SalSari Resto & Coffee

Jika selama ini Anda mengira bahwa Jakarta hanya sebagai kota metropolitan tanpa memiliki pulau dan pantai yang indah, Anda keliru. Pulau Untung Jawa yang ada di Pulau Seribu masih menjadi bagian dari Ibu Kota Jakarta.

Pulau Seribu yang bagus memang memiliki daya tarik wisata alam berupa pulau, pantai, dan keindahan bawah lautnya. Oleh sebab itu, setiap hari terutama hari libur, banyak warga Jakarta yang mengunjunginya untuk bertamasya.

Sejarah Pulau Untung Jawa

pulau untung jawa terkini

Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu adalah salah satu pulau yang ramai akan wisatawan. Apalagi saat hari libur, baik libur akhir pekan maupun libur nasional. Pulau ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan termasuk pantainya yang eksotis.

Pengunjung dapat menikmati keelokan pantainya, segarnya nuansa kampungnya hingga kehangatan warganya. Bahkan, satu yang tidak boleh wisatawan lewatkan adalah tempat kuliner Jakarta Utara yang maknyus.

Nama Untung Jawa ini rupanya tak bisa lepas dari sejarah pulau ini. Dulunya, pulau ini menjadi target migrasi orang-orang Jawa.

Warga lokal yang sudah mendiami pulau ini pun menerima para pendatang ini dengan baik. Inilah mengapa pulau ini dinamakan Pulau Untung Jawa yang artinya pulau peruntungan bagi pendatang dari Jawa.

Harga Tiket Masuk Pulau Untung Jawa

Untuk bisa masuk dan menikmati keindahan pantai ini, ada dua pilihan, yakni dengan solo backpacker atau menggunakan paket wisata. Mayoritas pengunjung lebih memilih paket wisata yang terjamin mudah dan praktis.

Sedang untuk solo backpacker, bisa join dengan open trip atau wisata secara mandiri. Khusus backpacker yang berwisata secara mandiri, mereka hanya perlu menyiapkan budget untuk transportasi penyeberangan dan penginapan.

Berikut perkiraan harga tiket Pulau Untung Jawa dan harga tiket kapal, baik kapal nelayan ataupun kapal boat:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Sewa Kapal dari Muara Angke Rp44.000,00 per orang
Sewa Kapal Boat dari Dermaga Tanjung Pasir Tangerang Rp250.000,00 per kapal
Sewa Kapal Nelayan dari Dermaga Tanjung Pasir Tangerang Rp25.000,00 per orang
Sewa Kapal dari Dermaga Marina Ancol Rp125.000,00 per orang

Rute Menuju Lokasi Pulau Untung Jawa

pulau untung jawa buka atau tutup

Lokasi Pulau Untung Jawa berada di kawasan Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Untuk bisa sampai ke sini, paling mudah adalah dengan membeli paket wisata.

Nantinya, pihak penyedia paket wisata akan menyiapkan transportasi pulang-pergi dan akomodasi. Jadi Anda tidak perlu mencari sendiri baik kapal yang menuju ke pulau maupun penginapan.

Namun bagi para backpacker, Anda bisa memanfaatkan jasa sewa mobil Jakarta untuk antarkan Anda ke dermaga. Salsa Wisata siap sediakan moda transportasi yang Anda perlukan.

Kini Salsa Wisata hadir dengan layanan paket rental mobil Jakarta untuk berbagai area Jakarta. Diantaranya ada rental mobil Jakarta Pusat lepas kunci harian, rental mobil Jakarta Utara,Timur, Selatan, dan Barat.

Daya Tarik Wisata Pulau Untung Jawa

Pulau ini menawarkan destinasi wisata yang sangat pas untuk menghabiskan waktu libur bersama orang tercinta. Ada beberapa daya tarik yang menjadi magnet bagi wisatawan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Bermain Wahana Permainan Air

gambaran umum pulau untung jawa

Pulau ini juga memiliki sejumlah wahana air seru untuk wisatawan. Beberapa di antaranya ada banana boat dan donat air. Keduanya bisa dinaiki oleh beberapa orang.

Banana boat memiliki bentuk seperti pisang. Begitu juga dengan donat air yang berbentuk seperti donat. Wisatawan akan menaikinya dan ada speedboat yang akan menariknya dengan kecepatan tinggi.

Keseruan terasa ketika banana boat atau donat air meluncur membelah lautan. Cipratan air lautnya begitu terasa menyegarkan, seru, sekaligus menegangkan. Anda juga bisa meminta pemilik wahana untuk mendokumentasikan keseruan Anda bersama rombongan via kamera.

Menjelajahi Keindahan Pulau

Setelah berlayar menggunakan kapal ferry atau speedboat dari Jakarta menuju pulau ini, wisatawan akan langsung takjub dengan pesonanya. Pulaunya sangat menggoda untuk Anda jelajahi.

Sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta Utara yang recommended, wisatawan tidak akan berhenti merasa takjub ketika mulai menjelajahinya. Atmosfernya penuh dengan ketenangan dan kedamaian.

Udaranya bersih dan pantainya begitu eksotis. Banyaknya pepohonan juga turut menambah kesyahduan tempat wisata ini. Apalagi, pantai di pulau ini berpasir putih dengan air laut berwarna biru kehijauan.

Untuk area pantainya memang cukup ramai akan wisatawan. Tapi tenang, Anda tetap bisa menemukan sudut pantai yang cukup sepi. Selain itu, wisata pulau ini bukan hanya soal pantai, tapi Anda juga bisa berkeliling pulau.

Sunset

pulau untung jawa dimana

Seperti halnya pulau lain di Kepulauan Seribu, di sini wisatawan juga bisa menyaksikan keindahan sunset. View sunset di sini sebenarnya hampir sama dengan view sunset di pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu lainnya.

Agar terlihat berbeda, Anda bisa mencari spot yang spesial. Misal di dermaga, tepi pantai, atau bahkan di tempat Anda menginap. Jangan lupa abadikan fenomena alam tersebut dengan kamera handphone Anda.

Menikmati Keindahan Pantai

Seperti halnya Pulau Pramuka yang ada di kawasan Kepulauan Seribu, pulau yang satu ini juga memiliki bentangan pantai yang mempesona. Pantai berpasir putih menjadi daya tarik utama di sini.

Airnya begitu bersih dan jernih dengan warna eksotis. Sedangkan pasirnya putih sehingga paduan keduanya begitu sempurna. Mulailah dengan melepas alas kaki dan berjalan di atas pasir pantai.

Menyusuri pantai dengan berjalan kaki terasa sangat menyenangkan. Sesekali ombak akan menyapu pasir dan mengundang Anda untuk bermain dengannya.

Coba juga untuk bermain air dan berenang di tepian pantai. Airnya jernih dan segar sehingga dapat mengembalikan mood. Tenang, tidak perlu khawatir dengan ombak karena pantainya memiliki ombak yang cenderung tenang.

Menyusuri Kampung Jepang dan Pantai Sakura

pantai sakura pulau untung jawa

Jangan pernah melewatkan aktivitas jelajah Kampung Jepang. Sesuai dengan namanya, area ini dipenuhi dengan ornamen berbau Jepang. Coba lihat bagian gapura dan kios-kios, semua berbalut ornamen Jepang.

di sini ada sebuah pohon Sakura asli dari Jepang. Kabarnya, yang menanam pohon Sakura asli ini adalah seorang diplomat asal Jepang ketika mereka bertugas di pulau ini. Di sini juga ada Pantai Sakura yang indah.

Dari visualnya saja sangat menarik. Cocok sekali untuk menjadi spot foto hits, instagramable, dan kekinian. Usai puas berfoto ria, silahkan singgah ke pusat kuliner untuk menyantap makanan khas Jakarta Utara.

Fasilitas di Pulau Untung Jawa

penginapan pulau untung jawa

Wisatawan yang datang ke sini akan merasakan kenyamanan karena fasilitasnya lengkap. Fasilitas tersebut meliputi wisata kuliner di dekat pantai dan di tengah pulau, toilet, tempat ibadah, dan spot foto.

Selain itu, di sini juga terdapat penginapan dengan harga yang terjangkau. Bagi yang menginap, ada fasilitas barbekyu di malam hari berupa cumi, ikan, ayam, atau jagung siap bakar.

Jam Buka Wisata Pulau Untung Jawa

Wisata pulau ini buka setiap hari, termasuk hari libur. Jam buka Pulau Untung Jawa 24 jam penuh. Namun untuk transportasi penyeberangan, ada jadwal pemberangkatan tersendiri.

Demikian juga dengan wisatawan yang mengikuti layanan paket wisata, open trip, dan semacamnya. Mereka harus mengikuti jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak tour organizer.

Akan tetapi Salsa Wisata menyediakan paket wisata khusus yang mana Anda bisa menentukan sendiri jadwal liburan Anda. Anda juga bisa memilih sendiri destinasi wisata apa saja yang ingin Anda kunjungi.

Misalnya Anda ingin mampir ke sentra oleh-oleh khas Jakarta terdekat sebelum ke wisata Pulau Untung Jawa Jakarta, kami siap antar.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (2 votes)