SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Ingin berwisata religi di kawasan Jakarta? Masjid Agung Sunda Kelapa bisa jadi destinasi. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang sangat bersejarah di Indonesia. Letaknya ada di Menteng, Jakarta Pusat.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah bagi pemeluk agama Islam, tempat ini juga menjadi destinasi bagi wisatawan. Mereka bisa datang ke masjid ini di hari biasa maupun liburan.

Wistawan yang berkunjung bisa menikmati kemegahan masjid baik di dalam maupun di halamannya. Jadi, sangat sayang jika Anda berkunjung ke Jakarta namun tidak menyempatkan diri mampir ke masjid satu ini.

Sekilas Tentang Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa adalah salah satu tempat wisata religi yang berada di Menteng, Jakarta Pusat. Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 9.920 meter persegi dan bisa menampung kurang lebih 4.400 jamaah.

Selain memiliki pesona yang indah, masjid ini juga kental akan sejarah seperti halnya Masjid Istiqlal. Berbicara sejarah, masjid agung ini pertama kali berdiri pada tahun 1960-an atas gagasan Ir. Gustaf Abbas.

Dari gagasan beliau, masjid ini memiliki bentuk unik tanpa kubah, bedug, bintang-bulan, dan berbagai simbol yang biasa terdapat dalam suatu masjid. Uniknya lagi, konstruksi menara yang terdapat di sini menyerupai sebuah perahu.

Sejak awal pembangunan hingga 9 tahun setelahnya, masjid ini masih belum juga selesai. Hingga pada akhirnya, Pemerintah DKI Jakarta yang saat itu di bawah pimpinan Ali Sadikin ikut menyelesaikan pembangunan masjid.

Lalu tepat pada 31 Maret 1970, masjid bersejarah ini akhirnya dapat selesai dan resmi beroperasi. Jika tiba di Masjid Agung Menteng ini, Anda dapat langsung melihat gapura dengan hiasan kaligrafi Arab berwarna emas dan putih.

Jalan menuju ruang utamanya pun unik karena terdiri dari lantai keramik sepanjang 30 meter yang asri. Hal ini karena terdapat jajaran pohon pinus serta tiang lampu yang mengapit setiap sisi jalan tersebut.

Daya Tarik Masjid Agung Sunda Kelapa

Sejarah Masjid Agung Sunda Kelapa

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Wisata Masjid Agung Sunda Kelapa berada di lingkungan elit dekat Taman Suropati. Pada ruangan utamanya, Anda bisa melihat corak seni kaligrafi Arab yang memenuhi seluruh dinding ruangan.

Terdapat pula lafadz Allah dan Muhammad yang terukir indah di bagian atas tempat imam. Jika Anda ingin membaca Al-Qur’an, maka bisa menemukannya di rak-rak yang tertata rapi di sekeliling ruangan utama.

Lantai atas biasanya berfungsi sebagai pusat ibadah dan dakwah. Sedangkan lantai bawah memiliki fungsi sebagai ruang aula, perpustakaan, perkantoran, ruang rapat, peng-Islaman, hingga tempat wudhu.

Arsitektur Anti Mainstream

Masjid rancangan Ir. Gustaf Abbas memang memiliki desain yang tidak biasa dan anti mainstream. Terbukti bahwa masjid ini menganut konsep yang fleksibel tanpa terpaut dengan simbol-simbol masjid pada umumnya.

Terbukti saat memasuki bangunan utama masjid, Anda menemukan sebuah ruangan besar yang semi terbuka. Selain untuk beribadah, pengunjung juga bisa duduk-duduk dan bersantai di ruangan ini.

Pintu dan jendela di masjid ini didesain lebar dan terbuka luas. Hal ini membuat angin mudah masuk sehingga membuat udara menjadi sejuk, sehingga tidak akan kepanasan meski hawa Jakarta terkenal panas.

Anda akan banyak menemukan keramik berwarna coklat di bagian dalam ruangan terutama dinding maupun lantai. Sementara bagian plafon masjid ini berwarna putih dengan hiasan lampu gantung mirip dengan Masjid Ramlie Mustofa.

Pengalaman Ibadah yang Nyaman

Meski berusia di atas 60 tahun, Masjid Agung Sunda Kelapa tetap menjadi tempat ibadah yang sangat nyaman. Hal itu lantaran kebersihan masjid yang selalu dijaga dan berbagai fasilitas yang disediakan.

Bagi Anda yang sudah merasakan nikmatnya beribadah di masjid ini pasti ingin kembali lagi. Pasalnya, sejumlah imam masjid yang memimpin shalat adalah mereka yang memiliki bacaan Al-Qur’an yang merdu.

Tidak heran jika menunaikan shalat di masjid ini terasa begitu nyaman. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pengalaman ibadah yang khusyuk dan tenang di masjid satu ini.

Mengisi Kalbu dengan Siraman Rohani

Masjid ini juga selalu menggelar kajian rutin yang bisa Anda ikuti kapan saja. Ada berbagai macam pembahasan menarik yang biasa Anda dapatkan dalam setiap kesempatan kajian yang berlangsung.

Beberapa contoh kajian di sini antara lain kuliah Subuh, kajian Al-Qur’an, tafsir hadits hingga khutbah Jum’at yang memang rutin terlaksana. Dengan mengikuti kajian ini, selain wawasan agama meningkat, hati pun bisa jadi lebih tenang.

Bagi Anda yang ingin mengikuti kajiannya, bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai jadwal ceramah di masjid ini. Terlebih jika Anda ingin mengikuti kajian tertentu yang sifatnya tidak terlalu rutin.

Memanjakan Perut dengan Wisata Kuliner

Jika Anda sudah melaksanakan ibadah dan puas jalan-jalan di dalam area Masjid Agung Sunda Kelapa, maka sempatkan waktu untuk berwisata kuliner tersebar di jalur sepanjang pedestrian dan halaman dalam masjid

Banyak wisata kuliner Jakarta yang bisa Anda nikmati bersama keluarga di sekitar kawasan masjid ini. Suasana area kuliner di halaman masjid juga terbilang sederhana namun tetap nyaman dan menyenangkan.

Para pedagang berjualan dengan payung warna-warni sebagai peneduh dan dengan beberapa bangku kayu untuk tempat makannya. Anda bisa menikmati sejumlah makanan dan minumannya yang membuat perjalanan Anda terasa sempurna.

Fasilitas di Kawasan Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa Jakarta

Masjid agung di kawasan Menteng ini termasuk tempat ibadah di Jakarta yang punya fasilitas lengkap. Selain fasilitas ibadah seperti, tempat ini memiliki sound system  dan ruang mulitmedia di perpustakaannya.

Tak hanya itu saja, ruang serba guna, pelayanan kesehatan, hingga koperasi pun ada. Warga sekitar juga bisa memanfaatkan fasilitas ambulance serta perlengkapan pengurusan jenazah saat memerlukan.

Untuk fasilitas wisatanya sendiri, tempat ini memiliki sejumlah kedai makan yang menjual makanan khas Jakarta enak. Selain itu ada juga taman yang bisa Anda jadikan lokasi bersantai tidak jauh dari lahan parkir.

Harga Tiket Masuk Masjid Agung Sunda Kelapa

Tiket masuk Masjid Agung Sunda Kelapa ini gratis, tidak ada biaya sama sekali. Jadi Anda bisa bebas datang tanpa harus mengeluarkan biaya masuk kecuali jika ingin infaq atau bersedekah dan juga makan di sini.

Rute Menuju Lokasi Masjid Agung Sunda Kelapa

Lokasi Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa terletak di Jl. Taman Sunda Kelapa No.16, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Lokasinya hanya beberapa ratus meter dari Taman Menteng dan beberapa destinasi menarik lain di Jakarta Pusat

Rute menuju masjid ini pun sangat mudah, baik itu untuk pengunjung yang berasal dari Jakarta maupun juga dari luar kota. Ada banyak transportasi umum yang bisa Anda gunakan seperti angkutan umum, busway hingga KRL.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil atau motor. Rute yang bisa Anda ambil tergantung pada lokasi asal Anda dan lebih mudah bila memanfaatkan bantuan petunjuk dari Google Maps.

Misalnya Anda berangkat dari sekitaran Cawang, bisa langsung ke arah Otista, terus hingga melewati BNN dan Kampung Melayu. Kemudian setelah menemukan Jl. Pangeran Diponegoro, bisa lanjut ke Taman Suropati dan sampailah ke Sunda Kelapa.

Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda bisa menggunakan layanan jasa rental mobil Avanza Jakarta plus sopir yang tersedia di Salsa Wisata. Dengan sopir yang berpengalaman, Anda bisa sampai ke lokasi tanpa pusing memikirkan rutenya.

Jam Buka Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa buka setiap hari mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB untuk operasionalnya. Namun Anda bisa mendatangi masjid ini kapan saja karena kawasan masjid selalu buka.

Supaya lebih puas lagi, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jakarta yang tersedia di berbagai lokasi. Mulai dari makanan seperti kerak telor, putu mayang, roti buaya, hingga pernak pernik khas Jakarta bisa Anda bawa pulang sebagai kenang-kenangan.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Zaki

Penulis yang senang makan dan melakukan hal menyenangkan sambil jalan-jalan bersama rekan.
By Categories: Destinasi, Jakarta



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)