pegunungan yang membatasi Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Magelang ini juga terkenal dengan objek-objek wisata alamnya.

Selain itu, ada juga satu cafe kekinian yang menyuguhkan pesona yang sama. Mungkin Anda pernah mendengarnya? Namanya adalah Cafe Tumpang Menoreh Jogja.

Tes Adrenalin dengan Flying Fox dan High Rope

Mungkin Anda adalah tipe wisatawan yang bosan dengan atraksi wisata yang begitu-begitu saja dan dirasa kurang menantang? Jikalau begitu, cobalah dua wahana ini: flying fox dan high rope.

Lokasinya yang berada di area bukit membuat wahana permainan outdoor ini terasa sangat menantang dan menguji nyali. Dengan high rope, Anda harus menyeberangi jembatan yang terbuat dari tali tambang yang kuat.

Di bagian tengah lintasan terpasang kayu-kayu berdiameter kecil sebagai pijakan. Di bagian atas jembatan terdapat seutas tali yang terpasang terpisah. Tali ini nantinya berfungsi sebagai pegangan selama Anda melewati jembatan.

Memang terlihat mudah, akan tetapi akan terasa sulit untuk melakukannya. Apalagi saat jembatan mulai bergoyang ketika baru ditapaki.

Jika Anda merasa sulit untuk menjajal wahana high rope, cobalah wahana flying fox yang sama-sama ekstrem tapi mudah.

Anda hanya perlu diam saja tapi tubuh Anda akan langsung meluncur cepat dari atas ketinggian. Pastikan jantung Anda aman ya.

Fasilitas di Kawasan Wisata Kalibiru

Kalibiru Jogja

Wisata alam yang sudah lama viral ini termasuk objek wisata yang berfasilitas lengkap. Semua fasilitas di sini sangat memadai dan terawat sehingga akan membuat para pengunjung semakin terasa nyaman.

Misalnya saja fasilitas warung makan yang pilihannya banyak dan tersebar di banyak lokasi.

Menu-menu yang dijual juga sangat beragam. Sebagai contoh menu-menu sederhana ala sajian rumahan dan ada juga sajian makanan khas Jogja viral. Contohnya saja Mangut Lele, Soto Bathok, Gudeg Mercon, dll.

Semua fasilitas toilet di sini juga terpantau bersih sehingga pengunjung yang menggunakan toilet juga akan nyaman.

Area parkirnya sangat luas dan dapat mengakomodir puluhan kendaraan, baik kendaraan sewa maupun kendaraan pribadi. Fasilitas ini umumnya akan terisi penuh oleh kendaraan saat musim liburan atau libur akhir pekan.

Hal ini dikarenakan wisatawan yang datang meningkat tajam. Mereka biasanya datang secara rombongan dengan menggunakan kendaraan sewa yang mereka sewa dari penyedia paket sewa Elf Long Jogja 24 jam.

Selain sejumlah fasilitas di atas, ada juga fasilitas mushola sederhana yang juga memiliki tempat khusus untuk wudhu. Fasilitas berikutnya adalah homestay atau penginapan sederhana tapi nyaman untuk wisatawan yang ingin menginap.

Khusus untuk fasilitas homestay, lokasinya ada di tengah perkampungan sehingga wisatawan dapat merasakan vibe kehidupan di pedesaan.

Pilihan tempat menginap lainnya yaitu cottage dengan tarif yang lebih mahal tentunya. Tersedia juga sebuah fasilitas pendopo yang luas untuk berbagai kegiatan.

Di sekitar area penginapan ini ada banyak penjual makanan dan minuman yang diprakarsai oleh warga setempat. Anda bisa menjadikan sentra jajanan ini sebagai pusat wisata kuliner Yogyakarta terdekat.

Harga Tiket Masuk Kalibiru

Tak usah membayar mahal untuk melihat Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh dari atas bukit. Anda juga tak perlu mengeluarkan budget hingga ratusan ribu untuk menjajal flying fox dan high rope di sini.

Apalagi untuk sekedar foto di menara-menara pandang; hanya butuh biaya kurang dari Rp50.000,00 untuk mendapatkan koleksi foto baru yang Instagramable.

Yang sedikit mahal adalah biaya menginap di cottage karena di dalamnya telah tersedia fasilitas lengkap. Salah satu fasilitasnya adalah sentra oleh-oleh khas Jogja Baju Dagadu, Bakpia Pathok, dll. Berikut kami bagikan info HTM terbaru dan juga biaya-biaya lainnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00
Parkir Kendaraan Rp2.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

Penginapan

Akomodasi Tarif
Cottage Mulai dari Rp120.000,00
Homestay Mulai dari Rp120.000,00 per 10 orang

Spot Foto dan Wahana

Kategori Tarif
Menara Pandang Rp10.000,00
Flying Fox Rp10.000,00 (Dewasa)

Rp5.000,00 (Anak-anak)

Foto Rp10.000,00 – Rp35.000,00

Lokasi dan Rute Menuju Kalibiru

Lokasi Kalibiru

Alamat lengkap objek wisata alam ini ada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo.

Rute untuk menuju ke lokasi wisata ini cukup mudah. Apabila berangkat dari Kota Jogja, silahkan menuju ke arah Barat, tepatnya ke arah Wates. Setelah itu, arahkan mobil Anda ke Waduk Sermo lalu ke lokasi ini. Ada banyak papan petunjuk di jalan yang bisa Anda ikuti untuk dapat sampai di lokasi tujuan.

Jarak yang harus Anda tempuh cukup jauh, yaitu hingga 39 KM. Waktu tempuhnya juga lumayan lama, yaitu sekitar 1.5 jam. Untuk perjalanan yang lebih nyaman, memang ada baiknya Anda memanfaatkan layanan paket tour ke Jogja hemat dari kami, Salsa Wisata.

Dengan join menjadi klien kami, selain ke tempat wisata alam ini,  Anda juga akan kami ajak untuk menjelajahi beberapa tempat wisata hits Jogja lainnya.

Jam Operasional Kalibiru

Anda bebas menentukan hari kunjungan ke tempat ini karena objek wisata alam ini buka setiap hari dan hari libur nasional. Jam operasionalnya dari pagi hingga sore hari, tepatnya dari jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB.

Demikian review singkat mengenai wisata Kalibiru di Kulon Progo. Semoga review ini bermanfaat terutama bagi Anda yang dalam waktu dekat ingin merencanakan liburan di alam bebas yang sejuk dan hijau.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)