SalSari Resto & Coffee

Rowo Bayu Banyuwangi mungkin akan menjadi rekomendasi yang tepat bagi Anda pecinta situs sejarah. Ada cukup banyak situs di tempat wisata ini yang menarik untuk dikunjungi.

Penasaran situs apa saja yang ada di tempat wisata Banyuwangi terbaru ini dan ada info wisata apa saja yang dapat dibagikan kepada para pembaca? Semua terangkum dalam informasi di bawah ini.

Sekilas Tentang Rowo Bayu Banyuwangi

asal usul Rowo Bayu

Rowo Bayu Banyuwangi adalah sebuah situs wisata sejarah sekaligus wisata religi yang terletak di Desa Rowo Bayu Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, tempat wisata di Jawa Timur yang terkenal ini juga identik dengan cerita misteri Rawa Bayu dan mistisnya. Cerita mistis ini tentu ada kaitannya dengan asal usul tempat ini.

Konon, Desa Bayu Banyuwangi, sebutan lain dari Desa Rowo Bayu, merupakan lokasi cerita KKN di Desa Penari yang beberapa waktu lalu sangat viral. Hal ini dikaitkan dengan adanya situs telaga yang sakral dan juga beberapa situs lainnya.

Namun terlepas dari desas-desus tersebut, fakta mengatakan bahwa di tempat ini terdapat sebuah pura suci yang masih digunakan, situs patung-patung, dan telaga. Air pada telaga ini juga konon berkhasiat.

Lokasi Rowo Bayu

Lokasi Rowo Bayu Banyuwangi ini terletak di Kentangan alias Desa Rowo Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Anda dapat menjangkaunya dengan mudah dengan kendaraan sepeda motor atau mobil.

Dari pusat Kota Banyuwangi, waktu tempuh untuk bisa tiba di lokasi wisata ini adalah sekitar 50 hingga 60 menit. Rute yang bisa Anda lewati adalah Jalan Nasional III. Anda boleh membuka Google Maps untuk info detail maps-nya.

Namun bila ingin sekaligus tour ke beberapa objek wisata Banyuwangi lainnya, sebaiknya sewa mobil di Salsa Wisata. Kini hadir beragam pilihan paket sewa mobil dengan tarif murah.

Termasuk paket sewa Hiace Banyuwangi dan sejumlah tipe kendaraan berkapasitas besar lainnya. Sebut saja Elf dan bus pariwisata berbagai ukuran.

Jam Buka Rowo Bayu Banyuwangi

Terkait dengan jadwal operasional, situs wisata religi ini beroperasi dari Senin hingga Minggu serta hari libur nasional. Jam operasionalnya ada yang berbeda untuk hari-hari tertentu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak informasi jam buka Rowo Bayu Banyuwangi di dalam tabel berikut ini:

Jadwal Operasional Jam Operasional
Senin, Selasa, Rabu, Sabtu 07.30-18.00 WIB
Kamis 08.00-18.00 WIB
Jumat dan Minggu 07.30-18.30 WIB

Karena beberapa situs masih digunakan untuk keperluan ibadah umat Hindu, sangat wajar jika jam operasional tempat wisata ini diatur sedemikian rupa. Namun kegiatan ibadah dan juga wisata masih bisa beriringan dengan  baik.

Hal ini sejalan dengan sejumlah pura di Bali yang juga berperan sebagai lokasi wisata. Sebut saja contohnya Pura Melanting yang sangat megah itu.

Harga Tiket Masuk Rowo Bayu Banyuwangi

Kabar baik bagi Anda yang ingin datang dan berkunjung ke situs wisata religi ini. Pasalnya, biaya tiket masuk Rowo Bayu Banyuwangi ini gratis.

Kendati demikian, jika Anda datang ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus membayar biaya parkir kendaraan. Biaya parkir kendaraan ini juga cukup murah. Berikut infonya:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp3.000,00 per kendaraan
Parkir Mobil Rp5.000,00 per kendaraan

Daya Tarik Wisata Rowo Bayu Banyuwangi

Rawa Bayu merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang kebanyakan pengunjungnya datang untuk melepas rasa penat. Di sekitar telaga ini memang udaranya sangat sejuk, sehingga cocok sebagai tempat untuk menenangkan diri.

Bukan hanya untuk menikmati keindahan alam saja, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya di tempat ini. Berikut ini adalah beberapa aktivitas menarik yang menjadi daya tarik di situs wisata ini.

Petilasan Prabu Tawang Alun

manfaat Rawa Bayu

Di sini juga ada sebuah petilasan suci yang diberi nama Petilasan Prabu Tawang Alun. Ketika Anda akan memasuki area petilasan ini, Anda harus membersihkan diri terlebih dahulu di sebuah pancuran air suci.

Konon air suci dapat mendatangkan keberuntungan dan dapat menyembuhkan orang sakit dari berbagai macam penyakit. Anda juga boleh mencobanya nanti saat berkunjung di sumber air suci tersebut.

Asal Usul Rowo Bayu

Bicara soal asal usul, kawasan Rawa Bayu ini rupanya adalah bekas aliran lava Gunung Raung di masa lampau, tepatnya 70 ribu tahun silam.

Peristiwa erupsi tersebut menghasilkan kaldera terbesar dengan diameter 16 km. Tercatat bahwa kaldera tersebut adalah kaldera paling besar di Pulau Jawa.

Pasca letusan, kemudian muncul beberapa gunung baru di sisi Selatan kaldera tersebut.

Menikmati Keindahan Telaga Mistis

Tempat ini pada dasarnya merupakan sebuah rawa atau telaga yang berada di kawasan Hutan Petak Delapan. Hutan ini berada di ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut. Karena itulah udara di sini sangat sejuk.

Keindahan alam yang bisa Anda nikmati di sekitar telaga ini memang sangat menyejukkan mata. Akan tetapi, tempat ini juga populer karena ada banyak cerita mistis di baliknya.

Tempat ini konon memiliki sejarah pada masa Kerajaan Blambangan. Selain itu, tempat ini juga seringkali dikaitkan dengan lokasi dalam cerita KKN di Desa Penari.

Terlepas dari berbagai cerita mistis yang menyelimutinya, ternyata hal tersebut justru membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung. Terlebih di dekat situs wisata ini terdapat tempat wisata kuliner terkenal di Banyuwangi.

Melihat Pohon Ratusan Tahun dan Pura

Di sekitar tempat ini memang ada banyak sekali pohon-pohon besar yang sudah tua. Di antara sekian banyak pohon yang ada di sana, ternyata ada sebuah pohon yang umurnya mencapai ratusan tahun.

Pohon besar yang tumbuh di atas bukit ini masih hidup hingga saat ini. Karena umurnya yang sudah tua, pohon ini dianggap keramat. Pohon keramat ini menjadi salah satu situs yang didatangi oleh wisatawan.

Bangunan Pura

Di sini juga ada banyak bangunan tua yang indah, termasuk bangunan pura yang hingga kini masih terus digunakan. Pura ini biasa menjadi tempat berdoa umat Hindu yang tinggal di sekitar kecamatan Songgon.

Kegiatan berdoa dan beribadah di pura ini dilakukan di hari-hari tertentu. Jadi tak perlu heran jika Anda melihat ada sejumlah umat Hindu yang sedang melakukan ibadah di pura yang ada di lokasi wisata ini.

Telaga

Satu lagi spot yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu telaga yang menjadi ikon utama objek wisata ini. Telaga ini adalah telaga alami yang terbentuk puluhan ribu tahun lalu.

Spot telaga ini tampak asri dengan pepohonan berdaun lebat dan hijau di sekelilingnya. Biasanya telaga ini menjadi spot foto terfavorit dengan telaga sebagai latarnya.

Banyak wisatawan yang juga mengadakan piknik kecil-kecilan di tepian telaga. Tak harus membawa bekal makanan dan minuman banyak. Cukup membawa secukupnya saja.

Atau praktisnya, bisa dengan berbekal oleh-oleh Banyuwangi yang Anda beli di toko oleh-oleh Banyuwangi terdekat. Jangan lupa juga untuk lengkapi acara piknik Anda dengan beberapa minuman ringan kesukaan Anda.

Fasilitas di Rowo Bayu Banyuwangi

situs Rowo Bayu

Sebagai tempat wisata alam sekaligus wisata religi yang memiliki banyak pengunjung, sudah sepantasnya tempat ini memiliki fasilitas yang memadai.

Beruntungnya, pihak pengelola sudah melengkapi tempat wisata yang satu ini dengan berbagai fasilitas umum. Seperti warung wisata dengan aneka menu makanan khas Banyuwangi yang terkenal.

Selain warung wisata, masih ada beberapa fasilitas lainnya, yaitu:

  • toilet
  • tempat ibadah
  • pusat informasi
  • area parkir kendaraan
  • gazebo
  • candi dan pura
  • spot foto
  • rafting ringan

Demikianlah informasi terkait dengan tempat wisata yang ada di Banyuwangi ini. Rawa Bayu bisa jadi destinasi wisata bagi Anda yang sedang ingin liburan hemat.

Selain Rowo Bayu Banyuwangi, tentu masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda jelajahi. Supaya tidak ketinggalan tempat wisata menarik lainnya, jangan lupa untuk reservasi paket wisata di Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

Apa yang menarik minat Anda?

5/5 - (2 votes)