SalSari Resto & Coffee

Bengkulu adalah sebuah kota kecil yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Oleh sebab itu, tidak sedikit destinasi wisata Bengkulu terdekat dengan kota yang berupa pantai. Salah satunya Pantai Panjang Bengkulu yang berpasir putih.

Setiap hari, tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung karena lokasinya berada di dekat kota. Apalagi di akhir pekan, jumlah pengunjungnya bertambah lebih banyak tapi suasananya masih menyenangkan.

Sekilas Tentang Pantai Panjang Bengkulu

pantai panjang bengkulu pantai terpanjang di indonesia

Kawasan Pantai Panjang Bengkulu telah mengalami perkembangan hingga sekarang tampilannya lebih cantik dan indah. Fasilitasnya juga lengkap sehingga membuat pengunjung semakin nyaman saat berlibur.

Pantai berpasir putih ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan garis pantainya yang panjang. Salah satu yang paling menakjubkan adalah view sunset-nya. Banyak pengunjung yang dengan sengaja datang untuk melihatnya.

Tenang, jarak dari Kota Bengkulu ke tempat ini cukup dekat. Tapi Anda juga bisa menggunakan jasa sewa mobil terdekat untuk menjelajah beberapa tempat wisata Bengkulu lainnya dengan kendaraan yang nyaman.

Harga Tiket Masuk Pantai Panjang Bengkulu

Tidak ada petugas yang berjaga dan menarik retribusi di objek wisata ini. Sebab memang tidak ada tiket masuk Pantai Panjang Bengkulu, sehingga pengunjung hanya perlu membayar retribusi parkir saja.

Adapun retribusi parkir kendaraan yang berlaku di area wisata ini masih tergolong standar dan murah. Berikut tarifnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Pantai Panjang Bengkulu

deskripsi pantai panjang bengkulu

Adapun lokasi Pantai Panjang Bengkulu terletak di Jalan Pariwisata, Kelurahan Lempuing, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu. Tepatnya di sebelah pusat kota. Akses jalannya juga sudah sangat bagus.

Bahkan pintu masuk objek wisata ini berada di sebelah jalan raya sehingga memudahkan pengunjung. Rutenya juga mudah dapat dijankau dari arah mana saja oleh jenis kendaraan apa saja.

Setelah sudah sampai di pusat kota, Anda bisa mengikuti arah dari papan penunjuk yang ada di jalan. Jika ingin mudah, buka saja aplikasi Google Maps yang juga akan berikan petunjuk via smartphone Anda.

Daya Tarik Wisata Pantai Panjang Bengkulu

Objek wisata ini memiliki sejumlah daya tarik yang membuat wisatawan berdatangan termasuk dari luar Kota Bengkulu. Daya tarik tersebut mulai dari pemandangan, spot foto instagramable, hingga wisata kuliner yang yummy.

Sejarah Pantai Panjang Bengkulu

Anda pasti penasaran dengan sejarah Pantai Panjang Bengkulu, bukan? Terkait dengan sejarah penamaan objek wisata ini, ada kaitannya dengan lanskap alam dari pantai ini sendiri.

nama ‘Panjang’ di sini memang menggambarkan panjang garis pantai yang terbilang jauh dari normal. Panjang garisnya mencapai 7 KM dan merupakan garis pantai terpanjang di Indonesia.

Sunset Eksotis

wisata bengkulu pantai panjang

Salah satu daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah pemandangan sunset-nya yang eksotis. Bahkan sunset di sini tidak kalah eksotis dengan Pantai Parangtritis dimana pantai ini dijuluki pantai dengan sunset tercantik. Bahkan karakter ombaknya juga tidak jauh berbeda.

Anda bisa menikmati keindahan sunset di sini pada saat sore hari menjelang malam. Ada banyak cara untuk menikmati keindahan sunset. Anda bisa duduk di tepi laut yang berupa jalan trotoar atau bahkan dari warung-warung yang ada di sekitarnya.

Tapi, jika air sedang pasang pengunjung tidak boleh turun ke bibir pantai. Sebaliknya, saat sedang surut maka Anda bisa turun dan berjalan kaki di bibir pantai yang landai ini.

Jalur Pedestrian

Yang cukup membedakan antara objek wisata ini dengan wisata bahari lainnya adalah adanya jalur pedestrian. Jalur ini berada di tepi pantai dan bagian bawahnya adalah tumpukan dam yang berbentuk seperti tangga.

Tumpukan ini sekaligus menjadi pembatas dan penghalang ombak saat air laut sedang pasang. Di atas tumpukan dam ini adalah jalur pedestrian atau trotoar yang sangat cocok untuk berbagai kegiatan seru.

Ada yang duduk santai sambil menghadap ke pantai dan menikmati makanan khas 34 provinsi yang ada di Indonesia dari warung di sebelah. Anda juga bisa berjalan kaki, jogging, atau bahkan bersepeda santai. Selain itu, area ini juga bisa menjadi spot foto.

Pantai Pasir Putih

foto pantai panjang bengkulu

Wisata bahari cantik ini memiliki pasir putih yang sangat lembut di kaki. Saat air sedang surut, bahkan area pasirnya cukup luas untuk berbagai kegiatan menyenangkan.

Misalnya seperti berjalan kaki di pinggir pantai, bermain air, membuat istana pasir, hingga menaiki delman. Di salah satu sudut juga terdapat ayunan yang bisa Anda gunakan sekaligus menjadi spot foto kece.

Jika air sedang surut, sekilas pantai ini cukup mirip dengan Pantai Sepanjang Gunung Kidul. Sebab, garis pantainya panjang dan landai sehingga aman untuk bermain-main pasir dan ombak.

Teras Kayu untuk Santai dan Menikmati Senja

Jika sudah puas menikmati pantai dari dekat, di sore hari ada tempat nongkrong yang sangat asyik. Lokasinya dekat dengan area parkir. Teras kayu ini cukup tinggi, yakni beberapa meter dari atas tanah.

Di bagian pinggirnya terdapat pagar dari besi sehingga aman untuk anak-anak sekalipun. Di sore hari, ada banyak pengunjung yang duduk di sepanjang teras ini untuk menikmati suasana sekaligus menunggu sunset.

Lokasi ini memang sangat pas untuk menikmati sunset yang eksotis sambil mengobrol atau menyantap makanan Bengkulu yang enak dari warung terdekat. Tempat ini memang nyaman untuk chill bersama dengan teman maupun keluarga.

Berburu Foto Instagramable

spot foto pantai panjang bengkulu

Salah satu kegiatan yang harus Anda lakukan di sini berikutnya adalah berburu foto instagramable. Ada banyak spot foto unik dan menarik yang bisa Anda datangi dan abadikan.

Beberapa di antaranya adalah spot foto ayunan kayu yang berada di area pasir, trotoar, gazebo, hingga teras kayu. Bagi pecinta fotografi, momen sunset di sini juga begitu menggoda.

Apalagi saat ada delman yang sedang lalu-lalang. Kesannya begitu dramatis karena adanya perpaduan antara delman, pantai, air laut, dan senja. Anda juga bisa berfoto siluet dengan latar sunset yang merona. Jadi, abadikan setiap momen ketika berada di sini.

Wisata Kuliner Pesisir

Jangan pulang dulu sebelum mencicipi wisata kuliner khas pesisir Bengkulu yang ada di objek wisata ini. Ada banyak warung di objek wisata ini. Lokasinya persis di dekat trotoar di tepi laut.

Warung-warung ini berjejer memanjang dan Anda bisa memilih menu apa saja. Semua makanan dan minuman yang ada di sini sangat terjangkau sehingga Anda bisa menikmati menu khas pesisir ini tanpa khawatir akan harganya.

Fasilitas di Pantai Panjang Bengkulu

cafe di pantai panjang bengkulu

Fasilitas objek wisata Bengkulu ini sudah cukup memenuhi kebutuhan kenyamanan para pengunjung. Ada toilet, tempat parkir luas, mushola, hingga gazebo serta kursi-kursi untuk duduk santai menikmati suasana alam bahari yang menenangkan.

Bagi pengunjung yang ingin menginap, di dekat lokasi wisata ini juga sudah tersedia berbagai pilihan penginapan. Anda bisa memilih tipe kamar sesuai dengan budget atau jumlah orang yang akan menginap.

Jam Buka Pantai Panjang Bengkulu

Oleh karena memang tidak ada biaya tiket masuk, objek wisata ini selalu buka 24 jam tanpa ada hari libur. Jadi Anda bisa datang kapan saja dan jam berapa saja.

Sekarang, Anda bisa merencanakan liburan ke tempat ini bersama dengan keluarga atau teman. Apalagi lokasinya ada di dekat pusat kota dan dekat dengan pusat oleh-oleh khas Bengkulu kekinian.

Salsa Wisata dapat menjadi pilihan terbaik untuk menjelajahi Pantai Panjang Bengkulu dan destinasi wisata Bengkulu lainnya. Sehingga selain menikmati keindahan pantai, Anda pun bisa menikmati wisata kuliner, wisata budaya Bengkulu, oleh-oleh, dll.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)