earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Kurang lengkap rasanya jika Anda liburan ke Banyuwangi tanpa menyambangi Pulau Menjangan. Mungkin popularitas pulau ini masih jauh di bawah gili-gili yang ada di Bali dan Lombok.

Tapi soal potensi wisata dan kekayaan biota lautnya, tentu setara dengan gili-gili terkenal di Indonesia.

Pulau kecil ini menyuguhkan view laut seindah Hawai. Ada banyak spot strategis untuk snorkeling dan diving di pulau cantik ini.

Kemudian bibir pantai yang luas dan landai membuat pulau ini sangat ideal untuk bermain air, pasir, ataupun berenang seolah di Gili Meno.

Ombak lautnya cenderung tenang dan arus lautnya kecil. Tentu hal ini akan membuat siapapun yang ingin berenang dapat terjamin keamanannya.

Sekilas Tentang Pulau Menjangan

Pulau ini sering menjadi destinasi bersama dengan Pulau Tabuhan karena keduanya berdekatan. Keduanya juga sama-sama berada di Selat Bali. Hanya saja secara administratif, lokasi kedua pulau ini berbeda.

Pulau Tabuhan masuk dalam wilayah Kabupaten Banyuwangi, sedang pulau ini masuk dalam wilayah Bali. Pulau Menjangan memiliki view bawah laut yang luar biasa memukau.

Karena keindahannya inilah kemudian pulau ini mendapat julukan kepingan surga Pulau Dewata.

Nama ‘menjangan’ sendiri memiliki arti kijang atau rusa. Pasalnya, di musim-musim tertentu, rusa-rusa liar akan terlihat berenang menuju pulau ini. Tak heran jika wisatawan masih bisa menjumpai rusa-rusa liar di pulau ini.

Meski terpisah oleh selat, pulau kecil ini masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Hampir semua area pulau ini menyajikan bentang alam yang asri dan natural, khususnya alam bawah lautnya yang masih sangat asli.

Sayangnya belum banyak informasi yang kami dapat seputar pulau ini. Informasi yang beredar justru berasal dari para turis asing yang hobi diving di sini.

Harga Tiket Wisata Pulau Menjangan

Tiket masuk tempat wisata Banyuwangi yang terkenal ini cukup murah. Harga tiket ini belum termasuk biaya asuransi dan biaya-biaya lainnya, termasuk diving, snorkeling, dll.

Ada juga biaya paket wisata yang ditetapkan oleh pihak pengelola wisata. Biaya paket wisata yang berlaku untuk wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara tentu saja berbeda.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak daftar harga tiket masuk, biaya asuransi, dan biaya paket wisata terupdate berikut ini:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp15.000,00 per orang
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Rp200.000,00 per orang
Biaya Asuransi Rp4.000,00 per orang
Paket Wisata Rp.750.000,00

Sekedar info, tarif tiket masuk dapat berubah kapan saja. Tarif tersebut juga bisa saja mengalami kenaikan saat kondisi tertentu. Biasanya akan otomatis naik saat puncak musim liburan dan juga libur akhir pekan.

Lalu khusus untuk biaya paket wisata di atas, sudah menjadi ketetapan dari pihak pengelola yang berasal dari Kelompok Nelayan Banyumandi. Mereka memang memiliki kewenangan untuk mengelola potensi wisata yang ada di pulau ini.

Tentu akan menjadi sebuah ide yang cemerlang jika anggota kelompok nelayan ini juga mengoptimalkan potensi lain selain pariwisata di pulau ini. Jual oleh-oleh khas Banyuwangi tahan lama dan Bali, misalnya.

Ide ini pastinya akan mendapat sambutan yang sangat baik mengingat belum tersedia sentra oleh-oleh/ souvenir di sini.

Daya Tarik Pulau Menjangan

Terkait dengan daya tarik, pulau yang jaraknya dekat dengan Pantai Lovina ini memiliki daya tarik utama berupa kekayaan biota laut yang melimpah.

Tak heran jika banyak wisatawan yang ingin mencoba wall diving untuk mengobati rasa penasaran mereka tentang kekayaan nutfah laut ini.

Tapi perlu diingat bahwa wall diving ini hanya bisa dilakukan oleh penyelam profesional dan bersertifikat. Hanya para penyelam dengan skill diving excellent yang boleh melakukan wall diving.

Wall diving ini sangat menantang dan memerlukan skill yang handal untuk melakukan penyelaman dengan baik dan aman.

Sementara itu, mengutip dari situs resmi Pemkab Banyuwangi, tebing bawah laut yang ada di pulau ini membentang dengan posisi vertikal sepanjang 20 hingga 60 meter.

Masih di kawasan dalam laut, ada daya tarik lainnya yang juga tak kalah menarik, yaitu Coral Garden. Seperti namanya, spot ini bak taman bawah laut lengkap dengan flora-fauna laut.

Daya tarik yang terakhir adalah Sandy Slope. Spot ini terbentuk oleh hasil longsoran pecahan batu karang yang sudah tua.

Longsoran karang ini seperti butiran pasir yang tumpah di perairan dangkal. Hasilnya, sebuah akuarium alami dengan air sebening kristal.

Fasilitas Pulau Menjangan

Pulau yang juga menjadi habitat rusa liar ini mempunyai sejumlah fasilitas umum dan fasilitas pendukung wisata. Salah satu fasilitas umum yang dapat Anda temukan adalah sebuah pura.

Kemudian Anda juga dapat menginap di hotel. penginapan, atau homestay yang beroperasi di sini. Ada cukup banyak pilihan dengan fasilitas dan harga sewa yang beragam.

Untuk fasilitas resto atau tempat makan, biasanya menjadi satu dengan hotel, villa, atau homestay.

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan tentu sangat lezat. Ada beberapa diantaranya adalah menu makanan khas Banyuwangi yang enak dan Bali.

Fasilitas lainnya adalah layanan sewa kapal dan perlengkapan untuk diving dan snorkeling. Semua bisa Anda dapatkan dengan harga yang juga beragam.

Lokasi & Rute Menuju Pulau Menjangan

Sebenarnya pulau kecil ini terletak di Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Namun lebih sering dan mudah Anda jangkau bila menggunakan kapal dari Banyuwangi.

Rute menuju ke lokasi ini bisa Anda mulai dari Labuan Lalang lalu menuju Pemuteran dan akhirnya ke lokasi pulau ini.

Dari Denpasar atau dari Banyuwangi menuju ke Labuan Lalang, Anda bisa gunakan mobil sewa dari Salsa Wisata.

Kami menawarkan beberapa pilihan paket terbaik. Salah satunya adalah paket sewa mobil Fortuner VRZ Banyuwangi yang terbukti kualitas performanya.

Jam Operasional Pulau Menjangan

Menjangan Island ini menerima kunjungan wisatawan setiap hari, termasuk hari libur nasional (libur tanggal merah). Jam operasional yang berlaku di surganya para diver ini adalah 24 jam.

Meski beroperasi 24 jam, sangat tidak disarankan untuk berkunjung saat petang atau malam hari. Sebab, spot diving di sini tidak akan tampak saat malam hari.

Bagi Anda yang begitu berminat untuk diving di Pulau Menjangan ini, segera buat agenda liburan ke sini dan segera pilih travel organizer terbaik.

Salsa Wisata dengan pengalaman bertahun-tahun tentu sangat mengerti akan keinginan serta kebutuhan perjalanan Anda.

Dengan pilihan paket liburan murah dan berkualitas, kami jamin akan membuat liburan Anda kali ini sangat berkesan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)