SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Sebagai daerah yang kaya akan pantai, Gunung Kidul seakan tak pernah lekang oleh wisata pantainya yang terus eksis sepanjang zaman. Pantai Seruni adalah salah satunya yang menjadi favorit wisatawan.

Tempat wisata Gunungkidul Jogja yang satu ini patut Anda perhitungkan sebagai destinasi akhir pekan bersama keluarga. Sebab, bentang alam dan suasananya sangat mendukung aktivitas liburan dan sarana melepas penat.

Namun sebelum berangkat menuju lokasi ini, ada baiknya Anda menyimak beberapa informasi penting berikut.

Sekilas Tentang Pantai Seruni

Destinasi wisata Pantai Seruni ini bisa Anda jumpai di kawasan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berbagai pemandangan eksotis menghiasi setiap sudut pantai ini.

Nama Seruni mempunyai makna tersendiri. Kata “seruni” berasal dari nama sebuah bunga yaitu Chrysous atau Chrysanthemum yang lebih dikenal dengan Bunga Seruni.

Makna Chrysous atau Chrysanthemum sendiri berarti emas. Menurut warga setempat, adanya pemanfaatan pantai ini sebagai area pariwisata telah membawa kesempatan emas bagi masyarakat.

Kehadiran pantai yang menarik para pelancong untuk berdatangan telah membuka mata pencaharian warga sekitar seperti berjualan di sekitar pantai, membuka persewaan penginapan, dan sebagainya.

Tak hanya emas bagi warga lokal, pantai ini juga merupakan emas bagi para wisatawan. Pasalnya hamparan alam dan pemandangan pantai seakan memanjakan mata setiap pengunjung.

Tak heran destinasi ini masuk ke dalam kategori pantai Gunung Kidul – Jogja yang bagus.

Daya Tarik Pantai Seruni

Wisata Pantai Seruni

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Banyaknya tempat bagus di pantai ini siap memenuhi galeri foto Anda. Agar Anda tak melewatkan hal-hal menarik yang berada di pantai ini, ketahui daya tariknya berikut ini.

Bermain Voli dan Sepak Bola

Keunggulan rekreasi air ini adalah mempunyai bibir pantai yang sangat panjang. Kelebihan tersebut sepatutnya Anda manfaatkan untuk memainkan beberapa olahraga di pesisir pantai.

Beberapa pengunjung yang datang secara rombongan biasanya memainkan permainan bola voli atau sepak bola di bibir pantai.

Aktivitas menyenangkan ini biasanya pengunjung lakukan saat sore hari. Jadi wajar saja saat menjelang sore, area bibir pantai ini akan ramai. Sayangnya, area ini sangat tidak mendukung kegiatan berenang atau snorkeling.

Kontur pantainya sendiri memang tidak bersahabat untuk melakukan aktivitas di dalam air. Terlebih ombak pantai sangat besar dan ganas.

Pengunjung yang ingin melakukan surfing pun akan terkendala oleh ombak pantai yang terlampau berbahaya.

Memancing

Selain memainkan voli dan sepak bola di bibir pantai, Anda bisa melakukan kegiatan seru lainnya, seperti memancing. Anda bisa membawa alat pancing sendiri atau menyewa di persewaan sekitar pantai.

Lokasi khusus memancing berada di sisi Timur pantai. Lebih tepatnya berada di tebing pantai. Untuk mencapai lokasi pemancingan ini, Anda harus memanjat tebing terlebih dahulu agar bisa mendapatkan kawasan pancing yang pas.

Perairan di bawah tebing adalah air tawar yang alirannya sangat deras dan tidak pernah berhenti. Alhasil, spot ini menjadi spot yang penuh dengan ikan dan hewan-hewan laut lainnya. Udara sejuk sekitar pantai siap menemani aktivitas memancing pengunjung.

Agar aktivitas memancing tidak bosan, sebaiknya Anda membawa camilan khas dari Gunung Kidul yang ringan. Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh yang Anda lewati saat perjalanan menuju ke lokasi wisata pantai.

Salah satu pusat oleh-oleh yang paling terkenal adalah pusat oleh oleh khas Gunung Kidul Mbak Tiwiek. Harganya murah dan pilihannya sangat beragam.

Sambil menunggu ikan terjebak karena memakan umpan pancing, Anda bisa sesekali menyantap camilan enak yang sudah Anda bawa.

Pesona Sunrise dan Sunset

Pengalaman berlibur Anda akan semakin mengesankan dengan meluangkan waktu untuk menyaksikan fenomena alam harian, yaitu matahari terbit dan tenggelam di pantai ini.

Saat pagi hari, matahari terbit melukiskan langit kuning keemasan. Ditemani dengan angin laut yang berhembus lembut, membuat suasana pagi di pantai ini terasa begitu romantis, tenang, dan syahdu.

Sementara saat senja, matahari siap tenggelam dengan memberi pertanda melalui langit oranye dan jingga yang bercampur. Momen yang menakjubkan ini sangat sayang bila Anda lewatkan.

Usai puas nikmati sunset, Anda bisa mendirikan tenda di sekitar pantai lalu bermalam menikmati romantisasi wisata malam di pantai ini.

Namun bagi yang tak ada rencana berkemah, rekomendasi hotel murah di Jogja tentu bisa jadi pilihan yang pas. Tak harus booking hotel di dekat pantai karena memang ketersediaannya terbatas.

Sesungguhnya ada cukup banyak rekomendasi hotel atau jenis penginapan lain di daerah Wonosari kota atau di sekitar destinasi wisata Gunung Kidul yang sudah tenar dan berfasilitas.

Anda dapat reservasi kamar hotel atau villa di sini dengan harga yang bersahabat. Dan tentunya nyaman dan aman.

Camping

Ingin merasakan suasana malam dengan ditemani suara desiran ombak? Anda bisa merasakan pengalaman tersebut dengan melakukan aktivitas camping di pantai ini.

Tidak hanya saat langit cerah saja yang menawan, pemandangan malam di salah satu pantai Gunung Kidul tercantik ini juga tak kalah cantik.

Bintang-bintang yang membanjiri langit malam meneduhkan pantai yang satu ini. Api unggun siap memecah suasana dingin dan menghadirkan kehangatan bagi pengunjung yang sedang berkemah.

Kegiatan berkemah semakin sempurna dengan menikmati ikan hasil memancing. Bila Anda tak sempat memancing, Anda bisa membeli ikan-ikan mentah di sekitar pantai. Kemudian memasak ikan bersama teman atau keluarga di tepi pantai.

Jika tak ingin praktis, Anda bisa membeli Tiwul, Belalang Goreng, Tempe Mlanding, atau Gatot makanan khas Gunung Kidul yang kemudian menjadi teman bersantai saat sedang menghangatkan diri di dekat api unggun.

Air Terjun

Perbedaan objek pantai ini dengan pantai di Gunung Kidul pada umumnya adalah adanya wisata air terjun di area destinasi ini. Ketika musim hujan tiba, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan air terjun di dekat pantai.

Area tebing yang menjulang tinggi mengeluarkan air secara deras sehingga membentuk air terjun. Sayangnya, saat musim kemarau wisatawan tidak bisa melihat pemandangan langka ini.

Namun air tetap mengalir melalui celah-celah tebing dengan kuantitas yang sedikit, seperti air merambat dari pori-pori tebing.

Air terjun yang jatuh ke dasar kolam alami berasal dari air sungai yang pada akhirnya bermuara di lautan.

Kolam alami di bawah guyuran air terjun ini rupanya juga menjadi spot memancing. Ratusan ikan hidup di dalam kolam ini. Banyak pengunjung yang memancing di kolam ini.

Spot Foto Instagramable

Bukan pantai Gunung Kidul namanya kalau tidak menyuguhkan spot-spot foto kekinian. Duduk di batu karang adalah spot foto yang wisatawan tak pernah lewatkan.

Tebing-tebing yang eksotis cocok sebagai lokasi foto pre-wedding. Langit senja dan deburan ombak di bawah tebing siap mempercantik foto pasangan yang sedang melakukan sesi foto untuk hari yang paling dinantikan.

Agar liburan bersama pasangan semakin romantis, gunakan paket honeymoon Jogja 2 hari 1 malam dengan berbagai pilihan fasilitas yang berkelas. Salsa Wisata akan memanjakan perjalanan wisata secara personal bersama pasangan.

Fasilitas di Kawasan Wisata Pantai Seruni

Tiket Masuk Pantai Seruni

Wisata Pantai Selatan Jogja ini mendapat perhatian yang baik dari pengelola pariwisata setempat. Beberapa fasilitas pendukung bisa pengunjung manfaatkan, diantaranya toilet, kamar mandi, dan mushola.

Area parkir juga cukup luas dan mampu menampung  beberapa kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Sebenarnya area parkir di sini masih bisa memuat kendaraan besar seperti bus.

Hanya saja akses jalan menuju lokasi ini belum memadai untuk dilewati kendaraan besar seperti bus.

Beberapa gerai makanan atau warung makan banyak berdiri di tepi pantai. Sambil menikmati wisata alam, Anda bisa juga mencicipi kuliner Gunung Kidul di tempat rekreasi ini.

Ada banyak makanan lezat yang bisa Anda santap. Citarasanya pun tak kalah maknyus dengan citarasa menu-menu di tempat makan hits di Gunung Kidul.

Harga Tiket Masuk Pantai Seruni

Sama halnya dengan tempat wisata terdekat, yaitu Pantai Watu Lawang, harga tiket masuk Pantai Seruni ini terbilang murah. Biaya masuk objek wisata ini tidak termasuk biaya parkir kendaraan. Jadi, Anda harus membayar biaya parkir tersendiri.

Berikut adalah info HTM terbaru destinasi wisata pantai ini plus tarif retribusi parkirnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp10.000,00
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Pembelian tiket masuk di atas sudah mengakomodasi seluruh fasilitas di wilayah ini, kecuali parkir kendaraan. Hanya saja, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Rute Menuju Lokasi Pantai Seruni

Lokasi Pantai Seruni

Waktu tempuh menuju lokasi ini memerlukan 2 jam perjalanan dari pusat kota. Akses jalan yang berkelok-kelok dan tanjakan tajam siap menyambut perjalanan wisata Anda ke pantai ini. Oleh karena itu sebaiknya Anda membawa kendaraan pribadi baik motor atau mobil.

Karena akses jalanan menuju obyek wisata ini sangat menantang, kami sarankan Anda menggunakan jasa sopir dari layanan sewa mobil Jogja dengan sopir. Selain Anda akan lebih bisa menikmati perjalanan, Anda juga tidak akan kelelahan akibat menyetir sendiri.

Adapun lokasi Pantai Seruni yaitu ada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Letaknya tepat berdampingan dengan pantai baru, yaitu Pantai Watunene dan sebelah Timur dari Pok Tunggal.

Anda bisa menggunakan rute yang sama dengan rute menuju ke Pantai Baron, yaitu Imogiri lalu ke Panggang dan Saptosari, baru kemudian ke Tepus.

Sesampainya di Tepus, ikuti Jalan Pantai Selatan Jawa hingga menjumpai pertigaan sebelum Pantai Pok Tunggal. Di sekitar itu nanti ada sebuah papan petunjuk yang mengarahkan wisatawan menuju ke lokasi pantai ini.

Jam Buka Pantai Seruni

Anda dapat datang dan berekreasi di pantai ini tidak hanya hari libur saja. Karena Anda tetap bisa menikmati wisata pantai ini pada hari Senin sampai Jumat. Hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional tetap beroperasi.

Seperti pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, jam buka Pantai Seruni Jogja ini tidak ada batasnya. Alias akan selalu buka selama 24 jam nonstop.

Sebaiknya Anda datang saat pagi hari karena udaranya masih segar. Terlebih pengunjung belum begitu ramai sehingga Anda bisa lebih leluasa berburu foto tanpa berebut spot terbaik dengan pengunjung lain.

Rupanya Pantai Seruni Gunung Kidul kaya memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Apakah Anda ingin melihat kemegahan pantai ini dengan mata telanjang? Langsung saja pesan paket tour ke Jogja dari Salsa Wisata. Kami siap mengantarkan Anda ke destinasi hits Gunung Kidul ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)