SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Wisata Mangrove Gunung Anyar di Surabaya bisa menjadi alternatif liburan yang asik untuk akhir pekan ini. Kawasan hutan mangrove yang dapat diakses gratis ini memiliki konsep ekowisata.

Selama walking tour di sini, pengunjung dapat menikmati view pohon-pohon bakau dengan daun-daunnya yang rimbun. Bahkan di beberapa lokasi, pengunjung juga akan mendapati adanya spot-spot foto kekinian.

Sekilas Tentang Mangrove Gunung Anyar

Tempat wisata Surabaya ini merupakan bagian dari kawasan Kebun Raya Mangrove di Kota Surabaya. Mulanya, tempat ini menjadi bagian dari kawasan penataan hutan mangrove untuk mencegah bencana yang mungkin terjadi.

Kebun Raya Mangrove dengan luas 24 Ha ini terbagi menjadi 4 area, yaitu Keputih, Wonorejo, Gunung Anyar, dan Sukolilo. Sementara untuk saat ini baru dua area yang berhasil diselesaikan, salah satunya tempat ini.

Area wisata Gunung Anyar sendiri terbagi menjadi 2 zona, yaitu zona sungai dan zona wisata. Khusus zona wisata berisi fasilitas-fasilitas yang menunjang  warga atau wisatawan yang berkunjung.

Jogging track, mushola, gazebo, dan beberapa spot cantik untuk berfoto ada di zona 2 ini. Di antara fasilitas yang ada, ada satu fasilitas yang menjadi daya tarik utama. Fasilitas tersebut adalah menara pandang.

Harga Tiket Masuk Mangrove Gunung Anyar

Hutan mangrove dan kompleks Makam Sunan Giri adalah contoh dua tempat wisata gratis di Kota Surabaya. Jadi, pengunjung yang datang tidak akan dipungut biaya.

Namun, bagi pengunjung yang membawa kendaraan, mereka wajib membayar retribusi biaya parkir.

Selain itu, untuk Anda yang ingin menelusuri hutan mangrove dengan perahu, siap-siap merogoh isi dompet untuk membayar biaya sewa perahu.

Info detail seputar biaya parkir dan biaya sewa perahu dapat Anda lihat di tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Parkit Motor Rp5.000,00
Parkit Mobil Rp10.000,00
Sewa Perahu Rp50.000,00

Daya Tarik Mangrove Gunung Anyar

Wisata Mangrove Gunung Anyar

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ada banyak hal menarik yang dapat Anda jumpai di tempat wisata ini. Misalnya saja berlari di jogging track, berfoto di spot foto, memandangi kawasan wisata di puncak menara pandang, bersantai di gazebo, dll.

Jogging

Area jogging track ditempatkan di pintu masuk kawasan wisata hutan mangrove ini. Jogging track ini sendiri semacam jembatan yang terbuat dari bambu petung.

Bambu ini disusun memanjang melewati pohon-pohon bakau. Dengan panjang kurang lebih 20 meter, track ini rasanya cukup mampu membuat orang yang jogging berkeringat.

Berfoto di Spot Foto Kekinian

Foto Mangrove Gunung Anyar

Meski tak banyak, pengunjung dapat menjumpai beberapa spot foto kekinian. Spot-spot foto ini adalah spot foto buatan tangan-tangan kreatif warga setempat.

Sebagian besar spot foto ini terbuat dari serabut semak yang kering yang kemudian dibentuk. Bentuknya bermacam-macam. Ada yang berbentuk love, star, dan lain sebagainya.

Jembatan kayu di kawasan wisata hutan bakau ini juga sering menjadi spot favorit untuk berfoto. Anda dapat berfoto dengan pose berdiri atau duduk santai di tepian jembatan. Terlihat natural sekali pastinya.

Bersantai di Gazebo Mangrove

Santailah sejenak di gazebo yang tersedia di sini. Terdapat 2 unit gazebo yang bebas dipakai oleh pengunjung. Desain arsitektur gazebo ini memang unik. Terutama di bagian atapnya.

Atap gazebo-gazebo ini terbuat dari bambu yang dianyam. Suasana di dalam gazebo begitu sejuk. Apalagi dikelilingi ratusan pohon bakau yang tumbuh subur di sekitar gazebo.

Sembari bersantai, pengunjung pun dapat menikmati bekal atau oleh-oleh khas Surabaya yang telah dibeli di pusat oleh-oleh terdekat.

Menara Pandang

Di sebelah Timur bangunan Gazebo, terdapat sebuah menara pandang dengan tinggi 12 meter.

Memang tak setinggi gardu pandang di Gunung Merapi, tapi di menara pandang ini, pengunjung dapat melihat keseluruhan hutan mangrove ini.

Menara pandang ini mampu menampung maksimal 5 orang. Meski terbuat dari bambu dan besi, menara masih relatif aman untuk menampung 5 orang dengan berat badan ideal.

Naik Perahu untuk Keliling Hutan Mangrove

Pengunjung pun bisa dapat kesempatan untuk menjelajahi area hutan bakau dengan perahu sewaan. Rute yang dilalui mulai dari sungai menuju muara.

Sambil menelusuri area hutan bakau, pengunjung dapat melihat-lihat pohon bakau secara dekat. Keseruan yang sama belum tentu bisa Anda dapatkan di  Telaga Menjer atau danau alami terkenal lainnya.

Fasilitas Mangrove Gunung Anyar

Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Terdapat sejumlah fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung. Salah satunya adalah mushola sederhana lengkap dengan perlengkapan untuk sholat seperti sajadah, mukena, dan sarung.

Area parkir menjadi fasilitas wajib berikutnya. Meski tak seluas area parkir di Kenjeran Park, area parkir di sini cukup untuk menampung motor dan mobil.

Pengunjung akan dibantu oleh seorang juru parkir untuk memarkirkan kendaraan mereka.

Sayangnya, hingga tulisan ini dibuat, belum ada fasilitas warung makan, kantin, atau sejenisnya yang menjual makanan di area wisata hutan bakau ini.

Karena masih tahap pengembangan, mungkin beberapa waktu yang akan datang, akan ada fasilitas pendukung lain, termasuk warung makan.

Kehadiran warung makan di tempat wisata tentu memiliki peran penting. Tak sekedar sebagai pemenuh rasa lapar bagi pengunjung saja, melainkan juga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Misal, dengan menjual makanan khas Surabaya yang sedang hits, akan ada banyak pengunjung yang rela untuk datang ke tempat ini.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Mangrove Gunung Anyar

Lokasi Mangrove Gunung Anyar Surabaya

Kawasan wisata hutan bakau ini terletak di Gunung Anyar Tambak, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Terdapat 2 rute menuju wisata hutan bakau ini, yaitu rute dengan menggunakan kendaraan pribadi dan rute dengan menggunakan kendaraan umum.

Untuk kendaraan pribadi, sebaiknya Anda mulai berkendara dari Tol Waru-Juanda. Kemudian keluar ke Exit Tambak Sumur. Lalu Anda putar balik menuju Jalan Raya Taman Asri.

Lurus saja hingga Anda sampai di Jalan Raya Rungkut dan pada akhirnya di Jalan Wonorejo. Nah, dari Jalan Wonorejo nanti Anda akan menjumpai papan petunjuk menuju ke hutan bakau di Gunung Anyar.

Rute untuk jenis kendaraan umum cukup rumit karena Anda harus berganti-ganti kendaraan untuk dapat sampai di lokasi hutan bakau ini.

Untuk memangkas waktu tempuh perjalanan, alternatif terbaik adalah dengan menyewa kendaraan di Salsa Wisata.

Tersedia banyak pilihan paket sewa kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sewa mobil Alphard Surabaya, misalnya, yang pas untuk 2 atau 3 penumpang.

Jam Operasional Mangrove Gunung Anyar

Wisata hutan bakau ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 17.00 WIB. Jam operasional ini juga berlaku untuk liburan akhir pekan dan liburan nasional.

Kawasan wisata hutan mangrove Gunung Anyar bisa Anda jadikan referensi baru untuk liburan akhir pekan mendatang. Tentu Anda dapat ajak serta orang terkasih untuk menikmati momen liburan bersama di sini.

Agar momen ini lebih maksimal, Salsa Wisata siap menjadi partner Anda. Anda dapat langsung menghubungi contact person kami untuk reservasi paket liburan keluarga ke Surabaya yang Anda inginkan. Happy fun holiday!



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Surabaya



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)