SalSari Resto & Coffee

Pasar Sentral Makassar atau memiliki nama lain New Makassar Mall adalah pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai produk dengan harga murah. Tempatnya bahkan sudah menjadi area wisata belanja Makassar terkenal berbagai kebutuhan.

Bahkan tempat ini cenderung untuk kelas menengah bawah sebab banyaknya kios dan pedagang kaki lima. Tapi, dalam waktu dekat akan ada revitalisasi untuk mempercantik kawasan pedagang kaki lima agar lebih tertata.

Sekilas Tentang Pasar Sentral Makassar

interior Pasar Sentral Makassar

New Makassar Mall adalah nama baru untuk menyebut kawasan pasar sentral. Seperti namanya, sebelumnya kawasan ini adalah pasar tradisional kemudian pihak pemkot melakukan perbaikan dengan membangun mall.

Oleh sebab itu, konsep mall ini juga seperti pasar modern, yakni menggunakan ruko-ruko untuk para pedagang. Secara umum ada dua kategori yakni pedagang atau pasar basah dan pasar kering.

Mall ini memiliki 9 lantai dan zona jualan dari basement hingga lantai 5. Sedangkan lantai 6 untuk area parkir kendaraan dan lantai 7 untuk kantor pengelola serta masjid. Untuk pasar basah berada di basement.

Pasar basah ini merujuk pada pedagang buah dan sayur khas pasar tradisional. Mereka juga menjual daging dan ikan. Sedangkan pasar kering menjual pakaian, tas, sepatu dan lainnya termasuk aksesoris.

Rute Menuju Pasar Sentral Makassar

Pasar Sentral Makassar, New Makassar Mall atau Makassar Central Market adalah nama tempat yang sama. Lokasi Pasar Sentral Makassar berada di Jl. Kyai H. Agus Salim, Ende, Kec. Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Letaknya berada di pusat kota tapi lebih dekat ke arah pantai. Anda bisa menggunakan rental Mobilio lepas kunci Makassar untuk berkunjung ke pasar sentral ini. Jika berencana memborong belanjaan, sewa mobil adalah pilihan tepat.

Fasilitas Pasar Sentral Makassar

eskalator Pasar Sentral Makassar

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan fasilitas Pasar Sentral Makassar. Ada fasilitas parkir yang luas baik di depan mall maupun di lantai 6. Sehingga kondisi jalan di depan pasar sentral kini sudah tidak macet lagi.

Selain parkir, ada toilet, foodcourt atau kios makanan, masjid, tempat bermain dan pastinya masih ada banyak kios yang kosong. Bagi yang ingin menyewanya, bisa langsung segera menghubungi pihak pengelola.

Aktivitas Menarik di Pasar Sentral Makassar

Pasar Sentral Makassar menawarkan berbagai kegiatan menarik untuk para pengunjungnya. Mulai dari belanja fashion murah dan grosir hingga belanja keperluan harian baik buah, sayur maupun daging.

Belanja Pakaian dan Tekstil Murah (Grosir)

kios kain Pasar Sentral Makassar

Pakaian dan tekstil menjadi komoditas penting di pasar ini. Bahkan jumlahnya paling banyak. Pengunjung bisa membeli pakaian jadi dan tekstil atau yang masih dalam berwujud kain dengan harga yang miring.

Lokasi untuk pedagang pakaian jadi dan tekstil berada di basement, lantai dasar, lantai 1 dan lantai 2. Anda tinggal pilih saja mau membeli dari kios mana. Hampir semua jenis pakaian ada dengan beragam jenis bahan.

Ada jeans, jaket, pakaian muslimah, anak-anak dan banyak lagi. Menariknya, pengunjung bisa membeli pakaian dengan harga grosir, khususnya yang membeli dalam jumlah banyak seperti ingin membuat pakaian seragam.

Wajar saja pasar yang berada dekat dengan Pantai Losari ini selalu ramai dengan pengunjung yang ingin membeli pakaian harga grosir. Untuk kualitas produknya juga cukup bagus karena biar murah tetapi tidak murahan.

Belanja Tas, Sepatu dan Aksesoris Murah

kios tas Pasar Sentral Makassar

Selain pakaian, Pasar Sentral Makassar juga menyediakan kios-kios yang menjual tas, sepatu dan aksesoris. Pastinya dengan harga yang sangat terjangkau layaknya harga di pasar tradisional.

Kios tas, sepatu dan aksesoris di mall yang jaraknya 8 km dari Trans Studio Makassar ini ada di beberapa lantai. Di lantai basement letaknya ada di Blok B bersebelahan dengan barang pecah belah atau Blok C.

Selain di basement, kios yang sama juga bisa Anda temui di lantai 3. Untuk koleksi baik tas maupun sepatunya cukup lengkap dan pastinya harganya sangat terjangkau. Kualitasnya juga cukup baik walau harganya murah.

Tenang, bukan hanya pakaian saja, tetapi harga ecer dan grosir juga berlaku untuk pembelian tas, sepatu dan aksesoris. Jenis sepatunya cukup lengkap mulai dari yang kasual atau santai hingga formal.

Menemani Anak Bermain

wahana anak Pasar Sentral Makassar

Walaupun tidak sekomplit permainan di taman hiburan Makassar lainnya, Makassar Central Market juga menyediakan beberapa wahana bermain anak. Umumnya adalah wahana seperti odong-odong, di mana permainannya menggunakan koin.

Tapi ada juga beberapa permainan lain yang bisa anak-anak mainkan. Sehingga orang tua bisa istirahat setelah capek belanja dan berkeliling, sementara anak-anak bisa bermain sepuasnya.

Walau jumlah wahananya terbatas, tapi cukup untuk membuat anak-anak dan orang tua merasa senang. Orang tua bisa istirahat sambil duduk dan menunggu anak-anak yang bermain. Sehingga mereka pun tidak akan rewel.

Menikmati Wisata Kuliner Khas

Pasar sentral ini juga memiliki sejumlah kios makanan atau kuliner. Bagi pecinta wisata kuliner, bisa berkunjung ke beberapa titik spot wisata kuliner Makassar enak di sini. Untuk yang paling ramai berada di basement dan lantai 1. Ada beberapa warung makanan.

Layaknya pedagang di pasar tradisional, pedagang makanan di sini juga menyajikan makanan basah seperti sayur dan nasi. Jika ingin membeli jajanan, bisa datang ke pujasera atau pusat jajanan serba ada.

Ada beberapa menu tradisional dan makanan khas Makassar terkenal yang mereka jual. Tentu saja, Anda pun tidak perlu khawatir dengan minumannya karena mereka memiliki menu minuman segar dengan harga yang bersahabat.

Cuaca di siang hari, di area pasar sentral ini cukup panas sehingga menikmati segelas es dapat membantu mengurangi dahaga. Beberapa minuman yang ada di sini seperti es teh,es jeruk hingga es kopi dan ada juga yang hangat.

Berburu Oleh-Oleh Khas

kios aksesoris Pasar Sentral Makassar

Di antara kios yang ada di Pasar Sentral Makassar, ada yang menjual oleh-oleh. Jenis oleh-olehnya juga cukup beragam dan pastinya harganya juga murah seperti harga oleh-oleh di pasar tradisional.

Jika tidak menemukan oleh-oleh kain khas Makassar di dalam pasar sentral ini, Anda bisa menemukan di luar pasar, di area sekitarnya. Ada berbagai kios oleh-oleh di dekat pasar sentral dengan cita rasa yang otentik.

Berburu Diskon Ramadhan dan Lebaran

kios baju Pasar Sentral Makassar

Di bulan Ramadhan, apalagi mendekati hari lebaran Idul Fitri suasana di pasar ini sangat ramai dengan para pembeli. Mereka berburu harga diskon dan berbagai perlengkapan lebaran termasuk pakaian.

Anda bisa menemukan pakaian jadi untuk lebaran atau membeli kain untuk kemudian Anda jahit sendiri. Suasana yang sangat ramai ini sudah umum dan menjadi kebiasaan setiap menjelang hari raya Idul Fitri.

Oleh sebab itu, jika datang di saat-saat seperti ini, Anda harus siap untuk merasa lelah dan panas. Apalagi siang hari, dapat membuat dahaga. Tapi nyatanya suasana seperti ini selalu ramai karena memang harganya murah.

Jam Buka Pasar Sentral Makassar

Pasar Sentral Makassar buka setiap hari dari pagi pukul 06.00 sampai pukul 18.00 WITA. Sebelum malam, aktivitas di pasar ini sudah sepi. Sehingga sebaiknya datang ke sini pagi hari jika ingin mencari berbagai kebutuhan.

Agar perjalanan menuju Pasar Sentral Makassar lebih nyaman, apalagi jika ingin memborong sesuatu, manfaatkan jasa dari Salsa Wisata. Ada layanan paket wisata dan rental kendaraan untuk berbagai keperluan.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)