earn money by playing games paypal, earn money online free, earn money real app, earn money in apps, earn money by playing games, how to earn money fast, earn money from surveys, earn money online, youtube earn money, earn money from youtube, earn money to paypal, how to earn money online, watch video earn money, earn extra money, earn money by watching videos, earn money from home, how to save money,

Malang memiliki banyak destinasi sejarah menarik yang bisa Anda kunjungi salah satunya Wisma Tumapel. Keunikan bangunan peninggalan Belanda ini terletak di arsitektur klasiknya yang menawan.

Tidak jarang tempat ini menjadi lokasi berfoto bagi kalangan muda untuk berbagai keperluan. Uniknya lagi tempat ini juga terkenal memiliki kesan angker dan cerita misteri, persis Lawang Sewu sebelum renovasi.

Apa lagi kira-kira keseruan yang bisa Anda dapatkan di tempat wisata yang lagi hits di Malang ini? simak saja ulasan lengkapnya berikut:

Sejarah Wisma Tumapel

Wisma Tumapel merupakan bekas hotel peninggalan Belanda yang sudah ada sejak tahun 1928. Pembangunannya bersamaan dengan pendirian Balai Kota Malang, Pusat Perkantoran Belanda, dan juga Bundaran Tugu dalam bowplan 2.

Pada masa tersebut, penginapan ini lebih terkenal dengan nama Splendid Inn karena masih bagian dari hotel yang sama. Tempat ini menjadi lokasi bersantai favorit bangsawan Belanda karena memiliki panorama yang indah dekat sejumlah tempat wisata di Malang terkenal.

Namun pada waktu pendudukan Jepang, tepatnya tahun 1944, wisma ini beralih fungsi sebagai kantor pemerintahan. Lalu pada masa kemerdekaan sekitar tahun 1947, bangunan ini termasuk target peristiwa Malang bumi hangus.

Hal ini karena pada peristiwa tersebut, semua bangunan yang bukan milik pribumi harus dibakar, termasuk hotel ini. Untungnya tidak semua bagian bangunan hangus terbakar sehingga masih bisa direnovasi.

Kemudian di tahun 1954, kepemilikan wisma ini berpindah ke FKIP Universitas Airlangga Surabaya dan berfungsi sebagai kampus serta wisma dosen. Tempat inilah yang kemudian menjadi kampus IKIP Malang atau Universitas Negeri Malang (UM).

Sekitar tahun 1968, karena bangunan wisma sudah tidak memadai sebagai sebuah kampus, IKIP Malang memutuskan untuk pindah. Namun hak kepemilikannya tetap menjadi milik UM hingga sekarang.

Lalu pada tahun 2009, bangunan ini sempat kosong lama untuk proses renovasi. Namun sayangnya proses perbaikan ini baru terwujud sekitar tahun 2016 dan selesai tahun 2018.

Namanya pun berganti menjadi Griya Tumapel atau yang sekarang lebih terkenal dengan nama Wisma Tumapel. Fungsinya pun tetap sama sebagai wisma untuk berbagai kegiatan dari kampus Universitas Negeri Malang.

Daya Tarik Wisma Tumapel

Sejarah Wisma Tumapel

how do you earn money with youtube, can you make money in youtube, how much money per view youtube, donate money charity, car insurance save money, burberry money clip, donating money for charity, best software to manage money, credit cards money back, best credit card money back, sending money to dominican republic, earn money from game, earn money game, earn money fast, youtube royalty free music, play game earn money, earn money playing games, how to make money quickly

Sebagai salah satu hotel tertua di Malang, Wisma Tumapel ini memiliki banyak cerita dan daya tarik yang membuatnya istimewa. Berikut ini beberapa diantaranya:

Arsitektur Unik

Sejak berdiri hingga sekarang, bentuk bangunan hotel ini tidak jauh berbeda dari aslinya meski sempat hangus terbakar. Jendela-jendela besar dan dinding tebal khas bangunan Belanda masih terlihat terlihat kokoh.

Bentuk jendelanya ini pun terlihat mirip dengan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah terkenal Lawang Sewu. Jendela berukuran besar berjajar mengelilingi setiap sisi bangunan 3 tingkat ini.

Pada bagian depan, Anda dapat melihat kubah berwarna merah yang menjadi ciri khas bangunan ini. Lalu di area belakang, terdapat halaman yang cukup luas dengan pemandangan kali Brantas dan pemukiman warga.

Saat berkeliling, Anda bisa merasakan seperti sedang kembali ke masa Belanda. Sensasi inilah yang membuat wisma tumapel salah satu tempat bersejarah yang layak untuk Anda kunjungi.

Spot Foto Instagramable

Dari arsitekturnya yang unik tersebut, membuat cukup banyak orang tertarik untuk berkunjung dan berfoto. Tidak jarang berbagai sesi pemotretan berlangsung di tempat ini seperti misalnya foto untuk buku tahunan.

Salah satu spot favorit untuk berfoto di sini adalah area lantai tiga yang memperlihatkan lorong dengan jendela berukuran besar. Nuansa retro klasik yang elegan menjadi alasan spot ini menjadi favorit banyak orang.

Selain itu area tangga serta halaman depan juga tidak kalah menarik untuk Anda jadikan spot berfoto. Begitu juga dengan lorong bagian luar yang menghubungkan bangunan wisma ini.

Suasana berfoto di sini tidak kalah dari kawasan kota tua di Surabaya yang jadi salah satu tempat wisata Jawa Timur paling hits untuk berfoto. Pokoknya Anda yang ingin mendapat foto liburan apik bisa coba kunjungi wisma ini.

Cerita Misteri

Sebelum proses renovasi, bangunan tua ini memiliki kesan angker dan seram yang begitu kental. Banyak cerita misteri dan horor yang beredar di masyarakat terkait bangunan ini.

Contoh yang paling populer adalah keberadaan noni Belanda yang sering terlihat di area halaman belakang. Lalu ada pula suara-suara seperti hentakan sepatu tentara atau sosok anak kecil yang bermain.

Kesan horor ini juga semakin kuat lantara aturan yang berlaku saat kunjungan. Misalnya larangan berteriak, berkata kasar, membuka ruangan terkunci, dan tidak boleh ada kunjungan di malam hari.

Padahal aturan tersebut memang wajar berlaku karena bangunan ini merupakan milik kampus. Kemudian ada banyak barang milik universitas yang tersimpan di ruang-ruang terkunci tersebut.

Selain itu, konon katanya bangunan ini juga memiliki terowongan bawah tanah yang menghubungkan nya dengan SMA Tugu Malang. Namun hal tersebut masih sebatas katanya saja dan belum terbukti kebenarannya.

Terlepas dari kesan mistis tersebut, setelah renovasi bangunan ini seperti memiliki wajah baru dan sedikit mengurangi kesan horornya. Hal ini juga yang membuat orang tertarik untuk melihat langsung cerita yang ada.

Fasilitas di Kawasan Wisma Tumapel

Misteri Wisma Tumapel

Sebagai sebuah penginapan milik kampus, fasilitas di tempat ini cukup lengkap terutama fasilitas umum. Anda bisa dengan mudah menemukan toilet serta tempat bersantai untuk beristirahat.

Area parkirnya pun cukup luas dengan akses ke berbagai pusat wisata yang mudah. Bahkan dari sini bisa mengajak anak-anak bermain ke Taman Rekreasi Kota atau Terekot Malang.

Meski tidak ada kantin yang menyediakan sejumlah makanan khas Malang, Anda bisa mengunjungi pasar yang berada tidak jauh dari lokasi. Jadi meski memiliki fasilitas seadanya, Anda tetap tidak akan kesulitan.

Harga Tiket Masuk Wisma Tumapel

Jika Anda tertarik menjelajahi kawasan Griya Tumapel, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Misalnya seperti memberikan kartu tanda pengenal ke penjaga selama kunjungan serta biaya masuk yang masih terjangkau seperti berikut:

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Rp5.000,00

Harga yang tercantum sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan. Namun bisa Anda jadikan acuan saat akan berkunjung ke tempat ini.

Rute Menuju Lokasi Wisma Tumapel

Lokasi Wisma Tumapel

Lokasi bangunan bersejarah ini cukup strategis karena berada di pusat Kota Malang. Alamat lengkapnya di Jl. Tumapel No.1, Kidul Dalem, Kauman, Klojen, Kota Malang sekitar 2 menit dari Alun-Alun Tugu Malang.

Jika Anda datang menggunakan kereta, jaraknya pun tidak terlalu jauh. Dengan berjalan kaki ke arah alun alun tugu dan belok di Jl. Majapahit Anda bisa tiba di Wisma Tumapel hanya dalam waktu 6 menit.

Namun jika lokasi hotel Anda cukup jauh bisa manfaatkan layanan rental mobil murah dari Salsa Wisata. Karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Sopir yang mengantar sudah sangat berpengalaman dan hafal jalan serta berbagai destinasi menarik di Kota. Sehingga kemanapun tujuannya, Anda bisa kunjungi dengan mudah.

Pilihan mobilnya pun bervariasi mulai dari mobil berukuran kecil hingga bus pariwisata semua ada. Salah satu pilihan terbaik untuk Anda adalah layanan rental mobil Hiace Malang yang luas, berkapasitas besar, dan tentunya nyaman.

Jam Operasional Wisma Tumapel

Anda yang ingin berkunjung ke wisma ini bisa datang setiap hari sebelum pukul 17.00 WIB. Jangan lupa pula untuk izin terlebih dahulu kepada penjaga yang bertugas dan menjelaskan maksud kedatangan.

Hal ini karena kawasan Wisma Tumapel masih menjadi milik Universitas Negeri Malang dan belum berfungsi seutuhnya. Jadi harus benar-benar terjaga dan terawat.

Kunjungi juga berbagai destinasi menarik lain di Malang selain Wisma Tumapel ini bersama layanan paket tour ke Malang dari Salsa Wisata. Pelayanannya yang lengkap siap membuat liburan Anda di Kota Malang menjadi semakin mudah dan berkesan.

Bagikan Artikel Ini Ke:

Hubungi kami, jika ingin paket wisata secara custom atau ada pertanyaan terkait layanan kami

5/5 - (2 votes)