SalSari Resto & Coffee

Sedang berada di Solo dan terbesit ingin window shopping barang antik? Langsung saja arahkan kendaraan Anda ke Pasar Triwindu Solo. Ada beragam barang antik dan tiruannya yang bisa Anda jumpai di sini.

Pasar ini memang menjual produk khusus berupa barang antik. Mulai dari karya patung, lampu, perkakas dapur, perkakas rumah tangga, ornamen, dan masih banyak lainnya. Untuk tahu lebih detail, mari simak info selengkapnya berikut ini.

Sekilas Tentang Pasar Triwindu

alamat Pasar Triwindu solo

Pasar Triwindu adalah sebuah pusat penjualan barang antik dan tiruannya di Keprabon, Kota Solo. Tempat ini kerap didatangi oleh wisatawan, terutama wisatawan luar daerah yang hobi koleksi barang antik.

Lambat laun, pasar ini menjadi tempat wisata Solo kota yang spesial karena hanya menyuguhkan barang-barang antik sebagai daya tarik utamanya. Tampilan pasar yang jadoel juga turut menjadi daya tarik tersendiri.

Kawasan ini sudah berdiri sejak tahun 1939. Sejarah Pasar Triwindu ini dibangun untuk menyemarakkan acara naik tahta Adipati Sri Mangkunegara VII. Meski sudah berdiri lama, namun peresmian pasar tersebut baru dilakukan pada tahun 2011.

Lokasi Pasar Triwindu

Alamat Pasar Triwindu berada di Jalan Diponegoro, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah. Lokasi Pasar Triwindu sendiri sangat strategis sehingga bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi dan transportasi umum.

Pilihan rute terbaiknya jika berangkat dari area Stasiun Balapan adalah via Jalan Gajah Mada. Kemudian belok kiri ke Jalan Kalimantan dan belok kanan di Jalan Tarakan.

Teruskan ke Jalan Jageran lalu belok kiri setelah Mie Bandung Lek Gi Aneka Steak (di sebelah kanan). Anda bisa mengambil jalur sebelah kanan dan tetap di Jalan R.M. Said. Lalu belok kanan ke Jalan Kartini, belok kiri ke Jalan Ronggowarsito.

Belok kanan lagi ke Jalan Diponegoro, kemudian belok kiri ke area pasar. Anda bisa cek Google Maps sebagai panduan. Atau lebih mudahnya lagi Anda bisa manfaatkan paket rental mobil di Stasiun Solo Balapan dari Salsa Wisata.

Jam Buka Pasar Triwindu

Pasar barang antik Kota Solo ini beroperasi setiap hari dan juga saat hari libur nasional. Jam buka Pasar Triwindu Surakarta dari pagi, tepatnya mulai dari jam 09.00 sampai dengan jam 16.00 WIB.

Jika Anda tergabung dalam peserta paket wisata Solo Karanganyar, pastikan Anda berkunjung ke pasar ini di waktu yang tepat. Sebagai tour organizer, Salsa Wisata mengetahui waktu kunjungan terbaik ke pasar ini. Jadi, Anda tak perlu cemas.

Harga Tiket Masuk Pasar Triwindu

Sama dengan Pasar Klewer, tidak ada tiket masuk Pasar Triwindu karena pasar ini adalah bagian dari fasilitas publik. Anda dan pengunjung lainnya hanya perlu membayar tarif retribusi parkir kendaraan.

Di bawah ini adalah daftar tarif retribusi parkir kendaraan yang terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Daya Tarik Pasar Triwindu

Pasar barang antik ini sudah berusia puluhan tahun. Meski demikian, pasar ini tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengoleksi barang antik maupun para pengunjung wisata.

Di samping itu, ada beberapa daya tarik lainnya yang mungkin tidak banyak wisatawan tahu. Berikut daya tarik lainnya:

Nostalgia dengan Barang Jadoel

Berkunjung ke pasar ini bisa membuat Anda seolah kembali masa lalu. Anda akan bisa melihat para pedagang menjual berbagai barang antik dan unik.

Barang antik tersebut bisa menjadi oleh-oleh khas Solo kekinian selain makanan dan souvenir. Anda bisa melihat lorong sempit yang berisi kios-kios dengan lampu gantung peninggalan Belanda.

Selain lampu, Anda juga akan menemukan barang antik lainnya. Sebut saja TV lawas, mesin ketik, kaset, mesin jahit, patung, hingga perabot rumah. Harga barang di pasar ini pun bermacam-macam. Mulai puluhan ribu rupiah.

Namun jangan salah, tidak semua barang yang tersedia di sini merupakan barang bekas. Ada juga sejumlah kios yang menyediakan barang baru. Sebab selain menjadi pasar antik, tempat ini juga merupakan pasar kerajinan.

Jalan-jalan di Area Pasar

Pasar Triwindu di solo

Ketika masuk ke kawasan pasar ini, Anda akan disambut oleh bangunan lawas khas Jawa Tengah. Anda dapat melihat bangunan pasar yang megah meski dengan struktur dan desain lama.

Anda bisa berkeliling pasar dan melihat berbagai barang-barang di sana. Ada jalur pejalan kaki yang bisa Anda gunakan untuk jalan-jalan di kawasan tersebut.

Belanja

Berkunjung ke sebuah pasar akan terasa hambar jika tanpa belanja. Anda bebas memilih barang yang hendak Anda beli. Untuk jenis barang yang dijual, sangat variatif.

Selain kategori barang antik, ada kategori barang lainnya. Salah satunya adalah karya kerajinan. Kemudian untuk range harganya juga bervarisi. Mulai dari puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Untuk Anda yang berencana untuk memborong barang antik dalam jumlah banyak, ada baiknya gunakan rental Hiace Solo. Tujuannya untuk mudahkan Anda dalam mengangkut barang-barang belanjaan Anda dengan aman.

Mengabadikan Momen dengan Berfoto

Hal yang pastinya tidak akan terlewat ketika berkunjung ke tempat wisata adalah mengabadikan momen. Anda bisa berfoto di berbagai spot instagramable di lokasi tersebut.

Sejumlah spot yang menjadi favorit pengunjung adalah halaman masuk, tangga, hingga toko-toko di sana. Dengan sentuhan yang sederhana, Anda akan mendapatkan foto yang menarik dan cocok untuk postingan media sosial.

Tidak hanya saat berkeliling, Anda juga bisa berfoto saat menikmati wisata kuliner Solo legendaris yang terkenal dengan cita rasanya. Dengan latar belakang toko barang antik, foto Anda akan terlihat sangat menarik.

Fasilitas Pasar Triwindu

Pasar Triwindu tutup jam berapa

Sarana fasilitas yang tersedia di Pasar Loak Triwindu ini cukup lengkap. Pengunjung yang datang ke tempat ini akan mendapati sejumlah fasilitas seperti:

  • area parkir kendaraan
  • toilet umum
  • mushola
  • warung makan

Habiskan momen liburan dengan mengunjungi pasar barang antik memang sebuah kegiatan langka. Mungkin hanya para pecinta barang antik saja yang senang melakukannya.

Akan tetapi jika Anda penasaran dengan Pasar Antik Triwindu Solo, tak ada salahnya untuk berkunjung. Bisa sekedar cicipi makanan khas Solo terkenal yang ada di dalam area pasar. Gunakan layanan paket wisata dari Salsa Wisata untuk mengakomodasi acara liburan Anda.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)