earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Bosan dengan suasana hiruk-pikuk Kota Jakarta? Memang tak ada salahnya untuk mencari pelarian untuk segarkan kembali pikiran Anda. Dengan menikmati kesegaran udara di Taman Menteng Jakarta, misalnya.

Tempat wisata ini tentu akan sangat cocok untuk Anda yang hanya memiliki waktu liburan yang singkat. Pasalnya, lokasi taman ini tepat berada di pusat kota.

Taman ini merupakan salah satu pilihan destinasi wisata hemat, favorit warga DKI dan juga wisatawan.

Selain berfungsi sebagai ruang hijau untuk publik, kawasan wisata taman ini juga menyajikan kesegaran tersendiri di tengah kehidupan perkotaan.

Sekilas Tentang Taman Menteng

Taman Menteng adalah sebuah kawasan taman yang terletak di Daerah Menteng, Jakarta Pusat. Kawasan ini merupakan alternatif tempat liburan yang menyuguhkan konsep area terbuka di tengah kota.

Di Jakarta sendiri sudah ada cukup banyak tempat wisata dengan konsep di atas. Contohnya saja Hutan Kota GBK dan Taman Suropati. Keduanya menawarkan space hijau di tengah kemegahan dan keramaian kota.

Asal Usul Taman

Dahulu, sebelum menjadi sebuah taman, area ini adalah sebuah stadion lawas yang bernama Stadion Menteng. Area taman ini berada di lahan dengan luas 2.9 Hektar. Di dalam taman ini terdapat sekitar 30 jenis tanaman.

Eksistensi taman ini sebenarnya sudah terdengar sejak lama, lebih tepatnya sekitar tahun 1920-an. Ketika itu, area ini masih dalam bentuk stadion.

Lalu sekitar tahun 2007 lalu, stadion tersebut bertransformasi menjadi sebuah taman yang sangat cantik dan kekinian di Daerah Menteng.

Peran Taman Kini

Desain taman yang sekarang Anda lihat ini merupakan buah karya dari sebuah acara sayembara yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI.

Dengan mengusung ide ruang terbuka untuk publik, kini taman ini menjadi tempat wisata Jakarta favorit warga. Beragam kegiatan rekreasi dapat Anda jumpai di sini.

Taman ini juga mempunyai sederet fasilitas penunjang yang tak mungkin dijumpai di taman-taman kota pada umumnya. Contoh fasilitasnya adalah lapangan basket dan lapangan futsal.

Uniknya lagi, wisata taman ini juga mempunyai sebuah playground yang diperuntukan bagi anak-anak. Wahana permainan di playground ini sangat lengkap dan pastinya sangat ramah anak.

Untuk mencegah adanya genangan air selama musim hujan, ada sekitar 44 buah sumur resapan yang terpasang di hampir seluruh area taman.

Sumur-sumur ini sangat membantu proses penyerapan air hujan ke dalam tanah. Ide yang sama seputar sumur resapan rupanya telah diaplikasikan ke beberapa taman kota di Indonesia. Salah satu contohnya adalah Taman Bungkul Surabaya.

Daya Tarik Taman Menteng

Taman Menteng Jakarta

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Ruang hijau di kawasan Menteng ini tentu mempunyai daya tarik tersendiri. Dan berikut adalah sejumlah daya tarik yang berhasil kami rangkum:

Space untuk Relaksasi

Semua taman kota seperti Kebun Raya Bedugul Bali dan taman-taman lainnya tentu memiliki peran sebagai ruang terbuka hijau. Demikian juga dengan taman ini.

Sedikitnya ada 1.000 tanaman yang tumbuh di dalam kawasan taman. Mereka terlihat menghiasi hampir seluruh area taman.

Dampak baiknya, selain menyuguhkan pemandangan yang hijau dan sejuk, udara di sekitarnya juga menjadi segar dan bersih.

Suasana seperti ini tentu menjadi sebuah kabar baik di tengah kondisi Jakarta yang penuh dengan polusi.

Di sudut lain, ada juga sebuah kolam ikan yang dilengkapi dengan air mancur. Kehadiran kedua objek ini jelas sekali menciptakan kesan menenangkan.

Playground

Sebagai ruang publik, sangat wajar jika ada banyak sarana dan prasarana yang tersedia untuk publik. Salah satunya adalah playground.

Area taman bermain anak di sini terbilang sederhana dan tak selengkap Kids Fun. Akan tetapi, tempat ini tetap menawarkan keasyikan tersendiri bagi yang bermain di dalamnya.

Sarana Olahraga

Untuk memfasilitasi pengunjung yang berminat untuk olahraga, taman ini menawarkan beberapa area khusus. Yang jelas terlihat adalah fasilitas lapangan basket dan futsal.

Kedua lapangan ini juga bisa digunakan untuk jenis cabang olahraga lain seperti badminton dan voli.

Khusus untuk lapangan basket, tempat ini hanya beroperasi untuk umum dari Senin hingga Jumat saja.

Bagaimana dengan pengunjung yang ingin jogging atau jalan santai? Area pedestrian yang lebar di sini sering dijadikan sebagai jogging track bagi sebagian besar pengunjung.

Kadang tak sedikit pesepeda yang menggunakan pedestrian ini sebagai jalur sepeda mereka.

Rumah Kaca

Bangunan rumah kaca ini sebenarnya adalah bangunan serba guna. Mulanya, rumah kaca ini adalah bangunan khusus untuk memelihara tanaman.

Namun kini berubah fungsi menjadi gedung serba guna. Seringnya digunakan untuk acara pameran.

Di samping itu, rumah kaca ini sering menjadi spot foto karena fasad bangunannya yang memang sangat unik. Desain eksteriornya berbentuk piramida kaca yang rumit dan terkesan modern.

Tak hanya laris manis untuk selfie, rumah kaca ini juga kerap menjadi background untuk foto prewedding.

Kuliner Malam

Ketika malam tiba, di sekitar taman akan ramai oleh banyaknya kios dan gerobak milik penjual makanan dan minuman. Gerobak dan kios ini terlihat berjejer lengkap dengan meja dan kursinya.

Lokasi ini memang telah lama menjadi pusat wisata kuliner khas Jakarta khususnya bagian kawasan Menteng. Pengunjung yang lapar dan haus bisa langsung obati rasa lapar dan haus mereka di sini.

Urusan harga, tentu jauh lebih terjangkau bila dibandingkan dengan restoran dan cafe.

Fasilitas di Taman Menteng

Wisata Taman Menteng

Untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan para pengunjung, pihak pengelola taman telah melengkapi area terbuka hijau ini dengan fasilitas yang lengkap.

Fasilitas tempat parkir di sini terdiri dari 4 lantai sehingga sangat cukup untuk menampung kendaraan dalam jumlah besar. Lalu ada fasilitas toilet dan mushola yang terjaga kebersihannya.

Fasilitas-fasilitas penunjang di lokasi wisata taman ini terdiri dari bangku-bangku taman, area bermain anak, arena olahraga, WiFi, dan juga gedung serba guna rumah kaca.

Untuk fasilitas toko oleh-oleh khas Jakarta, kami rasa kami belum menemukannya di sini. Mungkin nanti akan ditambahkan.

Harga Tiket Masuk Taman Menteng Jakarta

Sama seperti area publik pada umumnya, pengunjung dapat masuk ke kawasan taman ini tanpa adanya pungutan biaya tiket masuk. Pengunjung cukup membayar biaya parkir kendaraan saja.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Gratis
Parkir Sepeda Motor Rp2.000,00/ unit
Parkir Mobil Rp5.000,00/ unit

Lokasi dan Rute Menuju Taman Menteng

Lokasi Taman Menteng Jakarta

Area taman ini terletak di pusat Jakarta, lebih tepatnya di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. Lokasi ini sangat strategis dan terjangkau oleh transportasi umum seperti TransJakarta.

Untuk pengguna setia TransJakarta, pilih TransJakarta jurusan Senen-Lebak Bulus agar sampai di lokasi ini.

Akan jauh lebih cepat, praktis, dan lancar jika menggunakan kendaraan pribadi. Namun bagi Anda yang tidak mempunyai kendaraan pribadi, Anda bisa gunakan kendaraan sewa dari Salsa Wisata.

Terdapat banyak produk paket sewa mobil di tempat kami. Salah satu rekomendasi yang terbaik adalah paket sewa hiace premio Jakarta.

Jam Operasional Taman Menteng

Kawasan taman buka setiap hari dari jam 05.00 sampai jam 22.00 WIB. Khusus untuk fasilitas lapangan basket hanya dibuka untuk umum dari Senin sampai Jumat saja.

Setelah membaca informasi ini, apakah Anda semakin tertarik untuk segera nikmati waktu liburan di sini?

Untuk wisatawan luar Jakarta, Salsa Wisata menyediakan paket trip yang berisikan fasilitas transportasi, akomodasi, dan beberapa destinasi wisata.

Langsung saja hubungi kami, bila ingin mendapatkan liburan seru dan menyenangkan di berbagai destinasi.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)