SalSari Resto & Coffee

Taman wisata yang berkombinasi dengan edukasi memang tengah marak belakangan ini. Itu karena banyak pengunjung yang kini bukan cuma mau jalan-jalan, tapi juga mau mendapatkan ilmu dari tempat wisata yang didatangi. itulah kenapa Taman Wisata Matahari hadir sebagai tempat wisata alam sekaligus wisata edukasi.

Taman ini biasa juga disebut dengan sebutan TWM atau Taman Wisata Matahari Park. Tempat rekreasi yang disinyalir terlengkap dan terbesar ini terletak di Bogor. Setelah Kebun Raya dan Camp Hulu Cai, TWM ini termasuk salah satu tempat wisata Bogor yang hits dan populer.

Sekilas Tentang Taman Wisata Matahari Bogor

Taman Wisata Matahari bogor

Taman rekreasi keluarga Bogor ini sebetulnya sudah lumayan lama berdiri. Resmi berdiri di tahun 2007, sampai kini, TWM sudah berhasil menarik banyak minat pengunjung. Konsep utamanya adalah Recreation and Education Park.

Namun, bukan cuma itu yang Anda dapatkan. Anda juga bisa menikmati berbagai wahana yang ada di sini, seperti misalnya wahana petualangan, wahana permainan, wahana air, dan tentu saja wisata edukasi.

Memang, tempat ini adalah taman rekreasi yang bisa meningkatkan kepedulian, wawasan, dan pengetahuan Anda tentang lingkungan. Semua permainan yang ada di sini bukan cuma untuk anak-anak, tapi juga untuk remaja dan bahkan orang dewasa.

Setiap wahana punya beberapa zona. Misalnya wahana air. Wahana ini punya banyak zona yang bisa Anda mainkan. Di antaranya adalah Perahu Naga, Bumper Boat, Sepeda Air, dan Paddle Boat. Sementara untuk Anda yang suka tantangan, jangan lupa kunjungi wahana petualangan.

Fasilitas Taman Wisata Matahari Bogor

fasilitas Taman Wisata Matahari

Berbagai jenis fasilitas bisa Anda temukan di sini, dari mulai fasilitas utama sampai akomodasi. Sebagai taman rekreasi keluarga, objek wisata ini menyediakan sarana dan prasarana yang sangat lengkap.

Fasilitas umumnya meliputi area parkir, tempat ibadah, toilet, bahkan ATM. Sedangkan untuk fasilitas pendukung, pengelola TWM menyediakan spot foto, taman bunga, saun, gazebo, aula, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa Anda sewa dengan harga yang tidak mahal.

Ada juga lapangan yang bisa untuk acara rombongan, seperti outbound, gathering, dan acara-acara lainnya. Selain itu, fasilitas kulinernya juga sangat lengkap. Ada restoran Sunda Express kalau Anda ingin wisata kuliner Jawa Barat yang lezat.

Untuk harga yang lebih terjangkau bisa Anda temukan di kantin yang menyediakan berbagai makanan khas Bogor kekinian. Selain itu, fasilitas penginapan juga yang bisa Anda manfaatkan. Ada tiga macam penginapan, yaitu villa, hotel, dan barak. Penginapan model villa ada dua, yakni villa Pulau Seribu dan villa Natural.

Bila butuh penginapan, di sini juga ada penginapan. Beberapa jenis penginapan yang ada di sini yaitu Rumah Bambu dan Hotel Matahari. Sedangkan yang tipe barak ada di Rumah Menado dan Villa Ciliwung.

Tiket Masuk Taman Matahari Bogor

Tidak butuh mengeluarkan banyak kalau mau liburan di Taman Wisata Matahari Bogor. Berikut rincian harganya:

Retribusi Tarif
Tiket masuk Rp30.000,00
Tiket terusan Rp60.000,00
Tiket wisatawan asing Rp150.000,00
Wahana permainan Rp10.000,00 – Rp50.000,00

Rute Menuju Taman Matahari Bogor

Taman Wisata Matahari Puncak

Taman Wisata Matahari Bogor bisa dijangkau dari berbagai arah, karena lokasinya tepat di pinggir jalan raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Kalau dari Jakarta, Anda bisa lewat Ciawi via tol Jagorawi, lalu keluar di pintu keluar Gadog. Dari situ, bisa langsung cari papan petunjuk ke Taman Wisata Matahari.

Jika Anda berangkat dari Jakarta, kami sarankan untuk berangkat dari subuh supaya tidak terkena macet. Karena semakin siang, semakin padat jalan menuju ke arah puncak. Nah, jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa gunakan sewa rental mobil Bogor plus sopir. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot memikirkan perjalanannya.

Daya Tarik Taman Wisata Matahari Bogor

Berikut adalah rincian lebih lengkap tentang aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Taman Wisata Matahari Bogor.

Bermain di Wahana Air

arung jeram Taman Wisata Matahari

Seperti yang tadi sudah sedikit kami singgung, wahana air punya beberapa zona. Selain Perahu Naga, Bumper Boat, Sepeda Air, dan Paddle Boat, ternyata masih banyak wahana lain yang bisa Anda nikmati.

Ada waterplay, Perahu Kayak, Mini Boat, Bomber Boat Laser, Children Rowing Boat, dan Kolam Terapi Ikan. Kalau Anda suka yang lebih menantang, boleh juga coba wahana arung jeram. Arung jeram ini lebih enak Anda mainkan beramai-ramai.

Berenang di Matahari Waterpark

waterpark Taman Wisata Matahari

Sebetulnya, ini masih masuk ke dalam wahana air. Namun, waterpark di sini terlihat seolah berdiri sendiri, bukan bagian dari TWM. Soalnya, fasilitasnya sangat lengkap, tidak ada bedanya seperti waterpark besar lainnya di Bogor.

Beberapa wahana yang bisa Anda nikmati di waterpark ini adalah Wave Pool, Spiral Slide, dan Twin Race Slide. Sedangkan untuk anak-anak, ada Kids’ Pool dan Tot’s Pool.

Main Waterball

waterball Taman Wisata Matahari

Wahana waterball ini juga tidak kalah menarik. Meskipun sebetulnya wahana ini ada di air, tapi Anda tidak akan basah-basahan.

Bentuknya adalah bola super besar yang bisa diisi tiga orang sekaligus. Untuk bisa menikmati permainan ini, Anda harus masuk ke dalam bolaya, lalu menjalankan bola tersebut dari dalam dengan cara berjalan di dalam bola. Seru!

Mencoba Flying Fox dan Rumah Hantu

flying fox Taman Wisata Matahari

Ingin coba wahana yang bikin deg-degan? Mungkin Anda bisa naik flying fox. Wahana ini termasuk ke dalam area petualangan. Anda bisa meluncur dari ketinggian sambil menikmati pemandangan dari atas.

Yang tidak kalah bikin deg-degan adalah wahana rumah hantu. Meskipun tampaknya menyeramkan, wahana ini ternyata banyak yang suka, lho. Anda bisa merasakan sensasi digoda hantu-hantu lokal yang bikin bulu kuduk berdiri.

Jalan-jalan ke Dino Park

Untuk Anda yang bawa anak-anak, pasti suka dengan taman yang satu ini. Di sini, Anda bisa melihat berbagai jenis dinosaurus. Bahkan Anda yang orang dewasa pun pasti suka dengan petualangan di Dino Park ini.

Bukan cuma dinosaurus, berbagai bentuk dan rupa-rupa hewan di zaman purba bisa Anda amati di sini. Semuanya terkemas dalam bentuk replika yang sama persis dengan aslinya.

Main di Citra Playground

wahana Taman Wisata Matahari

Ada banyak wahana yang tersedia di Citra Playground. Taman bermain ini konsepnya adalah theme park seperti Dunia Fantasi, tapi dalam versi mini.

Berbagai wahana yang ada adalah pol bus, gajah terbang, zona alibaba, dan masih banyak lagi. Meski namanya playground, jangan terkecoh. Arena ini bukan cuma untuk anak-anak. Semua kalangan bisa menikmatinya.

Edukasi Agrotani

agrotani Taman Wisata Matahari

Untuk menambah pengetahuan soal lingkungan, TWM juga menyediakan fasilitas bagi Anda yang ingin belajar bercocok tanam. Wahana agro sawah ini bisa dinikmati oleh orang dewasa juga, lho.

Anda akan belajar bagaimana cara bertani dan menanam berbagai tanaman perkebunan. Seru, kan? Coba rasakan sensasi jadi petani.

Jam Operasional Taman Matahari

Setiap hari, Taman Matahari Bogor buka dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Namun, kami sarankan untuk datang di waktu pagi. Selain untuk menghindari macet, Anda juga bisa menghindari terik matahari. Setelah puas berwisata, pulangnya jangan lupa untuk mampir ke pusat oleh-oleh khas Bogor tahan lama.

Ingin liburan bebas masalah? Coba pakai jasa Salsa Wisata. Sebagai agen traveling terbaik, Salsa Wisata menyediakan banyak pilihan paket wisata.

Anda bisa pilih berdasarkan kota yang ingin Anda kunjungi, berdasarkan durasi liburan, destinasi wisata, atau bahkan budget. Harga paket yang Anda bayarkan sudah termasuk akomodasi dan transportasi. Praktis, kan?

 



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)