SalSari Resto & Coffee

Anda sudah bosan dengan hidup yang monoton dan tidak berwarna? Kalau begitu, Anda wajib sekali datang ke Tebing Pelangi Tuban!

Anda mungkin tidak menyangka bahwa Tuban yang dijuluki Kota Wali ini memiliki tempat wisata yang sangat menarik. Pada nyatanya, Tuban memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Salah satunya yaitu tebing mejikuhibiniu ini, yang merupakan gabungan antara wisata alam dan buatan.

Dinding-dinding kapur yang sebagiannya berwarna pelangi ini akan memanjakan instagram Anda! Tidak hanya spot foto, tempat ini juga menyediakan berbagai wahana permainan yang seru. Ada flying fox, ayunan layang, serta wahana lainnya yang dapat memperlihatkan kecantikan alam pada Anda.

Sekilas Tentang Tebing Pelangi Tuban

spot foto Tebing Pelangi Tuban

Tempat wisata ini terletak di Desa Tuwiri Kulon, tepatnya di kawasan bekas galian pertambangan kapur. Sekitar setengah jam dari tempat ini, ada Pantai Remen Tuban yang sangat cantik dan wajib Anda datangi!

Awalnya tempat wisata ini, hanya lahan bekas galian penambangan yang gersang dan tidak digunakan. Pemilik yang merasa prihatin, lalu membeli lahan tersebut dan menyulapnya menjadi tempat wisata.

Harapan pemilik untuk menjadikan kawasan ini sebagai tempat yang bermanfaat pun terwujud. Sejak diresmikan pada 11 Mei 2018, tempat wisata ini selalu ramai pengunjung. Bahkan sehari bisa ada ribuan pengunjung yang datang.

Fasilitas Tebing Pelangi Tuban

wisata Tebing Pelangi Tuban

Secara keseluruhan, tempat wisata penuh warna ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Mulai dari area parkir yang luas, sehingga bus pariwisata dapat masuk dengan mudah. Jika Anda ingin berlibur bersama rombongan dari Malang, Anda bisa menggunakan layanan rental bus pariwisata murah dari Salsa Wisata.

Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan toilet, mushola, serta kantin. Makanan yang tersedia disini, ada kerang hijau, puyuh geprek, bakso beranak, lalu makanan ringan seperti pempek dan kentang goreng.

Memang pilihannya terbatas, tetapi dalam jangka 10 km dari sini, ada banyak kedai makanan khas Jawa Timur kekinian yang bisa Anda coba.

Di arena kolam renang, sama halnya dengan kolam renang lainnya, tempat wisata ini juga menyediakan penyewaan baju renang dan pelampung.

Tidak hanya wahana permainan, kolam renang dan spot foto yang cantik, tempat wisata ini juga menyediakan Sky Cliff Cafe. Anda bisa menyewa kafe ini untuk acara pernikahan, family gathering dan lain-lain.

Cafe yang luas, bersih dan nyaman ini menyediakan berbagai fasilitas untuk acara Anda, seperti:

  • Area parkir yang luas
  • Panggung
  • LCD proyektor
  • Karaoke gratis
  • Makanan dengan harga bersahabat (Rp6.000,00-25.000,00)
  • Area Outdoor berkonsep tenda dan dome

Harga Tiket Tebing Pelangi Tuban

Untuk memasuki tempat wisata ini, harganya lumayan terjangkau. Apalagi, ada paket-paket berisi wahana permainan yang bisa Anda pilih. Untuk lebih jelasnya bisa lihat tabel harga berikut ini.

Retribusi Tarif
Paket Main Biasa

(Masuk, Selfie > 35 spot + Taman Langit + Berenang + Jembatan Gantung +Satwa)

Rp20.000,00
Paket Main Spesial 1

(Main Biasa + flying fox + Sky bike)

Rp45.000,00
Paket Main Spesial 2

(Main Biasa + flying fox + swing + sky bike)

Rp55.000,00
Wahana permainan Rp10.000,00 – Rp30.000,00

Rute Menuju Tebing Pelangi Tuban

Tebing Pelangi Tuban

Tempat wisata ini berada di Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lokasi tempat wisata ini sangat strategis. 15 menit dari sini Anda akan menemukan tempat oleh-oleh khas Jawa Timur pakaian dan penginapan-penginapan dengan harga terjangkau.

Jarak tempat wisata ini juga cukup dekat dari pusat Kota Tuban, yaitu sekitar 15 kilometer. Karena itu, jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih setengah jam untuk mencapai tebing ini.

Daya Tarik Tebing Pelangi Tuban

Spot Foto Kekinian

spot foto Tebing Pelangi Tuban

Dengan tebing berwarna-warni yang mengelilingi tempat wisata ini, tidak heran jika ada banyak spot foto yang cantik. Bukan hanya tebingnya yang mejikuhibiniu, objek-objek menarik, serta spot-spot foto khususnya juga berwarna pelangi. Maka dari itu, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mau panen foto!

Ada beberapa spot foto populer, seperti gua, jembatan pelangi menuju bebatuan angsa, ayunan berbentuk unik, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga tebing bergambar Gunung Fuji berhias kolam ikan dengan jembatan kayu. Lalu, ada juga miniatur piramida yang cocok menjadi latar foto Anda!

Wahana Permainan yang Menantang

skywalk Tebing Pelangi Tuban

Kalau Anda ingin mencoba berbagai permainan seru yang menantang, Anda wajib datang kesini! Tempat wisata ini benar-benar memanfaatkan alam yang ada di sekitarnya! Karena itu, ada banyak wahana yang memungkinkan Anda untuk menikmati suasana alam dari ketinggian tertentu.

Wahana-wahana tersebut diantaranya adalah flying fox, swing, sky bike, sky chair dan sky walk. Berbeda dengan flying fox, wahana-wahana lainnya memberikan Anda waktu untuk menikmati alam dan berfoto di angkasa.

Anda tidak perlu takut, karena wahana-wahana ini sangat aman. Walau tegang sekalipun, jangan lupa untuk tetap tersenyum, karena kapan lagi Anda bisa berfoto di atas wahana-wahana ini?

Selain wahana-wahana tersebut, ada juga tempat penyewaan mini ATV untuk anak Anda. Jadi, kalau anak Anda takut menaiki wahana tinggi, mereka tetap bisa bersenang-senang dengan menaiki ATV.

Kolam Renang

kolam renang Tebing Pelangi Tuban

Karena tempat wisata ini memang tidak menonjolkan kolam renangnya, maka luas kolamnya memang tidak seberapa dibanding Blitar Park. Namun, kolam renang ini tetap memiliki kolam anak dan dewasa, serta memiliki keunikannya sendiri.

Sesuai tema tempat wisata ini yang bernuansa pelangi, maka kolam renangnya pun berwarna-warni. Dengan perosotan tinggi berwarna pelangi dan suasana alam tebing yang mengelilinginya, Anda pasti tertarik untuk berenang disini.

Jam Buka Tebing Pelangi Tuban

Tempat wisata ini buka setiap hari Senin-Jumat dari pukul 08.00-17.00 WIB. Sementara untuk weekends dan hari-hari libur nasional, jam bukanya akan diperpanjang, sehingga para pengunjung bisa bermain dengan lebih puas.

Jika Anda ingin mengunjungi Tebing Pelangi Tuban, sebaiknya Anda datang di pagi atau sore hari ketika suasananya sejuk. Selanjutnya dari Tuban, Anda juga bisa berkunjung ke Lamongan yang hanya berjarak 1,5 jam. Anda tidak akan rugi, karena ada banyak sekali tempat wisata hits Lamongan yang menarik untuk Anda kunjungi.

Anda bisa menggaet agen travel berpengalaman seperti Salsa Wisata untuk membantu mewujudkan rencana liburan Anda selanjutnya bersama keluarga.

 



By Categories: Destinasi, Tuban

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)