SalSari Resto & Coffee

Taman Batu Purwakarta merupakan perpaduan antara kolam renang di atas bukit dengan wisata alam berupa pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Keindahan salah satu tempat wisata Purwakarta kekinian berhasil menarik perhatian banyak wisatawan dari berbagai daerah.

Nuansa alam Purwakarta yang hijau, sejuk dan asri memang dapat memberikan kenyamanan tersendiri. Di tempat ini wisatawan dapat menikmati sensasi berenang sekaligus menikmati panorama alam yang memberikan efek relaksasi yang menenangkan.

Maka tidak salah jika opsi liburan Anda dan keluarga adalah berkunjung dan berenang sambil menikmati pemandangan sejuk di objek wisata ini. Agar Anda lebih tahu lebih jauh tentang tempat ini maka silam ulasan berikut.

Sekilas Tentang Taman Batu Purwakarta

sekilas Taman Batu Purwakarta

Selain Gunung Burangrang ada berbagai tempat wisata menarik di Purwakarta yang bisa Anda kunjungi. Salah satu yang wajib Anda coba adalah Taman Batu Purwakarta.

Sebelum menjadi objek wisata seperti sekarang, tempat ini adalah kolam pemandian air dingin yang berasal dari mata air Cijanun. Sebab itu, wisata satu ini memiliki julukan Wisata Mata Air Cijanun.

Dulunya mata air yang dikelola PDAM tersebut berguna sebagai sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat saja. Namun PDAM kemudian menghentikan proyeknya dan air yang ada menjadi kolam pemandian yang sekarang berubah dengan nama Taman Batu.

Objek wisata ini berdiri pada tahun 2016 dengan kolam renang seluas 500 meter persegi. Sesuai dengan namanya, di tempat ini terdapat batu alam yang tersebar di sekitar kolam. Batu-batu tersebut berasal dari gugusan batuan pegunungan Burangrang dengan ukuran bervariasi.

Harga Tiket Masuk Taman Batu Purwakarta

Bagi para Anda yang ingin datang ke sini, tidak perlu membayar terlalu mahal untuk dapat masuk dan menikmati kolam renang di tempat ini.

Tiket masuk wisata ini cukup murah dan berlaku setiap hari. Semua usia mulai dari anak-anak hingga dewasa wajib membayar tiket masuk wisata ini. Berikut daftar harganya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk reguler Rp20.000,00
Parkir mobil Rp5.000,00
Parkir motor Rp2.000,00

Rute dan Lokasi Taman Batu Purwakarta

lokasi Taman Batu Purwakarta

Wisata wahana air alami ini berada di Jalan Cijanun, Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 35 kilometer dari Kota Purwakarta atau 1.5 jam jika dari Alun-alun Bandung.

Jika Anda berasal dari Jakarta, maka ada dua opsi rute yang dapat menjadi pilihan perjalanan Anda. Rute pertama yaitu dari Jakarta menuju ke Sadang kemudian ke Purwakarta.

Cari akses menuju ke Situ Wanayasa dan lanjutkan perjalanan ke Bojong, Cipeundeuy hingga Anda sampai di Cijanun. Jika sudah melewati semua rute itu, maka Anda sudah mendekati lokasi wisata.

Rute kedua tidak jauh berbeda, Anda hanya perlu memacu kendaraan ke daerah Pondok Salam ketika sudah sampai di Purwakarta. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Cipeundeuy dan Cijanun.

Rute ini memiliki jarak tempuh yang lebih pendek. Akan tetapi, akses jalan yang satu ini hanya selebar satu mobil saja. Maka Anda harus berhati-hati jika melalui jalan tersebut. Perjalanan akan lebih nyaman jika Anda menggunakan motor.

Rekomendasi terbaik bagi Anda yang ingin datang ke sini adalah dengan menggunakan layanan rental mobil Avanza mingguan dari Salsa Wisata. Dengan pengemudi yang berpengalaman, perjalanan Anda akan lebih aman dan nyaman.

Daya Tarik Taman Batu Purwakarta

Batu Purwakarta menawarkan Anda berbagai daya tarik yang luar biasa. Selain pemandangan alam yang indah, ada juga berbagai wahana permainan yang menyenangkan.

Bagi Anda yang senang berfoto, tempat ini menyediakan banyak spot foto instagramable. Tidak ketinggalan, ada juga beberapa warung makan yang menyediakan makanan khas Purwakarta enak dan Sunda.

Nah, untuk tahu lebih banyak mengenai kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan di sini maka bisa simak penjelasan berikut.

Berenang di Kolam Renang Bertingkat

kolam bertingkat Taman Batu Purwakarta

Kegiatan yang pasti akan membuat Anda dan keluarga tertarik adalah berenang. Ya, tempat ini menyediakan kolam renang yang bisa digunakan untuk berbagai usia.

Seperti kebanyakan kolam renang bagus di Bogor, ada beberapa jenis kolam renang untuk anak-anak hingga orang dewasa. Dengan begitu, anak-anak akan lebih aman berenang di kolam khusus untuk mereka.

Kolam renang yang ada di tempat ini masing- masing berukuran 10×6 meter. Kedalaman kolam bervariasi mulai dari semata kaki hingga 4 meter menyesuaikan usia pengunjung karena biasanya banyak yang datang bersama keluarga dan anak-anak.

Taman wisata ini memiliki beberapa kolam renang yang beragam dan tersusun bertangga. Berbagai aneka dan ukuran bebatuan di area kolam menjadikan wisata ini semakin unik.

Air yang ada di kolam-kolam tersebut masih sangat alami khas pegunungan karena berasal dari mata air Cijanun. Airnya masih sangat bersih, dingin dan sejernih air mineral. Tentunya tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit dan tidak terasa perih jika terkena mata.

Menikmati Panorama Alam yang Menakjubkan

nyante di Taman Batu Purwakarta

Berdampingan dengan kawasan hutan, menjadikan tempat wisata ini memiliki latar pemandangan hutan dan pegunungan yang menawan. Aksesnya pun melewati perkampungan warga dan kebun teh di kecamatan Bojong Purwakarta.

Anda dapat bersantai sambil melihat keindahan bukit, hutan, dan persawahan. Letak taman rekreasi ini berada di lereng perbukitan dengan ketinggian berselimut hutan alami.

Suasana tersebut akan menampakkan keindahan pemandangan alam dan udara pegunungan yang menyegarkan. Sambil melihat pemandangan Anda bisa menikmati wisata kuliner Purwakarta yang terkenal dengan kelezatannya.

Area Foto Instagramable dan Menawan

Tidak hanya Subang yang memiliki The Ranch Ciater Subang dengan suguhan berbagai spot foto menarik, Purwakarta juga memiliki kawasan wisata yang menawarkan tempat berfoto.

Panorama di sekeliling kolam renang Taman Batu ini tak luput menjadi latar foto. Berlatar hijaunya perbukitan dan hamparan sawah memberikan kesan indah dan menakjubkan.

Dengan banyaknya batu-batu di sekitar kolam renang menjadikan kesan unik yang berguna untuk spot foto instagramable bagi Anda dan keluarga.

Tidak hanya itu, dengan adanya saung-saung dan pendopo kecil di tepi kolam renang tersebut menjadi salah satu spot menarik untuk berswafoto di momen liburan.

Menikmati Guyuran Air Terjun Buatan

air terjun Taman Batu Purwakarta

Selagi bermain air Anda bisa menunggu guyuran air yang tumpah dan di kolam renang. Terlebih, air yang dingin membuat Anda akan merasakan kesegaran alami.

Spot air terjun buatan ini menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan untuk bermain air, basah-basahan bermandikan guyuran air terjun dan menjadi titik favorit untuk berfoto.

Fasilitas Taman Batu Purwakarta

fasilitas Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Anda bisa memanfaatkan fasilitas di kolam renang seperti toilet, tempat bilas dan ruang ganti yang memadai.

Terdapat juga saung di tepi kolam yang bermanfaat untuk tempat bersantai dan istirahat. Sambil bersantai, Anda juga dapat memesan makanan yang ada di sekitar lokasi wisata itu.

Tempat makan di tempat ini memiliki sajian hidangan beraneka ragam, salah satunya favorit wisatawan di sini yaitu Sate Maranggi.

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Purwakarta tahan lama maka bisa mendapatkannya di berbagai toko di sini. Namun, jika Anda ingin mencari buah tangan yang lebih beragam disarankan untuk membelinya di toko-toko souvenir di sepanjang jalan menuju ke lokasi.

Jam Operasional Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Jadi, bagi Anda yang memiliki kesibukan pada hari biasa bisa datang ke sini saat akhir pekan atau hari libur.

Di momen tersebut, pilihan yang paling tepat untuk menemani perjalanan Anda adalah paket gathering murah dari Salsa Wisata. Meski harganya miring, namun Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik bersama Salsa Wisata.



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)