SalSari Resto & Coffee

Siapa yang tidak mengenal Pelabuhan Tanjung Perak? Ini adalah pelabuhan tersibuk kedua di Indonesia setelah Pelabuhan Merak. Pelabuhan di Surabaya ini memiliki peranan yang penting di bagian Timur Pulau Jawa.

Selain itu, tempat ini juga bisa menjadi destinasi wisata seru untuk melihat kapal, sunset, hingga kulinernya. Tak jarang banyak masyarakat Surabaya yang menjatuhkan pilihan pelabuhan ini sebagai destinasi liburan.

Sejarah Pelabuhan Tanjung Perak

Tanjung perak surabaya

Sebelum menggunakan nama Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, tempat ini bernama Hujung Galuh. Kata hujung memiliki arti tumpukan endapan lumpur atau pasir dari aliran sungai dan membentuk daratan.

Hujung ini mirip dengan sebuah tanjung. Sedangkan galuh berarti emas atau perak yang menjadi alat tukar utama perdagangan di masa lampau antar saudagar lokal maupun internasional.

Jadi, Hujung Galuh memiliki arti sebagai tanjung yang terdapat aktivitas jual beli dengan menggunakan emas atau perak sebagai alat tukarnya. Pembangunan pelabuhan ini mulai terjadi sejak 1910.

Kemudian, bangunan ini rampung dan resmi beroperasi untuk umum mulai tahun 1925. Kini, selain aktif beroperasi sebagai dermaga terbesar, Tanjung Perak juga menjadi destinasi dalam paket wisata Surabaya Bali pilihan para wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pelabuhan Tanjung Perak

Bagi wisatawan yang hendak datang ke tempat wisata Surabaya kota ini tidak perlu khawatir dengan tiket masuknya. Sebab, tidak ada tiket masuk Pelabuhan Tanjung Perak.

Pengunjung juga tidak akan dipungut biaya parkir kecuali untuk keperluan bongkar-pasang muatan. Khusus untuk kegiatan tersebut, ada biaya parkir tersendiri.

Rute Menuju Lokasi Pelabuhan Tanjung Perak

wisata pelabuhan tanjung perak

Alamat Pelabuhan Tanjung Perak terletak di Perak Bar, Kec. Krembangan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Lokasinya berada dekat dengan pusat kota.

Agar perjalanan menuju lokasi lebih mudah dan nyaman, Anda bisa memanfaatkan jasa rental mobil Surabaya murah. Selain itu juga, dengan sewa mobil Anda bisa berkunjung ke wisata lainnya.

Rute yang dapat Anda tempuh yaitu via Jalan Perak Bar atau bisa juga via Jalan Kapasari dengan waktu tempuh kurang dari 20 menit.

Daya Tarik Pelabuhan Tanjung Perak

Tanjung Perak Surabaya bukan hanya sebagai terminal dermaga yang melayani para penumpang, tapi juga bisa menjadi tempat wisata. Ada banyak daya tarik yang dapat menjadi magnet bagi para wisatawan. Berikut daya tariknya:

Wisata Edukasi dan Melihat Kapal di Dermaga

Melihat mobil adalah hal yang biasa bagi banyak orang begitu juga dengan anak-anak. Tapi, melihat kapal-kapal besar yang bersandar adalah pemandangan yang jarang.

Kapal-kapal ini hanya bisa Anda lihat di dermaga atau pelabuhan besar seperti Tanjung Perak ini. Pemandangan yang terbilang langka ini tentu bisa Anda nikmati bersama keluarga. Anak-anak pasti akan menyukainya.

Selain dapat memberi edukasi secara langsung, mengajak anak-anak berkunjung ke sini juga akan memberi referensi tempat liburan yang unik. Jadi anak-anak tak hanya akan mengenal Kidzania Surabaya saja sebagai tempat liburan mereka.

Menjelajah Surabaya North Quay

Surabaya North Quay

Di salah satu sudut pelabuhan, ada tempat bernama Surabaya North Quay. Ini sebenarnya adalah terminal untuk ruang tunggu penumpang kapal. Tapi, dengan tambahan beberapa fasilitas yang instagramable, kini tempat ini jadi destinasi wisata.

Untuk memasuki area Surabaya North Quay pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orang. Di dalamnya terdapat semacam balkon untuk melihat kapal dari jarak yang lebih dekat.

Selain itu, terdapat wisata kuliner Surabaya murah dan enak berkat adanya cafe kekinian di area ini. North Quay juga menyediakan berbagai spot foto instagramable. Wajar jika setiap hari, terutama akhir pekan, tempat ini ramai akan wisatawan.

Sailing Fun Trip

pelabuhan tanjung perak

Selain melihat sunset, ada wahana baru yang ada di pelabuhan. Wahana atau fasilitas ini bernama Sailing Fun Trip. Seperti namanya, ini adalah kegiatan wisata dengan berlayar mengelilingi area pelabuhan.

Setidaknya, ini dapat menjadi pengalaman berharga untuk anak-anak yang baru pertama kali menaiki kapal. Bukan hanya itu, kegiatan ini sangat menyenangkan karena Anda dapat melihat pelabuhan dari sudut yang berbeda.

Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi semacam tour wisata tapi menggunakan kapal.

Untuk bisa mengikuti kegiatan seru ini, ada biaya tersendiri dan jadwalnya hanya tiap akhir pekan saja. Ada dua kloter yakni tiap jam 15.00 dan 17.00 WIB. Jika ingin melihat sunset, pilih kloter kedua. Biaya tiketnya Rp75.000,00 per orang.

Menikmati Sunset yang Indah Berlatar Kapal

tarif jasa pelabuhan tanjung perak

Pelabuhan Tanjung Perak juga menyajikan pemandangan indah berupa sunset. Layaknya berada di ujung daratan, sunset di sini dapat Anda lihat dengan bentuk bulat sempurna. Sebab, tidak ada objek lain yang menghalangi pandangan.

Sesekali kapal yang berlayar terlihat ‘membelah’ view sunset dari kejauhan. Pemandangan ini tentu saja bisa menjadi latar foto yang menakjubkan.

Ada banyak tempat untuk menyaksikan keindahan sunset yang merona. Salah satunya berada di Surabaya North Quay. Sebab, di area ini sudah ada fasilitas untuk melihat sunset yang nyaman dan strategis.

Wisata Kuliner Enak dan Murah

Di dalam area pelabuhan ada banyak sekali warung makan hingga cafe untuk para pecinta kuliner. Bahkan tidak sedikit yang menyajikan makanan khas Surabaya Jawa Timur dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika ingin sambil menikmati pemandangan, bisa memilih warung atau cafe yang berada di tepian atau yang menyediakan area rooftop. Area inu sangat cocok untuk kegiatan dinner bersama dengan orang tercinta.

Wisata kuliner di sini mayoritas berupa jajanan dan makanan berat. Bukan hanya itu, di beberapa ruas jalan Anda juga bisa menjumpai street food dengan harga yang lebih terjangkau.

Fasilitas di Pelabuhan Tanjung Perak

pelabuhan tanjung perak alamat

Berkunjung ke pelabuhan memang menjadi salah satu wisata yang menarik bagi keluarga. Apalagi fasilitasnya juga lengkap. Adapun fasilitas Pelabuhan Tanjung Perak seperti parkir luas, toilet, dan mushola.

Selain itu, masih banyak fasilitas lain yang akan membuat pengunjung merasa nyaman. Bahkan ada banyak warung yang menyajikan makanan khas Surabaya dengan harga yang murah.

Di sekitar area pelabuhan juga ada cukup banyak kios-kios penjual oleh-oleh khas Surabaya murah namun berkualitas. Anda bisa memborongnya untuk keluarga di rumah.

Jam Buka Pelabuhan Tanjung Perak

Tanjung Perak buka setiap hari. Jam buka Pelabuhan Tanjung Perak ini 24 jam tanpa henti karena memang melayani kapal-kapal yang terus berdatangan. Tapi jika bertujuan wisata ke sini, bisa memilih datang sore hari sembari menunggu sunset.

Dari ulasan singkat ini saja, Tanjung Perak sangat menarik untuk Anda jadikan sebagai destinasi liburan, terutama bersama keluarga. Ada banyak nilai edukasi yang bisa didapat dari tempat ini.

Untuk itu, agar keluarga tetap nyaman selama liburan, pastikan memilih paket wisata yang tepat. Salsa Wisata menawarkan paket wisata ke Surabaya dengan harga yang ramah di kantong dan dengan destinasi wisata yang hits. Termasuk ke Pelabuhan Tanjung Perak ini.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)