SalSari Resto & Coffee




earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Warga Bandung dan sekitarnya pasti sangat familiar dengan Sungai Citarum, bukan? Tidak banyak yang tahu bahwa rupanya aliran sungai ini berasal dari hulu Situ Cisanti.

Situ ini merupakan sebuah danau hasil revitalisasi yang kini telah bertransformasi menjadi sebuah tempat wisata Bandung terbaru yang Instagramable.

Sekilas Tentang Situ Cisanti

Situ Cisanti adalah sebuah objek wisata alam yang berupa danau buatan yang merupakan titik 0 KM Citarum. Danau ini memiliki banyak nama lain. Salah satunya yang sangat terkenal adalah Situ Cisanti Pangalengan.

Danau buatan ini adalah danau yang menampung tujuh sumber mata air Sungai Citarum. Ketujuh sumber mata air tersebut antara lain, Pangsiraman, Cikoleberes, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisadana, Cihaliwung, dan Cisanti.

Lokasinya sendiri ada Daerah Tarumajaya, Kertasari, Bandung. Luas danau ini mencapai 5 Hektar dan dibangun di atas lahan seluas 7 Hektar.

Area ini masuk dalam kawasan milik Perhutani yang ada di kaki Gunung Wayang. Kedalaman danau ini kurang lebih 3 hingga 4 meter sehingga bisa dibilang tidak begitu dalam.

Daya Tarik Situ Cisanti

Wisata Situ Cisanti

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Wisata Pangalengan yang satu ini menyajikan pemandangan alam yang sangat alami dan menakjubkan. Terlebih di sekelilingnya terdapat hutan dan gunung yang semakin menambah nuansa alami di tempat ini.

Berikut adalah sejumlah daya tarik yang dapat Anda nikmati ketika memilih situ ini sebagai destinasi liburan Anda.

Tujuh Mata Air

Seperti yang sudah disebutkan di atas, danau ini merupakan titik nol kilometer dan juga hulu dari Sungai Citarum. Danau ini menjadi tempat penampungan 7 mata air yang ada di Kabupaten Bandung.

Dengan luas 5 Hektar, danau ini mampu menampung jutaan kubik air yang berasal dari ketujuh mata air di atas.

Danau buatan ini juga menjadi habitat beberapa jenis ikan air tawar yang dapat Anda pancing dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bandung kekinian.

Kisah Sejarah

Situ ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi ekosistem sekitarnya. Di samping menjadi sumber air bersih, situ ini juga berfungsi sebagai tempat rekreasi yang mengandung nilai edukasi.

Tepatnya edukasi konservasi alam dan juga nilai sejarah. Jika dari kacamata sejarah, situ ini sudah berusia tua lantaran pada masa penjajahan VOC yang lalu.

Bahkan situ ini pernah menjadi sebuah lokasi untuk para Dipatiukur  yang pernah singgah. Beliau adalah sosok pahlwan lokal yang menentang penjajahan Tanah Pasundan.

Konon sekitar situ ini terdapat sebuah tempat petilasan milik beliau. Tempat petilasan ini hingga sekarang dianggap sakral dan ramai di waktu-waktu tertentu.

Catatan sejarah lainnya tentang danau ini adalah dulu katanya situ ini adalah tempat Prabu Siliwangi mandi. Karena itulah, situ ini terkesan jauh dari hiruk-pikuk keramaian karena dianggap sakral.

Kondisi ini berbeda jauh dengan Situ Cileunca yang ada di kawasan wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan. Situ Cileunca jauh lebih ramai karena merupakan lokasi untuk arung jeram.

Tempat Rekreasi di Alam Terbuka

Sekedar info tambahan, situ ini berada di tengah kawasan pegunungan, yaitu Gunung Wayang, Gunung Bedil, Gunung Malabar, dan Gunung Rakutak.

Tak heran jika danau ini menjadi tempat muara mata air yang berbagai penjuru. Airnya sangat jernih. Bahkan ada titik di mana permukaan danau dapat terlihat jelas dari permukaan.

Area situ juga dipagari dengan hutan yang sangat lebat. Jika diperhatikan, hutan ini merupakan hutan Eukaliptus yang terkenal langka.

Spot Foto dan Wisata Jelajah Danau dengan Perahu

Hal menarik lainnya dari objek wisata di Pangalengan ini adalah spot foto dan jelajah area danau dengan perahu. Spot foto di sini meliputi spot foto di dermaga yang sudah dilengkapi dengan dekorasi yang kekinian dan Instagramable.

Selain dermaga, ada juga spot foto menarik lainnya yaitu berupa perahu yang sengaja dipamerkan sebagai foto corner yang unik dan kreatif. Jangan lupa untuk menjajal keliling danau dengan menggunakan perahu seperti di objek wisata Situ Rawa Gede Bojong Menteng di Bekasi.

Tentu dengan petualangan dengan perahu ini, selain bisa menikmati keindahan danau dari jarak dekat. Anda juga dapat merasakan asiknya naik perahu di atas permukaan danau yang berair jernih ini.

Fasilitas di Kawasan Wisata Situ Cisanti

Tiket Masuk Situ Cisanti

Usai revitalisasi total, ada banyak fasilitas baru yang dapat Anda nikmati. Contohnya saja fasilitas tempat parkir dengan area lahan yang sangat luas.

Fasilitas tempat parkir yang luas ini dapat memuat banyak kendaraan. Terlebih saat libur akhir pekan atau musim liburan tiba. Akan ada banyak wisatawan yang datang baik menggunakan kendaraan maupun bus.

Bus-bus pariwisata yang disewa dari penyedia paket sewa bus SHD Bandung murah ini tetap bisa ditampung di area parkir ini.

Anda juga dapat menjumpai fasilitas toilet dan juga mushola khusus untuk pengunjung beragama Islam yang ingin mengerjakan sholat. Toilet di sini cukup bersih dan airnya sangat melimpah.

Terdapat jajaran warung wisata yang siap menyambut kedatangan Anda. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan di warung-warung ini sangat variatif dan lengkap.

Termasuk menu-menu andalan, yaitu makanan khas Bandung manis dan asin Semua dapat Anda temui di sini. Lalu ada fasilitas saung-saung khas Sunda yang cocok sekali untuk tempat istirahat dan bersantai.

Ada juga beberapa fasilitas bangku taman yang ditempatkan di sekitar danau. Bangku-bangku ini tepat menghadap danau, jadi sangat pas untuk Anda yang ingin menikmati panorama danau tanpa harus lelah karena berdiri.

Harga Tiket Masuk Wisata Situ Cisanti

Untuk bisa jalan-jalan dan menyaksikan keindahan danau, Anda tak perlu merogoh isi dompet dalam-dalam. Sebab, harga tiket masuk untuk objek wisata ini sangat murah dan hanya berlaku untuk pengunjung dewasa. Anak-anak gratis.

Anda juga wajib membayar retribusi parkir jika Anda membawa kendaraan. Berikut info HTM dan biaya parkir terbaru:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp15.000,00
Parkir Kendaraan Rp3.000,00 (Motor)

Rp5.000,00 (Mobil)

HTM di atas tidak bersifat permanen dan dapat berubah sesuai dengan kondisi dan kebijakan dari pihak pengelola. Kenaikan tarif tiket kemungkinan dapat terjadi saat high season atau tiap libur akhir pekan.

Meski mengalami kenaikan, nominal kenaikannya tidak begitu jauh dari HTM hari biasa. Anda tetap dapat menggunakan dana sisa tiket Anda untuk hal penting lainnya.

Sebagai contoh untuk bersafari wisata ke sejumlah tempat wisata terdekat. Sudah pasti akan sangat menyenangkan.

Lokasi dan Rute Menuju Situ Cisanti

Lokasi Situ Cisanti

Situ Cisanti terletak di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Alamat ini sangat strategis dan mudah untuk diakses dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Akses jalan menuju ke danau ini juga dapat dilalui oleh kendaraan besar untuk rombongan seperti bus, Hiace, dan Elf. Tipe-tipe kendaraan ini biasanya menjadi bagian fasilitas dari layanan paket family gathering ke Bandung 2d1n yang ditawarkan oleh travel organizer Salsa Wisata.

Jam Operasional Situ Cisanti

Wisata danau di Pangalengan ini merupakan salah satu tempat wisata yang beroperasi setiap hari selama 24 jam. Namun untuk dapat menikmati panorama terbaik, sebaiknya Anda datang lebih awal alias pagi hari.

Alasannya, selain sepim, udaranya masih segar dan bersih. Nuansanya juga masih relatif tenang dan suasananya sangat sejuk.

Anda juga akan memiliki waktu yang lebih lama untuk bersantai di sini. Usai puas bersantai, jangan lupa untuk singgah di pusat wisata kuliner Bandung terdekat untuk mengobati dahaga di tenggorokan.

Situ Cisanti menjadi referensi destinasi wisata yang wajib masuk dalam list kunjungan Anda. Suguhan lanskap alamnya sangat memukau. Fasilitasnya juga memadai. Terakhir, tempat ini adalah pilihan yang tepat untuk liburan hemat.



Bagikan Artikel Ini Ke:

About the Author: An Nahal

Hai, saya An Nahal, selamat datang di Salsa Wisata dan terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Bantu Shere artikel ini ke Sosmed kalian ya...
By Categories: Bandung, Destinasi



Sewa Bus Pariwisata Murah Istimewa

Rental Mobil Wisata Plus Sopir

Pos-pos Terbaru

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

08112939969

5/5 - (3 votes)