SalSari Resto & Coffee

Salah satu destinasi wisata warga Jakarta adalah Bogor. Selain dekat, Bogor juga punya banyak tempat wisata. Dari mulai tempat wisata alam di Bogor sampai wisata kuliner Bogor, semua lengkap. Lalu, bagaimana jadinya kalau wisata alam dan wisata kuliner digabung? Anda harus datang ke Pancar Garden untuk merasakan sendiri sensasi kombinasi dua wisata tersebut.

Tempat ini sebetulnya adalah sebuah cafe yang menyajikan makanan western. Namun, bukan cuma itu saja daya tarik utamanya. Yang membuat cafe ini tidak pernah sepi pengunjung juga fakta bahwa tempatnya ada di area Gunung Pancar.

Dengan begitu, pemandangannya menjadi sangat spektakuler. Udaranya juga sejuk, cocok untuk healing ataupun melepas penat sejenak dari permasalah yang ada.

Sekilas Tentang Pancar Garden

pancar garden bogor

Pancar Garden merupakan salah satu spot wisata kuliner Bogor terbaik, karena konsepnya yang kekinian berbapadu dengan pemandangan Gunung Pancar yang mempesona.

Sebetulnya, area di sekitar Babakan Madang ke atas itu merupakan pusat tempat resto dan kafe yang mengusung konsep alami. Tak heran, karena kawasnnya memang masih asri dan hijau.

Jadi, meski jalanan menuju ke berbagai tempat kuliner tersebut terbilang sempit dan curam menanjak, itu tidak menyurutkan semangat pengunjung untuk datang.

Itulah salah satu keunggulan Pancar Garden. Kafe ini sendiri masih belum lama berdiri, baru saja buka untuk umum pada tanggal 9 September 2021 kemarin.

Meskipun usianya baru satu tahun, animo masyarakat sudah tinggi. Kafe kekinian ini lokasi persisnya ada di Sentul, sebuah kawasan yang strategis.

Tempatnya tidak jauh dari pusat kota Sentul, tapi pemandangan alaminya masih terasa, jadi seperti ada di pedesaan. Hamparan Gunung Pancar yang menjulang bisa terlihat jelas di kafe yang satu ini.

Kafe ini sempat viral di TikTok. Itulah salah satu penyebab juga tempat ini tidak pernah sepi. Bisa dibilang, ini adalah kafe terluas di Sentul. Berdiri di atas lahan seluas kira-kira dua ratus hektar, tempat ini punya dua area makan, yakni lantai satu dan lantai dua.

Lantai satu berisi meja-meja dengan setting restoran. Biasanya ditempati oleh para eksekutif, pekerja kantoran, atau bahkan keluarga. Lantai dua setting tempatnya lebih kasual dan modern seperti kafe.

Tempat inilah yang sering jadi incaran pengunjung, karena pemandangan indah terlihat jelas dari di sini. Biasanya, banyak anak muda yang nongkrong menghabiskan waktu di spot ini.

Harga Tiket Masuk & Menu Makanan

harga menu makanan pancar garden

Karena sejatinya tempat ini bukan tempat wisata, seperti layaknya kafe dan resto lain, tentu saja tidak ada biaya masuknya. Anda hanya harus membayar harga makanan dan minumannya. Berikut ini harga menu di Pancar Garden

Menu Tarif
Appetizer Rp36.000,00 – Rp75.000,00
Main course Rp55.000,00 – Rp168.000,00
Pastry & Sweets Rp24.000,00 – Rp50.000,00
Coffe Rp33.000,00 – Rp46.000,00
Non Coffe Rp20.000,00 – Rp46.000,00

Rute Menuju Pancar Garden

inddoe area pancar garden

Pancar Garden ada di Jalan Raya Bojong Koneng, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Kalau Anda berangkat dari Kebun Raya Bogor, cuma butuh waktu sekitar 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 17 km.

Dari Kebun Raya, Anda bisa ambil jalur ke Jalan Raya Pajajaran di Tegalega, lalu masuk ke Tol Jagorawi, dan keluar di pintu tol menuju Jalan MH. Thamrin. Ikuti jalan saja sampai Anda masuk ke Jalan Siliwangi dan Jalan Raya Bali.

Kalau Anda sudah lewat Sentul Nirwana, ambil kiri menuju arah Jungle Land. Dari situ, ikuti jalan saja sampai menuju Gunung Pancar. Tetap di jalan sampai masuk ke Jalan Cimandala Karang Tengah. Kafenya ada di kanan jalan.

Karena tempat ini tidak bisa Anda tempuh dengan transportasi umum, bagi Anda wisatawan dari luar kota, kami sarankan untuk menggunakan jasa rental mobil Innova plus driver Bogor. Anda bisa mengandalkan sopir untuk mencari rute terbaik untuk Anda.

Daya Tarik Pancar Garden

Pemandangan

pemandangan pancar garden

Inilah yang membuat kafe ini berbeda dari kafe-kafe lain di bogor. Keindahan alam yang mempesona terjadi di hadapan Anda saat Anda tengah bersantap.

Apa lagi udaranya juga sangat sejuk. Konsep yang diusung tempat ini adalah outdoor. Meski ada beberapa area yang semi-outdoor, sebagian besar setting tempat di sini adalah outdoor.

Di malam hari, Anda juga bisa menikmati pemandangan kelap-kelip lampu kota. Meski tidak melihat pemandangan perbukitan yang menghijau, lampu-lampu malam juga menyajikan suasana syahdu.

Ada area tempat duduk-duduk di halamannya, di mana Anda bisa bersantai beralaskan rumput. Ada juga area rooftop kalau Anda lebih suka berada di ketinggian, karena memang di lantai ini, panorama perbukitan dan lampu-lampu kota terlihat lebih jelas.

Kuliner

kuliner pancar garden

Dari semua menu yang ada, ada tiga menu spesial yang disajikan dan tidak tercantum di menu di atas. Yang pertama adalah steak sandwich. Sandwich ini bukan roti biasa, tapi roti yang dipanggang, lalu diisi sayuran dan daging dan ditambahkan dengan saus keju. Harganya Rp80.000,00.

Yang kedua adalah lamb shank curry. Ini adalah lamb shank premium yang berasal dari Australia dan dimasak dengan bumbu kari gurih ala Pancar. Harganya memang cukup mahal, yakni Rp250.000,00, tapi itu sepadan dengan rasanya.

Yang terakhir ada Croissant. Ini adalah roti khas Perancis yang dijadikan makanan penutup. Roti yang gurih sekaligus lembut dan kenyal ini pasti membuat Anda ketagihan, karena rasanya persis seperti croissant asli Perancis. Harganya cukup terjangkau, yakni Rp30.000,00 saja.

Selain ketiga jenis menu di atas restoran ini juga menyajikan menu makanan khas Bogor yang lezat seperti sup iga, iga bakar, terong balado, gurameh, dan masih banyak lagi.

Event Penting

wedding di pancar garden

Tempat ini juga menyediakan venue untuk acara-acara penting, seperti misalnya pernikahan atau pertemuan lainnya. Namun, seringnya kafe ini digunakan sebagai venue pernikahan dengan konsep outdoor, karena selain tempatnya luas, pemandangannya juga mempesona.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pertemuan keluarga di tempat ini. Ada berbagai tempat yang bisa Anda pilih, dari mulai semi outdoor area dan rooftop.

Fasilitas Pancar Garden

rooftop pancar garden

Bicara mengenai fasilitas, secara keseluruhan pihak pengelola telah menyediakan sarana dana prasarana secara baik dan cukup memadai. Ada banyak fasilitas lengkap yang bisa Anda nikmati di sini.

Beberapa di antaranya yaitu area parkir yang luas, toilet, musholla, akses internet gratis, stop kontak, dan fasilitas prtokol kesehatan. Untuk lebih memanjakan pengunjung pihak pengelola menyediak tiga jenis tempat yang dapat dipilih, yaitu area indoor, outdoor, dan rooftop.

Jam Buka Pancar Garden

Pancar Garden buka setiap hari. Di hari Senin-Jumat, tempat ini buka dari pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB. Di hari Sabtu dan Minggu, kafenya buka dari pukul 09.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di sore hari, menjelang matahari terbenam, karena pemandangan sunset di sini bisa jadi foto yang instagramable.

Tertarik mengunjungi tempat wisata sekaligus tempat kuliner ini? Anda bisa gunakan jasa Salsa Wisata untuk liburan Anda. Kami punya banyak pilihan paket wisata.

Anda bisa pilih destinasi wisata yang hendak Anda kunjungi dan serahkan semuanya kepada kami. Kami akan membuat itinerary lengkap untuk liburan Anda, termasuk ke pusat oleh-oleh khas Bogor makanan.

 



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)