SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Jogja adalah destinasi wisata pantai terbaik ketiga setelah Bali dan Lombok. Pasalnya, ada begitu banyak opsi pantai cantik di Kota Gudeg ini. Seperti Pantai Ngrenehan yang akan kita bahas hari ini.

Ngrenehan hanya satu dari sekian banyak nama pantai terindah di Gunung Kidul. Selain Ngrenehan, hampir semua pantai di kabupaten kecil ini memiliki pesona yang berbeda-beda.

Penasaran ingin tahu lebih banyak lagi tentang objek wisata pantai ini? Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Ngrenehan

Objek wisata Pantai Ngrenehan adalah salah satu tempat wisata pantai Indonesia pasir putih Jogja. Situs wisata alam bahari ini sebenarnya adalah sebuah teluk yang dipagari oleh gugusan bukit kapur.

Perpaduan antara teluk dan bukit ini menciptakan sebuah panorama yang estetik. Tak heran jika pantai ini mampu bersaing dengan Pantai Kukup sebagai tempat wisata Jogja populer.

Selain dianugerahi dengan rupa pantai yang elok, Ngrenehan juga menawarkan pusat belanja ikan segar langsung dari para nelayan lokal.

Sekedar info, Ngrenehan adalah salah satu pemasok seafood segar untuk kebutuhan konsumsi seafood masyarakat Gunung Kidul dan sekitarnya.

Oleh karenanya, sebagian besar warga yang hidup di sekitar pantai berprofesi sebagai nelayan. Tiap pagi, para nelayan langsung menyetor hasil tangkapan mereka ke para pedagang ikan yang ada di pinggir pantai.

Para wisatawan dapat membeli aneka jenis seafood di kios milik pedagang. Ada yang menjadikan seafood ini sebagai oleh-oleh khas Jogja selain Bakpia.

Namun ada juga yang request untuk diolah menjadi masakan lezat penggugah selera untuk kemudian disantap.

Daya Tarik Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pesona wisata pantai ini tak hanya berupa panorama baharinya yang elok dan memukau. Ada beberapa daya tarik lainnya yang wajib Anda ketahui. Berikut rangkumannya.

Spot Foto Instagramable

Aktivitas wisata kurang lengkap rasanya jika tidak berfoto ria di spot-spot foto. Di pantai ini ada cukup banyak spot foto cantik dan pastinya eksotis.

Spot foto ini berupa spot foto alami dengan dukungan view pantai dan tebing kapur plus bukit yang indah. Spot foto ini tentu berbeda 360 derajat dengan spot-spot kreatif yang biasa Anda jumpai di Hutan Pinus Mangunan, Bantul.

Dengan bidikan angle yang tepat, hasil jepretan kamera Anda pasti akan ciamik layaknya hasil bidikan kamera fotografer profesional.

Panorama Teluk

Untuk dapat menyaksikan panorama teluk secara keseluruhan, Anda harus berdiri di puncak salah satu bukit tebing kapur.

Dari titik puncak ini, terlihat lekukan area teluk lengkap dengan barisan kapal yang sedang bersandar di tepi bibir pantai.

Teluk dengan air biru toska ini juga diapit oleh dua bukit hijau di kanan-kirinya; menambah keelokan panorama sekaligus menciptakan kesan kontras dari warna yang dihadirkan oleh bukit dan laut.

Spot Aman untuk Berenang

Area cekungan yang kita sebut teluk ini memiliki ombak yang relatif kecil. Sebab, lokasi ini diapit oleh dua buah bukit yang terletak di sisi kanan-kirinya. Spot ini (teluk) menjadi tempat yang aman untuk berenang.

Kawasan teluk ini juga berbatasan langsung dengan bibir pantai yang lebar sehingga cenderung landai dan dangkal. Sangat recommended untuk Anda yang senang berenang di pantai.

Atraksi Wisata Budaya

Daya tarik yang satu ini memang tidak bisa Anda jumpai di semua pantai di Jogja. Hanya pantai-pantai tertentu saja yang dianggap memiliki ‘keterikatan’ spiritual dengan budaya setempat.

Di Jogja sendiri, ada beberapa nama pantai yang secara rutin menjadi ‘tuan rumah’ untuk upacara adat tertentu.

Sebut saja Pantai Parangkusumo dengan upacara Labuhan-nya. Pantai ini masih satu rangkaian dengan Pantai Parangtritis. Sedang di Gunung Kidul, salah satu nama pantai yang menjadi lokasi upacara sakral adalah Ngrenehan.

Namun upacara ini bukan merupakan upacara sedekah laut. Melainkan sebuah upacara dalam rangka peringatan Hari Raya Nyepi, tepatnya saat malam bulan purnama sebelum Nyepi.

Wisata Belanja Seafood

Bagi pecinta seafood, Ngrenehan menjadi salah satu ‘surga’ dengan aneka ragam seafood segar diperjual-belikan di sini. Anda bebas memborong jenis seafood favorit Anda.

Atau bagi yang ingin mengkonsumsinya di tempat, ada beberapa kios yang menjual berbagai jenis olahan seafood siap santap. Mulai dari seafood bakar, seafood goreng, rica-rica, dan lain sebagainya.

Untuk wisatawan yang tidak mengkonsumsi seafood karena suatu hal, tersedia menu menarik lainnya. Salah satu menu yang paling dinanti adalah sayur lombok ijo plus nasi merah.

Makanan khas Jogja selain Gudeg ini tentu bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mungkin kurang menyukai olahan seafood.

Fasilitas di Pantai Ngrenehan

Wisata Pantai Ngrenehan

Lokasi wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan juga memadai. Salah satunya adalah fasilitas camping ground. Fasilitas ini berada di sekitar teluk.

Areanya cukup luas dan aman dari terjangan ombak. Anda bisa mendirikan tenda di sini bersama kawan camping Anda. Ada juga fasilitas cafetaria atau lebih tepatnya warung makan yang menjual makanan dan minuman.

Warung ini menjadi satu-satunya pusat wisata kuliner Jogja terdekat bagi wisatawan yang sedang camping atau rekreasi di pantai ini.

Lalu ada fasilitas tempat pelelangan ikan. Kemudian Anda juga dapat menemukan fasilitas mushola yang bersih dan cukup memadai.

Fasilitas selanjutnya adalah kamar mandi dan toilet yang juga bisa beralih fungsi menjadi ruang ganti.

Dan fasilitas yang terakhir adalah area parkir yang sangat luas; bahkan area parkir di sini bisa menampung beberapa unit bus, mobil, motor, dan kendaraan berukuran besar lainnya selain bus.

Contohnya saja kendaraan Hiace Commuter seperti yang disewakan oleh Salsa Wisata melalui paket sewa mobil murah Jogja.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrenehan

Pantai yang konon merupakan hadiah pemberian Raden Patah ini memang mempunyai banyak daya tarik wisata.

Semua daya tarik ini bisa Anda nikmati hanya dengan membayar tiket masuk dengan harga yang sangat terjangkau.

Berikut adalah info harga tiket masuk (HTM) terbaru lengkap dengan tarif parkir kendaraan:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00 per orang

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Lokasi Pantai Ngrenehan

Objek wisata ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

Pantai ini berada di satu garis dengan tempat wisata Gunung Kidul terdekat seperti Pantai Ngobaran Nguyahan, Indrayanti, Sepanjang, dan Siung.

Untuk tiba di lokasi pantai ini, gunakan rute Jalan Jogja-Wonosari. Atau dapat juga via jalur lain, yaitu Jalan Imogiri Timur lalu ke Selatan hingga tiba di Jalan Raya Panggang Wonosari.

Nanti akan bertemu dengan pertigaan, masih lurus ke Selatan hingga sampai di Jalan Ngobaran Ngrenehan. Jika berangkat dari Tugu Jogja, jarak tempuh yang harus dilalui kurang lebih 50 KM.

Banyak wisatawan yang kemudian lebih memilih untuk memanfaatkan layanan paket tour Jogja 2 hari 1 malam dari Salsa Wisata demi kenyamanan.

Dengan paket ini, liburan akan terasa semakin berkualitas karena bisa beristirahat satu malam di penginapan yang sudah ditentukan.

Jam Operasional Pantai Ngerenehan

Wisatawan boleh mengunjungi pantai ini hari apa saja karena tempat wisata ini buka dari Senin sampai Minggu. Tidak ada jam operasional yang berlaku yang artinya pantai ini buka selama 24 jam.

Demikian ulasan mengenai objek wisata Pantai Ngrenehan, Gunung Kidul, Jogja. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi baru Anda mengenai objek wisata pantai di Jogja, terutama di kawasan Gunung Kidul.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Destinasi, Jogja

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (3 votes)