SalSari Resto & Coffee

Bermain dengan air, berenang atau mandi adalah salah satu terapi terbaik untuk menyegarkan badan dan pikiran. Di Bogor, ada Zam Zam Tirta yang menjadi tempat berenang dan bermain air favorit warga Bogor.

Memang ada cukup banyak kolam renang bagus di Bogor, tapi yang satu ini benar-benar spesial. Tempat wisata ini sudah ada sejak tahun 1998 dan hingga sekarang masih hits, menjadi tujuan wisatawan di akhir pekan.

Sekilas Tentang Zam Zam Tirta

kolam anak Zam Zam Tirta

Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke Zam Zam Tirta Bogor dan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Kolam renang ini umurnya sudah lebih dari 20 tahun dan tetap eksis hingga sekarang.

Di sini ada beberapa kolam renang, ada yang untuk anak-anak dan ada yang untuk dewasa. Sehingga semua anggota keluarga bisa berenang, bersantai dan bermain serta seru-seruan bersama tanpa terkecuali.

Tempat renang ini bisa menjadi alternatif wisata puncak Bogor saat sedang di high season. Apalagi, air di kolam renang ini berasal dari mata air pegunungan. Ini pula yang menjadi daya tarik utama pengunjung datang.

Fasilitas Zam Zam Tirta

fasilitas Zam Zam Tirta

Zam Zam Tirta memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk memberikan pengalaman yang seru bagi pengunjung. Beberapa fasilitasnya seperti area parkir, kamar bilas dan kamar mandi hingga gazebo.

Ada mushola juga untuk wisatawan beribadah saat waktu shalat tiba. Sedangkan cafe juga menyediakan berbagai menu makanan khas Bogor yang lezat dengan harga terjangkau.

Harga Tiket Masuk Zam Zam Tirta

Untuk tiket masuk Zam Zam Tirta di hari biasa dan weekends akan berbeda. Harga tiket masuk ini belum termasuk parkir dan anak dengan tinggi di atas 80 cm harus membayar tiket masuk secara penuh.

Retribusi Tarif
Tiket Masuk Weekday Rp20.000
Tiket Masuk Weekend Rp30.000

Lokasi dan Rute Zam Zam Tirta

zam zam forest

Lokasi Zam Zam Tirta berada di Jalan Raya Sukamaju 2A, Pagelaran, Ciomas, Bogor.  Letaknya tidak jauh dari Bogor Botanical Garden, hanya sekitar 6,5 km atau 17 menit dengan kendaraan.

Jika dari Bogor Botanical Garden, arahkan kendaraan menuju Jln. Aria Surialaga. Kemudian lurus terus ikuti Jalan Raya Ciomas. Ikuti jalan secara perlahan, nanti belok kiri dan maju terus sampai di lokasi wisata.

Akses jalannya sudah cukup bagus. Anda bisa datang menggunakan kendaraan pribadi ataupun layanan rental mobil Innova Zenix Bogor murah dari Salsa Wisata.

Daya Tarik Wisata Zam Zam Tirta Bogor

Zam Zam Tirta sangat terkenal di kalangan wisatawan Jabodetabek. Bukan tanpa alasan, sebab air di kolam renang ini berasal dari mata air. Selain itu, tentu saja masih banyak daya tarik lainnya seperti berikut;

Berasal Dari Mata Air Pegunungan Alami

Selama ini, kolam renang identik dengan bau kaporit yang aromanya tidak nyaman di hidung. Tapi, ini berbeda di kolam renang yang ada di Ciomas ini. Airnya memang jernih dan bersih, tetapi bukan hasil dari filter.

Kesegaran air di kolam berasal dari mata air pegunungan yang ada di dekatnya. Airnya sangat segar dan jernih karena berasal dari alam. Anda pun dapat merasakan betapa segarnya air dari sumber alami ini.

Karena berasal dari alam, maka kolam renang tidak memiliki bau kaporit atau bau lain yang tidak nyaman. Wisatawan pun dapat seru-seruan tanpa terganggu dengan apapun. Apalagi, lokasinya sangat sejuk dan segar.

Bermain Wahana Air

waterboom Zam Zam Tirta

Tidak mau kalah dari The Jungle Waterpark, di sini wisatawan juga bisa bermain sambil seru-seruan. Ada beberapa wahana rekreasi air seperti seluncuran air.

Pengunjung bisa menggunakan ban untuk meluncur dengan kencang. Keseruan akan terjadi ketika ban mulai meluncur dan akhirnya menabrak kolam air yang ada di bawah.

Di kolam anak-anak, wahana rekreasinya lebih banyak lagi. Salah satu yang menjadi favorit anak-anak ketika berada di Zam Zam Tirta adalah bermain perosotan air dan ember tumpah.

Mereka bahkan rela menunggu ember hingga penuh sebelum akhirnya tumpah ke bawah. Sambil menunggu, ada banyak keseruan yang bisa mereka lakukan di kolam anak.

Oleh sebab itu, jika belum ada rencana mau kemana, ajaklah anak-anak untuk menghabiskan hari Minggu di sini. Bila perlu sewa mobil Innova lepas kunci agar perjalanan menuju kolam renang semakin nyaman.

Lingkungan Asri dan Segar

Hampir semua tempat taman rekreasi keluarga di Bogor menawarkan suasana alam yang sejuk, segar dan asri. Begitu juga dengan Zam Zam Tirta Bogor Jawa Barat, lokasinya menyatu dengan alam sehingga memberikan kesan asri.

Di sini, terdapat 7 kolam renang dengan kedalaman berbeda. Lokasi kolam saling berdekatan dan di sekelilingnya terdapat banyak pepohonan rindang. Pepohonan ini secara langsung memberikan efek segar.

Sedangkan tidak jauh dari lokasi kolam renang, wisatawan juga dapat melihat pepohonan rindang di kawasan perbukitan dan gunung. Udara di lokasi wisata begitu bersih dan bebas polusi.

Atmosfernya juga penuh dengan ketenangan dan kedamaian. Sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran. Apalagi, begitu Anda berenang akan merasakan sensasi kesegaran air pegunungan.

Kolam Dewasa untuk yang Berpengalaman

kolam dewasa Zam Zam Tirta

Salah satu dari kolam yang ada, terdapat kolam khusus untuk orang dewasa atau remaja yang sudah berpengalaman. Kolam ini tanpa wahana air dan memiliki kedalaman hingga beberapa meter.

Kolam ini sangat cocok untuk perenang profesional atau berpengalaman. Sebab yang menggunakan kolam dewasa ini juga tidak terlalu banyak sehingga Anda bisa berenang dengan nyaman tanpa gangguan.

Kolam yang satu ini juga cocok untuk acara kompetisi renang. Ukuran dan luasnya sudah sesuai standar sehingga kompetisi renang bisa menjadi lebih seru.

Berkunjung ke Taman Kelinci

mini zoo Zam Zam Tirta

Tidak hanya kolam renang, wisata Zam Zam Tirta juga menawarkan serunya berkunjung dan bermain dengan kelinci. Di salah satu sudut area wisata ini terdapat taman kelinci dengan kandang seperti istana.

Di taman kelinci ini, anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan memberinya makan atau mengelus kelinci. Bahkan, karena kelinci di sini sudah biasa dengan manusia, Anda bisa menggendongnya.

Pihak pengelola sudah menyediakan pakan untuk kelinci-kelinci ini. Sehingga sebaiknya jangan memberi makan sembarang. Jika ingin memberi makan kelinci, hubungi saja petugas di taman kelinci.

Tak hanya kelinci saja, tapi ada hewan lucu lainnya yang turut mengisi destinasi ini seperti hamster, ayam, kambing, dan masih banyak lagi.

Kuliner Lezat

kantin Zam Zam Tirta

Memang di sini bukan pusat wisata kuliner Bogor terkenal, tapi keberadaan cafenya sangat penting. Setelah bermain air dan berenang, biasanya perut akan lapar. Datanglah ke cafe atau foodcourt untuk menyantap hidangan lezat.

Saat perut kosong, menu makanan biasanya saja terasa lebih nikmat. Apalagi, menyantap makanannya sambil menikmati kesegaran udara Bogor. Harga makanan dan minuman di sini sangat terjangkau.

Jam Buka Zam Zam Tirta

Zam Zam Tirta buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 16.30 sore hari. Baik hari biasa maupun akhir pekan, jam buka dan tutupnya tetap sama.

Sebab lokasinya memang dekat dengan pusat kota, maka wisatawan dapat dengan mudah menemukan sentra oleh-oleh khas Bogor terkenal.  Mungkin, Anda tidak akan cukup kalau hanya membeli satu oleh-oleh.

Salsa Wisata akan membantu liburan ke Zam Zam Tirta dan destinasi wisata Bogor lainnya semakin aman, nyaman dan seru. Segera hubungi Salsa Wisata sekarang dan dapatkan paket wisata menarik hari ini.

 



By Categories: Bogor, Destinasi

Bagikan Artikel Ini Ke:

5/5 - (10 votes)