SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Museum menjadi tempat yang sangat penting untuk menyimpan catatan sejarah di setiap daerah. Seperti Museum Perjuangan Rakyat Jambi yang merupakan penyimpanan atau arsip sejarah Daerah Jambi.

Sama halnya dengan Museum Tekstil di Jakarta yang sangat populer, museum kebanggaan warga Jambi ini juga sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan museum ini memiliki keunikan tersendiri.

Museum perjuangan ini menyimpan banyak peninggalan perang pada masa penjajahan Kolonial Belanda yang masih tersimpan dengan baik. Untuk mengetahui lebih dalam tentang sejarah Museum Perjuangan Rakyat Jambi, sebaiknya simak informasi berikut ini.

Sekilas tentang Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Sejarah Museum Perjuangan Rakyat Jambi

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Museum Perjuangan Rakyat Jambi berada di sebelah Selatan Masjid Agung Jambi yang sepopuler Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta.

Museum berdiri atas kinerja dari pemerintah daerah setempat dan Dewan Harian Daerah Angkatan 45.

Area museum ini sendiri terdiri dari tiga lantai, yang mana setiap lantainya memiliki koleksi yang berbeda. Lantai dasar berisi benda-benda peninggalan perang ketika melawan pasukan penjajah Belanda.

Berbeda dengan lantai dasar, lantai dua berisi miniatur perang dan momen kemerdekaan bangsa Indonesia. Sementara lantai tiga berisi koleksi perkembangan Kota Jambi.

Setiap benda yang ada di ruang-ruang pamer ini dilengkapi dengan papan informasi dan deskripsi singkat seputar benda tersebut.

Beragam koleksi ini tentu dapat menambah wawasan para pengunjung museum. Oleh karenanya, museum ini sangat recommended karena dapat memiliki peran ganda, yaitu sebagai tempat wisata Jambi yang edukatif dan rekreatif.

Daya Tarik Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Tiket Masuk Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Setiap destinasi wisata pastinya memiliki daya tarik. Demikian pula dengan museum ini. Kira-kira daya tarik seperti apa yang dapat Anda temui di museum ini?

Ikon Pesawat Amphibi dan Meriam

Sesampainya di lokasi wisata, Anda akan menjumpai miniatur pesawat Amphibi dan meriam yang seakan sedang menyambut kedatangan Anda.

Miniatur tersebut sangat mirip dengan bentuk aslinya namun berbeda pada material dan ukurannya.

Kedua miniatur ini adalah simbol akan kerasnya perjuangan rakyat Jambi ketika itu. Dua miniatur ini juga secara otomatis menjadi spot foto utama sebelum pengunjung memasuki ruang pamer di lantai dasar.

Arsitektur Adat Jambi

Perpaduan antara rumah adat tradisional Jambi dan bangunan modern menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Bentuknya sangat unik dengan desain atap yang khas dan pendopo yang gagah menopang seluruh struktur bangunan museum.

Yang membedakan hanya pada bahan material yang digunakan. Agar mampu menampung kapasitas besar, pihak pengelola menggunakan material bangunan yang lebih kuat seperti beton ketimbang menggunakan kayu.

Barang Koleksi Terlengkap

Mengunjungi museum ini membuat pengunjung tahu akan properti atau benda yang digunakan oleh para pahlawan Jambi.

Properti tersebut tak lain adalah senjata yang usianya telah capai ratusan tahun. Koleksi senjata ini berasal dari periode yang berbeda.

Ada yang berasal dari jaman Kerajaan Jambi, Kesultanan Jambi, Karesidenan Jambi, bahkan era modern sekarang ini. Selain senjata, terdapat pula koleksi miniatur Pesawat Catalina R1-001.

Dan jika dikalkulasi, jumlah total koleksi pada museum ini yaitu ada sekitar 438 buah dengan jenis, bentuk, bahan, dan ukuran yang beragam.

Wisata Edukasi

Dengan adanya barang-barang peninggalan sejarah yang menjadi koleksi museum, secara langsung museum ini telah mengedukasi para pengunjung.

Bisa jadi sebagian informasi yang pengunjung dapatkan adalah informasi baru yang tidak mereka dapatkan di bangku sekolah dan kuliah.

Melihat ini, tentu akan sangat baik sekali jika Anda mengajak si kecil untuk ikut kegiatan museum tour ke museum ini akhir pekan mendatang.

Setelah selesai dengan kegiatan museum tour yang sangat edukatif ini, ajaklah si buah hati untuk jelajah kuliner ke tempat makan yang lagi hits di Jambi favoritnya.

Manjakan dirinya dengan sajian-sajian khas Jambi yang terkenal enak dan lezat.

Fasilitas di Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Fasilitas Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Sama seperti wisata lain, museum di Jambi ini menyediakan fasilitas umum untuk pengunjung nikmati.

Contoh fasilitas umum yang bebas pengunjung gunakan adalah toilet umum. Toilet di museum ini bersih dan berfungsi dengan baik. Pengunjung pun akan nyaman saat menggunakannya.

Di dalam area museum memang tidak ada foodcourt, restoran, kantin, dan semacamnya. Sebab, di area dalam museum memang ada larangan untuk membawa makanan.

Namun jika Anda ingin membeli makanan atau minuman atau ingin mengisi perut Anda yang lapar, tak perlu bingung.

Di dekat museum ada banyak rekomendasi tempat makan yang tawarkan beragam pilihan makanan khas Jambi yang terkenal.

Fasilitas vital lainnya yang bisa Anda jumpai di museum ini adalah tempat parkir kendaraan. Area untuk fasilitas ini cukup luas. Buktinya area ini bisa menampung puluhan sepeda motor dan mobil.

Kursi-kursi juga tersedia di tiap sudut ruangan. Fasilitas kursi ini memang pengelola siapkan untuk pengunjung yang ingin beristirahat di sela-sela kunjungannya.

Fasilitas yang terakhir adalah spot foto dengan background yang berbeda-beda dan estetik.

Harga Tiket Masuk Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Sebagian besar museum yang ada di Indonesia tidak mematok biaya masuk yang tinggi kepada para pengunjungnya. Harga tiket masuk Museum Perjuangan Rakyat Jambi sangat murah.

Kerennya lagi, biaya parkir di tempat wisata edukatif ini gratis untuk semua jenis kendaraan. Tentu saja ini menjadi sebuah kabar gembira, terutama untuk calon pengunjung yang menginginkan wisata hemat.

Info HTM terkini bisa Anda ketahui pada tabel di bawah ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk – Anak Rp1.500,00 per orang
Tiket Masuk – Dewasa Rp2.000,00 per orang
Parkir Motor Gratis
Parkir Mobil Gratis

Jika Anda memiliki rencana untuk membeli oleh-oleh di toko oleh-oleh khas Jambi, bawalah uang lebih karena banyak sekali souvenir dan produk oleh-oleh yang sangat menggiurkan untuk dibeli.

Rute Menuju Lokasi Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Lokasi Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Jarak antara pusat Kota Jambi dan museum ini sangat dekat, hanya terpaut 3 KM saja. Lokasi Museum Perjuangan Rakyat Jambi ini terletak di Jalan Sultan Agung Lap. Banteng No.12, Murni, Kecamatan Telanaipura, Jambi.

Rute perjalanan dimulai dari Kota Jambi menuju ke arah Tenggara, tepatnya ke arah Jalan M.H. Thamrin. Kemudian menuju Jalan Gatot Subroto dengan cara putar balik.

Setelah itu, belok kanan menuju Jalan K.H. Ahmad Dahlan dan belok kiri ke Jalan Sultan Thaha. Kemudian belok kiri dan ikuti petunjuk jalan hingga tiba di lokasi museum.

Percayakan perjalanan liburan Anda pada agen sewa mobil berpengalaman di Jambi, Salsa Wisata. Kini Salsa Wisata hadir dengan tawaran paket rental mobil terdekat, terlengkap, dan bertarif murah.

Jika Anda memerlukan ekstra layanan driver, tim driver kami siap melayani Anda melalui layanan paket sewa mobil non-lepas kunci.

Jam Buka Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Menurut info yang kami dapat dari pihak pengelola museum, jadwal operasional museum ini berbeda sesuai dengan hari yang sudah mereka tentukan.

Senin hingga Rabu, jam buka Museum Perjuangan Rakyat Jambi ini dimulai pada pukul 08.00 – 16.00 WIB. Sedang untuk hari Kamis, jam buka museum ini akan lebih panjang 1 jam, yakni dari jam 08.00 – 17.00 WIB.

Beda hal dengan jam operasional untuk hari Jumat. Jam operasionalnya hanya setengah hari, yaitu dari jam 08.00 – 12.30 WIB. Dan khusus selama libur akhir pekan, jam operasional museum akan dimulai dari 08.00 – 16.30 WIB.

Dengan adanya pembagian jam operasional ini, Anda dapat menentukan rencana kunjungan sendiri sesuai dengan waktu senggang Anda.

Selain akan lebih teratur, dengan memperhatikan jadwal operasional di atas, Anda akan terhindar dari kesalahan waktu kunjungan.

Sama halnya jika Anda menggunakan layanan paket tour keliling Indonesia dari Salsa Wisata. Semua rencana kunjungan ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia akan terjadwal dengan baik.

Begitu juga dengan kebutuhan fasilitas transportasi, makan-minum, dan akomodasi, serta tiket objek wisata; Semua ini akan mendapat penanganan yang maksimal dari tim Salsa Wisata.

Itulah sekilas info wisata, daya tarik, dan koleksi Museum Perjuangan Rakyat Jambi. Anda boleh jadikan info ini sebagai rujukan terupdate sebelum Anda putuskan berangkat liburan ke sana.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)