SalSari Resto & Coffee

Pantai yang paling terkenal tentu saja pantai-pantai di Bali, seperti misalnya pantai Dreamland atau pantai Pandawa. Namun ternyata tidak perlu jauh-jauh ke Bali kalau mau cari pantai cantik dan tersembunyi. Cukup ke Pantai Bandealit di Jember saja.

Pantai yang cantik ini ada di kawasan hutan lindung, jadi tentu saja suasananya masih sangat alami. Belum banyak pengunjungnya juga, cocok sekali untuk Anda yang ingin mencari ketenangan.

Pantai ini dibingkai dengan perbukitan, gunung, serta hutan mangrove. Tentu saja itu membuat panorama di pantai ini jadi spektakuler.

Sekilas Tentang Pantai Bandealit

wisata Pantai Bandealit

Wisata pantai Jember ini sarat dengan cerita mitos dan legenda. Salah satunya adalah cerita di balik penamaannya. Dulu, sekitar abad ke-17, ada sepasang suami istri dari kerajaan Blambangan.

Sang istri yang bernama Dewi Sukesih diminta suaminya, Wong Agung Wilis, untuk mengungsi ke daerah barat karena sedang terjadi perang. Pada saat itu, Dewi Sukesih sedang dalam keadaan hamil.

Ia harus menempuh jalur darat dan masuk ke dalam hutan belantara di Alas Purwo Grajagan. Dewi Sukesih melahirkan, lalu putranya ia namakan Joko Mursodo. Ketika dewasa, anaknya itu bermaksud mencari ayahnya di Blambangan.

Namun, abdinya tidak setuju karena di sana masih terjadi perang. Joko Mursodo tersinggung karena merasa dianggap lemah. Ia lalu bertekad tidak akan memanggil nama abdinya lagi sampai ia bertemu ayahnya.

Untuk memanggil sang abdi, ia cuma memukup sebuah gong kecil yang bernama Bande Alit. Bande sendiri artinya gong, dan Alit itu berarti kecil. Dari situlah kemudian tempat ini diberi nama Bande Alit.

Bukan cuma itu, Pantai Bandealit ini juga menyimpan kisah misteri. Konon, di sini hidup makhluk kerdil yang tingginya tidak sampai 1 meter. Masyarakat sekitar menyebutnya Siwil. Siwil ini beberapa kali dilihat pengunjung, sedang membawa tombak untuk mencari ikan.

Kabarnya, Siwil juga kerap mencuri ikan hasil tangkapan nelayan. Memang keberadaan makhluk ini masih belum terbukti secara ilmiah. Namun, beberapa pengunjung katanya pernah melihat jejak kakinya.

Memang jejak kakinya aneh, tidak seperti manusia pada umumnya. Ini adalah salah satu alasan mengapa pengunjung datang ke tempat ini, karena mereka penasaran dengan Siwil.

Fasilitas Pantai Bandealit

camping ground Pantai Bandealit

Karena pantai ini masih sangat asri dan terletak di ujung hutan nasional, tentu belum ada fasilitas yang memadai. Tidak ada warung-warung makan yang biasa berjejer di pantai. Meskipun begitu, Anda bisa menemukan camping ground serta toilet dan MCK untuk pengunjung.

Ada juga fasilitas penunjang, seperti kano, solar cell, shelter, bodyboard, genset, dan speed boat. Itu berarti, Anda juga bisa main wahana air seru di pantai yang asri ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Bandealit

Tidak mahal kok untuk bisa menikmati keindahan pantai ini. Makanya, wisata bahari ini cocok untuk tempat berlibur murah meriah di akhir pekan. Berikut ini adalah harga tiket masuk ke Pantai Bandealit:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp5.000,00
Parkir motor Rp2.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Pantai Bandealit

rute Pantai Bandealit

Anda bisa berangkat dari pusat kota Jember. Jaraknya sekitar 35 km dari pusat kota. Anda bisa berkendara ke arah selatan, menuju kecamatan Tempurejo. Dari situ, teruskan arah menuju desa Andongrejo, sampai kemudian tiba di taman nasional Meru Betiri.

Pantai Bandealit ada di ujung taman nasional Meru Betiri. Jadi, Anda harus masuk ke taman nasional dulu. Dari pintu masuk taman nasional, Anda harus melanjutkan perjalanan lagi untuk bisa sampai ke pantai.

Dari sini, lingkungan yang ada sudah terlihat sejuk dan asri. Jalan menuju pantai masih belum diaspal dan ukurannya sempit, cuma muat satu mobil. Tidak ada kendaraan umum yang menuju ke pantai. Jadi, kami sarankan Anda menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil harian plus driver murah.

Daya Tarik Pantai Bandealit

Menikmati Suasana Alam yang Masih Asri

bermain di Pantai Bandealit

Seperti yang tadi disebutkan, pantai ini masuk ke dalam kawasan hutan nasional, dan hutan tersebut dilindungi. Jadi, sudah tentu pantai ini juga masuk ke dalam program perlindungan pemerintah. Suasana di pantai ini masih sangat asri, belum ada campur tangan manusia yang merombak atau mengubah kondisi pantai.

Meski tidak tersentuh tangan manusia, kondisi pantai sangat bersih. Para pengunjung bisa menikmati udara segar pantai sekaligus udara sejuk dari hutan taman nasional. Taman nasional ini menawarkan pemandangan berbagai jenis pohon beserta fauna yang tinggal di dalamnya.

Bermain di Pasir

pasi Pantai Bandealit

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, tidak seperti pantai pelabuhan ratu, yang adalah salah satu pantai selatan dengan ombaknya yang ganas. Padahal, pantai ini termasuk ke dalam jajaran pantai selatan. Namun, tidak seperti pantai selatan pada umumnya, Bandealit bentuknya landai dan tidak banyak terdapat batu karang.

Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru di bibir pantai. Hamparan pasirnya luas, garis pantainya pun panjang. Jadi, Anda bisa bebas bermain di pantai. Anda bisa duduk-duduk di pasir sambil melihat nelayan menangkap ikan di laut. Di waktu-waktu tertentu, ada banyak perahu nelayan yang lewat.

Camping

Ada area luas berumput yang bisa untuk area camping ground. Area ini berbatasan langsung dengan hamparan pasir Bandealit. Sayangnya, belum ada fasilitas sewa tenda. Kalau Anda mau bermalam di sini, Anda harus mempersiapkan peralatan berkemah Anda sendiri.

Rasakan sendiri nikmatnya sensasi menginap di taman hutan nasional yang sejuk sambil mendengar suara deburan ombak di kejauhan. Anda bisa membeli ikan langsung dari nelayan yang baru melaut, lalu membakar ikan-ikan tersebut di api unggun pada malam hari.

Berwisata Hutan Lindung

berwisata ke hutan lindung Pantai Bandealit

Di sini, Anda bisa melakukan kegiatan agrowisata di perkebunan yang dikelola oleh PT. Bandealit. Anda bisa melihat langsung bagaimana flora di sekitar pantai ini ditanam dan dibiakkan. Ada juga pohon buah-buahan, seperti sirsak, jeruk, rambutan, dan bahkan durian, yang bisa Anda nikmati.

Anda pun bisa trekking ke puncak tebing Gunung Sodung. Tinggi tebingnya mencapai 100 mdpl, jadi Anda bisa melihat panorama pantai dari ketinggian. Kalau Anda terus trekking 100 meter lagi, Anda juga akan menemukan goa jepang seperti goa jepang Jogja, lengkap dengan bentengnya.

Melepas Penyu dan Menjelajah Hutan Mangrove

Kalau Anda beruntung, Anda juga bisa menyaksikan langsung proses pelepasan anak-anak penyu kembali ke laut. Kegiatan ini merupakan aktivitas rutin di Bandealit. Pantai ini jadi tempat pelepasan penyu setelah sebelumnya mereka dirawat di penangkaran penyu, seperti di Pulau Derawan.

Selain itu, ada juga hutang mangrove yang bisa Anda jelajahi. Anda bisa keliling hutan mangrove naik kano. Bukan cuma pemandangan saja, Anda juga bisa mendapatkan edukasi soal pentingnya hutan mangrove di sekitar pantai. Ini penting untuk menjaga kelestarian makhluk hidup tertentu.

Mancing

mancing ikan di Pantai Bandealit

Memancing ikan juga bisa menjadi pilihan aktivitas yang menarik saat berwisata ke pantai ini. Apa lagi buat Anda yang hobi memancing. Ada banyak jenis ikan laut yang hidup di sini. Jadi, sebelum berangkat jangan lupa untuk membawa peralatan memancing Anda.

Siapa tahu, kalau dapat bisa langsung dibakar di tempat. Tentu membuat liburan mu menjadi lebih menyenangkan bukan?

Jam Operasional Pantai Bandealit

Pantai Bandealit buka setiap hari selama 24 jam non-stop. Anda bisa datang kapan saja Anda mau. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di pagi dan sore hari kalau Anda tidak berencana berkemah. Pada saat itu, Anda bisa menyaksikan matahari terbenam.

Jangan lupa pulangnya mampir ke kedai oleh-oleh khas Jawa Timur makanan yang ada di sekitar area lokasi pantai. Ada banyak makanan yang bisa Anda bawa pulang untuk diberikan kepada tetangga di rumah.

Penasaran ingin wisata ke Jember dan mengunjungi pantai ini? Anad bisa hubungi Salsa Wisata sebagai agen wisata Anda. Pantai ini memang lebih mudah dikunjungi jika Anda liburan bersama agen wisata.

Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing soal transportasi, karena itu semua sudah termasuk ke dalam paket wisata yang Anda pesan. Dengan paket wisata, Anda juga bisa menikmati semua wahana air dan aktivitas seru yang disediakan pengelola pantai, dari mulai melepas penyu ke laut sampai naik speedboat keliling pantai.

Seru, bukan? Hubungi Salsa Wisata sekarang juga untuk merencanakan liburan Anda ke sini.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)