SalSari Resto & Coffee

Suraloka Zoo Kaliurang Jogja merupakan salah satu destinasi liburan yang ada di daerah Sleman, Yogyakarta. Destinasi wisata ini berupa kebun binatang yang cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga dan anak-anak.

Banyak koleksi binatang yang dapat Anda kenalkan kepada si kecil sebagai edukasi mengenai jenis-jenis binatang. Ada juga berbagai macam wahana seru yang tersedia sebagai salah satu aktivitas fisik yang dapat melatih ketangkasan buah hati.

Yang cukup menarik dari tempat wisata Jogja ini adalah para wisatawan dapat berinteraksi secara langsung dengan hewan yang ada di sana. Contohnya memberi makan kelinci atau menaiki kuda.

Sekilas Tentang Suraloka Zoo

Wisata Suraloka Zoo masih terbilang wisata baru di Yogyakarta yang baru buka pada 25 Desember 2021 lalu. Tempat ini menjadi alternatif jika Anda sudah sering mengunjungi Gembira Loka Zoo.

Wisata ini terbilang cukup unik dan berbeda dari kebun binatang lainnya. Karena tidak hanya menghadirkan berbagai koleksi satwa untuk edukasi anak-anak, namun juga menyediakan berbagai wahana seru.

Tidak hanya itu, pihak pengelola juga memanfaatkan lahan yang luas menjadi spot-spot menarik untuk menjadi latar foto yang estetik. Tempat ini juga merupakan area kebun binatang yang sangat terjaga kebersihannya.

Harga Tiket Masuk Suraloka Zoo

Suraloka Zoo Kaliurang Jogja

Anda tidak perlu khawatir soal tiket masuk karena harga tiketnya masih terbilang cukup terjangkau.

Anda juga tak perlu repot untuk membeli tiket bila menggunakan layanan paket wisata Jogja murah dari Salsa Wisata. Sebab, kami sekaligus akan siapkan tiket masuk objek wisata sebagai bagian dari layanan.

Demikian juga dengan biaya bermain wahana di Suraloka Zoo; akan lebih menguntungkan bila Anda gunakan layanan paket wisata. Sekedar tambahan informasi, tiap wahana di sini memberlakukan tiket tersendiri alias terpisah dari tiket masuk.

Dan berikut kami informasikan harga tiket Suraloka Zoo terbaru dan wahana-wahana permainan, serta biaya lainnya.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp30.000,00
Tiket Masuk plus Area Kelinci dan Kereta Rp55.000,00
Area Kelinci Rp10.000,00
Kereta Thomas Rp15.000,00
AR Interaktif Rp25.000,00
Flying Fox Rp30.000,00
High Rope Rp20.000,00
Kuda Sandle Rp30.000,00
Playground Indoor Rp40.000,00
Kuda Poni Rp50.000,00
Makanan Hewan Rp5.000,00

Rute Menuju Lokasi Suraloka Zoo

wahana di Suraloka Zoo

Alamat Suraloka Zoo berada di Jalan Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kebun binatang ini berjarak sekitar 25 kilometer ke arah Utara dari pusat Kota Jogja.

Jarak tersebut bisa Anda tempuh menggunakan kendaraan selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Rute yang digunakan bila dari Jogja kota menuju Kaliurang yaitu via Jalan Kaliurang.

Sebagai patokan, lokasinya tepat berada 1.5 kilometer setelah Museum Gunung Merapi. Atau berdekatan dengan D’kaliurang Resort dan Merapi Park.

Rekomendasi terbaik untuk datang ke tempat ini adalah dengan rental mobil Sleman lepas kunci dari Salsa Wisata. Perjalanan Anda akan lebih aman dan nyaman bersama pengemudi berpengalaman.

Daya Tarik Suraloka Zoo

Suraloka Zoo memadukan kebun binatang dengan beragam wahana menarik. Anda juga bisa berinteraksi dengan hewan secara langsung.

Keunggulan lainnya dari tempat ini adalah view wisata Gunung Merapi yang terlihat indah.

Selain view alam yang memukau, masih ada beberapa daya tarik lainnya. Berikut daftarnya.

Koleksi Satwa yang Lucu

kebun binatang Suraloka Zoo

Selain sebagai bahan edukasi untuk anak-anak, bermain dengan hewan lucu bisa jadi salah satu opsi untuk menghilangkan stress.

Ada banyak satwa menggemaskan seperti Bebek Peking, Ayam Badut, Merak Jantan, Rusa Totol India, Kambing Ceko, Merpati Kipas, dll.

Hewan-hewan tersebut berada di area masing-masing yang memiliki konsep begitu apik. Ada area umbaran Bebek Peking yang lengkap dengan aliran airnya dan berkeliling pagar.

Di sampingnya, terdapat kereta mini untuk anak-anak. Jadi anak-anak bisa naik kereta sambil melihat bebek yang sedang bermain di kubangan air.

Suraloka Resto

Daya tarik berikutnya dari tempat ini adalah fasilitas restorannya. Suraloka Resto menawarkan berbagai menu olahan yang lezat seperti menu beverage, snack, hingga makanan berat yang wajib Anda coba.

Mengisi perut dengan sajian makanan tersebut akan sangat membantu untuk melanjutkan rekreasi di sini. Sebab, area yang cukup luas membuat tenaga akan cepat terkuras.

Keberadaan restoran tersebut sangat membantu pengunjung yang ingin mengisi kembali tenaganya. Bahkan, selain rekreasi pengunjung juga bisa menikmati wisata kuliner Jogja terhits yang terkenal lezat.

Suraloka Orchid

wisata Suraloka Zoo

Bagi Anda pecinta penggemar bunga anggrek, Anda bisa singgah ke area ini untuk melihat berbagai macam koleksi anggrek yang cantik.

Toko bunga ini memiliki beragam koleksi anggrek cantik dan berwarna-warni. Berada di dalam ruangan kaca yang sangat unik menjadikan toko ini berbeda dari yang lainnya.

Area ini sangat estetik dan cocok juga untuk menjadi latar berfoto. Beberapa koleksi bunganya adalah bunga Anggrek, bunga Aglonema, Anthurium, dan masih banyak lainnya.

Spot Foto Instagramable

Tempat wisata Sleman terbaru ini berada di kaki Gunung Merapi sehingga memiliki keindahan alam khas pegunungan. Pemandangan pegunungan yang cantik akan terpampang jelas jika cuaca sedang cerah.

Ada taman cantik dengan beraneka ragam flora yang begitu memanjakan mata. Ada juga berbagai jenis satwa yang bisa langsung diajak berinteraksi dan berbagai wahana permainan yang seru.

Area-area tersebut tampak cantik dengan hiasan dari pihak pengelola. Bagi Anda yang suka dengan dunia fotografi, tidak salah jika datang ke tempat ini sambil mengabadikan momen bersama.

Kebun binatang ini juga memiliki ornamen-ornamen yang unik dan instagramable. Terdapat sebuah taman dengan kolam di tengahnya. Ada pula patung-patung Dinosaurus yang sangat menarik.

Wahana Permainan Anak yang Beragam

fasilitas playground

Selain koleksi beragam satwa, wisata alam di Jogja ini juga menyediakan taman bermain seperti wall climbing, jaring laba-laba, hingga perosotan. Cocok bagi anak-anak untuk melatih ketangkasan.

Si kecil bisa melatih keberanian dan kelincahan di wahana seperti flying fox. Selain itu, anak-anak juga dapat menaiki kuda jenis kuda poni dan kuda sandle tentunya tetap dengan pendampingan petugas. Uniknya, setiap kuda di sini juga memiliki nama.

Setelah puas bermain sambil bermain dengan satwa, Anda bisa mengajak anak-anak untuk menyantap bekal makanan. Namun, jika Anda tak membawanya, maka bisa menikmati makanan khas Jogja manis dan berbagai menu lainnya di tempat makan yang tersedia.

Fasilitas di Lokasi Wisata Suraloka Zoo

fasilitas parkir

Kebun Binatang Suraloka memiliki fasilitas yang cukup lengkap meski terbilang baru. Terdapat area parkir yang luas dan bisa Anda manfaatkan jika membawa kendaraan pribadi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan toilet umum yang terletak di berbagai area. Tersedia toilet untuk laki-laki dan perempuan yang cukup bersih.

Ada juga tempat untuk bersantai seperti kursi taman plus spot foto. Tidak ketinggalan ada juga fasilitas ibadah seperti mushola.

Anda bahkan bisa membawa pulang pernak-pernik dari tempat ini sebagai buah tangan selain oleh-oleh khas Jogja kekinian. Menarik sekali, bukan?

Jam Buka Suraloka Zoo

Kebun Binatang Suraloka buka setiap hari, termasuk hari libur. Jam buka Suraloka Zoo ini dari pagi, mulai dari jam 09.00 hingga jam 16.00 WIB.

Dengan jam operasional yang cukup panjang membuat para wisatawan puas menikmati segala wahana keseruan dan berkeliling di kebun binatang ini.

Jika sudah tak sabar untuk mengajak si kecil untuk liburan di sini, pastikan Anda reservasi paket wisata di Salsa Wisata. Alasannya, Salsa Wisata hadirkan beragam opsi layanan paket wisata dengan tarif terjangkau.

Meski tarifnya lebih murah, kualitas pelayanan dan fasilitasnya nomor satu. Paket wisata ini siap ‘temani’ liburan Anda dan keluarga ke Suraloka Zoo Kaliurang ini dengan berbagai kemudahannya.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (3 votes)