SalSari Resto & Coffee

Jogja memang tidak bisa berhenti untuk menjadi magnet wisata. Kawasan wisatanya pun cakupannya sangat luas dari yang tradisional hingga kekinian. Untuk wisata bertema budaya, ada Omah Kecebong.

Objek wisata hits Sleman yang satu ini mengandalkan budaya Jogja termasuk panorama desa, permainan tradisional hingga kuliner desa. Berada di sini, wisatawan akan merasa kembali ke Jogja masa lalu.

Sekilas Tentang Omah Kecebong

sekilas tentang Omah Kecebong

Adalah Hasan Setya Prayoga seorang EO di Jakarta yang kemudian kembali ke Sleman dan mengelola wisata budaya di Sleman ini. Ia sebelumnya mendapatkan saran dari seorang turis asing.

Turis tersebut menyarankan pada Hasan untuk membuat objek wisata dengan tema budaya yang otentik. Akhirnya, Omah Kecebong Sleman yang menempati lahan seluas 3.000 meter2 ini berdiri.

Adapun nama Kecebong sendiri berasal dari nama tempat tersebut berada yakni Dusun Cebongan. Selain itu, kawasan wisata ini memiliki area sawah yang luas, di mana di sawah masih banyak katak dan kecebong.

Objek wisata ini paling recommended untuk Anda datangi dengan rombongan baik keluarga, komunitas maupun karyawan kantor. Silahkan manfaatkan layanan rental mobil Xpander plus driver Jogja agar lebih nyaman.

Fasilitas Omah Kecebong

gallery Omah Kecebong

Bagi pengunjung yang berniat untuk wisata ke sini, tidak perlu khawatir. Fasilitas Omah Kecebong sangat lengkap. Beberapa di antaranya seperti area parkir luas, guest house, mushola, taman, kuliner dan lain-lain.

Selama berada di sini, pengelola akan memenuhi segala kebutuhan pengunjung. Bahkan, untuk yang menginap ada layanan antar jemput, misalnya dari bandara, stasiun, terminal atau lokasi lain.

Jangan lupa untuk mampir ke gallery oleh-oleh Omah Kecebong. Karena di sana terdapat banyak koleksi khas tradisional Jogja seperti kain batik, tote bag, baju batik, selendang, gantungan kunci, dan berbagai souvenir lainnya.

Harga Tiket Masuk Omah Kecebong

Pengelola tidak menjual tiket masuk Omah Kecebong secara terpisah. Artinya, ketika membeli paket wisata tertentu, maka sudah include dengan biaya tiket masuk.

Retribusi Column 2
Outbound Rp200.000,00 – Rp500.000,00 (24 orang, 4 – 5 jam)

Rp300.000,00 – Rp600.000,00 (24 orang, 5 – 7 jam)

Guest house Rp750.000,00 – Rp1.750.000,00
Paket makanan Rp60.000,00 – Rp100.000,00 per orang
Paket pakaian adat Jawa, kuliner & dokumentasi Rp250.000,00 per orang

Lokasi dan Rute Omah Kecebong

rute Omah Kecebong

Lokasi Omah Kecebong tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Alamatnya ada di Jalan Gombang – Cebongan Dusun, Jl. Sendari, RT.2/RW.18, Ketingan, Tirtoadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman.

Dari pusat kota Jogja, jaraknya sekitar 11 km atau 27 menit perjalanan. Dari Jogja, arahkan kendaraan menuju Jln. Ringroad Utara dan belok ke arah Jln Selokan Mataram.

Kemudian ke Jln Ketingan dan Jln Gombang – Cebongan. Jika merasa rumit, bisa menggunakan Google Map atau bisa juga menghubungi Salsa Wisata untuk paket antar jemput dan wisata Jogja lainnya.

Daya Tarik Wisata Omah Kecebong

Omah Kecebong memiliki sejumlah daya tarik wisata yang sangat membedakan dari wisata Jogja lainnya. Bahkan, ini bisa menjadi pengalaman yang sangat seru, berharga dan pastinya memorable.

Suasana Asri khas Pedesaan

suasana pedesaan Omah Kecebong

Di kota-kota besar termasuk Jogja, hotel dan perumahan sudah ada di mana-mana. Suasana kota Jogja pun tak luput dari bertumbuhnya perumahan bahkan di kawasan perkampungan sekalipun.

Oleh sebab itu, hadirnya Omah Kecebong Sleman Jogja dapat memberikan warna tersendiri. Di kawasan wisata budaya ini, suasananya masih asri khas pedesaan. Bahkan terlihat sangat natural.

Wisatawan dapat berkeliling area wisata, persawahan dan lainnya menggunakan gerobak sapi. Bangunan termasuk penginapannya juga sangat otentik dengan material kayu paling dominan.

Masih banyak pepohonan, tanaman dan bunga yang tumbuh subur di tempat wisata ini. Bahkan buah-buahan yang sudah mulai langka seperti duwet ungu.

Spot Foto dan Busana Khas Jawa

foto baju adat jawa di Omah Kecebong

Tempat wisata Jogja hits ini memang unik. Pihak pengelola akan menyewakan pakaian tradisional. Untuk wanita, mereka akan mengenakan baju kebaya sedangkan pria mengenakan surjan lengkap dengan blangkon.

Selama berada di sini dan mengikuti kegiatan wisata, wisatawan memang akan mengenakan pakaian khas Jawa tersebut. Sehingga benar-benar merasakan bagaimana Jogja tempo dulu.

Kegiatan berlibur di Omah Kecebong semakin seru dengan berbagai spot foto berlatar benda atau dekorasi tradisional yang sangat kental. Ada banyak sekali spot foto dengan tema Jogja atau Jawa kuno.

Wisatawan yang sudah mengenakan pakaian tradisional, menggunakan caping atau blangkon dan berfoto di spot foto tema Jogja kuno, terlihat sempurna. Cobalah berpose sekreatif mungkin agar kesan Jawa-nya keluar.

Misalnya berfoto sambil pura-pura bermain congklak. Terlihat sederhana tapi sangat estetik. Semua kawasan wisata di sini memang dapat menjadi spot foto instagramable apalagi dengan busana tradisional.

Kegiatan Seru dan Outbond

bajak sawah di Omah Kecebong

Objek wisata budaya ini memang sangat cocok untuk acara gathering kantor, komunitas maupun keluarga. Apa lagi ada kegiatan outbound seru. Bahkan, di sini salah satu tempat outbound bagus Jogja yang terbaik.

Kegiatan seru ini meliputi edu games, permainan tradisional, fun games, belanja hortikultura hingga tanam padi dan live cooking. Pengunjung juga bisa belajar bagaimana cara membuat wayang atau membatik.

Semua kegiatan ini sangat menyenangkan, termasuk naik gerobak keliling desa dan mencoba sensasi membajak sawah bersama sapi. Apa lagi lokasi wisata ini berada di kawasan yang teduh dan asri sehingga lebih berkesan.

Keliling Desa dengan Gerobak Sapi

gerobak wisata Omah Kecebong

Salah satu kegiatan wisata Omah Kecebong yang menjadi andalan adalah menaiki gerobak sapi dan berkeliling desa. Durasi untuk menaiki gerobak cukup lama yakni hingga 45 menit.

Wisatawan yang naik gerobak sapi, nantinya akan mengeliling desa Ketingan, Kaweden, Selokan Mataram, rumah penduduk dan persawahan. Anda akan melihat secara langsung kehidupan bernuansa desa yang khas.

Bagi turis asing, kegiatan yang satu ini memang sangat menyenangkan. Ya, tempat wisata ini selalu ramai dengan turis asing maupun dari negara tetangga seperti Malaysia dan Vietnam.

Bahkan untuk turis lokal sekalipun, menaiki gerobak sapi sangat seru dan menyenangkan. Apalagi udaranya sejuk. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ketika sedang mengikuti kegiatan gerobak sapi.

Penginapan Bernuansa Desa

Oleh karena tidak sedikit wisatawan yang datang dari luar negeri dan luar kota, pihak pengelolah Omah Kecebong telah menyediakan penginapan. Paling tidak, ada 8 rumah kayu atau guest house.

Selain rumah kayu, ada rumah barak dengan kapasitas bisa menampung hingga 30-60 orang sekaligus. Untuk guest housenya terdiri dari Omah Bamboe, Omah Lawas, Omah Gladak dan Omah Antik

Masing-masing memiliki desain, dekorasi dan ornamen yang bernuansa Jawa tradisional. Bahkan, material penginapan juga hampir 100% dari kayu sehingga terkesan sangat alami, tradisional dan hangat.

Fasilitas untuk penginapan ada TV datar, AC, parkir gratis, resepsionis 24 jam, Wi-fI, taman, laundry, layanan kebersihan dan banyak lagi. Guest house ini juga masing-masing memiliki kamar mandi atau WC.

Kuliner khas Pedesaan

kuliner Omah Kecebong

Berikutnya, Omah Kecebong juga menawarkan paket wisata dengan kuliner khas desa. Di sini ada tempat wisata kuliner Jogja Instagramable yang memang menjadi bagian dari paket wisata. Tempatnya memiliki dekorasi dan ornamen Jawa.

Bahkan, wadah untuk makanan dan minumannya juga sangat kental sekali dengan nuansa Jawa di zaman dulu. Sehingga wisatawan dapat merasakan bagaimana menyantap dengan berada di tempat yang berkesan tradisional.

Bukan hanya tempat makan atau ruangannya yang unik, makanan di sini pun sangat tradisional. Walaupun makanan khas Jogja kekinian ini tradisional, rasanya sangat nikmat. Apalagi nuansanya juga benar-benar khas desa.

Jam Buka Omah Kecebong

Omah Kecebong buka setiap hari dari pagi pukul 08.00 hingga pukul 20.00 malam hari. Sedangkan untuk melakukan reservasi bisa jam berapa saja baik reservasi paket wisata maupun penginapan.

Objek wisata ini juga dekat dengan kawasan pusat oleh-oleh khas Jogja selain gudeg. Sehingga jangan sampai terlewatkan untuk belanja oleh-oleh Jogja. Ada banyak jenis oleh-oleh ini termasuk jajanan, kaos dan souvenir.

Tentunya, setelah berada di Jogja, selain berkunjung ke Omah Kecebong, manfaatkan waktu untuk berkunjung ke destinasi hits lainnya. Salsa Wisata dapat membantu Anda terkait paket wisata, akomodasi dan transportasi.

 



By Categories: Destinasi, Jogja

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)