SalSari Resto & Coffee

Siapa yang tidak kenal Taman Mini Indonesia Indah? Taman rekreasi kebaggaan warga ibukota ini resmi beroperasi dari sejak era presiden Soeharto. Ada banyak atraksi, wahana, dan pertunjukan yang bisa Anda nikmati di taman yang luas ini. Salah satunya adalah Taman Legenda Dinosaurus.

Berbagai wahana yang ada di TMII bisa dinikmati oleh semua orang, baik dewasa maupun anak-anak. Semuanya disesuaikan dengan perkembangan zaman, jadi pengunjung bisa menikmati berbagai wahana kekinian. Termasuk area dinosaurus ini.

Meskipun begitu, konsep dasarnya masih sama, yakni wisata edukasi. Di sini, pengunjung bisa melihat lebih dekat berbagai budaya Indonesia dengan dibalut petualangan. Penasaran seperti apa? Mari simak ulasannya berikut.

Sekilas Tentang Taman Legenda Dinosaurus

gapura Dinosaurus Taman Legenda

Taman Legenda Dinosaurus ini menggabungkan budaya, petualangan, dan edukasi sekaligus. Semua lengkap ada di sini. Di dalam taman legenda ini, Anda akan menemukan sebuah taman bunga. Taman bunga yang cantik itu dihiasi dengan berbagai patung dari kisah “Keong Mas” sebagai dekorasi.

Bila Anda belum tahu kisahnya, Keong Mas menceritakan tentang dua putri raja cantik yang bernama Dewi Sekartaji dan Dewi Galuh Ajeng. Tersebutlah seorang pangeran tampan bernama Raden Panji Asmarabangun.

Raden Panji jatuh cinta dengan Dewi Sekartaji. Ketika ia bermaksud melamar Dewi Sekartaji, Dewi Galuh Ajeng merasa cemburu dan iri.

Dewi Galuh Ajeng kemudian mendatangi penyihir untuk mengubah Dewi Sekartaji menjadi seekor hewan yang menjijikan. Akhirnya, Dewi Sekartaji diubah menjadi seekor keong. Bukan keong biasa, melainkan keong mas. Keong tersebut lalu dihanyutkan ke sungai.

Keong itu lalu ditemukan oleh seorang nenek yang baik hati. Karena ketulusan Dewi Sekartaji, akhirnya ia bisa kembali menjadi manusia dan dipertemukan dengan Raden Panji Asmarabangun. Pada akhirnya mereka menikah dan hidup berbahagia.

Cerita rakyat ini diabadikan dalam Taman Legenda ini. Jadi, bukan cuma dinosaurus saja yang bisa Anda lihat, melainkan patung-patung dari cerita tersebut.

Taman yang berada di belakang teater IMAX Keong Mas ini luasnya 7 hektar. Tentunya juga jadi salah satu tempat favorit wisatawan TMII.

Fasilitas Taman Legenda Dinosaurus

stasiun beos Dinosaurus Taman Legenda

Di taman legenda ini, ada mushola, tempat parkir yang terorganisir, toilet, ruang tunggu, sampai ruang medis. Tentunya fasilitas standarnya lengkap.

Fasilitas pelengkapnya juga tidak kalah lengkap. Ada restoran yang menyediakan berbagai menu khas nusantara enak untuk Anda santap siang, Selain itu, ada juga toko souvenir di tiap wahana. Jadi, Anda bisa sekalian beli oleh-oleh khas Jakarta tahan lama. Ada juga berbagai boneka untuk anak-anak sebagai kenang-kenangan.

Harga Tiket Masuk Taman Legenda Dinosaurus

Bagi sebagian orang, harga tiket masuk Taman Legenda Dinosaurus mungkin agak mahal. Padahal, sebetulnya tidak juga. Dengan harga segitu, Anda sudah bisa masuk ke sepuluh wahana gratis.

Retribusi Harga
Tiket masuk Rp100.000,00

Tiket bisa Anda beli online di berbagai aplikasi perjalanan. Harga tiket di atas belum termasuk harga tiket masuk ke Taman Mini Indonesia Indah. Anak-anak dengan tinggi di bawah 90 cm bebas biaya masuk.

Rute Menuju Taman Legenda Dinosaurus

Dinosaurus Taman Legenda

Taman Legenda Dinosaurus ini masih satu kawasan dengan TMII. Letaknya di Jalan Raya TMII, Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Kalau naik transportasi umum, Anda bisa naik bus TransJakarta rute Grogol-TMII, jurusan Bundaran Senayan – Pinang Ranti, jurusan Pluit – Pinang Ranti, atau jurusan Kota – Pinang Ranti. Nanti bisa turun langsung di depan TMII.

Meski lebih murah, tak bisa dipungkiri bahwa naik kendaraan umum di Jakarta itu repot dan tidak efisien.

Kalau Anda mau mengunjungi berbagai tempat wisata di Jakarta tanpa repot, Anda bisa sewa mobil Avanza Jakarta plus driver dari Salsa Wisata. Kami punya banyak pilihan jenis mobil yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa memilih mau sewa plus sopir atau lepas kunci.

Daya Tarik Taman Legenda Dinosaurus

Ada banyak hal menarik yang pastinya bisa membuat Anda betah berlama-lama di Taman Legenda Dinosaurus. Beberapa yang sangat populer adalah:

Wahana Dinosaurus

wahana Dinosaurus Taman Legenda

Seperti yang sudah bisa ditebak dari namanya, di area ini Anda bisa melihat berbagai spesies dinosaurus. Ukuran dinonya dibuat persis seperti ukuran aslinya, yang tentu saja menjulang ke atas. Sensasinya seperti wahana dino di Jatim Park 3.

Dino-dino ini juga dilengkapi dengan berbagai tanaman-tanaman purba yang membuat Anda semakin merasa terlempar ke zaman pra-sejarah. Beberapa jenis dino yang bisa Anda lihat di sini adalah ankylosaurus, carnotaurus, brachiosaurus, pachycephalosaurus, dilophosaurus, T-rex, parasaurolophus, dan tentu saja masih banyak lagi.

Wahana Permainan

wahana Dinosaurus Taman Legenda

Selain dinosaurus, ada juga theme park seperti Dunia Fantasi yang bisa Anda jajal. Wahananya sangat lengkap. Ada komedi putar, ferris wheel, roller coaster, dan masih banyak lagi. Seperti layaknya theme park, semua mainan di sini beragam, ada yang bisa dinikmati bersama keluarga, ada yang khusus anak, dan ada yang khusus dewasa.

Di theme park ini, Anda juga bisa foto-foto, karena ada banyak spot-spot yang pastinya instagramable. Kalau lelah, bisa duduk-duduk di tempat yang sudah disediakan di sini.

Wahana Budaya Keong Mas

Ada dua tempat yang pastinya harus Anda kunjungi di wahana ini. Yang pertama adalah teater legenda. Seperti yang tadi sudah kami sebutkan sekilas, teater yang satu ini adalah taman yang terinspirasi dengan cerita rakyat Keong Mas. Ceritanya diwujudkan dalam berbagai bentuk patung sebagai ilustrasi cerita.

Yang kedua adalah Museum Asmat. Kalau-kalau Anda belum tahu, ukiran suku Asmat dari Papua itu sudah sangat mendunia. Nah, Anda bisa melihat ukiran itu di sini.

Di museum Asmat, masing-masing bangunannya punya tema yang berbeda-beda. Misalnya, di salah satu bangunan temanya manusia dan budaya, sedangkan di bangunan lain temanya manusia dan alam.

Pohon Berbicara

pohon bicara Dinosaurus Taman Legenda

Yang satu ini jadi favorit banyak pengunjung, terutama anak-anak yang masih kecil. Spot ini berupa sebuah pohon besar. Kalau Anda dekati, pohon tersebut akan membuka matanya dan menyapa pengunjung tersebut.

Pohon ini terlihat lucu. Bentuk dan warnanya serupa pohon yang asli, dengan aksesoris berupa mata yang besar. Meskipun begitu, anak-anak yang lebih kecil sering merasa ketakutan melihatnya.

Kereta Beos

kereta beos Dinosaurus Taman Legenda

Ada juga wahana kereta yang bisa membawa Anda mengelilingi taman legenda ini. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot jalan kaki. Anda hanya perlu duduk manis di kereta dan menikmati pemandangan sekitar, sambil foto-foto juga tentunya.

Anda hanya harus masuk ke stasiun mini dan tunggu giliran. Bukan cuma anak-anak kok, yang bisa menikmati kereta ini. Orang dewasa juga bisa. Tenang saja, keretanya besar dan berkapasitas banyak.

Jam Operasional Taman Legenda Dinosaurus

Taman Legenda Dinosaurus buka setiap hari. Berikut jadwal lengkap waktu operasionalnya:

Hari Jam Buka
Senin – Jumat 10.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu 09.00 – 18.00 WIB

Kalau sudah berwisata ke TMII, rasanya sayang kalau tidak mengunjungi tempat wisata ikonik lainnya di Jakarta. Taman Impian Jaya Ancol misalnya. Maka dari itu, kalau ingin lebih simpel lagi, Anda bisa pesan paket wisata dari Salsa Wisata.

Bukan cuma menyediakan rental mobil saja, Salsa Wisata juga menyediakan berbagai pilihan paket liburan lengkap di berbagai kota di Indonesia.

Liburan ke tempat wisata Jakarta yang terkenal, Anda bisa serahkan semuanya pada Salsa Wisata sebagai partner perjalanan Anda. Semua akomodasi berikut transportasi, makan, dan tiket wisata sudah lengkap tersedia.

 



Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)