SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Pura Melanting hanya satu dari sekian banyak bangunan pura suci dan sakral di Bali. Keberadaan pura ini merupakan bukti kuatnya kepercayaan Hindu di tengah masyarakat Bali.

Pulau Bali sendiri memiliki julukan sebagai Pulau Dewata bukan tanpa alasan. Kentalnya budaya Hindu di pulau indah ini menjadi salah satu alasan dari julukan tersebut.

Mayoritas penduduk di Pulau Bali adalah pemeluk agama Hindu. Tidak heran jika banyak sekali destinasi wisata keagamaan Hindu yang bisa dikunjungi. Salah satunya yaitu pura ini.

Bagi Anda yang ingin mengeksplor keindahan dan keanekaragaman pulau Bali, Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata di Bali yang terkenal ini.

Banyak hal yang bisa Anda pelajari dan Anda dapatkan dari situs wisata religi ini. Agar semakin yakin untuk berkunjung, simak pembahasan berikut ini.

Sekilas Tentang Pura Melanting

Sejarah Pura Melanting

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Pura Melanting merupakan salah satu pura Kahyangan Jagat yang ada di Bali. Perannya sangat penting dalam berbagai macam nama pura yang ada di pulau ini.

Masyarakat Hindu menganggap pura ini sebagai tempat memohon kemakmuran khususnya usaha dagang. Pasalnya, pura ini adalah situs pemujaan Ida Bhatari Melanting atau Dewi Melanting.

Sama seperti Pura Tanah Lot, pura ini menawarkan nuansa yang menenangkan. Salah satu alasannya karena pura ini terletak di tengah hutan di kaki Bukit Pemuteran.

Berbagai macam kisah atau sejarah mistis menyelimuti pura ini, membuat pura ini semakin menarik untuk ditelisik. Daya tarik semacam apa yang pura ini suguhkan? Berikut jawabannya.

Daya Tarik Pura Melanting

Pura Melanting Bali

Pura yang terletak di kaki bukit ini menawarkan daya tarik yang seketika akan membuat wisatawan terpukau. Berikut ulasan singkat tiap daya tariknya.

Memiliki Banyak Patung

Pura di Bali memang identik dengan patung, begitu pula dengan pura satu ini. Anda bisa mendapati banyak patung yang berada di sekitar pura dengan kain Bali sebagai pelengkap.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan replika payung yang menjadi ciri khas dari Pulau Bali. Setiap patung memiliki makna tersendiri yang diyakini oleh penganut Agama Hindu.

Tempat Suci

Sudah jelas bahwa pura adalah tempat suci untuk ibadah penganut Agama Hindu. Karena sifatnya yang sakral, ada beberapa tempat yang tidak diperuntukkan secara umum.

Selain itu, pengunjung yang ingin melihat-lihat pura wajib menggunakan pakaian sopan dan selalu menjaga perilakunya.

Lanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Bali Barat yang juga berada di Buleleng jika sudah puas jelajah situs religi ini.

Panorama Bukit

Bukan hanya desainnya saja yang menarik, pura ini juga memiliki pemandangan indah. Lokasinya dikelilingi oleh perbukitan yang hijau.

Anda bahkan bisa melihat pemandangan gunung dari kejauhan. Karena keindahan alamnya tersebut, kawasan pura memiliki udara yang sejuk dan terlihat asri. Sangat cocok untuk melepas penat sambil wisata religi.

Megah dan Mewah

Pura Pasar Agung Melanting Buleleng ini memiliki desain yang sangat megah dan mewah. Bangunannya terbuat dari batu hitam yang membuat bangunan pura terlihat semakin berkelas.

Sebelum sampai ke situs pura, Anda harus menaiki anak tangga yang cukup panjang terlebih dahulu. Namun tangganya cukup lebar demi memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Ornamen Cantik yang Instagramable

Salah satu daya tarik dari pura ini hingga banyak orang berkunjung yaitu ornamen-ornamen cantik di sekitar tangga.

Pada bagian ujung bawah tangga, ada sepasang patung naga berwarna kuning keemasan yang sangat cantik. Warna tersebut masih dipadukan dengan warna-warna lainnya yang membuat tampilan visualnya semakin menarik.

Tubuh naga ini membentang sepanjang tangga, sedangkan ekornya ada di dekat gapura atas. Ornamen ini bisa menjadi spot foto yang Instagramable.

Banyak Spot Foto

Bukan hanya tangganya saja yang Instagramable, masih banyak spot-spot lain yang tak kalah menarik untuk dijadikan lokasi berfoto.

Contohnya yaitu payung khas Bali, patung-patung, background gunung, dan lain sebagainya. Anda bisa mencari sendiri spot yang dianggap terbaik untuk berfoto.

Tempat Berdoa

Pura ini adalah tempat berdoa bagi umat Hindu yang menginginkan kelancaran dalam berbisnis atau berdagang. Hal tersebut sesuai dengan sejarah yang telah disebutkan sebelumnya.

Jadi Anda bisa berwisata sekaligus berdoa untuk mendapatkan kemudahan dalam hidup. Setelah berdoa dan jalan-jalan di sekitar pura, kini saatnya Anda nikmati kuliner khas Bali yang begitu terkenal.

Fasilitas di Pura Melanting

Tiket Masuk Pura Melanting

Karena sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah, fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap. Anda bisa dengan mudah mendapatkan tempat parkir karena lahan parkirnya luas.

Selain itu, ada juga toilet dan gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Anda yang tidak membawa peralatan beribadah bisa membelinya di warung-warung karena banyak yang menyediakannya.

Tak jauh dari pura, Anda bisa menemukan banyak tempat makan. Setelah selesai jalan-jalan dan mendapat wawasan baru mengenai pura, memang paling asik dilanjutkan dengan wisata kuliner di tempat makan di Bali yang  hits dan terkenal.

Anda bisa mencari pusat wisata kuliner khas Bali di sekitar pura. Pilihannya tentu saja ada banyak. Menu-menu yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Soal rasa, Anda tak perlu meragunya.

Harga Tiket Masuk Wisata Pura Melanting

Pura ini memang menawarkan banyak daya tarik dan juga fasilitas. Meskipun begitu, ternyata Anda bisa masuk ke kawasan wisata ini secara gratis. Bahkan Anda bebas berfoto dan mengabadikan momen beribadah di sana.

Namun Anda tetap harus mentaati peraturan yang berlaku di pura. Salah satunya soal pakaian dan juga sampah.

Harga tiket masuk Pura Melanting ini memang gratis, namun pengunjung yang menggunakan kendaraan tetap harus membayar tarif parkir. Berikut daftar tarifnya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp5.000,00
Parkir Mobil Rp10.000,00

Harga tiket masuk dan tiket parkir tersebut bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola. Jadi sebaiknya Anda selalu membawa budget lebih sekedar untuk berjaga-jaga.

Agar lebih mudah saat jalan-jalan dan liburan di Bali, Anda bisa menggunakan paket wisata Bali 1 hari dari salah satu biro perjalanan berpengalaman, Salsa Wisata.

Beragam opsi paket wisata telah Salsa Wisata tawarkan. Semua layanan paket wisata ini tentu saja telah kami sesuaikan dengan tren wisata dan tren kebutuhan sebagian besar wisatawan.

Salsa Wisata mengedepankan kualitas pelayanan dan fasilitas (transportasi dan akomodasi penginapan). Dan soal harga, Salsa Wisata juga unggul dalam menawarkan harga paket wisata yang affordable.

Rute Menuju Lokasi Pura Melanting

Lokasi Pura Melanting

Lokasi Pura Melanting ini terletak di Jalan Raya Gilimanuk, Desa Banyupoh, Gerokgak, Buleleng, Bali. Tenang saja, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasinya karena terbilang strategis dan dekat jalan raya.

Untuk wisatawan dari luar daerah yang datang ke Bali dengan pesawat, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Nanti Anda hanya perlu meminta driver untuk mengantarkan Anda ke lokasi.

Namun jika tidak langsung ke lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan sendiri ke sana. Jalanannya sangat mudah untuk Anda akses.

Apabila berangkat melalui Jalan Raya Batubulan, lurus saja hingga tiba di Jalan Raya Singapadu. Ikuti petunjuk arah ke Jalan Raya Kadeweten.

Lokasi pura hanya beberapa meter saja dari jalan tersebut. Selain mengikuti petunjuk rute tersebut, Anda bisa memanfaatkan layanan Google Maps.

Jam Operasional Pura Melanting

Demi memberikan pelayanan yang maksimal, pengelola membuka tempat wisata ini selama 24 jam penuh dari hari Senin sampai dengan Minggu.

Jadi Anda dan keluarga bisa berkunjung kapan saja tanpa harus mengecek jam buka Pura Melanting ini.

Meski beroperasi selama 24 jam, ada jam-jam tertentu di mana jumlah pengunjung mencapai puncak. Biasanya jumlah pengunjung pura akan mulai ramai pada pagi hari dan sore hari.

Selain pagi dan sore, ada rekomendasi waktu kunjungan terbaik, yaitu pada saat penyelenggaraan upacara adat dan upacara keagamaan.

Anda bisa sekaligus melihat dan mengikuti upacara tersebut secara langsung. Setelah dari pura, Anda bisa lanjut dengan mencari oleh-oleh khas Bali murah.

Manfaatkan layanan Salsa Wisata untuk berwisata ke tempat impian Anda. Salsa Wisata menawarkan jasa rental kendaraan dan juga paket wisata yang Anda butuhkan.

Itulah pembahasan mengenai Pura Melanting Buleleng Bali, yaitu pura Hindu yang ada di Bali. Selain pura ini, Bali masih memiliki sejuta daya tarik wisata lain seperti wisata alam, pantai, dan lain sebagainya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: Ika Dewi Anggraeni

An editor and professional content writer. She never tired of learning new things to upgrade her skills. Movies, badminton, cat, music, and coffee are her list to kill boredom.



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (2 votes)